Sep 052014
 

image

Pemerintah Modi (India) diam-diam bekerja untuk merencanakan mengekspor peralatan pertahanan dan persenjataan yang diproduksi di India untuk negara-negara sahabat. Upaya awal dilakukan dengan mendorong ekspor rudal BrahMos ke Asia Tenggara dan negara Amerika Selatan. Menurut Sumber ET, Vietnam, Indonesia dan Venezuela telah menyatakan kesediaannya untuk pengadaan rudal supersonik yang diproduksi bersama oleh India dan Rusia.

Hubungan pertahanan Indo-Vietnam sedang dalam lintasan menanjak dan Hanoi tertarik untuk membeli rudal ini dalam beberapa tahun terakhir. Namun, menurut sumber, di bawah pemerintahan UPA, tidak ada kemajuan dalam masalah ini. Rudal BrahMos telah mampu melayani tiga bidang pertahanan. Perjanjian antar-pemerintah antara India dan Rusia untuk pengembangan rudal BrahMos rudal (290-km range) juga menetapkan bahwa pengguna sistem canggih ini bisa diekspor ke negara sahabat, selain untuk angkatan bersenjata India dan Rusia.

Vietnam dan Rusia adalah mitra sejak zaman Perang Dingin dan dapat menggunakan Rusia untuk mendorong penjualan peralatan pertahanan tersebut. India akan menandatangani perjanjian untuk memasok alutsista ke Vietnam, yang dilakukan dalam kunjungannya Presiden Pranab Mukherjee,14-17 September. India dan Indonesia juga berbagi hubungan pertahanan yang baik, mencakup latihan dan pertahanan.

Baru-baru ini, Perdana Menteri Narendra Modi menyatakan bahwa India harus bergerak menuju kemandirian dalam memproduksi senjata dan sistem militer dan juga mencari jalan mengekspor ke negara-negara sahabat.

Ide untuk kerjasama (co-development) bidang pertahanan dan produksi bersama bukan hanya untuk memperoleh teknologi mutakhir dan swasembada dalam jangka panjang, tetapi juga untuk bersama-sama mengembangkan produk ekspor. Sejauh ini, India tergantung pada impor untuk memenuhi lebih dari 65% dari kebutuhan senjata dan telah dicap sebagai importir terbesar senjata oleh think tank internasional. India seharusnya juga bisa mengekspor produk asli seperti jet tempur Ringan Tejas, sistem pertahanan udara dan rudal Prahar class ke negara-negara sahabat. Tejas adalah, pesawat tempur taktis ringan yang multi-peran dan bermesin tunggal.

image

Sistem Pertahanan Darat Udara Brahmos

Rudal permukaan-ke-udara Akash memiliki jangkauan 25 km. Prahar adalah sistem rudal taktis jarak 150 km. Beberapa negara telah menunjukkan minatnya dengan sistem rudal Akash, yang siap dioperasikan Angkatan Darat India. LCA mungkin akan siap untuk induksi ke IAF pada akhir tahun ini setelah memenuhi clearance operasional akhir. Sumber ET mengklaim, sistem senjata India lebih murah dibandingkan dengan sistem China.

Meski India tidak memiliki kebijakan ekspor alat pertahanan, namun telah dilakukan ekspor senapan ke Nepal dan Oman, selain menyediakan peralatan pertahanan ke Myanmar termasuk tank, radar ke Sri Lanka, peralatan pertahanan ke Maladewa, kapal patroli maritim ke Mauritius dan suku cadang pertahanan ke Vietnam .

Aturan/ Norma India untuk ekspor alat pertahanan kini hanya untuk negara-negara sahabat dan negara-negara yang tidak memiliki perang saudara. “Kami tidak ingin senjata yang kami berikan, digunakan oleh satu kelompok terhadap yang lain, di negara tersebut. (economictimes.indiatimes.com).

