TB Hasanuddin Tak Mau Anggaran Kementerian Pertahanan dan TNI Dipangkas

6
Pesawat Sukhoi TNI Angkatan Udara siap menjaga wilayah udara saat Presiden Joko Widodo berkunjung ke Merauke, Minggu (10/5/2015). (Kompas.com/Alfian Kartono)

Kementerian Keuangan berencana untuk memangkas kembali anggaran APBN 2016 sebesar Rp 133 triliun karena pemasukan negara tidak mencapai target.

Wakil Ketua Komisi I DPR, Mayor Jenderal TNI (Purn) TB Hasanuddin, berharap pemangkasan anggaran itu tidak terjadi di Kementerian Pertahanan karena banyak prioritas yang harus dilakukan.

Menurutnya, sumber anggaran TNI berasal dari Kementerian Pertahanan. Dana APBN tahun berjalan itu dibagi ke dalam beberapa pos, yaitu Kementerian Pertahanan dan Markas Besar TNI. Dari Markas Besar TNI, dana dibagi-bagi kembali untuk Markas Besar TNI AD, Markas Besar TNI AL, dan Markas Besar TNI AU.

Hasanuddin menjelaskan bahwa terdapat tiga alasan agar Kementerian Keuangan tidak memangkas anggaran di Kementerian Pertahanan dan TNI.

Pertama, anggaran Kementerian Pertahanan dan TNI menyangkut penguatan pangkalan TNI AU, TNI AD, dan TNI AL di Kepulauan Natuna, terlebih situasi di Laut Cina Selatan yang semakin “memanas”.

Kedua, untuk melanjutkan pendanaan suku cadang dan senjata dan alutsista yang sudah dibeli.

Ketiga, biaya operasional, terutama untuk patroli laut dan udara yang akhir-akhir ini makin dibutuhkan dan meningkat. Patroli itu diperlukan terutama di wilayah perbatasan dalam rangka mengamankan kedaulatan negara.

Sumber: antaranews.com dan tribunnews.com

42 KOMENTAR

    • Yg pada komen GDP kita naik terus itu idup dialam mimpi yah, ud ngedrop trus dr 2014 cing.
      http://www.focus-economics.com/countries/indonesia
      GDP dan GDP percapita ud meluncur bebas dari tahun 2014. Ga berasa yah ongkos idup ud naik terus?
      Sukhoi 1M dollar itu buang2 duit, BBM aja seiprit, mau nambah utang beli ginian.
      Mendingan beli yg sederhana dulu, bisa TOT.
      Duit yg kita ga punya dan masi ngutang mending buat:
      1. Biaya pendidikan biar pada pinter sedikit kalo komen.
      2. Bangun ketahanan BBM
      3. Integrasiin sistem ketahanan yg sudah ada. Pesawat tank kapal canggih tp buta dan ga punya rudal itu ga guna.
      4. Naikin anggaran riset biar bs bikin rudal pertahanan, pespur sendiri, tank sendiri, howitzer sendiri, drone sendiei. Biar ngurangin ongkos beli, ongkos maintenance, untungnya masuk kantong sendiri. Bagus2 bs jual ke negara tetangga untungnya bs buat bikin yg canggihan lagi.

  1. lek jokowi aku usul…………..seluruh PNS dan seluruh pejabat negara dari yang terkecil sampai tertinggi, wajib potong gaji 10% buat bangun jembatan di pelosok negri, turahane nggo tuku senjata.
    aku melu yo…..ora opo2 wis. waton ojo akeh2……………..

