Feb 242014
 
taruna-aal

Taruna AAL

Jakarta – Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Laksda I.N.G.N. Ary Atmaja, memimpin rapat di Mako AAL, Surabaya, Senin (24/2/2014), mendengarkan laporan rencana pelaksanaan latihan dan praktik (lattek) pelayaran ke Qing Dao, China. Peserta akan pergi selama 62 hari.

Latihan dengan nama Kartika Jala Krida (KJK) 2014 ini, akan diikuti 89 taruna AAL tingkat II, menggunakan kapal perang KRI Banjarmasin 592 untuk pelayaran tahap I (Surabaya – Tarakan – Qing Dao – Busan – Sasebo – Manila – Bitung). Sedangkan tahap II menggunakan KRI Dewaruci (Bitung – Sorong – Makassar – Benoa – Surabaya).

KRI banjarmasin

KRI Banjarmasin 592

Gubernur AAL menerima paparan tentang kesiapan lattek KJK 2014 dari Perwira Pelaksana Latihan Letkol Laut (P) Bambang Kuncoro yang menjelaskan rencana kegiatan latihan praktik “Qing Dao Sail 2014”. Latihan ini meliputi rencana rute tujuan negara yang disinggahi, rencana latihan selama lintas laut pelayaran, rencana kegiatan selama sandar dan rencana mengikuti Multilateral Maritime Exercise In The Traditional Security Field dan International Fleet Review 2014 di Qing Dao, China.

Kegiatan yang terakhir merupakan ajang bergengsi yang diikuti oleh banyak negara dan akan membangun persepsi dunia bahwa TNI AL layak menjadi ‘World Class Navy’. Disamping itu selain ke China, KJK 2014 akan singgah ke Busan (Korsel), Sasebo (Jepang) dan Manila (Filipina).

Rencananya pelayaran ini akan berlangsung selama 62 hari yaitu 38 hari tahap I (7 April – 14 Mei) dan 24 hari tahap II (15 Mei – 7 Juni). Kegiatan ini dimaksudkan untuk membentuk karakter prajurit matra laut dan mental kejuangan taruna AAL sebagai calon perwira TNI AL. Gubernur AAL menyatakan kegiatan latihan ini merupakan sarana latihan dan praktik bagi taruna untuk merasakan langsung bagaimana kehidupan di kapal perang.(detik.com)

  29 Responses to “Taruna AAL Latihan ke China”

  1. KRI Banjarmasin pulangnya bawa apa?

    • Kalau pemuda ganteng lagi ngapelin janda kaya
      pinginnya mencari kebahagian ya bung kebahagian itu bisa didapatkan baik dari materi (barang)
      kira kira barang apa yaa bung now yang bikin pemuda tampan ini pulangnya berbunga bunga nenteng barang itu

      mengingat centeng janda tua yang pelit suka koar koar seperti radio rusak dan suka ngintip dipekarangan orang,

      • Saat ini bangsa ini sudah dewasa, bukan jamannya Bung Karno yg memaksakan bangsa ini untuk lekas dewasa… sedang SDM nya pada baru melek… tapi semangat lebih bae dari masa sekarang yang banyak melupakan jati diri bangsa ini,… siapa kita… yg telah banyak melewati ujian” n hambatan baik pihak luar maupun pihak dalam yg menikam keutuhan bangsa ini.

        Jaman boleh berubah lebih maju n modern, tapi jangan lupa bagaimana bangsa ini berasal… jangan lupa bagaimana bangsa ini di bentuk… jangan lupa berapa juta n masa para pendahulu kita memendam asa n cita utk kejayaan bangsa ini… “Kemajuan n Kemodernan Jaman haruslah selaras dengan semangat bangsa ini… ingat kita adalah bangsa Pejuang, yg meraih kemerdekaan n kehormatan dari darah n cucuran aer mata kita sendiri… ”

        Bila kita memiliki mentalitas n sejarah seperti tetangga kita yg DIBERI KEMERDEKAAN oleh induk semangnya mungkin bisa kita BERSEKUTU… tapi ingat bung… apakah kita masih bisa berdiri dgn kepala tegak dengan terhormat? lantas masih bisakah kita berkisah n memberikan tauladan yg baek utk generasi penerus kita bila seperti itu?

        Iya… kata “MERDEKA ATAU MATI”… itu slogan n spirit para pendahulu kita molai jaman kerajaan, kesultanan hingga jaman kemerdekaan…

        Berkacalah bung… berapa banyak bukti sejarah mengatakan mereka ( bangsa asing ) selalu saja ingkar janji… molai dari jaman pahlawan” sebelum era kemerdekaan ( Diponogoro, Tengku Umar, Sultan Hasanudin dll sampe perjanjian KMB )… adakah mereka pernah menepati janji entah dari asia atau dari eropa… semua sama…

        Hanya dengan kaki sendiri kita bisa berdaulat penuh…

        *** maap posting ulang komeng ane… abis bingung klo ada org yg kehilangan jati diri ane counter ini dlu dach 😀 ehehehe…
        ***aku tak idrek sek sam SS…

      • hadeuhhh….janda maneh.. 😀

    • bung@now
      Usul ni bawa HQ-16 aja

    • LPD/LST KRI Banjarmasin mampu mengangkut 500-600 personil dan 5 unit helikopter. Waktu lebaran pernah diperbantukan untuk angkutan lebaran dengan daya angkut 1.000 sepeda motor dan 2.000 penumpang.

