Sep 122013
 
Situs Megalitikum Gunung Padang di Cianjur - Jawa Barat

Situs Megalitikum Gunung Padang di Cianjur – Jawa Barat

Inisiator Tim Terpadu Riset Mandiri (TTRM) Gunung Padang, Andi Arief menyatakan, tim mereka sedang menulis laporan lengkap hasil riset Gunung Padang, yang melibatkan sejumlah disiplin ilmu. Laporan riset ini, diharapkan menjadi masukan untuk Presiden SBY, dalam memberikan arahan selanjutnya.

Ada empat lapisan kebudayaan di Situs Gunung Padang, Cianjur – Jawa Barat, yakni lapisan 600 tahun sebelum Masehi, 4.900 tahun sebelum Masehi, 11.500 tahun sebelum Masehi serta 25.000 tahun sebelum Masehi.

Hasil temuan di lapisan 3 dan 4 sangat berbeda dengan lapisan 1 dan 2. Lapisan 1 dan 2 secara otomatis UU Cagar Budaya menyatakan itu wajib ditindaklanjuti oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta pemerintah daerah.

“Lapisan 3 dan 4 yang “sangat istimewa” dan “tiada duanya” di dunia. Temuan ini kelihatannya bukan wilayah Kemendikbud,” ujar Andi Arief.

“Kita akan meminta arahan Presiden, ke instansi manakah “teknologi dahsyat” dan “bermanfaat buat rakyat” ini diserahkan. Apakah kepada Kementerian Pertahanan, Kementerian ESDM, TNI-POLRI, semuanya sesuai arahan Bapak Presiden”, tambah Andi.

“Tugas keilmuan tim ini telah berhasil menemukan sesuatu yang indah pada waktunya. Living monument buah mahakarya leluhur kita ditemukan oleh kita sendiri. Jika kolonialisme mencari ini 350 tahun, Tuhan memberi kemudahan bagi kita semua untuk menemukannya hanya dalam tempo 2,5 tahun,” ujar Staf Khusus Presiden bidang Bencana Alam dan Bantuan Sosial itu.

Riset terakhir yang dilakukan adalah pengambilan citra situs, mirip dengan teknik USG pada wanita hamil saat melihat kandungan. Kini tim sedang menunggu sejumlah hasil uji laboratorium atas beberapa sampel baru.

TTRM secepatnya akan menyelesaikan kewajiban kepada warga, tenaga lokal, rental alat dan lain-lain. Selama ini TTRM bekerja mandiri, tidak dengan uang negara. TTRM berharap bisa menutup galian ekskavasi bersama masyarakat.

Konstruksi Arsitektur  Situs Megalitik Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat (photo:http://nrmnews.com)

Konstruksi Arsitektur Situs Megalitik Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat (photo:http://nrmnews.com)

Danny H. Natawidjaja, Koordinator TTRM Gunung Padang, mengungkapkan, penelitian tim terpadu selama ini, banyak kemajuan positif untuk mengungkap tuntas situs purba tersebut. Temuan-temuan sejauh ini menyimpulkan situs Gunung Padang sangat istimewa, antara lain bisa dilihat dari luas situs dan ketinggian yang bahkan lebih besar dari Borobudur. Belum lagi jika menyinggung bahwa situs itu dibangun lebih dari satu lapis budaya.

Apa Keistimewaan Situs Gunung Padang ?
Staf Khusus Presiden bidang Bencana Alam dan Bantuan Sosial, Andi mengatakan, ada temuan yang sangat istimewa dan teknologi dasyat di situs Gunung Padang, yang kemungkinan bukan wilayah Kemendikbud, melainkan Kementerian Pertahanan, Kementerian ESDM, atau TNI-POLRI. Apa sebenarnya temuan itu ?. Andi belum menjelaskannya.

Ketua Tim Penelitian Terpadu Mandiri Gunung Padang, Ali Akbar sedikit memberi gambaran tentang temuan istimewa itu. Hasil penelitian tim arkelologi Situs Megalitikum Gunung Padang, di Desa Karyamukti, Kecamatan Cempaka, Cianjur ditemukan struktur bangunan yang bentuknya jauh berbeda dengan struktur bangunan Gunung Padang yang saat ini terlihat secara kasat mata.

situs-megalitikum-gunung-padang-1

Pada eskavasi yang dilakukan di kedalaman 1 hingga 4,5 meter, ditemukan batuan yang justru tidak saja hanya disusun namun sudah direkatkan dengan campuran semacam semen purba.

“Pada kedalaman 1 hingga 4,5 meter ini, telah diteliti dan diuji Laboratorium Beta Analityc Radiocarbon Dating (BETA) di Miami, Amerika Serikat. Diketahui usai banguann itu sekitar 4500 SM, namun mempunyai teknologi mendirikan bangunan lebih canggih dibanding di struktur luarnya yang diperkirakan berusia 500 SM,” ucap Ali Akbar.

Peradaban pada usia bangunan lebih tua, justru mempunyai peradaban yang tinggi dibanding peradaban pada bangunan di atas dengan usia lebih muda. Hal ini menandakan adanya penurunan peradaban entah disebabkan karena bencana alam atau peperangan yang membuat sejumlah manusia saat itu menghilang/musnah.

Konstruksi Tersembunyi Situs Gunung Padang

Konstruksi Tersembunyi Situs Gunung Padang

Semen Purba dari Besi
Tinggi peradabaan pada era sebelaumnya, juga ditandai dengan kompisisi semen purba yang sudah mengandung besi. Padahal, dalam batu yang juga mengandung unsur besi, hanya ditemukan palingbanyak 3 persen kandungan besi.

“Setelah kami teliti juga ada kandungan besi yang lebih dominan dalam struktur pada kedalaman sekitar 4,5 meter yang mencapai 45 persen kandungan besi, 15 persen tanah liat, dan sisanya silika,” ucapnya.

Dari temuan tersebut, tim menduga manusia di situs Gunung Padang ini telah megetahui kandungan besi yang bisa merekatkan bebatuan.

“Mereka tahu batu mana saja yang mengandung besi lalu mereka tumbuk dan kemungkina mereka bakar pada panas tertentu untuk melelehkan dan dicampur tanah liat dengan beberapa bahan, sehingga terciptalah semen purba. Ini menunjukan peradaban yang sangat tinggi saat itu,” ucapnya.

Bahkan, diantara struktur tersebut ditemukan pecahan logam besi sepanjang 10 centimeter. Pembangunan itu diduga dilakukan oleh beberapa generasi.

gunung-padang

Sebagai pembanding, Candi Prambanan yang dibuat pada sekitar 800 Masehi didirikan di atas tanah urukan setebal 14 meter.  Jika di Gunung Padang ditemukan susunan batu buatan manusia sampai dengan kedalaman 8 meter, maka dunia pun akan tercengang.