  95 Responses to “Tawaran India Kerjasama Alutsista”

  1. Aku beli mobil, tp blm punya duit :
    aku hutang A = 50jt dan B = 50jt total 100jt,
    kubeli
    mobil hrg 97jt, sisa 3jt.
    Utk mengurangi hutang, aku balikin 1jt ke A ,
    1jt ke
    B, dan 1jt aku kantongi.
    Jd hutangku dg si A = 49jt dan B = 49jt.
    Tetapi bila dijumlah : 49jt + 49jt = 98jt + 1jt di
    kantongku = total 99jt
    pdhl td ada 100jt
    Kemana yg 1jt ya?

  2. Bungkussss…

  3. 10 besar

  4. absen

  5. mantapp…………. grak

  6. Absen cak

  7. BAHADOR,,7

  8. Paan tuh?

  9. Hadir aja cukup

  10. La ini masalahnya minjem 50+50 bang…jadi mikir nih,tanya bung melek dah….

  11. ok mksih bung mirza lam knl slm hngat

  12. @bung couvu klu ada bau ria saya jga mau.jari tangan saya ada 10 klu gk slh lho bung

  13. Wuiih.. Cepet x komen2nya para warjagers nih.kalah mlulu aku.malam abangda semua! NKRI MERDEKA & JAYA SLALU.kopi2.. mana kopinya..?

  14. absen dulu sambil belajar ngitung mudah2an dapet ilmu dari para sesepuh disini

  15. hahaha xcrot bagus tuh.
    itungan logika tuh 0 ama 1. yang satu mulai dari 1 yang satunya berakhir di 0. kalo yang mulai dari 1 berakhir di 100 kalo yang berakhir di 0 mulainya ya 99. kalo mulai dari 100 akhirnya di 0, berarti punya utang dan kudu di bayar tuh komisi 1% hahaha

  16. utang 100jt…..A 50jt, B jt50. Beli mobil 97jt. sisa 3jt. Balikin 1jt ke A . ke B 1jt. Sisa 1jt. Jadi utang ke A 49jt dan B 49 jt , jumlah 98jt. Mobil harga 97jt + 1jt ditangan = 98jt. Naaaaah ilang diangan angan dong.

  17. Beli Mobil 97jt + 2 (dikembalikan ke masing2 A dan B) = 99 jt
    99 jt + 1 (masuk dikantong) = 100 jt

  18. ini ngebahas bramos pa hutang neh….salam hangat bung x’crot….

  19. halah..wis podo oot kabeh..kesian noh ame nyang naikin artikel 😆 😆

    • Hhahahaa.. lha yang dibahas yo opo to? kita juga nggak tertarik pake produk India. juga nggak dengar ada sluman slumun slamet Alutsista India yang masuk di kita.
      selamat Bung X’crot anda bisa nge Jamming artikel hehehhe.. 🙂

  20. abis di trit kanjeng mami cuman ane ama segelintir aja yang serius sisanya dagelan mulu bung akung

  21. Sutreees..sutres.. xi..xi..xi.. bingung aku 01234567890

  22. rudal india yang jaraknya 5000 km dengan hulu ledak 1,5 ton baru bagus bung akung. ngga tau juga presisinya bagusan mana sama iran

    • klo india nurut ane hasil kopiannye masih kurang canggih dibanding china..liat aje program pakfa..dikadalin tuh..sementara china biar plek ngopi tapi dah jalan sendiri biarpun kualitas kaga dijamin..secara klo ekspor pasti ngasih monkey model dah

      klo balistik misil india boleh lah karena sering uji coba dan banyak yg sukses..yg pasti keinginan mandiri mereka jompol juga..

      • Lha sama kita juga di kadalin kroya gitu. Ya walo setor 20% tapi kan kfx bengkak jadi 19 mil $. 11 12 ama rusia. Jepang aja ngga sampe setengah mil $ bisa buat prototype. Lha kita. Makanya bisa terbang dulu ajah jangan muluk muluk nanti sejalan waktu sambil di upgrade

      • Makin tinggi jangkauan tembak,makin tinggi jg error hit nya sekalipun guidance ny sdh multiple. Jk bicara efek destruktif beda dg efek penggentar. Punya india blm di coba dsni,bru pemaparan teknis aj. Fokus ke depan adlh RX 550 up dg reverse dr pengalaman Projek kartika,R-Han dan Yakhnot. Pendapat pribadi sy,lbh baik yg ada & sdh serta akan berjalan prog A1 Rudal ny makin di percepat krn kawasan makin bikin Gerah..

