Sep 122013
 
Situs Megalitikum Gunung Padang di Cianjur - Jawa Barat

Situs Megalitikum Gunung Padang di Cianjur – Jawa Barat

Inisiator Tim Terpadu Riset Mandiri (TTRM) Gunung Padang, Andi Arief menyatakan, tim mereka sedang menulis laporan lengkap hasil riset Gunung Padang, yang melibatkan sejumlah disiplin ilmu. Laporan riset ini, diharapkan menjadi masukan untuk Presiden SBY, dalam memberikan arahan selanjutnya.

Ada empat lapisan kebudayaan di Situs Gunung Padang, Cianjur – Jawa Barat, yakni lapisan 600 tahun sebelum Masehi, 4.900 tahun sebelum Masehi, 11.500 tahun sebelum Masehi serta 25.000 tahun sebelum Masehi.

Hasil temuan di lapisan 3 dan 4 sangat berbeda dengan lapisan 1 dan 2. Lapisan 1 dan 2 secara otomatis UU Cagar Budaya menyatakan itu wajib ditindaklanjuti oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta pemerintah daerah.

“Lapisan 3 dan 4 yang “sangat istimewa” dan “tiada duanya” di dunia. Temuan ini kelihatannya bukan wilayah Kemendikbud,” ujar Andi Arief.

“Kita akan meminta arahan Presiden, ke instansi manakah “teknologi dahsyat” dan “bermanfaat buat rakyat” ini diserahkan. Apakah kepada Kementerian Pertahanan, Kementerian ESDM, TNI-POLRI, semuanya sesuai arahan Bapak Presiden”, tambah Andi.

“Tugas keilmuan tim ini telah berhasil menemukan sesuatu yang indah pada waktunya. Living monument buah mahakarya leluhur kita ditemukan oleh kita sendiri. Jika kolonialisme mencari ini 350 tahun, Tuhan memberi kemudahan bagi kita semua untuk menemukannya hanya dalam tempo 2,5 tahun,” ujar Staf Khusus Presiden bidang Bencana Alam dan Bantuan Sosial itu.

Riset terakhir yang dilakukan adalah pengambilan citra situs, mirip dengan teknik USG pada wanita hamil saat melihat kandungan. Kini tim sedang menunggu sejumlah hasil uji laboratorium atas beberapa sampel baru.

TTRM secepatnya akan menyelesaikan kewajiban kepada warga, tenaga lokal, rental alat dan lain-lain. Selama ini TTRM bekerja mandiri, tidak dengan uang negara. TTRM berharap bisa menutup galian ekskavasi bersama masyarakat.

Konstruksi Arsitektur  Situs Megalitik Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat (photo:http://nrmnews.com)

Konstruksi Arsitektur Situs Megalitik Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat (photo:http://nrmnews.com)

Danny H. Natawidjaja, Koordinator TTRM Gunung Padang, mengungkapkan, penelitian tim terpadu selama ini, banyak kemajuan positif untuk mengungkap tuntas situs purba tersebut. Temuan-temuan sejauh ini menyimpulkan situs Gunung Padang sangat istimewa, antara lain bisa dilihat dari luas situs dan ketinggian yang bahkan lebih besar dari Borobudur. Belum lagi jika menyinggung bahwa situs itu dibangun lebih dari satu lapis budaya.

Apa Keistimewaan Situs Gunung Padang ?
Staf Khusus Presiden bidang Bencana Alam dan Bantuan Sosial, Andi mengatakan, ada temuan yang sangat istimewa dan teknologi dasyat di situs Gunung Padang, yang kemungkinan bukan wilayah Kemendikbud, melainkan Kementerian Pertahanan, Kementerian ESDM, atau TNI-POLRI. Apa sebenarnya temuan itu ?. Andi belum menjelaskannya.

Ketua Tim Penelitian Terpadu Mandiri Gunung Padang, Ali Akbar sedikit memberi gambaran tentang temuan istimewa itu. Hasil penelitian tim arkelologi Situs Megalitikum Gunung Padang, di Desa Karyamukti, Kecamatan Cempaka, Cianjur ditemukan struktur bangunan yang bentuknya jauh berbeda dengan struktur bangunan Gunung Padang yang saat ini terlihat secara kasat mata.

situs-megalitikum-gunung-padang-1

Pada eskavasi yang dilakukan di kedalaman 1 hingga 4,5 meter, ditemukan batuan yang justru tidak saja hanya disusun namun sudah direkatkan dengan campuran semacam semen purba.