“Pada kedalaman tersebut kemungkinan akan ditemukan bukti peradaban umat manusia pada 11600 SM. Padahal peradaban besar dunia baik di Mesopotamia, Mesir, maupun Yunani yang tertua berusia sekitar 4000 SM,” ujarnya.

Bentuk struktur bangunannya pun jauh berbeda dibanding banguann luar Gunung Padang. Beberapa batu yang direkatkan dengan semen, diduga merupakan dinding bangunan yang bentuknya tidak berundak.

Apakah yang dimaksud Andi Arif dengan temuan sangat istimewa dan teknologi dasyat di situs Gunung Padang -bisa terkait Kementerian Pertahanan, Kementerian ESDM, atau TNI-POLRI-, adalah teknologi semen besi tersebut ?. Kita tunggu penjelasan Presiden SBY.

  88 Responses to “Teknologi Istimewa Situs Gunung Padang”

  1. Jangan-jangan perlahan tapi pasti terkuak bukti bahwa tanah Ibu Pertiwi (sekarang NKRI) merupakan pusat dari kota kota yang memiliki budaya paling moderen di dunia pada zamannya. Ane pernah nyimak di stasiun tv swasta yang menjelaskan tentang kota legendaris Atlantis. Menurut ilmuwan itu di dalam penelitiannya mengenai kot atlantis, konon dia meyakini bahwa tanah Indonesia dahulu ialah pusat dari kota Atlantis sebelum lempangan2 bumi terbelah2 dan menjadikan Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia saat ini. Ane lupa nama ilmuwan n nama bukunya apa, tapi kurang lebih seingat ane seperti itu, so time to prove.

    • konon katanya… di Atlantis terdapat sebuah bangunan berbentuk piramid, dimana bangunan itu merupakan sumber utama energi yang dugunakan untuk kehidupan di Atlantis… Mungkinkah itu gunung padang ….???

    • nama ilmuawan tersebut prof Dr. Arisiyo Santos seorang ahli nuklir dan geologi. didalam bukunya The Atalantic was found mengatakan kawasan daerah Nusantara adalah bekas Atlantis. Jika dikaitkan dengan sumpah Gaja Mada yang ingin menguasai Nusantara sangat erat kaitannya. mengapa Gajahmada bersikeras menguasai Nusantara ? pakah ggajahmada mengetahui bahwa Nusantara dulunya adalah Atlantis dan nenek moyang mereka.

      Daalam Bukunya yang berjudul Atlantis telah ditemukan ia menuding bahwa pakar pakar dari dunia barat sengaja menyembunyikan lokasi atlantis yang sebenarnya.

      Bahkan Penemuan Prof Dr Aryo Santos dapat menyingkirkan teori dasar pelayaran bangsa bangsa eropah ke Nusantara yang menyaatakan bahwa pelayaran keujung dunia lebih diutamakan untuk masalah ekonomi dan rempah rempah. Namun pada kenyataanya mereka ingin menemukan sendiri dunia atau surga yang hilang yang bernama Atlantis.

      Berita terkini jakarta

      sebelum meninggal Prof Dr Arsiyo Santos sedang giat mencari dana untuk melanjutkan penemuannya.

  2. Jadi inget kisah Blue Energy yg juga ditangani staf khusus presiden.

    Btw, bukannya Andi Arief ini yg bilang Harisson Ford melabrak & lompat2 meja di Kemenhut yg lalu dibantah Menhutnya sendiri?

    *amat meragukan kredibilitas Andi Arief*

  3. berarti kalau jaman megalitikum adalah masa paling tua dari mesolitikum,etc..
    Situs dunia nich kalau begitu..perlu segera masuk cagar budaya.. Pengamanan ,harus di berlakukan untuk menjaganya

  4. “Ada temuan yang sangat istimewa dan teknologi dasyat di situs Gunung Padang, yang kemungkinan bukan wilayah Kemendikbud, melainkan Kementerian Pertahanan, Kementerian ESDM, atau TNI-POLRI”.

    • istimmewanya di mana om..
      Apa ada gua nya ato gimana,atau bahkan ada sDA,,sampai mau berebut,,abil alih,,

      tolong pencerehnya

    • apa ada sumber daya alam strategisnya ya ? soalnya berkaitan juga dengan kementrian ESDM

    • mungkin karena penelitian menemukan teknologi tingkat tinggi di jaman tingkat rendah. jika teknologi itu jatuh ke tangan lain seperti amrik, maka kekayaan intelektual bisa diambil. amerika saja jika menemukan hal semacam itu PASTI disembunyikan dan dipelajari sendiri

  5. Duuuh Wajag bikin penasaran aja nih…. tehnologi dahsyat apakah gerangan yg wilayah nya pertahanan ???

  6. Dalam kegamangan karena LABIL EKONOMI kita, harus tetap mempertahankan keberadaan sejarah dan EKSISTENSI DIMENSI ruang dan waktu. Jangan sampai terhalau KONSPIRASI KEMAKMURAN yang MEMPERTAKUT jiwa kita.

  7. Bila terkait besi dalam Alquran kitab yg tidak ada keraguan di dalam nya Allah berfirman : …Dan Kami turunkan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia ….” (Al Qur’an, 57:25)

    • latah banget pakai ayat agama…..agama itu belum ada kalau 11400 SM bung…jgn klaim2 bung….bahkan agama tertua di indonesia itu malah HIndu….bukan Islam

      • agama belom ada 11400 SM ?? berarti anda tidak percaya adanya TUHAN!

        *case closed (SARA)

        • Kerajaan2 sunda dahulu seperti tarumanegara,salakanegara,kendan(kana’an),galuh,pajajaran,merupakan kerajaan besar dan kuat,dan banyak menurunkan raja2 dinusantara,terutama di pulau jawa termasuk mataram kuno dan majapahit .
          Mataram kuno dari keturunan galuh dinasti sanjaya yg menikah dengan puteri dari jawa tengah sehingga sanjaya mendirikan kerajaan mataram kuno.
          Majapahit didirikan oleh raden wijaya yg merupakan putera dari raja sunda galuh prabu jayadarma.
          Bahkan gusdur pun mengaku sebagai ketrunan galuh.

          Berkaitan dng situs gunung padang jelas merupakan peninggalan sunda krn terdapat logo kujang disalah satu batunya,
          Jadi tatar pasundan sebenarnya masih banyak menyimpan misteri yg belum terungkap,dan apabila kebenaran itu terjadi maka terjadilah….kita sebagai manusia harus berbesar hati menerimanya.