    • kurang banyak … 250 jt x 1000 cuman 250 M … sebiji Su 35 jg ga dapat ….
      Kalau 1 jt per orang baru banyak … dtp 250 T. bunga nya 10% atau 25 T atau 2 M $ cukup buat beli 2 Ska pesawat setiap tahun…..
      kumpulin 10-15 thn kayaknya bisa …

  2. setuju pak tb. dengan berbagai macam alasan yang dipas-pasin agar tni selalu lemah dan tidak siap tempur. salah satu cara halus untuk membonsai kekuatan pertahanan nkri. ingat china saja targetnya 4% dari gdp. ini baru 0,8% saja sudah mau dikurangi. wah payah sekali. alasan seperti biasa yaitu “beras vs alutsista” kalau alasan itu melulu mengapa dulu kok minta merdeka, sekalian saja diperintah terus oleh kerajaan belanda. biar tidak perlu pemilu, pilkada dan tetek bengek lainnya.

    ingat perusahaan saja memperkerjakan sekuriti alias satpam. dari kelas pentungan sampai bw. anggap saja ini perusahaan besar lho, namanya Union of Indonesia Corporation. biar hitung-hitungannya tidak melulu cost.

      • gampang toh kalau tidak mampu membayar orang lain , jabatan presdirnya merangkap satpam, salesman, dan engineer. kalau nggak ya aliansi dengan orang lain alias lepas saham. dengan kata lain terjadi mis management sehingga berujung kerugian dan akhirnya berujung phk.

        kalau begitu indonesia kasih belanda saja kalau kagak bisa ngurus sendiri ataukah jadi negara bagian us yang ke xxxx xixixixixi

        katanya banyak sumber daya, tanah subur, kayu ditanam jadi singkong. punya kolam susu. tapi ada rakyatnya suka sekali shortcut. sehingga suka mengambil jalan pintas lewat korupsi. bila ada urusan kalau sesuai prosedur susahnya bukan main. akhirnya pusing tujuh keliling cari shortcut.

          • bung lexy dimaksud oleh bung alugoro itu korupsi sudah mengakar dr sabang sampai merauke(ranah aparatur negara juga)

            dan pemberantasan cm lips service aja,tidak mengena ke inti masalahnya,kalo mau berantas harus sarang2 nya,BERANI TIDAK DAN ADA NGK KEMAUANYA?

            korupsi bukan cm membacking dr ileggal mining,fishing,narko dan lain2,hampir semua lini kehidupanlah.(vaksin palsu,kuburan palsu,dll nah ini bukan permainan?)

            mau contoh:seorang pns berapa tahun lalu saja dengan gaji puluhan juta aja,bisa korupsi milyaran rupiah,nah itu org pajak lho,kalo sering2 baca berita kamu pasti tahu siapa namanya.itu cm 1org????hehehehee

            kalo mau bikin perbandingan alussita udara tetangga kecil bisa beli f15sg dan elbot hampir 100 pespur(belum rencana beli pespur siluman),mau tetangga selatan penduduk cm 10persen bisa beli 10-12 kasel hampir serupa kasel nuke dan pespur hampir 100unit.tanyakan kenapa?

            opini pribadi kalo salah dimaafkan saja ya

            salam damai selalu:)

  3. Urunan buat alutsista bisa saja.bung…cuma harus akuntable dan transparan kalo nggak sama juga kayak SDSB..jama dulu.dalih doank..yang menikmati cuma kroni kroni doank..

    Ada cara lain juga sih, mungkin negara bisa terbitkan obligasi surat utang negara untuk alutsista atau untuk membangun pabrik alutsista…dan ini belum pernah ada dalam sejarah indonesia..haha tapi itu bisa sekali dilakukan..

    Tapi inti masalah pemangkasan di beberapa kementerian salah satunya karena pembangunan infrastruktur yang gencar.pembayaran utang dsb…

    wehh paling ada juga yang gak percaya..infrastruktur gencar dibangun..xixixi..lihat aja nanti…

    Dan ternyata engg ingg enggg… pemasukan pajak meleset dari target..

    Jadi Inilah solusinya ….bayar pajak..

    Hahahaha..

  4. Memang dimana mana…emak emak itu sangat ketat anggaran RT.
    Yg gak perlu di kurangi.

    Sang suami yang biasa rokok sehari sebungkus…pangkas jadi 4 Batang sehari…kecut.

