Sep 252016
 

Kementerian Pertahanan Taiwan melayangkan protes ke Google, setelah satelit Google Maps memuat Pulau Aba yang merupakan pusat pangkalan militer rahasia Taiwan. Dalam suratnya, Pemerintah Taiwan meminta agar Google memburamkan gambar tersebut.

“Untuk melindungi rahasia militer dan keamanan, kami telah meminta Google untuk mengaburkan gambar dari fasilitas militer penting kami,” ungkap juru bicara Kementerian Pertahanan Taiwan, dikutip dari The Guardian, Minggu (25/9/2016).

Dalam gambar Google Maps nampak sebuah struktur bangunan bulat yang dikelilingi empat buah bangunan. “Tak nyaman bagi kami untuk mengungkap fasilitas militer yang kami pasang di pulau Taiping, dan juga kegunaannya,karena semua fasilitas itu adalah rahasia,” kata Menteri Pertahanan Taiwan, Feng Shih-kuan.

Sejumlah ahli militer menduga, pulau tersebut berisi alutsista canggih milik Taiwan, seperti rudal anti pesawat, alat pengintai, dan lainnya. Yang pasti, gambar ini muncul disaat hubungan antara China dan Taiwan sedang memanas akibat sengketa kepemilikan pulau tersebut.

 Posted by on September 25, 2016