          Taruma-tareuma-matareum-mataram

      • Ceritakanlah kepada mereka kisah kedua putra Adam (Habil dan Qabil) menurut yang sebenarnya, ketika keduanya mempersembahkan korban, maka diterima salah seorang dari mereka berdua (Habil) dan tidak diterima dari yang lain (Qabil). Ia berkata (Qabil): “Aku pasti membunuhmu!.” Berkata Habil: “Sesungguhnya Allah hanya menerima (korban) dari orang-orang yang bertakwa.”
        “Sungguh kalau kamu menggerakkan tanganmu kepadaku untuk membunuhku, aku sekali-kali tidak akan menggerakkan tanganku kepadamu untuk membunuhmu. Sesungguhnya aku takut kepada Allah, Tuhan seru sekalian alam.” (QS Al-Ma’idah).

        Mungkin belum ada kitab suci yang lengkap, tapi putra Adam telah melakukan ritual/persembahan kepada Allah, bertakwa/takut kepada Allah dst…

      • siip makasi pak jaksa.
        Lanjut di s-300 nd kilo

      • Sebetulnya agama monoteisme, Islam sudah ada sejak nabi adam dilahirkan, nabi Adam hanya menyembah Allah sebagai Tuhannya islam barulah nabi Muhammad lahir, langsung diutus Allah untuk menyebarkan agama tsb. Hindu budha adalah agama filsafat yang dibuat di dunia dgn menyembah banyak dewa. Tapi disini kita tidak perlu mempersoalkan agama karena itu keyakinan masing-masing.

    • Sealiran dengan sunda wiwitan,wiwitan=mulai.mereka ada lo

  8. Plutonium..??.. wah jadi penasaran..

  9. ini proyek carmuk……..terlalu dibesar-besarkan analisanya

  10. bs jadi “AllSpark” nya Indonesia neh..

  11. saya rasa maksud dahsyat itu adalah teknologi nuklir..atau semacam alat bebahan bakar plutonium,mungkin teknologi ini d bawa alien yg singgah d gunung padang.

  12. Situsnya arah kiblat?

  13. Skalian aja bahas teori Candi Borobudur peninggalan Nabi Sulaiman. Katanya pembangunannya melibatkan jin & pake kecepatan cahaya. Ane rasa ini jauh lebih dasyat. Ntar bisa kita pake buat kolonisasi Planet Pluto sbelum dilakuin negara2 barat. (kalo udah gini, S-300, Su-35, F-22, Kilo, Amur mah lewaat… 😀 😀 :D)

  14. sederhananya namanya penelitian, kemudian dibentuk Tim Terpadu Riset Mandiri Gunung Padang yang terdiri dari arkeolog, sejarawan, sosiolog, arsitek, dan peneliti dari disiplin ilmu lain.
    Dan hasilnya ditemukan :
    Tim menemukan bukti-bukti adanya suatu bentuk bangunan besar yang diduga dibangun oleh manusia pada ribuan tahun sebelum masehi. Penelitian tersebut sekaligus membuktikan bahwa sudah ada teknologi canggih yang digunakan manusia pada masa sebelum masehi.

  15. bkin penasaran ae pling” yo nemu pedah ontel 😀 😀

  16. bentul banget bung, saya setuju, terkadang suka miris terhadap anak2 bangsa ini yg merasa rendahan, berjiwa babu, pesimistis, padahal bangsa ini adalah bangsa istimewa, lihat sumber daya alamnya, lihat kekayaan maritimnya, lihat indonesia di peta, adakah bangsa lain dengan letak yang se strategis itu, seakan pusat dunia itu indonesia..
    sungguh memPRIHATINKAN!!

  17. Kabarnya sih dananya “diambil dari bunga dana abadi pendidikan yang disisihkan dari kenaikan anggaran pendidikan dalam APBN.” Dan polemik masih terus berlanjut …, mungkin yg nggak kebagian jadi ikutan ribut hehe .. .

    (http://nationalgeographic.co.id/berita/2013/06/polemik-situs-megalitik-itu-masih-berlanjut)

  18. sepertinya website yang paling sering mengungkap tentang gunung padang yang pernah saya baca cuma “indocropcircle” aja deh. coba jalan2 kesana

    walaupun banyak yang meragukan keabsahan beritanya, tapi gak ada salahnya dijadikan pembanding dan bahan bacaan

    salam

  19. IMHO,…..
    peninggalan bersejarah yg ditimbun oleh tanah spt gunung padang sudah biasa, dan bisa jadi lebih dari satu waktu kebudayaan. salah satu saluran tv swasta pernah menyiarkan bangunan bawah tanah di Roma sejaman dngn Renaissance, ternyata bangunan fondasinya adalah bekas reruntuhan jaman Yunani kuno yg lebih tua ribuan tahun usianya! Kasus ini sama dengan reruntuhan Majapahit di Trowulan, ternyata lapisan tanah dibawahnya terdapat peradaban yg lebih tua usianya dari Majapahit, dan ini sedang diteliti, googling aja deh….

    jadi bukan tidak mungkin klaim bahwa situs gunung padang bertingakat2 usia sejarahnya sampai ribuan tahun bahkan……!

  20. kita berasal dari Yunan-cina selatan ya?,…..mudah-mudahan mereka tidak mengklaim tanah kita juga…….secara mereka mengklaim laut di sekitar kep. Natuna berdasarkan sejarah masa lalu…. 😀 😀 😀

    • Bangsa nusantara tu bkn keturunan orang cina , msak org dratan bz nyebrang laut, dgn jumlah yg besar… pdhl nenek moyang bngsa indonesia itu udh mngenal pelayaran di jaman dlu, lihat aja di rellief cndi borobudur ada gmbar kapal nya …. n cina trkenal pelayaranya muncul di massa laksamana cheng ho abad 14 atau 15 ….

  21. Pesan moral tersembunyi leluhur kita buat militer:

    Mereka dulu pernah menjadi negara super power pada masanya, seperti AS-RUSIA saat ini.
    Mengingat pada masa 20.000 tahun yang lalu didapati bangunan semegah ini, tentunya memiliki kemapanan di berbagai bidang, engineering dll, terutama di bidang militer.

    Tertangguh mungkin di zamannya…

  22. Ironi akhir minggu:

    Terjadi bencana arkeologis di Museum Nasional; kalau Staf Khusus Presiden bidang Bencana Alam dan Bantuan Sosial memang punya passion tulus terhadap arkeologi dan juga meluangkan waktu untuk memeriksa kelengkapan dan kondisi perangkat pengamanan Museum, mungkin bencana ini bisa dicegah…

    Hilangnya artefak peninggalan kerajaan Mataram Kuno dan Majapahit dari abad X dan XI dengan harga tak ternilai di Museum Nasional dikatakan Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya karena pendukung keamanan museum sudah tidak berfungsi dengan baik.
    Hal ini diketahui setelah pihak kepolisian melakukan pemeriksaan terhadap pendukung keamanan seperti CCTV dan Alarm pengingat tanda bahaya.
    “CCTV sejak November 2012, sudah tidak berfungsi,”. Selain CCTV yang sudah tidak berfungsi dengan baik, alarm pengingat tanda bahaya juga sudah tidak berfungsi lagi (www.aktual.co).

