JakartaGreater.com - Forum Militer
Mar 212014
 
Vladimir Putin

Vladimir Putin

Para ahli telah memperingatkan bahwa Inggris dan Amerika Serikat sedang menghadapi ancaman yang meningkat dari generasi baru kapal selam super Rusia yang dikenal sebagai “the Beast from Beneath”. Yang tampaknya jauh lebih seram dan menakutkan dari generasi sebelumnya “the Blackhole in Ocean.”

Sumber-sumber di Moskow mengatakan Angkatan Laut Rusia telah menginvestasikan sekitar 54 miliar rubel (£ 1 miliar) untuk membiayai type SSGN Severodvinsk K-329, dan pengiriman diharapkan dalam waktu dekat, karena dokumen-dokumen pengiriman telah ditandatangani pada tanggal 30 Desember 2013. K-329 direncanakan sejak tahun 1993 dan awalnya dijadwalkan untuk pengiriman pada tahun 1998. Namun proyek ini dilanda oleh berbagai masalah dan penundaan berulang kali.

Kapal selam ini adalah yang pertama dari delapan armada kapal selam kelas Yasen terbaru – masing-masing dipersenjatai dengan 24 peluncur rudal jelajah yang membawa hulu ledak 200 kiloton, serta rudal anti-kapal, ranjau dan torpedo.

Type K-329 telah jauh melampaui teknologi kapal selam pesaing yang digunakan oleh angkatan laut Inggris dan Amerika, dan dapat dibandingkan dengan kapal selam berteknologi tinggi yang diambil alih oleh seorang kapten Rusia pembelot di tahun 1990 dalam Film The Hunt for Red October , yang dibintangi oleh Sean Connery (perbedaannya hanya K-329 belum memakai mesin ulat sutera /caterpillar).

K-329 dirancang dengan kecepatan sangat tinggi dan hampir tidak terdeteksi. Kapal selam sepanjang 390 kaki ini memiliki pembangkit listrik tenaga nuklir yang bekerja nyaris tanpa suara, lambung kapal dilapisi bahan penyerap suara, dan bisa menyelam hingga kedalaman 2.000 kaki (600 m). Kapal selam ini juga memiliki kecepatan tertinggi 30-35 knot (maks 60 km per jam), melampaui kecepatan senjata anti-kapal selam.

Coating anti sonar untuk melapisi lambung kapal yang memungkinkan mereka menjadi hampir tak terlihat selama mode tempur dikembangkan di St Petersburg. Coating ini termasuk generasi pengembangan desain Nazi Jerman. Bahan baru ini menggunakan sensor aktif tertanam yang mampu menetralkan sinyal sonar pencarian dari kapal atau pesawat ASW musuh. Dengan teknologi ini, kapal-kapal jenis Yasen dan Borey mampu mengurangi “sonar visibility” hingga 3 kali lipat! lapisan tidak hanya menyerap sinyal sonar (seperti halnya yang ada pada bahan pelapis pasif), tapi juga menetralisir radiasi yang masuk.

image002

Lapisan elektronik aktif yang tertanam pada dinding KS akan menentukan frekuensi di mana radar lawan beroperasi dan meluncurkan sinyal frekuensi sendiri yang sama intensitasnya tetapi dalam fase yang berlawanan. Sinyal yang saling berlawanan ini akan saling meniadakan (contohnya kalau kita bermain tali. Jika 1 orang diujung sini menggerakkan tali keatas untuk membuat gelombang, kemudian 1 orang di ujung tali yang lain menggerakkan tangan kebawah dengan intensitas yang sama, maka kedua gelombang yang bertemu, yang satu gelombang atas, lainnya gelombang bawah akan saling meniadakan/menetralisasi sehingga talinya pada satu saat tampak tidak bergerak sama sekali). Teknologi terbaru ini akan diterapkan untuk semua kapal selam dan akan terkoneksi dengan sistem komputer canggih yang menjadi bagian dari manajemen tempur kapal selam Rusia.

