Feb 122019
 

JakartaGreater.com – Pesawat tempur ringan Tejas akan memamerkan kemampuan multi-rolenya dalam latihan Vayushakti 2019 pada 16 Februari.

Tejas adalah pesawat tempur multirole yang dirancang oleh Aeronautical Development Agency (ADA) dan Hindustan Aeronautics Limited (HAL) untuk Angkatan Udara India dan Angkatan Laut India.

Tejas adalah pesawat tempur supersonik multirole terkecil dan teringan di kelasnya. Dirancang untuk membawa beragam persenjataan rudal udara ke udara, udara ke permukaan, bom presisi dan bom free fall.

Dilengkapi dengan sistem kontrol penerbangan fly-by-wire, avionik canggih, radar multi-mode dan senjata modern, Tejas diklaim sangat gesit untuk melakukan pertempuran udara jarak dekat. Selain itu, beragam rudal udara ke darat dengan sistem navigasi dan penargetan yang sangat akurat, diklaim oleh HAL memungkinkan Tejas untuk membidik dan menyerang target permukaan di darat atau di laut dengan akurasi tinggi.

Tejas akan melakukan latihan bersama dengan pesawat serang Jaguar, helikopter tempur Mi-17 V5 dan jet tempur terbaik Asia Sukhoi Su-30MKI.

Vayushakti 2019 IAF dijadwalkan akan diadakan pada 16 Februari di Pokhran Air to Ground Armament range dekat Jaisalmer di Rajasthan. Pada latihan tersebut, akan ada demonstrasi peluncuran senjata untuk menunjukkan kemampuan tempur IAF yang terus meningkat dan untuk meyakinkan rakyat , bahwa IAF mampu untuk melindungi kepentingan nasional India.

” Banyak Angkatan Udara di seluruh dunia menampilkan kekuatan dan daya tembak udara mereka melalui demonstrasi semacam itu. Angkatan Udara India juga akan melakukan demonstrasi untuk menunjukkan potensi yang semakin meningkat dari platform tempurnya selama bertahun-tahun dan kemampuannya untuk melindungi kepentingan nasional India,”tulis IAF dalam postingannya di Facebook.

Latihan-latihan ini juga penting bagi operator, perencana, dan kepemimpinan India, juga memberikan peluang bagi pasukan untuk beroperasi dalam skenario perang yang hampir realistis.

Displai di darat, terbang formasi dan demonstrasi penembakan dengan senjata adalah berbagai aspek pelatihan di Angkatan Udara India. Latihan itu juga merupakan sumber peningkatan moral bagi peserta pelatihan dan jaminan bagi rakyat, tulis postingan IAF.

Zeenews

 Posted by on Februari 12, 2019