  23. Bisa jadi Nusantara ini adalah Atlantis? Toh dipenelitian Atlantis dikelilingi gunung api kan? lah Nusantara punya berapa gunung api? Di Jawa aja buanyak, apa lagi sumatera, sulawesi dll nya?

  24. gali aja dulu nggak usah berkoar2 yang belum jelas.
    kalau sudah jelas mau ada ilmu teknologi yg bs diserap ya syukur,klw pun tdk,,ya gpp buat pariwisata & pembedaharaan peninggalan sejarah kita,ini loh karya nenek moyang indonesia,masa kita nggak bs berbuat lbh dr pendahulu kita

  25. lah,wong namanya bangsa kita itu loh,kerjanya nyuri sama bo.ongnya itu,mendingan duitnya buat beras raskin buat wong cilik.gitu!(pembela wong cilik,ibu megawani)

  26. masalahnya,pejabat kita ngga ada yg omonganya bisa dipercaya,kerjaanya maling sama bohongin rakyat terus,kaga tau malu,sudah bnyk buktinya,sy jadi muak!!!!

  27. Berarti istilah Sunda Besar dan Sunda Kecil yang pernah populer sebelum tahun 1990 bakalan terbukti dengan penemuan ini.

    • bangunan sejenis seperti itu di tatar sunda banyak jumlahnya hampir di setiap kabupaten ada cuma st. gn padang yang terbesar dan termegah tempat memuja pada hyang atau keyakinan sunda wiwitan jauh sebelum hindu buda ada di dunia dan tempat tempat bangunan seperti itu namanya sama ada sit gn padang ciamis sit.gnpadang pangalengan bandung sukabumi lebak banten kuningan lambangnya juga sama tapak harimau dan senjata kujang

      • Kang Agun Garsel

        Bisa minta lingk web atu dokumentasi untuk situs2 yang anda sebutkan,karena saya sebagai putra daerah sangat ingin tahu..insya allah jika mungkin suatu hari nanti saya akan berkunjung ke situs2 tersebut…..
        Geura Harudang Urang Zunda… 😀

  28. ane jadi mikir, jangan2 orang padang yang pinter bikin bumbu rendang padang kakek moyangnya adalah juru masak kerajaan yang ada di zaman itu..wah…kenape ane mikir masakan yah….wah..kenape gue skrg jadi laper ingat rumah makan padang….kaya’ nye nih gue harus makan dulu sebelum lanjut koment….

  29. Betul…..Kita telah mengalami Kmajuan zaman pada masa lalu,namun hilang karena bencana yg maha dasyat..sehingga sangat penting rasanya kita untuk mengulik peninggalan di masa lalu..aga r kita bisa kembali berjaya..yg mempengaruhi kemunduran suatu bangsa salah satunya metode pendidikan yg salah,terbukti S2 sekarang masih kalah ma anak SMA jaman dulu..metode sekarang hanya berupa hapalan tanpa kajian…jadi klo ada yg di luar pelajaran pada mlongo doang bisanya.. 😛

  30. – Sungguh peradaban yang luar biasa, inilah bukti jati diri bangsa kita. Bukan bangsa yang rendah yang lahir pasca masehi. Jelaslah bahwa awal mula peradaban dari tanah nusantara. Catatan sejarah yg telah tersebar di seluruh dunia senantiasa berubah, yakinkan bahwa kita negri peyebaran peradaban. Secara bahasa bolehlah bahasa kita berasal dari Yunan, namun secara DNA dan bukti ditemukannya situs Gunung Padang bisa jadi bahasa Austronesiapun dari daratan/lautan Nusantara.

    – Asal jangan temuan ini menjadi alat pencitraan suatu partai aja! Terutama presiden! Memuakan! Apalagi kita semua tau tahun depan Pemilu 2014! Ironis jika eskavasi Gn Padang dari dana pendidikan yg disisihkah oleh mantan mentri keuangan Sri Mulyani sebagian besar dari 11triliun (What??) Kenapa baru sekarang presiden gunain uang ini, kemana aja dana itu selama ini? (Jgn2 dipake pemilu dulu trus baru kekumpul sekarang wkwkwkcuih). Lagi pula dari 11t itu banyak hal bisa dilakukan, bukan hanya eskavasi. (Oh, citra2)
    – Konyol, Kebanggaan bangsa ini awal2 pemilu 2014 bakalan direnggut oleh pihak2 yg ingin citra diri atau golongannya harum! (Menjijikan)

  31. Kemiripan raja tatar sunda dengan nabi sulaiman:

    Raja. – Nama Ayah. – keterangan

    1.nabi sulaiman. – Dawud/david/deva/dewa – menguasai jin dan
    Raja gunung Dan mahluk halus

    2.sang suraliman sakti -dewa(warman). -prasasti tarumanegara
    (Raja purnawarman). Menyebut dialah sang
    Suraliman(sulaiman?)
    Yang menguasai dunia

    3.prabu siliwangi. -dewa(niskala). -raja gunung yg mengusai
    Jin dan mahluk halus

    Dan juga tentang kisah putera prabu siliwangi kian santang yang masuk islam setelah bertemu dengan sayidina ali(sahabat/murid nabi muhamad saw?) Apakah sebenarnya mereka hidup dimasa yg sama? Atau mereka adalah orang sama?

    • Sayidina Ali smp saat ini masih hidup spt halnya nabi Khidir atau prabu siliwangi di jawa. Penghuni bumi sebelum manusia atau homo sapiens adalah neanderthal, dan pithecantropus erectrus. Usia pithecantropus lbh tua dari yang lainnya dan ditemukan byk di jawa. Krn bencana alam, peradaban mereka hancur, ada yg lari ke india, cina, taiwan dan ada yg msh berlindung digunung2 tapi peradabannya dimulai dari nol lagi

  32. ini cerita jadi mirip Indiana Jones : Arkeolog pencari harta karun……………….Hidup AA si Indonesia Jones

  33. Setuju..,kita adalah bangsa yg besar….,tapi kita juga harus tetap waspada terhadap kelompok yg ingin mengkerdilkan sejarah besar bangsa kita, saya pernah ihat di yotube ada seorang pembicara mengatakan bahwa akar bahasa melayu berasal dari formosa taiwan, mungkin saja itu benar…tapi perlu dingat bahwa kita mepunyai bahas:a; yg original dan berbeda beda seperti bahasa sunda,jawa,bugis,batak,dayak,makasar,ambon ,irianjaya,bali,dlll, masih banyak lagi, dan juga kita dianggap keturunan yunan…mungkin juga ada sebagian…..tapi perlu di ingat juga bahwa warna kulit kita saja sudah berbeda…watak dan karakter kità juga berbeda…tulisan dan bahasa kita saja sudah berbeda ….maksud saya disini…pengaruh percampuran budaya dan human itu memang ada….dan masih terjadi hingga saat ini…tetapi karena kita memiliki akar budaya yg kuat dari sabang hingga merauke..justru mereka yg seharusnya belajar dari kita…karena nusantara ini sangat kaya dari alam dan kebudayaan tinggi..sehingga banyak yg ingin menguasainya….baik itu kelompok asing dan bukan asing…..waspada…