Teknologi pelapisan anti sonar didasarkan pada bahan kain khusus menggunakan komposit yang dikembangkan dalam waktu tiga tahun. Media Rusia melaporkan bahwa sampel pertama akan tersedia pada akhir 2016. Ilmuwan Rusia yang terlibat dalam pembuatan kapal militer telah lama mengembangkan teknologi lapisan tersebut. Menurut Izvestia, pengembangan lebih lanjut dari teknologi sistem anti sonar telah menghabiskan lebih dari 200 juta rubel.

Tampaknya bahwa lapisan anti sonar baru dapat diterapkan tidak hanya pada kapal selam Rusia generasi keempat dari proyek terbaru yang saat ini sedang dibangun, tetapi juga kapal generasi ketiga yang telah lama dalam pelayanan. Misalnya, kapal penjelajah rudal strategis bertenaga nuklir 6677BDRM.

Kremlin telah mengambil keputusan untuk mengganti lapisan pada lambung kapal-kapal mereka dengan yang baru yang bisa “link” ke sistem elektronik kapal. Saat ini, kapal-kapal tersebut masih menggunakan pelapis yang disebut lapisan pasif anti sonar, berupa bahan komposit berbasis karet (juga digunakan AL USA dan Inggris), digunakan untuk menyembunyikan kapal selam dari sistem deteksi lawan. Rusia adalah yang pertama untuk aplikasi pelapis dengan bahan fabric aktif baru.

Harus diakui bahwa ide untuk menggunakan lapisan yang mengurangi efektivitas radar pencari pertama kalinya dimiliki Jerman. Bahkan selama Perang Dunia II perusahaan kimia IG Farben melayani armada kapal selam Jerman. Di bawah kepemimpinan insinyur muda E. Meyer, diciptakan teknologi yang disebut penyerap suara bawah air yang dikenal sebagai Alberich. Ini adalah aplikasi praktis pertama dari teknologi yang kemudian disebut teknologi siluman.

Sayangnya, penemuan ini tidak menunda kekalahan Jerman. Jerman telah gagal untuk membuat pelapis ajaib untuk kapal selam mereka. Tidak ada cukup banyak lapisan Alberich untuk semua kapal selam.
Pada tahun 1970 British Acoustic Society menganugerahkan medali fisika Rayleigh award kepada seorang Jerman Profesor Meyer yang sudah berusia tujuh puluh tahun. Ini adalah orang yang sama yang di masa mudanya menemukan lapisan pelindung sonar untuk awak kapal selam Jerman yang menghancurkan kapal-kapal Inggris.

Penulis – Menurut beberapa sumber, ketika tim TNI-AL berkunjung, sempat diberi bisikan mengenai kehebatan lapisan pelindung kapal-kapal selam terbaru yang sedang dibangun Rusia, yang belum pernah diimplementasikan pada project paltus 877 maupun varshavyanka 636 (termasuk yang diekspor ke Vietnam). Sehingga terlihat perbedaan teknologi yang sangat mencolok antara kapal-kapal sebelumnya dengan kapal-kapal selam Rusia terbaru. Mungkin hal inilah yang menyebabkan TNI-AL membatalkan pembelian KS bekas tersebut, jadi bukan karena kondisinya sudah amburadul sama sekali. Apalagi hubungan Rusia-Indonesia termasuk dekat, sehingga akan sangat memalukan bagi Kremlin jika menawarkan kapal yang acak-adut pada sahabatnya ini.

image003

Sebuah sumber intelijen angkatan laut mengatakan kepada The Sunday Times bahwa akuisisi kapal selam baru oleh angkatan laut Rusia akan memberikan dampak memprihatinkan kepada Inggris dan AS. Sumber tersebut mengatakan: “Perlombaan ini sekarang untuk melihat siapa yang dapat memperoleh rahasia untuk pertama kalinya. Kita mungkin hanya tahu separuh dari apa yang ada dalam pemberitaan mengenai K-329. Angkatan Laut AS sangat prihatin karena sampai saat ini membual bahwa “kapal selamnya adalah… yang paling canggih di planet ini”.

