Mei 242019
 

Surabaya, Jakartagreater.com   –    Sebanyak 87 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) tingkat I angkatan ke-67 atau biasa dipanggil sebagai Taruna Muda berpangkat Kopral Taruna AAL, menimba ilmu dalam bentuk latihan praktik navigasi dan bahari di KRI Teluk Ende-517 Koarmada II selama 4 hari, dari tanggal 20 Mei sampai dengan 24 Mei 2019.

Latihan praktek navigasi dan bahari tersebut, dibuka oleh Kepala Departemen Pelaut (Kadeppel) AAL Kolonel Laut (P) Hreesang Wisanggeni, S.E. pada Senin 20-5-2019 di gedung Bawean, Departemen Pelaut AAL, Bumimoro, Surabay.

Menurut Kadeppel AAL Kolonel Laut (P) Hreesang Wisanggeni, S.E., tujuan latihan ini adalah untuk mengenalkan dan mempraktekkan peralatan navigasi dan bahari yang berada di kapal perang kepada para Taruna AAL.

“Harapannya, setelah melaksanakan latihan para Taruna AAL tingkat I mampu mengoperasikan peralatan dewi-dewi, menggunakan takal dasar, mempraktekkan tali-temali dan peluit, menggunakan sekoci dayung, memahami cara perawatan kapal serta dapat mempraktekkan penggunaan peralatan navigasi secara konvensional,” kata Kadeppel AAL.

Menurutnya, latihan ini diikuti oleh Kopral Taruna Korps Pelaut, Teknik, Elektronika dan Korps Suplai. Sementara itu, Kadeppel AAL juga membuka secara resmi pelaksanaan latihan praktek pengendalian kapal, yang pesertanya berasal dari Taruna AAL tingkat III Korps Pelaut angkatan ke-65.

Latihan yang diikuti oleh 40 Taruna AAL tingkat III ini, dalam pelaksanaannya menggunakan KAL Kadet V-06 milik Akademi Angkatan Laut. (Bagpen AAL)