    Taruma-tareumatareum-mataram

  34. Sebaiknya situs Gunung Padang segera digali dan direstorasi, akan jadi sumber tambahan significant bagi PAD Pemda setempat. Jika situs ini seheboh yang digembar gemborkan maka efek domino ekonominya sangat besar, minimal setingkat Borobudur (devisa, pajak, hotel, kuliner, cindera mata dll, dst, etc…)

    Katanya Indonesia sedang mendorong industri kreatif, ini ada potensi besar tapi lama dibiarkan terbengkalai, Pemerintah niat ga sih? sudah pendapatan CPO lesu dan Migas terbatas, tapi potensi pariwisata sebesar Gn Padang belum juga dilirik.

  35. Memang sebenarnya kita sudah banyak menemukan harta karun tersebut,cuma terkadang banyak orang berpikiran sempit dan dangkal tentang harta karun tsb dianggap hanya berupa emas,logam murni,batu mulia dll….padahal nenek moyang kita/leluhur kita juga mewarisi harta karun berupa bangunan 2 kuno,seprti candi borobudur,situs batu tulis,gn.padang dsb…masih banyak lagi…,serta mewarisi kebudayaan2daerah yg bisa menghasilkan daya tarik wisata yg cukup banyak menghasilkan pendapatan daerah tsbt seperti bali……….,itulah bentuk nyata warisan harta karun yg telah diberikan oleh para leluhur kita…jadi ini semua nyata….bukan fiksi belaka….cuma terkadang kita tidak mensyukuri apa yg telah diwariskan…

    Taruma-tareumatareum-mataram

  36. penurunan peradaban tak mungkin di sebabab kan oleh perang , prangnya dengan siapa suku bangsa lain belum ada ketika sit. gn padang dibangun lagi pula di tatar sunda mah tak ada istilah perang bangsa cinta damai

  37. Menunggu sampai gunung padang di KUPAS, agar betul2 terlihat seperti apa rupa PIRAMIDA yg sebenarnya.. 😀 udah gk sabar neh.

  38. PUSAT PERADABAN DUNIA BUKAN NUSANTARA ATAU INDONESIA TAPI SUNDA & TITIK PUSATNYA ADALAH PARAHYANGAN, DENGAN CATATAN JANGAN MENSTIGMA SUNDA SEBAGAI POTENSI ETNIS & LOKAL GENIUS, TAPI POTENSI GLOBAL & UNIVERSAL GENIUS.
    JANGAN SALAH MAKOM DAN JANGAN COBA-COBA BERBICARA LOKAL GENIUS, SEBAB POTENSI MANUSIA SUNDA MINIMAL GLOBAL GENIUS, BAHKAN UNIVERSAL GENIUS. SUNDA AKAN MENGECIL KETIKA BERBICARA LOKAL GENIUS, SEBAB SUNDA SESUNGGUHNYA PEMILIK OTORITAS “HIPER MAKOM”.
    Jika Manusia Sunda berbicara Lokal Genius, maka akan terjebak menjadi manusia “PANAS BARANAN”. Inilah salah satu contoh Manusia Sunda dengan wawasan UNIVERSAL GENIUS:
    ————————————-
    MANDALAJATI NISKALA
    Seorang Filsuf Sunda Abad 21
    Menjelaskan Dalam Buku
    SANG PEMBAHARU DUNIA
    DI ABAD 21,
    Mengenai
    HAKEKAT DIRI