Iain Ballantyne, seorang penulis dan ahli perang bawah laut, mengatakan: “Kekuatan kapal selam angkatan laut Rusia selalu menjadi elemen yang paling elit dan bergengsi dalam militer Kremlin, sehingga, menghabiskan milyaran rubel dari pendapatan minyak dan gas di kapal selam bertenaga nuklir baru itu, sepenuhnya sejalan dengan filosofi tersebut.

“Presiden Vladimir Putin tidak merahasiakan tekadnya untuk membangun angkatan laut Rusia agar dapat bertindak sebagai alat politik dan militer global yang kuat dalam gaya Soviet. Tidak ada keraguan K-329s akan berada di garis terdepan.” (by Maling Jemuran / FS. W)

Sumber:
english.pravda.ru/science/tech/
ibtimes.co.uk/
rt.com/news/

Berbagi

  135 Responses to “Teknologi Terbaru Kapal Selam Rusia”

  1.  

    pertamax,,,huya.

  2.  

    Ahirnya dapat perawan nya juga hehe…. 🙂

  3.  

    Woow, mantapf..

  4.  

    Nomer setunggal

  5.  

    hayooo pilih mana Ks.kilo rusak dgn K-329s..??
    sabar menunggu engga..?

    •  

      Saya pilih K-329, sambil nunggu, Lapan dan badan antariksa Rusia sedang mengembangkan ICBM… Katanya sih buat antariksa, itu katanya loh… – IMHO

      •  

        Amin 3x, mudah2an benar terealisasi, jadi tidak terlalu tergantung pada ToT C705.

        terus terang saya agak heran dengan reaksi super terlambat pemerintah terhadap potensi tercaploknya ZEE akibat 9 dash line China. Kenapa baru ngomong sekarang? ada apa sekarang koq PeDe? berita seperti kerjasama ICBM ini (jika terealisasi) bisa membantu menebak-nebak alasannya 🙂 bisa jadi juga pemerintah kita sedang main sinetron ‘seolah-olah’ menentang klaim China di LCS padahal ada deal di belakangnya

        •  

          Kalau ama Rusia ini produk top secret bung… -IMHO

          Selain itu kita juga kerjasama dengan china dan Ukraina dalam hal pembuatan ICBM. Yg China sesuai kerjasama pada tahun 2005 dan Ukraina tahun 2009…

          Sistem guidance yg kemarin di foto ARC itu adalah hasilnya. Baru 40% pengembangan Badan antariksa kita yg diungkap di publik, yg sisanya kemana? Itu top secret, Hehehehehe…

          Kenapa? Bahaya embargo, seperti kata teman2 warjag lainnya. Uppss, kerjasama pengembangan ini untuk teknologi “antariksa” loh…

          •  

            Maksudnya sistem guidance yg kemarin di foto itu hasil kerjasama dengan China

          •  

            Ooow.. i see 🙂 bagus lah kalo begitu, kebayang sekarang. thanks bung @Jalo

          •  

            Hehehehehe, just IMHO bung Nowy, maaf kalau make clue ya…

          •  

            mungkin buat guidancenya nunggu satelit kita sampe 20 biji kayak chino, busyet banyak banget yah..

          •  

            Gak lama lagi nano-nano terbang.
            Targetnya 2025 harus sudah bisa menerbangkan satelite sendiri….

          •  

            @jalo : seandainya teknologi lapisan pelindung kasel ini diminati oleh TNI AL berarti ada harga mahal yang harus dikeluarkan bung dan yang pasti ga akan terungkap ke publik..apa karena hal itu juga kah pemberitaan pembelian 2 kasel bekas yang gagal?? 🙂


            gambar yang inikah bung jalo hasil kerjasama dengan Ukraina itu??salam..

          •  

            Nah kalau masalah pembelian itu ada, tapi kapan dan apa yg dibeli itu saya kurang tahu. Kalau masalah pelapis saya kurang tahu bung. Kalau foto yg ditunjukkan itu adalah kerjasama dengan China. 🙂

        •  

          Kalau LCS tenang rahasia tetap di”jaga”…:-)

      •  

        ICBM?? amin 3x….