  23. bung ANAK MEDAN gini loh
    1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
    9 8 7 6 5 4 3 2 1 0
    jumlahnya sama ngga. kalo jawaban bung trondol untuk anak kuliahan kita mah jawab pake anak sd kelas 2 ajah

  24. Wah ini orang niat ngetrol. Udah di bilang udah di jawab masih aja copas. Udah di bilang kalo membela jangan memBABI buta tetep aja bela. Kalo yang ngomong pak Jokowi si banteng kagak gubris. Kalo kanjeng mamih di denger. Bilang tuh sama politisi PDIP. Pak Jokowi itu preaiden kita sekarang, bukannya kanjeng mamih. Paling anda politisi PDIP juga ya, makanya oon kayak si ara

  25. freaxout@ anda koment buat siapa?? arah dan tujuannya kagak ada kayak kapal tanfa nahkoda hehhee

    • Ya untuk anda lah. Yang anda tanya udah di jawab. Pertama yang nanya bung cozza kalo ngga salah. Coba cek di trit kalo harga bagus silahkan jual. Yang teliti jangan di lewatin paling 10 menit baca

    • lah ente kan dah jawab senDIRI BERITA ITU,…..BENER APA SALAH……….Kalau di jawab tidak bener, apa situakan muter muter…..kalau muter muter terus keblinger….piye…….apa nyebur ke PUSERMU…………

    • hey wajasamadengkulmirip ente ngapain posting ginian di mari kan udah ada tritnya sendiri bikin kotor ja, kalo pengen ngetroll jangan disini nh ditrit sebelah, kampret juga nih orang

    • Bang wajanputing,klo bumn yg lain aku nggak paham.Tpi klo bni ku pastikan anda ngawur 1000%.BNI saham yg dilepas nggak lebih dri 3%.Itupun sbagian besar dibeli oleh pegawai mlalui pemotongan gaji+bonus.anda hanya copas tnpa croschek.teerlaalu.

  26. Kelihatannya India mau promosi ke Asia tenggara nie? Sebaiknya TNI jgn ambil Brahmos krn Sonora pasti akan mengikuti jejak kita.jgn ikut2an Trend gendong Brahmos di SU30 MK2 kita,Vietnam mmg sangat perlu membeli Brahmos sbg daya ditterent bagi menghadapi Sang Naga,Sonora berencana beli Brahmos krn kesalip oleh kita.Tapi kita sememangnya sdh dua langkah unggul didpn Sonora dgn project C-705,RX550 dan akuisis Yakhont.Yang kita perlukan skrg ini adalah S400 ,sekali langkah dua tiga pulau tercapai Sbg penggedor pesawat siluman F35,J20/J31 dan jg akan membuat Sonora ketinggalan lima langkah di belakang kita.Cmiiiiw

  27. Kalau yg ori aja terkadang masih over shoot gmana yg kw?

  28. kita percepat kemandirian industri militer kita.

  29. bung x’crot hutangnya jadi masing2 49+49= 98 aset ditangan 97+1=98 jadi pas bung. Sebenarnya utangnya tinggal 98 juta jadi ga ada yg hilang

  30. tebakan yang bagus untuk kamuflase materi diatas, thanks bung xcrot, ane jd yakin bakalan ada brahmos mutanz barang kw tp cm judulnya aja……

  31. Sepertinya India belum pernah mengajukan sama sekali kepada Indonesia………

  32. minjem 100. harga mobil 97 .. kalo emng niat balikin 1 juta 1 juta. sebelum beli mobil balikin dulu uang 1 juta. ke si a dan 1 juta ke si B.. nah sisa 98 juta.. jdi 98 -97 = nah itu yg di saku .. hehe

  33. kalau beli mobil dari hasil uang pinjam/utang, kalau masih ada uang sisa/lebih dan niat mau bayar utang bayarlah.. jangan ada niat buat dikantongin

 Leave a Reply