Apr 172015
 

Great Patriotic War

Dalam waktu kurang dari sebulan Moskow akan mengadakan parade militer besar-besaran untuk menghormati peringatan ke-70 Kemenangan di Great Patriotic War. Untuk berbagai alasan, parade tersebut akan menjadi yang termegah dan terbesar dalam sejarah pasca runtuhnya Uni Soviet.

Saat itu parade kendaraan mliter dan tank lapis baja akan terlihat berada di antara highlights utama acara. Wakil Perdana Menteri Rusia Dmitri Rogozin menyatakan bahwa parade tahun ini akan menampilkan peralatan perang terbaru yang saat ini sedang dikirim ke Angkatan Bersenjata Rusia. Meskipun para pejabat pertahanan telah tutup mulut tentang mesin-mesin perang terbaru dan terlihat kendaraan perang tersebut berjalan menuju tempat parade dengan terpal masih menutupi, tetap ada banyak yang kita tahu tentang mesin baru yang akan ditampilkan dalam parade itu.

Pada akhirnya, parade akan menampilkan total tujuh model kendaraan yang belum pernah terlihat di Red Square, ditambah lebih dari setengah lusin jenis kendaraan yang sudah diserahkan untuk Angkatan Bersenjata Rusia selama sepuluh tahun terakhir.

 MBT T-14 Armata

MBT T-14 Armata

Platform Main Battle Tank T-14 berbasis Armata terbaru (Object 149) diperkirakan menjadi bintang pertunjukan pada parade itu. Dikembangkan sejak tahun 2009 di Uralvagonzavod, Tank T-14 dalam beberapa hal unggul daripada tank pihak barat, kabarnya fitur turret utama tak berawak yang dikendalikan dari jarak jauh, dipersenjatai dengan meriam 125 mm smoothbore terbaru, memiliki sistem pemuatan amunisi yang sepenuhnya otomatis, sebuah kompartemen awak yang terpisah dari wadah amunisi dan komposit proteksi lapis baja yang berlapis-lapis.

Tank saat ini sedang menjalani uji coba hingga tahun 2016 dan Uralvagonzavod diharapkan memasok lebih dari 2.300 tank baru untuk militer pada tahun 2020.

2S35 Koalitsiya-SV Self-Propelled Howitzer

2S35 Koalitsiya-SV Self-Propelled Howitzer

2S35-SV Koalitsiya, self propelled howitzer terbaru akan menjadi penerus 2S19 Msta-S (desain akhir 1980-an yang juga akan tampil di parade) juga didasarkan pada platform next-gen Armata. Sedikit yang diketahui tentang kendaraan artileri ini. Para ahli telah membuat rencana awal untuk membuat versi meriam ganda, tetapi ada bukti yang menunjukkan bahwa rencana itu kemudian ditinggalkan.

Apa yang kita tahu adalah bahwa howitzer kaliber 152mm dan 155mm ini mampu memukul target darat pada jarak hingga 70 kilometer dengan menggunakan amunisi presisi berpandu. Sebuah sumber mengungkapkan bahwa kendaraan memiliki penargetan otomatis dan charge selection.

BTR Boomerang

BTR Boomerang

Lapis baja pengangkut personel Boomerang (VPK-7829) dirancang untuk menggantikan BTR-82 / A (varian sangat modern sejak tahun 80-an). Dirancang dengan lapisan baja yang ditingkatkan, mesin baru, night vision dan sistem komunikasi canggih . Desainer dan Juru bicara militer bungkam mengenai mesin, meskipun mengklaim bahwa desain baru ini tidak seperti panser modern lainnya.

Boomerang beroda 8×8 dengan desain mesin didepan, lapisan pelindung dengan fitur teknologi keramik, termasuk perlindungan granat anti tank dan anti ranjau.
Memiliki tiga orang awak, Boomerang dilengkapi dengan cannon 30 mm, senapan mesin 7,62 mm atau 12,7 mm. Selain perannya sebagai pembawa pasukan, kendaraan multi peran ini dapat dirubah menjadi pembawa rudal anti tank, peluncur rudal pertahanan udara, ambulan lapis baja, kendaraan pos komando, kendaraan dukungan tembakan dan pelontar mortir.

Berbicara kepada Russian military news Zvezda, ahli militer Ilya Kramnik menjelaskan bahwa tingkat perlindungan APC Boomerang akan jauh lebih baik dari pendahulunya. Hal ini dipastikan oleh bentuk khusus bagian bawah kendaraan dan tata letak internal, khususnya suspensi tempat duduk awak kendaraan.