    Kalau mau makan enak terus makan beli daging ayam sehari hanya seper empat kg dari biasa setengah kilo…jadilah tiap hari SOP Mulu.

    Sangu ongkos sehari biasa pake mobil bensin 150 ribu, pangkas jadi 50 ribu sehari…maka pergi kerja parkir mobil di stasiun nyambung kereta ke kantor.

    Biasa HP full paket data bulanan…dikurangi paket 100 mb dan pake hotspot free kantor.

    Biasa dirumah jajan kebab spesial gede…ganti yang 5000 an spesial kecil.

    Biasa dari sore pakai AC full…matikan cukup sampai jam 12 malam saja.

    Dan banyak lagi supaya anggaran pas..

    Tapi ehh..kedodoran juga bayar kartu kredit..kadang kadang nunggak dengan surat PERINGATAN 1 dari bank ..

    Semoga bener utk TNI gak dipangkas

  5. Bung bung..semuanya, anggaran militer tidak akan dipangkas..karena terlalu kritical untuk kondisi sekarang..

    GDB masih positif, IHSG bagus, kurs mulai menguat..memang masih terimbas krisis global..jadi pengharapan masih ada..

    Moga harga stabil aja..gimana rasanya kalo rokok tembus 30 ribu..kecutt kecutt..

  6. napa anggaran tni yg dipotong…? , kan cerintanya target pajak penjajah gak sampe target shgga dipotong apbn 113 t napa tni yg kena….? kenapa gak potongin aja apbd tiap prov dan kabupuaten serta lembaga kementrian 10 % kan udah lebih dari cukup itu

  7. urusan keuangan klo dipegang ibu2 ya gini, yg penting bisa makan. keamanan no. 2 padahal klo sampe NKRI diserang mana enak makan dan tidur. contoh kecil korut biar kismin ttp tetap disegani krn alutsistanya. lah indonesia yg lebih kaya masa loyo. hati2 ah agenda tersembunyi.. wkwkkwk

    • @ bung sasuke, Gak masalah ibuk ibuknya.bung..sori krn gak relevan..mempermasalahkan itu..

      Isu ini jelas politik..gak bisa ditebak..apa maksud tujuan dan nilai strateginya..hanya orang orang tertentu saja..yang sangat paham xixixi..

      4+4 = (8 : 2) x 2 kan hasilnya sama juga kan 8 walau dengan proses yang berbeda..

      Mereka punya cara sendiri untuk mencapai tujuan dan untuk mengetahui sesuatu..

  8. yang mungkin terganggu adalah operasional sehari-hari, kalau alutsista gahar enggaklah, karena untuk pembelian alutsista gahar pakai dana MEF 2 : Rp. 532,3 Trilyun

    Dana Baseline = Rp. 293,5 Trilyun
    Dana Pinjaman Luar Negeri (PLN) = USD 7,742 Milyar = Rp. 103,2 Trilyun (Belanja Modal)
    Dana Pinjaman Dalam Negeri (PDN) = Rp. 15 Trilyun (Belanja Modal)
    Dana Belanja Barang (pemeliharaan)= Rp. 120,6 Trilyun

    # untuk APBN 2016 : Rp. 99,5 Trilyun

    Belanja Pegawai (gaji + tunjangan) = Rp. 38,8 Trilyun
    Belanja Barang (pemeliharaan) = Rp. 30,8 Trilyun
    Belanja Modal (alutsista + pangkalan militer) = Rp. 29,8 Trilyun

    jadi tidak banyak pengaruhnya terhadap wish-list, karena sebahagian besar dibeli pakai dana MEF 2, bukan pakai dana tahunan …

  9. Yg jelas kaga bener kalo ampe dipotong, masa buat kedaulatan mau coba”..ntar giliran bener ada yg ngajak perang jadi takde gune tuh pembangunan dinegeri ini diserang rudal, karena pertahananye ompong..jgn” pesanan antek” kapitalis buat nge bonsai TNI..hahaha..dasar koplax..!!! Kedaulatan malah mau dipermainkan.