“Pada kedalaman 1 hingga 4,5 meter ini, telah diteliti dan diuji Laboratorium Beta Analityc Radiocarbon Dating (BETA) di Miami, Amerika Serikat. Diketahui usai banguann itu sekitar 4500 SM, namun mempunyai teknologi mendirikan bangunan lebih canggih dibanding di struktur luarnya yang diperkirakan berusia 500 SM,” ucap Ali Akbar.

Peradaban pada usia bangunan lebih tua, justru mempunyai peradaban yang tinggi dibanding peradaban pada bangunan di atas dengan usia lebih muda. Hal ini menandakan adanya penurunan peradaban entah disebabkan karena bencana alam atau peperangan yang membuat sejumlah manusia saat itu menghilang/musnah.

Konstruksi Tersembunyi Situs Gunung Padang

Konstruksi Tersembunyi Situs Gunung Padang

Semen Purba dari Besi
Tinggi peradabaan pada era sebelaumnya, juga ditandai dengan kompisisi semen purba yang sudah mengandung besi. Padahal, dalam batu yang juga mengandung unsur besi, hanya ditemukan palingbanyak 3 persen kandungan besi.

“Setelah kami teliti juga ada kandungan besi yang lebih dominan dalam struktur pada kedalaman sekitar 4,5 meter yang mencapai 45 persen kandungan besi, 15 persen tanah liat, dan sisanya silika,” ucapnya.

Dari temuan tersebut, tim menduga manusia di situs Gunung Padang ini telah megetahui kandungan besi yang bisa merekatkan bebatuan.

“Mereka tahu batu mana saja yang mengandung besi lalu mereka tumbuk dan kemungkina mereka bakar pada panas tertentu untuk melelehkan dan dicampur tanah liat dengan beberapa bahan, sehingga terciptalah semen purba. Ini menunjukan peradaban yang sangat tinggi saat itu,” ucapnya.

Bahkan, diantara struktur tersebut ditemukan pecahan logam besi sepanjang 10 centimeter. Pembangunan itu diduga dilakukan oleh beberapa generasi.

gunung-padang

Sebagai pembanding, Candi Prambanan yang dibuat pada sekitar 800 Masehi didirikan di atas tanah urukan setebal 14 meter.  Jika di Gunung Padang ditemukan susunan batu buatan manusia sampai dengan kedalaman 8 meter, maka dunia pun akan tercengang.

“Pada kedalaman tersebut kemungkinan akan ditemukan bukti peradaban umat manusia pada 11600 SM. Padahal peradaban besar dunia baik di Mesopotamia, Mesir, maupun Yunani yang tertua berusia sekitar 4000 SM,” ujarnya.

Bentuk struktur bangunannya pun jauh berbeda dibanding banguann luar Gunung Padang. Beberapa batu yang direkatkan dengan semen, diduga merupakan dinding bangunan yang bentuknya tidak berundak.

Apakah yang dimaksud Andi Arif dengan temuan sangat istimewa dan teknologi dasyat di situs Gunung Padang -bisa terkait Kementerian Pertahanan, Kementerian ESDM, atau TNI-POLRI-, adalah teknologi semen besi tersebut ?. Kita tunggu penjelasan Presiden SBY.

  83 Responses to “Teknologi Istimewa Situs Gunung Padang”

  1.  

    Mana tuh staf khusus presiden bidang bencana, gunung meletus, banjir dimana2, kok gak ada suaranya ?

  2.  

    hebat kan kampung saya

    •  

      urang sunda itu keturunan orang batak. batak = atlantis induk dan sunda = atlantis nemoria. he hega laah semua suku yang ada didunia ini adalah ras dari hancur leburnya atlantis. menurut ptof arsiyo santos Atlantis itu ada dua, namun daerahnya sama yaitu nusantara.
      begini ceritanya
      : orang atlantis itu suka mendirikan peradapan di sekitar gunung yang kebetulan gunung berapi. Atlantis pertama YANG DISEMUT ATLANTIS INDUK DIHANCURKAN oleh Gunung Toba. dimana pusat pemerintahan atlantis saat itu berda di sekitar gunung toba. akibat letusan itu sisa bangsa atlantis melarikan diri ke daratan lain seperti eropah, afrika australia yang dulunya membeku tertutup es namun dapat dihuni setelah gunung toba meletus.