    •  

      Owalah.. katanya mau ngejar kuantitas dulu, beli kilo baru dulu dong. Wong K-329s belum tau kapan keluar nya.

    •  

      Bung Donnie, berani taruhan gak? Indonesia gak bakalan punya Kilo dan Amur, tapi Indonesia masih memungkinkan untuk bisa memiliki K329. Isu Kilo diyakini sengaja dipakai untuk menyelidiki sub marine yang kelasnya jauh lebih baik. Sebelum Pemilu belum berlalu, kita komporin aja semua capres yang ada melalui medsoc yang kita punya, biar nanti kalau salah satu diantara mereka ada yang terpilih, setidaknya dia sudah punya pedoman, KS jenis apa yang terbaik dimiliki TNI AL.

      •  

        @bung Yayan, Berani ..ayo…hehe

        tema nya kan “Kuantitas” apalagi untuk persiapan kogabwilhan, kuantitas jeda 2014-2020. Ucapan pak pur, kita akan membangun armada ks “besar-besaran”
        orientasi jumlah pastinya diatas akumulasi jumlah ks fpda.
        – hanya mengandalkan cbg jelas kelamaan untuk mengejar kuantitas.
        – Rusak 2 dari 10, masa yg 8 lainnya batal.? 2 yg rusak mendingan ditukar itemnya dgn yg item newest (nunggu).
        jika seluruhnya batal, ruskie pun pasti bereaksi, ini kan adem2 saja
        jadi apa nih taruhannya ? 😀

        •  

          bung yayan dan bung donnie…… taruhan pa niich???? sy jadi wasitnya ja dech he he he he….

        •  

          Taruhan, yang kalah hanya boleh komen “apa kabar” selama 2 bulan .. 🙂

          •  

            Hehehe..! Seru juga ya. Tapi jujur, saya takut gak tahan untuk memendam keingintahuan saya tentang dinamika yang terjadi di Indonesia. Nyatanya, meskipun setiap bulan saya membaca lebih dari sepuluh majalah Indonesia, ditambah dengan dengan news dari yahoo.co.id. Kecintaan dan rasa penasaran saya tentang Indonesia, belum juga tertawarkan. Ampun deh kalau harus puasa 2 bulan..! Hehehe..!

        •  

          Iya Bung, untuk long term kayaknya kita akan berpaling pada K329. Apalagi teman saya bilang, delegasi kita yang berangkat ke Rusia itu, sebagian bahkan masih ada yang menetap disana. Yang masih menjadi pertanyaannya adalah mengenai detail program kerjasamanya, masyarakat awam belum bisa mengendus dengan pasti, apa sih sebenarnya yang sedang dibuat oleh Rusia ama Indonesia? BTW, yang 8 unit itu, saya pribadi juga sebenarnya yakin banget sudah ada di kandangnya di Palu.

      •  

        Hehehe..! Bung Botol Kecap, salam kenal dan salam hangat..! Segala yang akan bermuara pada kebaikan bagi bangsa Indonesia, saya siap percaya dan mendukung penuh demi kewujudannya.

      •  

        Bung kalo Jokowi mudeng nggak ya urusan yg kauak beginian, maap no politic preference..

        •  

          [email protected] openmind saya pikir siapapun yg jd pemimpin NKRI mendatang pasti ngertilah ato stdknya tau mslh beginian mskpn bkn dr kalangan militer wong dia jg msh punya anak buah/staff ahli yg khusus menggodok hal2 yg beginian?? kcli scr ekstrem d ganti semua krn penguasa baru krg cuco ato krg sreg!!!

          yg jd kekawatiran saya justru kebiasaan di mari yg tiap ganti pimpinan ganti kebijakan/program ato gengsi bwt nerusin kebijakan2/program2 lama, mskpn sbnrnya ada yg bagus n wajib di terusin!!!

          maaf,,klu opini saya salah..

  6.  

    Inyonge jg telat,wkwk

  7.  