      Aneh latihan ke luar wilayah koq pake LPD, latihan invasi? 😀 kalo cuma 89 orang bisa pake kapal combatan, lebih hemat di ongkos. Mengangkut 89 orang taruna AAL akan menyisakan ruang lapang di IPD untuk menyimpan barang2 belanjaan dari China

    • Mas nowyoudont
      bawa gedang goreng c-705 hehehe kaburrrrrrrrr

  2. ADA tawaran kredit ekspor dari China yang bisa digunakan untuk membeli alutsista dari China.
    Alutsista yang ditawarkan China antara lain adalah rudal MANPADS QW-3, rudal permukaan ke udara HQ-7, dan juga kapal frigate tipe 054 serta radar yang sangat dibutuhkan Indonesia.
    Radarnya ini adalah KW dari Vostok E.

    Gimana ambil gak ne kreditnya ?
    Kalau panglimanya kesana yaa pasti sebagai team peninjau kelayakan alutsista yang ditawarkan
    Team kita pernah testing panah api di gurun Gobi

    • Kalo Panglima mementingkan datang berkunjung, fasilitas creditnya pasti gede tuh 🙄

      • kalau ane tukang ambil kebijakan maka pasti ane ambil kredit itu
        dan kita lanjut teman tapi mesra dan INGAT ini bukan bersekutu atau kawin ama janda 😀
        takutnya bentar lagi ada nick baru koar koar sambil kasih link 😀

        Itu bung Now yang harus dicermati dalam tawaran nya kenapa kok rudalnya HQ 7 pasti berkaitan dengan fregat type 054 sebagai plat formnya,

        sedangkan panah sakti lainnya masuk dalam pembelian terdahulu gak ikut kredit eksport ini,
        Kalaupun ada yang dibawa oleh banjarmasin pastinya ini batch ke 2
        hehehe
        pakai Imho ah

        • bung satrio kalau g salah persenjataan di LPD banjarmasin itukan minimalis, apa g ada kapal laian atau KS yg mengawalnya sampai cina.?

          kykx sih ada oleh” nih yg akan dibwa pulang dr china. kalau mslh Credit dr cina ambil aja deh bung satrio, apalagi kykx tawaran hibah dr amerika jg akan diambil

          • @Bung fadil
            Kan ini kunjungan persahabatan siapa juga yang akan menyerang
            pelayaran damai.,
            kalau ada yang menyerang berarti ngajak perang sama Indonesia

            Kalau disaat perang atau kondisi peran tempur
            maka LPD ini pasti dijaga,dan dikawal oleh fregat,korvet dan KS

            ya apalagi bila ada yang mau dihibahkan ya ambil aja kan kita butuh cepat penguatan otot otot

          • tapi bung satrio tawaran hibah dari US tidak membatalkan list belanja Indonesia dari rusia kan.?

        • Bung Satrio, just share pengalaman di bidang perkapalan sesuai bidang yg saya pernah kerja, kapal2 buatan Cina sering tidak memuaskan secara fungsi kerjanya, dan soal kualitas saya lebih condong malah buatan dalam negeri (kapal2 Cina sangat tidak reccommended dari sisi kualitas)

          Namun jika ini sbg media pembelajaran untuk dapat diambil sisi positifnya untuk kemudian kita kembangkan tentu saya sepakat.

      • Iya. Type 054 menggunakan HQ-7 untuk perlindungan udaranya. Ternyata ini teknologi Perancis “ala” China.

      • yang pasti kalau udah tingkat panglima kunjung berarti udah sesuatu yang gahar bisa dibungkus ,ditambah latihan apa latihan nih
        hehehe

        cuma pendapat
        maaf cucu lancang

    • “kapal fregat tipe 056” terbaru milik china, yg dilabeli “siluman”…

    • Kalau bawa LPD paling pantes bawa ini :

      drone siluman milik china

      dan HQ-16 pastinya di ambil deh…

      • Saya terpana melihat Indonesia sekarang ini sudah berani mengambil keputusan untuk berselingkuh kemana…

        Setelah Rusia sekarang Cina… Mantab benar… O.o

        Semoga setelah ini pulang ke istri ke-3 (US) dan ke-4 (UK), agar rumah tangga tidak semakin kisruh…

    • rupanya frigat type 054 ini pernah ditawarkan ke Thailand navy juga ya..tetapi yang menang tender malah yang dari korsel…disaat kapal2 perang buatan ruskie sedang dicatat dalam list tau2 koko panda menyodorkan juga..(apa ngga bingung, penawaran dimana2)…

    • Radar KW Vostok E ama HQ nya boleh mo.. kok destronya yg terbarunya Type 52D kagak masuk di list. mulus n galak juga tuh om.. lagian tuh PLA Navy bikin-nya juga ngga pake lama, langsung bejibun sekali produksi. comot 2 Unit Type 52D ngga kerasa juga tu PLA Navy.

  3. tetaplah non blok wahai pemuda tampan…dan niatkan “berpoligami”kalau itu lebih menguntungkan…

    seperti kita ketahui bersama beristri dg istri tua pertama (blok barat)kita selalu dikelabui,diperas sampai ludes sumber daya alam…

    dan “berpoligami”dg blok timur adalah pilihan yg sangat tepat….//senangnya dalam hati,bila beristri dua//

  4. MADE IN CHINA:

 Leave a Reply