Taruna Korps Marinir Latihan Menembak Mortir 60 dan 81

Taruna Korps Marinir Latihan Menembak Mortir 60 dan 81

JakartaGreater   –  Sebanyak 25 Taruna AAL Tingkat IV Angkatan ke-67 Korps Marinir melakukan Latihan Praktek menembak Mortir 60 dan Mortir 81, di Pusat Latihan Pertempuran (Puslatpur) Marinir 5 Baluran, Asembagus, Situbondo, Jawa Timur, pada Rabu 22-9-2021.

Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) Mayor Marinir Rahmad Widodo mengatakan latihan ini bertujuan agar para Taruna Tingkat IV Korps Marinir dapat mengaplikasikan materi pelajaran Senbanif menembak Mortir 60 dan Mortir 81 yang telah dipelajarinya di kelas.

Dengan praktek ini para Taruna Marinir diharapkan bisa mengetahui teknik cara menggunakan:teropong skala, kompas, peta dan Piringan penghitung saat menghitung jarak, sudut, defleksi dan elevasi dalam memetakan sektor sasaran tembakan bantua.

WhatsApp Image 2021 09 22 at 13.22.49 e1632316529633

Latihan ini juga untuk mengoreksi perkenaan tembakan saat menjadi Peninjau Depan (Jaupan)) dan paham dalam mengatur Alat Bidik saat menembak, serta mendapatkan pengalaman menembak Mortir 60 dan 81.

Baca juga: Di Laut Natuna, Kapal Perang TNI AL – RSN Latihan Tenggelamkan Kapal Musuh

“Apabila suatu saat nanti menjadi Komandan Peleton Senbanif, para Taruna mampu memerintahkan dan memanuverkan anggotanya dalam mengawaki senjata Mortir saat memberikan bantuan tembakan kepada pasukan Infantri yang di depan,” jelas Mayor Marinir Rahmad Widodo, dikutip Bagpen AAL pada Rabu 22-9-2021.

Latihan dan praktik Senbanif berlangsung 13 hingga 24 September 2021 yang diikuti 25 Taruna AAL Tingkat IV Angkatan ke-67 Korps Marinir di bawah bimbingan 12 pelatih dan instruktur dari Kolatmar dan Depmar AAL.

Taruna Korps Marinir Latihan Menembak Mortir 60 dan 81

Taruna Korps Marinir Latihan Menembak Mortir 60 dan 81

Secara umum, Latihan dan prakti kini bertujuan agar para Taruna AAL Korps Marinir dapat mengaplikasikan materi pelajaran yang sudah diterima di kelas serta memiliki pengalaman dan keterampilan taktik maupun teknik menembak Senjata Bantuan Infanteri. Selain itu juga bertujuan agar Taruna Korps Marinir dapat melaksanakan prosedur permintaan bantuan tembakan Senjata Bantuan Infanteri.

Beberapa materi pokok yang sudah dan akan dipraktikkan diantaranya: pengetahuan teori praktis, drill taktik dan teknik Senbanif yang berisi tentang teknik menembak senjata GPMG (General Purpose Machine Gun), RPG (Rocket Propelled Grenade), Minimi, Mortir 60 dan 81 serta latihan Senbanif dalam taktik operasi darat yang terdiri dari latihan taktis Senbanif dalam serangan dan pertahanan.

Leave a Reply