    FYI,
    walaupun teknologi dan kemampuan armada angkatan laut Rusia setara dengan Amerika tetapi Rusia masih digolongkan ke dalam green water navy. Sementara Amerika, Inggris dan Perancis digolongkan ke dalam blue water navy. Ini karena doktrin Rusia yang hanya bergerak di dalam area pertahanan (bastion) mereka yang berisi pangkalan dan silo.

    FYI lagi, Rusia unggul dalam perkembangan teknologi Kapal Selam dan SAM dibandingkan Amerika

    •  

      Berarti siapakh imperialis ssungguhnya???

    •  

      Betul bung Ed, saat ini untuk pelapis kapal hanya ada 2 teknologi pada negara barat yaitu aktif dan pasif. Nah Rusia adalah yang pertama mengembangkan pelindung reaktif, dimana dinding kapal akan dapat mengeluarkan sinyal sonar untuk menetralisir sinyal sonal dari kapal musuh.

      Ini seperti pelindung reaktif pada tank MBT yang dapat meledak kearah luar ketika terkena proyektil rudal/roket musuh sehingga meniadakan energi kinetik dari ledakan rudal terhadap dinding MBT.

      Dan tanpa harus membangun kapal yang baru, Rusia bisa melapis semua kapal baik permukaan maupun KS dengan pelapis reaktif ini. Apalagi bisa koneksi dengan sistem manajemen tempur, berarti juga menambah mata/sensor kapal terhadap musuh….

  8.  

    Asu mengembangkan doktrin peperangan atas laut yang direalisasikan dengan jumlah kapal induknya untuk mengcover kepentingan2 negaranya di dunia ini, tapi unisoviet(Rusia red) sebaliknya,lebih mengembangkan peperangan bawah air/laut dengan membangun dan mengembangkan kapal selam “WOW”.Mengenai pespur saya kira hampir sebanding antara Reptor vs Pakfa.

    •  

      PakFA T-50 & F-35 baru prototipe mas, F-22 Raptor terakhir diproduksi tahun 2005, sebanding darimananya mas? beda generasi…

    •  

      Mungkin sesuai tradisi ato kulturnya bung. Amrik terkenal berangasan/panas dan cowboyis, suka pamer makanya mengembangkan teknologi kapal permukaan dan pesawat yang serba wah, sebaliknya Rusky adalah budaya kutub yang dingin lebih cucok bikin kapal selam yang suka diem-dieman…..:-)

      •  

        Jangan lupa presiden Vladimir Putin itu mantan spy sekelas James Bond he7x…bagi dia kerahasiaan dan teknologi tepat guna itu yg utama…kalo Amrik..sbg polisi dunia penampilan gahar dan sangar itu penting sbg faktor penggertak….kita lihat saja pengambilan Krimea begitu smooth…dgn mengirimkan spetnaz….jadi wajar tentara Ukrania itu langsung menyerah krn selain kalah jumlah jg kalah klas bila mau bertempur…Indonesia sebaiknya mengikuti karakter militer Rusky ini …dan bukan petentang-petenteng g karuan….kalem2 tapi senjatanya lengkap…

  9.  

    Bukannya daya selamnya hanya 600 m ya?
    Kok bisa sampai 2000 m…….!

  10.  

    bung FS. W, saya liat diatas ada pernyataan
    “Kapal selam ini juga memiliki kecepatan tertinggi 30-35 knot (maks 60 km per jam), melampaui kecepatan senjata anti-kapal selam.”
    bagai mana kalo di pasang batre li-ion pada torpedo nya,, bisa mencapai kecepatan 50knot lebih loh..
    sekarang ada teknologi nya yg di kembangkan DCNS,
    http://www.navyrecognition.com/index.php?option=com_content&task=view&id=1556

    ini gambar nya,

  11.  

    Mbah Pur: Piye kapale jadi di wei aku opo ora??
    Om puting: Koe gelem opo kapal rusak ko dituku.
    mbah pur: Njok aku kudu piyee om put?? Aku wes dikepung.
    Om Put: Yo sabar to mbah. Aku nduwe projek anyar seng luwi apik.
    Mbh Pur: Projek opo om put aku wes ndak sabar iki.
    Om put: Nek wes dadi barange dijamin ngiler sampeyan.
    Mbah: Opo iyo om??? Yo wes tak enteni janjimu.