    Salah seorang peneliti Sunda yang sedang menulis buku
    “SANG PEMBAHARU DUNIA DI ABAD 21,
    bertanya kepada Mandalajati Niskala:
    “Apa yang anda ketahui satu saja RAHASIA PENTING mengenai apa DIRI itu? Darimana dan mau kemana?
    Jawaban Mandalajati Niskala:
    “Saya katakan dengan sesungguhnya bahwa pertanyaan ini satu-satunya pertanyaan yang sangat penting dibanding dari ratusan pertanyaan yang anda lontarkan kepada saya selama anda menyusun buku ini.
    Memang pertanyaan ini sepertinya bukan pertanyaan yang istimewa karena kata “DIRI” bukan kata asing dan sering diucapkan, terlebih kita beranggapan diri dimiliki oleh setiap manusia, sehingga mudah dijawab terutama oleh para akhli.
    Kesimpulan para Akhli yang berstandar akademis mengatakan BAHWA DIRI ADALAH UNSUR DALAM DARI TUBUH MANUSIA.
    Pernyataan semacam ini hingga abad 21 tidak berubah dan tak ada yang sanggup menyangkalnya. Para Akademis Dunia Barat maupun Dunia Timur banyak mengeluarkan teori dan argumentasi bahwa diri adalah unsure dalam dari tubuh manusia. Argumentasi dan teori mereka bertebaran dalam ribuan buku tebal. Kesimpulan akademis telah melahirkan argumentasi Rasional yaitu argumentasi yang muncul berdasarkan “Nilai Rasio” atau nilai rata-rata pemahaman Dunia Pendidikan.
    Saya yakin Andapun sama punya jawaban rasional seperti di atas.
    Tentu anda akan kaget jika mendengar jawaban saya yang kebalikan dari teori mereka.
    Sebelum saya menjawab pertanyaan anda, saya ingin mengajak siapapun untuk menjadi cerdas dan itu dapat dilakukan dengan mudah dan sederhana.
    Coba kita mulai belajar melacak dengan memunculkan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan kata DIRI, JIWA dan BADAN, agar kita dapat memahami apa DIRI itu sebenarnya. Beberapa contoh pertanyaan saya susun seperti hal dibawah ini:
    1)Apa bedanya antara MEMBERSIHKAN BADAN, MEMBERSIHKAN JIWA dan MEMBERSIHKAN DIRI?
    2)Apa bedanya KEKUATAN BADAN, KEKUATAN JIWA dan KEKUATAN DIRI?
    3)Kenapa ada istilah KESADARAN JIWA dan KESADARAN DIRI sedangkan istilah KESADARAN BADAN tidak ada?
    4)Kenapa ada istilah SEORANG DIRI tetapi tidak ada istilah SEORANG BADAN dan SEORANG JIWA?
    5)Kenapa ada istilah DIRI PRIBADI sedangkan istilah BADAN PRIBADI tidak ada, demikian pula istilah JIWA PRIBADI menjadi rancu?
    6)Kenapa ada istilah KETETAPAN DIRI dan KETETAPAN JIWA tetapi tidak ada istilah KETETAPAN BADAN?
    7)Kenapa ada istilah BERAT BADAN tetapi tidak ada istilah BERAT JIWA dan BERAT DIRI?
    8)Kenapa ada istilah BELA DIRI sedangkan istilah BELA JIWA dan BELA BADAN tidak ada?
    9)Kenapa ada istilah TAHU DIRI tetapi tidak ada istilah TAHU BADAN dan TAHU JIWA?
    10)Kenapa ada istilah JATI DIRI sedangkan istilah JATI BADAN dan JATI JIWA tidak ada?
    11)Apa bedanya antara kata BER~BADAN, BER~JIWA dan BER~DIRI?
    12)Kenapa ada istilah BER~DIRI DENGAN SEN~DIRI~NYA tetapi tidak ada istilah BER~BADAN DENGAN SE~BADAN~NYA dan BER~JIWA DENGAN SE~JIWA~NYA?
    13)Kenapa ada istilah ANGGOTA BADAN tetapi tidak ada istilah ANGGOTA JIWA dan ANGGOTA DIRI?
    Beribu pertanyaan seperti diatas bisa anda munculkan kemudian anda renungkan. Saya jamin anda akan menjadi faham dan cerdas dengan sendirinya, apalagi jika anda hubungkan dengan kata yang lainnya seperti; SUKMA, RAGA, HATI, PERASAAN, dsb.
    Kembali kepada pemahaman Akhli Filsafat, Ahli Budaya, Akhli Spiritual, Akhli Agama, Para Ulama, Para Kyai dan masyarakat umum BAHWA DIRI ADALAH UNSUR DALAM DARI TUBUH MANUSIA. Mulculnya pemahaman para akhli seperti ini dapat saya maklumi karena mereka semuah adalah kaum akademis yang menggunakan standar kebenaran akademis.
    Saya berani mengetasnamakan Sunda, bahwa pemikiran di atas adalah SALAH.
    Dalam Filsafat Sunda yang saya gali, saya temukan kesimpulan yang berbeda dengan pemahaman umum dalam dunia ilmu pengetahuan.
    Setelah saya konfirmasi dengan cara tenggelam dalam “ALAM DIRI”, menemukan kesimpulan BAHWA DIRI ADALAH UNSUR LUAR DARI TUBUH MANUSIA. Pendapat saya yang bertentangan 180 Derajat ini, tentu menjadi sebuah resiko yang sangat berat karena harus bertubrukan dengan Pendapat Para Akhli di tataran akademik.
    Saya katakan dengan sadar ‘Demi Alloh. Demi Alloh. Demi Alloh’ saya bersaksi bahwa diri adalah UNSUR LUAR dari tubuh manusia yang masuk menyeruak, kemudian bersemayam di alam bawah sadar. ‘DIRI ADALAH ENERGI GAIB YANG TIDAK BISA TERPISAHKAN DENGAN SANG MAHA TUNGGAL’. ‘DIRI MENYERUAK KE TIAP TUBUH MANUSIA UNTUK DIKENALI SIAPA DIA SEBENARNYA’. ‘KETAHUILAH JIKA DIRI TELAH DIKENALI MAKA DIRI ITU DISERAHTERIKAN KEPADA KITA DAN HILANGLAH APA YANG DINAMAKAN ALAM BAWAH SADAR PADA SETIAP DIRI MANUSIA’.
    Perbedaan pandangan antara saya dengan seluruh para akhli di permukaan Bumi tentu akan dipandang SANGAT EKSTRIM. Ini sangat beresiko, karena akan menghancurkan teori ilmu pengetahuan mengenai KEBERADAAN DIRI.
    Aneh sekali bahwa yang lebih memahami mengenai diri adalah Dazal, namun sengaja diselewengkan oleh Dazal agar manusia sesat, kemudian Dazal menebarkan kesesatan tersebut pada dunia pendidikan dan ilmu pengetahuan ‘DI UFUK BARAT’ maupun ‘DI UFUK TIMUR’.
    Sebenarnya sampai saat ini DAZAL SANGAT MEMAHAMI bahwa DIRI adalah unsur luar yang masuk menyeruak pada seluruh tubuh manusia. DIRI merupakan ENERGI KEMANUNGGALAN DARI TUHAN SANG MAHA TUNGGAL. Oleh karena pemahaman tersebut DAZAL MENJADI SANGAT MUDAH MENGAKSES ILMU PENGETAHUAN. Salah satu ilmu yang Dia pahami secara fasih adalah Sastra Jendra Hayu Ningrat Pangruwating Diyu. Ilmu ini dibongkar dan dipraktekan hingga dia menjadi SAKTI. Dengan kesaktiannya itu Dia menjadi manusia “Abadi” dan mampu melakukan apapun yang dia kehendaki dari dulu hingga kini. Dia merancang tafsir-tafsir ilmu dan menyusupkannya pada dunia pendidikan agar manusia tersesat. Dia tidak menginginkan manusia mamahami rahasia ini. Dazal dengan sangat hebatnya menyusun berbagai cerita kebohongan yang disusupkan pada Dunia Ilmu Pengetahuan, bahwa cerita Dazal yang paling hebat agar dapat bersembunyi dengan tenang, yaitu MENGHEMBUSKAN ISU bahwa Dazal akan muncul di akhir jaman, PADAHAL DIA TELAH EKSIS MENCENGKRAM DAN MERUSAK MANUSIA BERATUS-RATUS TAHUN LAMANYA HINGGA KINI.
    Ketahuilah bahwa Dazal bukan akan datang tapi Dazal akan berakhir, karena manusia saat ini ke depan akan banyak yang memahami bahwa DIRI merupakan unsur luar dari tubuh manusia YANG DATANG MERUPAKAN SIBGHOTALLOH DARI TUHAN SANG MAHA TUNGGAL. Sang Maha Tunggal keberadaannya lebih dekat dari pada urat leher siapapun, karena Sang Maha Tunggal MELIPUT SELURUH JAGAT RAYA dan kita semua berada TENGGELAM “Berenang-renang” DALAM LIPUTANNYA.
    Inilah Filsafat Sunda yang sangat menakjubkan.
    Perlu saya sampaikan agar kita memahami bahwa Sunda tidak bertubrukan dengan Islam, saya temukan beberapa Firman Allohurabbul’alamin dalam Al Qur’an yang bisa dijadikan pijakan untuk bertafakur, mudah-mudahan semua menjadi faham bahwa DIRI adalah “UNSUR KETUHANAN” yang masuk ke dalam tubuh manusia untuk dikenali dan diserah~terimakan dari Sang Maha Tunggal sebagai JATI DIRI, sbb:
    1)Bila hamba-hambaku bertanya tentang aku katakan aku lebih dekat (Al Baqarah 2:186)
    2)Lebih dekat aku daripada urat leher (Al Qaf 50:16)
    3)Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda kami disegenap penjuru dan pada nafasmu sendiri (Fushshilat 41:53)
    4)Dzat Allah meliputi segala sesuatu (Fushshilat 41:54)
    5)Dia (Allah) Bersamamu dimanapun kamu berada (Al Hadid 57:4)
    6)Kami telah mengutus seorang utusan dalam nafasmu (AT-TAUBAH 9:128)
    7)Di dalam nafasmu apakah engkau tidak memperhatikan (Adzdzaariyaat 51:21)
    8)Tuhan menempatkan DIRI antara manusia dengan qolbunya (Al Anfaal 8:24)
    9)Aku menciptakan manusia dengan cara yang sempurna (At Tin 95:4)
    Jawaban mengenai APA DIRI ITU. DARIMANA & MAU KEMANA (Sangkan Paraning Dumadi), akan saya jelaskan secara rinci dan tuntas pada sebuah buku.

