Jan 062019
 

Manuver Tejas di Yelahanka Air Base, Bangalore (foto : Common Wikipedia)

Perusahaan Dirgantara Hindustan Aeronautics Limited (HAL) telah mendapat izin untuk memproduksi Tejas versi baru – Final Operational Clearance (FOC), 20 Tejas di antaranya akan diproduksi oleh HAL sebelum lulus ke versi next gen yang disebut Tejas Mark 1A.

The Centre for Military Airworthiness and Certification (CEMILAC) telah memberikan lampu hijau untuk memulai pembuatan Tejas versi FOC, kata sumber di HAL.

Angkatan Udara India (IAF) telah memesan 123 Tejas, 20 di antaranya adalah versi Initial Operational Clearance (IOC) sementara 20 lainnya adalah versi FOC. 83 sisanya adalah Mark 1A.

Pesawat FOC pertama akan diproduksi pada akhir tahun. Izin CEMILAC diperlukan karena akan memakan waktu 10 hingga 12 bulan untuk mulai memesan berbagai komponen. Sekitar 10 hingga 11 unit Tejas versi IOC sudah bergabung bersama Angkatan Udara.

Versi berikutnya (FOC) akan memiliki fitur pengisian bahan bakar di udara, radar AESA, suite peperangan elektronik, berbagai bom dan senjata, dan berbagai fitur lainnya.

CEMILAC telah menerima dokumen desain yang diajukan oleh Aeronautical Development Agency (ADA), yang telah merancang dan mengembangkan Tejas.

The Tribune

 Posted by on Januari 6, 2019

  14 Responses to “Tejas Versi Lanjut Siap Diproduksi”

  1.  

    Ini pesawat sangat klasik terinspirasi Avro Vulcan milik Inggris, dan sedikit sentuhan Film kartun Thunderbird

  2.  

    Pesawat kesukaan “Anu” sutejas Tejas nya

    😎

  3.  

    Mantap jg nih tuan takur, semoga TNI AU tdk melirik ini pespur.he3

  4.  

    Ayo tuan takur Pakistan aja mau bikin varian lanjutan dari sulfur jng kalah mau kalah xixixi…

  5.  

    HAL Tejas adalah sebuah LCA ( Light Combat Aircraft ) atau pesawat tempur ringan supersonik bersayap delta generasi keempat buatan HAL ( Hindustan Aeronautics Limited ) dan merupakan pesawat tempur pertama buatan dalam negeri India. Nama resmi pesawat ini adalah Tejas yang dalam bahasa Sansekerta berarti cahaya…https://militerhebatdunia.blogspot.com/2016/11/hal-tejas-light-combat-aircraft-buatan.html

  6.  

    Mending India beli JF-17 Thunder aja… Murah Meriah Mematikan, daripada Tejas yang mahal, tak bisa bawa senjata banyak plus gak bisa dilengkapi rudal jarak jauh mutakhir…

    •  

      Ehh busyet penasaran setelah ane check ternyata emang mahal yah tejas….

      Jf 17 Block 1: US$~25 million

      Tejas 162 crore (US$23 million) for Mk 1

      Versi awal lebih murah tejas tetapi…

      Jf 17 Block 2: US$ ~28 million

      Tejas crore (US$64 million) for Mk 1A

      Mahal amat yah itu baru Mk 1A gimana nanti versi lanjut Yg MK2
      ??

      •  

        Tambahan:

        Payload Tejas: 3,5 ton
        Payload JF-17: 4,3 ton

        Itu padahal dirakit sendiri… Apa mungkin sebagian onderdilnya masih buatan tetangga? Tapi bukankah sudah ada program “Make in India” untuk produksi sebagian besar peralatan secara domestik…

        Tapi mungkin ini adalah “aksi” cari untung para birokrat India bekerjasama dengan petinggi militer πŸ˜€ hihihihi

        •  

          Yah kemungkinan begitu bung emang tikus2 indihe itu bahkan lebih ganas dari di sini xixixi… Btw tejas pake engine general electric yah?? Jf 17 engine dari klimov Kalau tejas pake engine dari klimov mungkin harganya akan lebih murah kenapa tejas ga pake klimov engine yah??

          •  

            Karena gak dapet TOT dari Rusia untuk bisa produksi mesin sendiri πŸ˜€ mungkin… sedang AS kabarnya mau membantu India kembangkan mesin buatan dalam negerinya…

      •  

        Semoga hal yang sama tidak terjadi dengan proyek IF-X dimana biaya produksi oleh PTDI bisa lebih murah dan tidak lebih mahal daripada biaya produksi KF-X atau IF-X bila dilakukan oleh KAI.

        Semoga saja…

    •  

      Murah meriah mematikan buat lawan atau pilot itu sendiri bung?he3

  7.  

    kalo di pasang mesin dua setara rafale nih…..kabur….