    Setelah beberapa bulan berlalu sejak penawaran hibah kapal ronsokan.

    Om put: Mbah iki barange wes siap.
    Mbah: Oalaaaah biyunggg. ” sambil melotot ”.
    Om put: Piye barange apik to dibanding seng rongsoan wingi.
    Mbah : Wes tak tuku 10 barang sampean.
    Om put: Ciuuss Mi apah??? sambil bengong. Ono duite opo ora sampean mbah???
    Mbah : Yo kredit dr sampean kan sisane uakehhh.
    Om put : Geleng2 sambil ngebatin ”D########k”

    •  

      barang anyar….duit maneng…duit maneng….ludes kie duite jant 🙁

      •  

        cah,cah,,kayak orang miskin ente, mikirin duite negara mulu,emang dah nyumbang pajek berapa M hari ini?

      •  

        bukan begitu bung,,ane liat” kok seneng banget belanja yua..?? bulan depan china bikin sendal jepit bisa terbang,,,mau beli gak..??? atau jepang bikin celana dalem yg bisa ngilang ente pengin gag,,,,kalo pengin beli yah?? 🙂
        ini negara cah bukan individu….apa iya kita sebagai negara Indonesia cuman statusnya konsumen aja,maniak lagi…tiap ada barang bagus pengen beli,..yah payah?!

        •  

          Pendapat saya @Cah Nusakambangan

          teknologi berat macam KS, Pespur
          beda dengan teknologi HP yg tiap tahun ganti.. itu karena teknologi nya sudah ada dan tinggal tambal sulam di produk HP & harganya tambah mahal.
          Yang punya duit ya dapet lebih. Labanya buat ngembangin teknologi baru.. itupun belasan tahun..

          klo teknologi berat pengembangannya ampe puluhan tahun.. itu pun dananya klo ada..

          cuma pendapat saya
          realitanya mungkin lebih rumit dari itu..
          [teknologi processor itu lebih mudah dikembangkan (cuman nambah transistor) dari pada teknologi bener2 baru]

          klo bilangnya kita konsumen doang..
          ilmuwan2 indonesia dah mencoba buat mandiri (seperti artikel2 di JKGR sebelumnya) cuman emang pertahanan di Indonesia ini masih kurang..
          Untuk mengejar ketertinggalan pertahanan militer ini.. dibuatlah tahapan MEF itu.. ya jadi konsumen dulu ampe mandiri dan mengejar ketertinggalan pertahanan militer..

          Maaf klo kurang srek,,, ini cuman OPINI kasar tanpa bukti.. tapi moga2 kita bisa legawo (nerima keadaan dengan ikhlas) biar indonesia ga jadi kacung terus..

    •  

      yang mungkin skenarionya begini jika berdasar data lawas kask-kusuk :

      simbah : lontong baru anda kok top markotop
      penjual lontong : iya dong…siapa dulu. situ minat ya…???
      simbah : jelas dong
      penjual lontong : tapi yang ini belum bisa dipinang. karena kita sendiri lagi kejar setoran
      simbah : terus buatku yang mana ?
      penjual lontong : adiknya mau gak ?
      simbah : akula ya ….tapi itukan teknologi nuklir gan
      penjual lontong : gampang sekalian kita lagi kejar setoran untuk modif akula ke yasen, situ mau book nggak ?
      simbah : sisa kredit yang kemarin dapat gak buat beli adiknya yasen modif ?
      penjual lontong : gampang dan mudah diatur. mbah kan hanya perlu vls buat serang darat dan mesin diesel sekaligus pakai aip-kan. dengan platform akula dijamin bisa meluncurkan spidol berkelas sekaligus bisa nampung banyak. perihal aip sana minta clearance ke itali dulu.
      simbah : terus berapa biayanya ?
      penjual lontong : karena modif barang bekas situ saya kasih diskon 50% deh.
      simbah : berapa itu ?
      penjual lontong : 700
      simbah : bekas saja 700 ???? langsung tuing2

      •  

        kalau 600 gak bakalan dikasih sama penjual lontongnya suhu nara. 700/unit itupun hanya kepada simbah saja kok. sampai hochimint mendelik dan mo ikut2an. kalau mo lawan lontong naga dan elang botak ya duit segitu ya “Best Buy” suhu. kalau mau yang baru silakan lirik u-214.

