Tejas Versi Lanjut Siap Diproduksi

Manuver Tejas di Yelahanka Air Base, Bangalore (foto : Common Wikipedia)

Perusahaan Dirgantara Hindustan Aeronautics Limited (HAL) telah mendapat izin untuk memproduksi Tejas versi baru – Final Operational Clearance (FOC), 20 Tejas di antaranya akan diproduksi oleh HAL sebelum lulus ke versi next gen yang disebut Tejas Mark 1A.

The Centre for Military Airworthiness and Certification (CEMILAC) telah memberikan lampu hijau untuk memulai pembuatan Tejas versi FOC, kata sumber di HAL.

Angkatan Udara India (IAF) telah memesan 123 Tejas, 20 di antaranya adalah versi Initial Operational Clearance (IOC) sementara 20 lainnya adalah versi FOC. 83 sisanya adalah Mark 1A.

Pesawat FOC pertama akan diproduksi pada akhir tahun. Izin CEMILAC diperlukan karena akan memakan waktu 10 hingga 12 bulan untuk mulai memesan berbagai komponen. Sekitar 10 hingga 11 unit Tejas versi IOC sudah bergabung bersama Angkatan Udara.

Versi berikutnya (FOC) akan memiliki fitur pengisian bahan bakar di udara, radar AESA, suite peperangan elektronik, berbagai bom dan senjata, dan berbagai fitur lainnya.

CEMILAC telah menerima dokumen desain yang diajukan oleh Aeronautical Development Agency (ADA), yang telah merancang dan mengembangkan Tejas.

The Tribune

Tinggalkan komentar