    Di masa kini ke depan Sunda akan melahirkan Para Filsuf Handal yang siap menghancurkan kesalahan cara berpikir & manipulasi ilmu pengetahuan yang dilakukan oleh Para Filsuf Dunia.
    MARI KITA MEMBUAT KARYA FILSAFAT AGAR KITA MENJADI SEORANG FILSUF, YANG BERTANGGUNG JAWAB MENGHADIRKAN KEMBALI KEBENARAN ILMU SANG MAHA PENCIPTA, sebagai mana yang dilakukan oleh Filsuf Sunda Mandalajati Niskala, yang sebagian hipotesisnya sbb:

    1) Menurut para akhli di seluruh Dunia bahwa GRAVITASI BUMI EFEK DARI ROTASI BUMI.
    Menurut Filsuf Sunda Mandalajati Niskala SALAH BESAR, bahwa Gravitasi Bumi TIDAK ADA KAITANNYA DENGAN ROTASI BUMI. Sekalipun bumi berhenti berputar Gravitasi Bumi tetap ada.

    2) Bahkan kesalahan lainnya yaitu semua akhli sepakat bahwa panas di bagian Inti Matahari mencapai 15 Juta Derajat Celcius.
    Menurut Filsuf Sunda Mandalajati Niskala panas Inti Matahari SEDINGIN AIR PEGUNUNGAN”.
    Beliau menambahkan:“KALAU TIDAK PERCAYA SILAKAN BUKTIKAN SENDIRI”.

    3) Filsuf Sunda Mandalajati Niskala sangat logis menjelaskan kepada banyak pihak bahwa MATAHARI ADALAH GUMPALAN BOLA AIR RAKSASA YANG BERADA PADA RUANG HAMPA BERTEKANAN MINUS, SEHINGGA DI BAGIAN SELURUH SISI BOLA AIR RAKSASA TERSEBUT IKATAN H2O PUTUS MENJADI GAS HIDROGEN DAN GAS OKSIGEN, YANG SERTA MERTA AKAN TERBAKAR DISAAT TERJADI PEMUTUSAN IKATAN TERSEBUT. Suhu kulit Matahari menjadi sangat panas karena Oksigen dan Hidrogen terbakar, tapi suhu Inti Matahari TETAP SEDINGIN AIR PEGUNUNGAN.

    4) Filsuf Sunda Mandalajati Niskala menegaskan: “CATAT YA SEMUA BINTANG TERBUAT DARI AIR DAN SUHU PANAS INTI BINTANG SEDINGIN AIR PEGUNUNGAN. TITIK”.

    5) Menurut para akhli diseluruh Dunia bahwa Gravitasi ditimbulkan oleh adanya massa pada suatu Zat.
    Menurut Filsuf Sunda Mandalajati Niskala: “GAYA GRAVITASI BUKAN DITIMBULKAN OLEH ADANYA MASSA PADA SEBUAH ZAT ATAU BENDA”.
    Mandalajati Niskala menambahkan: “Silahkan pada mikir & jangan terlalu doyan mengkonmsumsi buku2 Barat.

    6) Filsuf Sunda Mandalajati Niskala membuat pertanyaan di bawah ini yang cukup menantang bagi orang-orang yang mau berpikir:
    a) BAGAIMANA TERJADINYA GAYA GRAVITASI DI PLANET BUMI?
    b) BAGAIMANA MENGHILANGKAN GAYA GRAVITASI DI PLANET BUMI?
    c) BAGAIMANA MEMBUAT GAYA GRAVITASI DI PLANET LAIN YG TIDAK MEMILIKI GAYA GRAVITASI?

    7) Menurut para akhli diseluruh Dunia bahwa Matahari memiliki Gaya Gravitasi yang sangat besar.
    Menurut Filsuf Sunda Mandalajati Niskala Matahari tidak memiliki Gaya Gravitasi tapi memiliki GAYA ANTI GRAVITASI.

    8) Pernyataan yang paling menarik dari Filsuf Sunda Mandalajati Niskala yaitu:
    “SEMUA ORANG TERMASUK PARA AKHLI DI SELURUH DUNIA TIDAK ADA YANG TAHU JUMLAH BINTANG & JUMLAH GALAKSI DI JAGAT RAYA, MAKA AKU BERI TAHU, SBB:
    a) Jumlah Bintang di Alam Semesta adalah 1.000.000.000.000.000.000.000.000.000
    b) Jumlah Galaksi di Alam Semesta adalah 80.000.000.000.000
    c) Jumlah Bintang di setiap Galaksi adalah sekitar 13.000.000.000.000

    9) Dll produk Filsafat seluruh cabang ilmu dari Filsuf Sunda Mandalajati Niskala YANG SIAP MENCENGANGKAN DUNIA seperti Wahyu Cakra Ningrat, Trisula Weda, Sangkan Paraning Dumadi, Manunggaling Diri, Sastra Jendra, Filsafat Ilmu Pengetahuan & Jagat Raya, dll.

