Dec 032014
 

Fieseler Fi 103 = Bom Terbang Pertama

image

image

Pasukan Amerika menemukan dan menginspeksi Fieseler Fi 103R di bulan April 1945

image

Fieseler Fi 103R (Reichenberg) yang dirampas Inggris dari tangan Jerman tahun 1945

Bom Terbang ini dibuat untuk mendukung serangan bunuh diri yang dilakukan oleh Skuadron Leonidas pada masa Third Reich. Relawan dilatih di glider biasa untuk memberi mereka nuansa penerbangan tanpa mesin, kemudian berlanjut ke pesawat khusus dengan sayap diperpendek yang dapat meluncur dengan kecepatan hingga 300 kilometer per jam (190 mph). Setelah ini, mereka berkembang dengan kontrol ganda R-II.

Pelatihan dimulai pada R-I dan R-II dengan hasil cukup memuaskan dimana mereka mampu mendarat kembali meskipun dengan susah payah. Pesawat ditangani dengan baik, dan diperkirakan bahwa Skuadron Leonidas akan segera menggunakan mesin. Albert Speer menulis kepada Hitler pada 28 Juli 1944 dan mengatakan bahwa dia menentang pemborosan laki-laki dan mesin untuk menghadapi Sekutu di Perancis dan menyarankan akan lebih baik untuk menggunakan mereka untuk menghancukan pembangkit listrik Rusia.

Test Penerbangan
Penerbangan nyata pertama dilakukan pada bulan September 1944 di Larz, dimana Reichenberg dijatuhkan dari Heinkel 111. Namun, kemudian bom terbang itu jatuh setelah pilot kehilangan kontrol ketika ia membuang kanopi. Penerbangan kedua pada hari berikutnya juga berakhir dengan kecelakaan, sementara tes penerbangan berikutnya dilakukan dengan pilot penguji Heinz Kensche dan Hanna Reitsch. Reitsch sendiri mengalami beberapa crash-landing, meskipun ia berhasil selamat tanpa cedera. Pada tanggal 5 November 1944 dalam penerbangan uji kedua R-III, sayap jatuh karena getaran dan Heinz Kensche berhasil membuka parasut untuk menyelamatkan diri, meskipun dengan beberapa kesulitan karena ruang kokpit yang sempit.

Pembatalan
Ketika Werner Baumbach diangkat sebagai komandan KG 200 yang misterius pada bulan Oktober 1944, ia ditugasi untuk membentuk unit yang berkekuatan beberapa Reichenberg untuk mendukung proyek Mistel. Dia dan Speer akhirnya bertemu dengan Hitler pada tanggal 15 Maret 1945 dan berhasil meyakinkan bahwa misi bunuh diri bukan bagian dari tradisi prajurit Jerman, dan kemudian hari itu pula Baumbach memerintahkan unit Reichenberg harus dibubarkan.

Varian :
• R-1 – glider dasar tanpa mesin satu kursi.
• R-II – memiliki kokpit kedua dipasang di mana hulu ledak biasanya akan meledak.
• R-III – sebuah single seater, dengan asupan pulse jet dipasang untuk mensimulasikan penanganannya.
• R-IV – model operasi standar bertenaga.

Spesifikasi :
Karakteristik umum
* Kru: Satu
* Panjang: 8 m (26,24 ft)
* Lebar sayap: 5,72 m (18,76 ft)
* Tinggi: ()
* Berat terisi: 2.250 kg (£ 4960)
* Mesin: 1 × Argus Sebagai jet pulsa 014, 350 kgf (770 lbf)

Kinerja
* Kecepatan maksimum: 800 km / h (500 mph (dalam penerbangan diving))
* Kecepatan jelajah: 650 km / h (400 mph)
* Range: 330 km (205 mil)

by: Telik Sandi

 Posted by on December 3, 2014