BMP Kurganets-25

BMP Kurganets-25

BMP Kurganets-25 kendaraan tempur infanteri, APC terbaru berdasarkan platform Armata, ditetapkan untuk menggantikan sejumlah kendaraan lapis baja BMP, BMD dan MT-LB. Dikembangkan dari awal dengan desain baru, dengan awak tiga dan ruang hingga 7 penumpang, fitur perbaikan kondisi awak di kompartemen, Drozd-2 perlindungan aktif terbaru, penanggulangan terhadap sistem rudal anti-tank berpandu.

Kendaraan ini dilengkapi dengan sistem pengendalian tembakan otomatis baru dan dipersenjatai dengan cannon 30 mm, senapan mesin koaksial 7,62 mm dan Kornet-EM peluncur rudal anti tank berpandu terbaru. Produksi skala penuh dari Kurganets-25 akan dimulai pada 2016. Seperti Boomerang, Kurganets akan mampu memainkan peran ganda selain kendaraan angkut personal.

BTR-MD Rakushka

BTR-MD Rakushka

BTR-MD Rakushka APC serbaguna, yang dirancang khusus untuk digunakan sebagai kendaraan serangan udara untuk pasukan udara, didasarkan pada chassis BDM-4, pertama kali diperkenalkan ke militer Rusia pada tahun 2004. Kendaraan yang dapat didrop dari udara yang juga mampu sepenuhnya amfibi dengan fitur armor lambung aluminium, perlindungan NBC dan pencegah kebakaran otomatis dilengkapi dengan kontrol elektronik dan sistem navigasi baru. Mampu membawa sampai 13 orang, kendaraan ini dipersenjatai dengan senapan mesin otomatis 7.62mm

K-300P Bastion-P sistem pertahanan pesisir

K-300P Bastion-P sistem pertahanan pesisir

Sistem rudal pertahanan pantai mobile Bastion-P, yang dikembangkan oleh Rusia NPO Mashinostroenia bersama dengan perusahaan Belarusia Tekhnosoyuzproekt, mampu menyebarkan rudal jelajah anti kapal Yakhont hanya dalam waktu di bawah lima menit. Platform pertahanan yang mampu menghancurkan hampir semua kelas kapal perang, termasuk armada kapal induk. Ahli militer Alexander Mozgovoi mengatakan kepada Zvezda bahwa rudal jelajah Yakhont yang supersonic melesat dengan kecepatan 2,6 Mach.

Rudal sangat bermanuver dalam jalur penerbangan yang kompleks, mampu menanjak ke ketinggian hingga 15.000 kaki kemudian menukik ke bawah melayang pada ketinggian 10-15 meter di atas permukaan laut sehingga rudal sulit dideteksi oleh radar. Ketika rudal pertama melesat dan mengunci target, rudal mengirimkan informasi kepada rudal lain. Dengan cara ini beberapa rudal yang ditembakkan bisa menyepakati target di antara satu sama lain.

Ural Typhoon U

Ural Typhoon U

2015 juga akan menandai penampilan pertama dari Ural Typhoon U kendaraan lapis baja multifungsi anti ranjau. Truk 6×6 lapis baja, mampu menahan peluru armor piercing 14,5 mm dan bahan peledak sampai 8 kg, dirancang pada tahun 2010 dan mulai diproduksi tahun lalu. Kendaraan memiliki awak 3 dan mampu membawa hingga 16 penumpang dan dapat dilengkapi untuk digunakan sebagai kendaraan komando, kendaraan komunikasi, teknik, pengintaian biologi dan radiasi kimia, selain peran sebagai perlengkapan pasukan dan transportasi . Kendaraan dapat dipasang dengan senapan mesin 7,62 mm atau 14,5 mm.

RS-24 Yars

RS-24 Yars

MIRV RS-24 Yars dilengkapi rudal balistik antar benua, pertama kali digunakan pada tahun 2009, akan menunjukkan wajahnya kepada dunia untuk pertama kalinya di parade tahun ini, diangkut dengan Kamaz transporter mobile 16 roda. Mampu membawa setidaknya empat sampai sepuluh hulu ledak independen. Yars RS-24 dikembangkan sebagai respon Rusia untuk rencana AS yang mengembangkan dan menyebarkan perisai rudal di Eropa.