      Kemudian anak cucu bangsa atlantis ada yang kembali membangun daerah nenek moyang merekaatlantis ini disebut atlantis nemoria. daerahnya juga mencakup nusantara kalau itu selat malaka dan laut jawa masih daratan yang berbentuk rawa. pusat pemerintahan ada disekitar gunung krakatau.

      dongeng dongeng seperti mahabrata, hercules dll semuanya berasal dari atlantis.
      Atlantis nemoria ini kemudian juga hancur setelah gunung krakatau meletus saat itu atlantis sedang perang dengan saudaranya di negeri yunani.

      Plato menyebutkan bahwa Atlantis nemoria menghilang dalam semalam.
      Prof arsio santos menyebutkan ada satu suku yang saya lupa namanya menyebarkan berita bohong tentang lokasi atlantis sebenarnya. derah dimana atlantis terkubur dianggap keramat tak boleh di kunjungi.

      Mereka yang rindu kampung halaman mendirikan piramid sebagai obat kerinduan terhadap nenek moyang.

      S

  3.  

    gitu aja ko reeeepoooth

  4.  

    alien?

  5.  

    Indonesia the real atlantis. jika sudah tiba saatnya smua akan terkuak, tp bukan utk saat ini yg penuh dgn manusia serakah.

    wallohualam.

  6.  

    ikut nimbrung gan,dari berita2 baik dr internet yg ane baca ato televisi yg ane plototin perkembangane.keknya untuk lapisan ptama yg kmunginan berumur 500SM,menjadi we2nang kemendikbud.sdg utk lapisan kdua yg kemungkinan usianya lbh tua wewenangnya bkn lg kemendikbud tp lbh kpd negara,TNI n polri mnjdi tnd tanya n curiga.ne jangan2 ya gan cm perkiraan ane aja ne.slain teknologi semen purba,myebe tim ahli jg temuin kandungan uranium yg notabene ntu bhn bisa buat nuclear or bom atom gan,gmana menurut agan2..hehe
    sukses aja buat para arkeolog,tunjukin dunia bangsa kita PERNAH BESAR om..

  7.  

    Kalo baca artikel ini, kesimpulan saya yaitu : Padang ( jawa ) = terang = ada cahaya = menerangi.
    Mungkin ada banyak energi yg tersimpan di dlmnya hasil karya peradaban manusia ribuan taun sblm masehi.
    Sangat masuk akal jika pd masa tersebut orang sdh sanggup membuat apapun, sebab sesempurna”nya manusia yaitu pd masanya Adam as. Lalu utk apa dibuat? Yg pasti sangat penting pd waktu itu.
    Ttg trjadinya kemunduran peradaban manusia pd saat ini “YA”.
    Suatu Hal yg konyol jd terpikirkan : para awak piring terbang ( ufo ) sdg menunggu waktu saat gng padang menampakkan cahayanya, dan itu mnjadi batas waktu mereka utk turun ke bumi krn telah mengetahui efek dr kejadian tsb.

  8.  

    Dari semua artikel….yg pling mnarik untuk di baca adalah komentar….

    •  

      se7…Emas .Freeport jg adalah khayalan…spt Indiana Jones story..Ilmuawan Belanda & Amerika .mengadakan penelitian ilmiah digunung Grasberg..menemukan komposisi Tembaga yg sgt potensial .. Data2 itu disimpan oleh ilmuawan Amerika sampai saat yg dianggap tepat , krn cadangan tembaga di Afrika yg dikuasai Inggris masih banyak/memadai…ketika saatnya tiba Amrik menelikung Belanda lewat Presiden Kennedy, terjadilah rencana yg kita ketahui skr…..Ilmuawan Amrik tahu ketika ada tembaga maka sodaranya jg ada yaitu”EMAS”….Jadi rumor itu terkadang jg bisa asli…hanya disembunyikan sampai waktu yang tepat…

  9.  

    Makasih

  10.  

    walah insinyur + dukunsaktiterpecyadindonesia.blogspot.com, pantes RI sulit bener majunya..

  11.  

    Orang Yunan datang ke Nusantara itu kemungkinan melihat Nusantara Lebih Maju sehingga mereka bermigrasi untuk kehidupan yang lebih baik…..hanya mungkin sejarah memelintirnya atau dibalik

 Leave a Reply