  12.  

    Buat sesepuh JKGR postingan ane diatas agak nyeleneeh. Reflexi aja setelah baca debat serius di postingannya kang nara. Sekali lagi maaf.

    •  

      @bung van java

      santai aja……
      semoga bung van java juga ikut kontribusi artikel 😀

      sepertinya di forumer ini lebih baik dihapus “kalimat sesepuh”.
      semua sama “sama2 belajar dan berbagi wawasan”

      salam kenal
      maaf cucu lancang

  13.  

    Ane jadi kiperr…urutan sebelas 🙂

  14.  

    nais inpoh bung MJ

    makin berkelas aja nih rusky, kemaren udah menang di crimea sekarang sudah bikin keringat dingin usa dkk,

    hibahin aja black hole ke indonesia 😀

    tapi kalau urusan alutista khususnya pespur n lontong sebenarnya saya merindukan buatan jerman….

    apakah jerman dan jepang dalam kondisi sama yah dalam “masalah” alutista.

    cuma pendapat
    maaf cucu lancang

  15.  

    FlagShip terbaru armada AL Rusia. baru 3 yg udah join, 2 Borey Class : Alexander Nevsky,Vladimir Monomakh dan 1 Yasen Class:Severodvinsk serta yg sdng dibangun : Kazan dan Novosibirsk.

    2 tipe terakhir yg sdng dibngn diperkirakan bkl lbh canggih lg.

  16.  

    Menggiurkan sekali itu KS, Tetapi sepertinya kita tetap harus fokus ke U209cbg. Masih tetap bersyukur jika kecipratan teknologi Coating anti sonar saja.

    24 KS U209i Dengan Teknologi Anti Sonar ####, Jet Torpedo #### dengan daya ledak menggila. sepertinya cukup untuk menasinalisasi Samudera Indonesia, ehh maaf Samudera Hindia

  17.  

    Waduh, lagi buat indonesia ngiler. Emang bener kata orang, perkembangan tekhnolgi itu cepet banget. Kemaren mikirnya KS Kilo udah canggih, eh skrg muncul yg lbh canggih lagi.

    •  

      Kapal selam ini adalah yang pertama dari delapan armada kapal selam kelas Yasen terbaru – masing-masing dipersenjatai dengan 24 peluncur rudal jelajah yang membawa hulu ledak 200 kiloton, serta rudal anti-kapal, ranjau dan torpedo. cocok banget buat salvo.. wkwkwk…:D

    •  

      ada kapal selam yang teknologinya gak pernah berubah tapi tetap laku bahkan di cari orang…

      Kapal Selam Palembang,,,

      hehe pissssssssss

  18.  

    MASUK ROAD MAP PT.PAL

  19.  

    sabar menanti ( hanya bisa berharap ) lagu lawas… 🙂 {senyum kecut}

  20.  

    Lontong lagi lontong lagi…
    Kalau pengadaan pespur yg di wacanakan kmrin2 saya mmang msih blum 100% prcaya.
    Tapi kalau lontong dari rusia, saya 100% prcaya sudah ada setidaknya 2 unit berenang dan meronda di nusantara.

  21.  

    eah. .kilo class batal yg ini bungkus 😀 haha

  22.  

    Kilo class second batal tapi mungkin karena kedekatan RI-Rusia maka tni AL dpt 1 K329 dari 8 yg rencananya diakuisisi Russia. Kasus ini mirip ketika RI diberi 1 kapal destroyer yg memiliki efek deterent tinggi di jamannya yakni KRI Irian

  23.  