Sumber : sputnik

Pengirim : Pecinta Wanita JKGR Biro Jepara

Bagikan Artikel :

  38 Responses to “Teknologi Militer Terbaru di Hari Kemenangan”

  1. Mantap

  2. Pesiapan lawan nato

    • @nn: kemahalan bung, kalo K 300 p cm buat nembak kapal nelayan

    • Sistem rudal pertahanan pantai mobile Bastion-P, yang dikembangkan oleh Rusia NPO Mashinostroenia bersama dengan perusahaan Belarusia Tekhnosoyuzproekt,…. Sepertinya saya pernah membaca di JKGR kalo negeri Kita mengadakan kerjasama dengan Belarusia,…. Apakah ini artinya?….. Hehehehe, apakah dan bagaimanakah kerjasama itu sekarang ini kabarnya….?

  3. Kpn Indonesia seperti ini ???

  4. Harus punya nieec tank armata 1000tank..skalian rs 24 yars..buat tni taun dpan..pd merinding tuh tetangga..wkwkw

  5. Kapan kita ngarep ?

  6. Bila lawan nato dikeroyok di segala penjuru, bakal habis2 an pada akhirnya topol m diluncurkan tijitibeh (mati siji mati kabeh), tinggal tiongkok tetep cari aman berbisnis ato habis2an sejalan dgn rusia.. semoga tdk trjadi kasian negara2 kecil jd lapangan pertandingan . Ato menunggu putin wafat, sepertinya rusia yg modern dan ” bertaring” usai keruntuhan soviet trgantung figur putin, moga ada regenerasi… horraa… maaf sekedar brbagi uneg2

  7. Meriam janda ehh meriam ganda keren fisiknya tapi kok malah ditinggalkan..???

    Mungkin malah mleset sana mleset sini kali ya tembakannya..

  8. harusnya indonesia banyak ambil peralatan tempur dari rusia.

    coba dari dulu ada penerus nya pak karno.

    yang ada pak karno yang membangun tapi pak harto yang menghancurkan….

    sampai sekarng juga masih ada yang berpikiran seperti pak harto

  9. Sebenarnya panser Anoa juga nggak kalah bagus, sayangnya senjata yang dibenamkan sdh kadaluarsa alias ketinggalan termasuk panser badak turrentnya nanggung alias ketinggalan. seharusnya pindad harus berani berenovasi kedepan yang lebih maju dengan mempersenjatai peralatan tempur yang lebih modern, saya yakin pasti peminat luar negeri akan banyak yang pesan termasuk TNI , jangan mengikuti standar Tarantula Korea Selatan harusnya lebih dari itu sedangkan korea selatan sdh menciptakan panser yang lebih canggih dari Tarantula.

  10. Kiraiin pny Indonesia..ga taunya pny Rusia..itu ga salah langkah kaki prajurit yg baris berbaris..ga takut lepas apa kakinya..:)

  11. Wuiih!! apa nggak kuring tinggi yach kakinya, baru kali ini saya liat jalan kaki tingginya segitu. 😀

  12. Lalu dengan Senjata pamungkas ” Kartu Indonesia Gigit Jari “

  13. Kog rasa rasanya ada yang bakal diakuisisi Indonesia ya dalam 5-10thn kedepam?? Saya harap MBT T14 Armata

  14. Uncle bear emang MANTAP…

  15. Ukhh pengen MBT T14 50 biji saja.

  16. saya suka kalimat anda yg terakhir anda bung, itu adalah musuh dalam selimut

  17. Indonesia ambil yg mana nih

  18. om Diego T-14 armata bentuknya tidak seperti itu kalo mau ya lihat aja di militaryphotos.net chasisnya juga lebih mendekati western kok

  19. Dipilihh…dipilih yg terbaik..,yg jauh mari dekat..dekat mari rapat,..jauh hari pesan baru dengan TOT nya, jangan yg sdh sepakat cepat dapat mau TOT cepat, ya nggk dapat cuma mimpi. Revisi tuh UU pertahanan..minta bantu masukan forum ini dengan kajian lagi.

  20. Rusia memang stroongggg

  21. Om admin,. Mo koreksi itu gambar bastion/yahkont costal base missile ny ketuker mungkin?? Itu setahu saya chinese C 602 Ashm costal base missile. Mohon dikoreksi.

  22. Saya perhatiin klo teknologi perang rusia memakai konsep antidot nato. Ini mirip dengan kita dikepung fpda. Jalan paling efektif n efisien dengan terbatasnya dana. Mirip mohamad ali dibandingkan mike tyson. Jika memang terjadi perang semoga terbatas di ukraina saja, tidak perlu menyebar ke mana mana. Sekalian kita lihat hasil rekayasa teknologi terakhir dari kubu barat vs rusia.

 Leave a Reply