    Selamat berfilsafat
    @Sandi Kaladia

  39. Duuuh sbnr’y kt ad ssuatu yg “istimewa” d gn pdang tu ap y??
    wah jgn sampe pmrintah dan intrik2’y nutup2in ky kasus’y PT.Freeport yg d kLaim pny amerika mreka menambang emas, pdhL yg mereka cari ada URANIUM, atau BATUBARA d kalimantan. Asal tau aj kawan Uranimun di papau, indonesia bs menerangi seluruh dunia dan bisa d jadikan bahan nuklir. Dan btu bara d klimantan adlh btubara terbaik d dunia. Tp np negara ini trlihat msh trbelakng dan d bilng msh negara tukang ngutang sna sni??!

    hhhmmm, jangan2 kisah’y gn pdang yg “istimewa” tu ad sstu yg amat brharga shingga kLo udah k ungkap masyarkat awam tau’y cm artefak2 doank, pdhL ad sstu yg trsembunyi seperti “emas” atau “semen purba” atau yg lbh brhrga dr itu semua d dLm’y yg mungkin klo udah d temuin malah untuk mnguntungkn PRIBADI N PRUSAHAAN, pemerintah busuk yg so2 bkrjasama ma negara lain. (banyak bgt kasus ky gni ni..) bkn’y untuk memebangun n mmperkaya bangsa Indonesia sndiri mLh nguntungin negara Lain.
    ayooo rakyat Indonesia Lbih pintar dan lebih jeli lg, jgn mau d bodohin sama org2 atau instansi yg mengatas namakn Pemerintah.

    salam, cayooooi….

    • Ya bangsa Indonesia memang harus pintar jgn kaya @nda ibam yang bisanya cuma mengkritisi tanpa menpunyai data yang valid apalagi solusi. Melek Melek …Pikir Pikir ! jgn asal ngemeng aja

  40. Semoga setelah terungkap apa yg disebut2 teknologi yg dahsyat dll..dapat bermanfaat bagi masyarakat indonesia,,,
    Semoga tidak ada megatron aja d dalamnya y,,,hehe mesti calling optimus kalau gt,,hehe

  41. Pusat peradaban dunia adalah sundaland penduduk asli benua sundaland adalah urang sunda

  42. Mana tuh staf khusus presiden bidang bencana, gunung meletus, banjir dimana2, kok gak ada suaranya ?

  43. hebat kan kampung saya

    • penemuan situs gunung padang adalah awal penemuan peradaban atlantis sundaland berikutnya akan adalagi penemuan gunung gunung yang lain di seluruh indonesia = ini soenda

      • urang sunda itu keturunan orang batak. batak = atlantis induk dan sunda = atlantis nemoria. he hega laah semua suku yang ada didunia ini adalah ras dari hancur leburnya atlantis. menurut ptof arsiyo santos Atlantis itu ada dua, namun daerahnya sama yaitu nusantara.
        begini ceritanya
        : orang atlantis itu suka mendirikan peradapan di sekitar gunung yang kebetulan gunung berapi. Atlantis pertama YANG DISEMUT ATLANTIS INDUK DIHANCURKAN oleh Gunung Toba. dimana pusat pemerintahan atlantis saat itu berda di sekitar gunung toba. akibat letusan itu sisa bangsa atlantis melarikan diri ke daratan lain seperti eropah, afrika australia yang dulunya membeku tertutup es namun dapat dihuni setelah gunung toba meletus.

        Kemudian anak cucu bangsa atlantis ada yang kembali membangun daerah nenek moyang merekaatlantis ini disebut atlantis nemoria. daerahnya juga mencakup nusantara kalau itu selat malaka dan laut jawa masih daratan yang berbentuk rawa. pusat pemerintahan ada disekitar gunung krakatau.

        dongeng dongeng seperti mahabrata, hercules dll semuanya berasal dari atlantis.
        Atlantis nemoria ini kemudian juga hancur setelah gunung krakatau meletus saat itu atlantis sedang perang dengan saudaranya di negeri yunani.

        Plato menyebutkan bahwa Atlantis nemoria menghilang dalam semalam.
        Prof arsio santos menyebutkan ada satu suku yang saya lupa namanya menyebarkan berita bohong tentang lokasi atlantis sebenarnya. derah dimana atlantis terkubur dianggap keramat tak boleh di kunjungi.

        Mereka yang rindu kampung halaman mendirikan piramid sebagai obat kerinduan terhadap nenek moyang.

        S

  44. gitu aja ko reeeepoooth

  45. alien?

  46. Indonesia the real atlantis. jika sudah tiba saatnya smua akan terkuak, tp bukan utk saat ini yg penuh dgn manusia serakah.

    wallohualam.

  47. ikut nimbrung gan,dari berita2 baik dr internet yg ane baca ato televisi yg ane plototin perkembangane.keknya untuk lapisan ptama yg kmunginan berumur 500SM,menjadi we2nang kemendikbud.sdg utk lapisan kdua yg kemungkinan usianya lbh tua wewenangnya bkn lg kemendikbud tp lbh kpd negara,TNI n polri mnjdi tnd tanya n curiga.ne jangan2 ya gan cm perkiraan ane aja ne.slain teknologi semen purba,myebe tim ahli jg temuin kandungan uranium yg notabene ntu bhn bisa buat nuclear or bom atom gan,gmana menurut agan2..hehe
    sukses aja buat para arkeolog,tunjukin dunia bangsa kita PERNAH BESAR om..

  48. Kalo baca artikel ini, kesimpulan saya yaitu : Padang ( jawa ) = terang = ada cahaya = menerangi.
    Mungkin ada banyak energi yg tersimpan di dlmnya hasil karya peradaban manusia ribuan taun sblm masehi.
    Sangat masuk akal jika pd masa tersebut orang sdh sanggup membuat apapun, sebab sesempurna”nya manusia yaitu pd masanya Adam as. Lalu utk apa dibuat? Yg pasti sangat penting pd waktu itu.
    Ttg trjadinya kemunduran peradaban manusia pd saat ini “YA”.
    Suatu Hal yg konyol jd terpikirkan : para awak piring terbang ( ufo ) sdg menunggu waktu saat gng padang menampakkan cahayanya, dan itu mnjadi batas waktu mereka utk turun ke bumi krn telah mengetahui efek dr kejadian tsb.

  49. Dari semua artikel….yg pling mnarik untuk di baca adalah komentar….

    • se7…Emas .Freeport jg adalah khayalan…spt Indiana Jones story..Ilmuawan Belanda & Amerika .mengadakan penelitian ilmiah digunung Grasberg..menemukan komposisi Tembaga yg sgt potensial .. Data2 itu disimpan oleh ilmuawan Amerika sampai saat yg dianggap tepat , krn cadangan tembaga di Afrika yg dikuasai Inggris masih banyak/memadai…ketika saatnya tiba Amrik menelikung Belanda lewat Presiden Kennedy, terjadilah rencana yg kita ketahui skr…..Ilmuawan Amrik tahu ketika ada tembaga maka sodaranya jg ada yaitu”EMAS”….Jadi rumor itu terkadang jg bisa asli…hanya disembunyikan sampai waktu yang tepat…

  50. walah insinyur + dukunsaktiterpecyadindonesia.blogspot.com, pantes RI sulit bener majunya..

  51. Orang Yunan datang ke Nusantara itu kemungkinan melihat Nusantara Lebih Maju sehingga mereka bermigrasi untuk kehidupan yang lebih baik…..hanya mungkin sejarah memelintirnya atau dibalik

 Leave a Reply