    Bagaimanapun juga KS adl alat deterent yg aman dari protes tetangga kalau belinya diam diam.gak keliatan soale.cukup beli satu dua biji yg sepuluh sembunyiin.kapal tetangga masuk syuuut blaaar….mau complain gmana tuh tetangga iseng.Apalagi kalau buat sendiri susah deteksi jumlahnya.blm lg bicara efektivitas tempur.sy berani taruhan akan lebih baik kita punya 10 KS dgn anggaran seperempat pengadaan kapal induk ketimbang punya satu kapal induk yg menghabiskan seluruh anggaran pertahanan kita.mau merek apa aja ambil…sama aja semua….br denger namanya aja musuh dah keder apalagi torpedonya dah meluncur….

    •  

      kalau berhadapan dengan poseidon gimana ya bung?

      cuma tanya
      maaf cucu lancang

      •  

        Jgn terlalu percaya poseidon bung cucu.nyari pesawat malay yg gak ngelawan aja gak ktemu2.apalagi KS nya ngelawan pake SAM.lg pl Itu berarti poseidon nya masuk perairan kita dong bung cucu.kita.trs radar sama pesawat kita ngapain? Maen catur,ngudut sambil hirup kopi?

        •  

          benar juga bung wehrmacht padahal itu pesawat di ulas di tv di gadang2 paling canggih dalam hal pengintaian mpe intai kapal selam, tapi ko MH370 ga ketemu ketemu yah, padahal sudah 26 negara lho(cmiiw)……..

          aneh bagi saya secara pribadi, hilangnya pesawat itu sudah dicari dengan teknologi tinggi, dan berpuluh2 negara yang mencari
          1.seluas dan misterius kah lautan sampai sekarang masih belum ada yang menaklukan,atau
          2.hanya konspirasi sebagai pemetaan dilautan yang diskenariokan bila terjadi LCS,atau
          3.memang dibajak????? atau
          4.salah intercep dari pespur malay???,atau
          5????

          masih misterius..

          yang pasti malaysia akan mencatatkan sejarah buruk dibidang penerbangan sekaligus aparatur negarannya yang tidak komit (plin-plan)

          terlepas dari tersebut hanyalah keraguan , semoga saja dibajak dan minta tebusan tanpa mengorbankan penumpang…..dan bisa kembali kekeluarga masing2 dalam keadaan sehat.amin

          cuma pendapat
          maaf cucu lancang

          •  

            Amin bung cucu semoga cm di bajak dan minta ransom.tp sy pesimis.takutnya salah intercept di LCS atau di bajak trs belok lalu di intercept salah satu negara

  24.  

    Simak juga teknologi terbaru politik rusia…. From Russia with Natalia Poklonskaya.

  25.  

    baru tadi malam ada bisikan Indonesia tengah kerjasama pengembangan ICBM dengan Russia 😀 info tersebut jika ditambahkan berita pembatalan Kilo membuat gambar berbeda pada puzzle. maaf kalo oot bung Antonov tapi saya termasuk pendukung kekuatan preemptive dan jangkauan, ICBM kita butuh mengingat Australia akan kedatangan kapal permukaan dengan launcher yang bisa menembakan Tomahawk, belum lagi jika diingat USN juga berpangkalan di Darwin dan ada pangkalan KS di Perth (?). mengenai hulu ledaknya tidak perlu nuklir, icbm dengan warhead konvensional sudah cukup untuk meraih tujuan deterrence. US, Russia dan China sedang berlomba senjata hipersonik yang mampu mencapai target dimanapun dalam waktu 1 jam, setidaknya kita harus sudah mulai dengan kemampuan ‘minimal’ jangkauan yang lebih jauh dari 300-400km.

  26.  

    tambahan, kemampuan rudal jarak jauh apalagi sekelas ICBM dan kemampuan memperkaya uranium di dalam negeri untuk PLTN = hedging 🙂

  27.  

    tambahan,
    KS Rusia Alfa class rilis resmi kecepatannya 41knot tapi permah dilaporkan mencapai 50 knot
    KS Amerika Los Angeles class rilis resminya 20 knot tapi pernah dilaporkan mencapai 33 knot
    torpedo adcap US kecepatannya dapat mencapai 65 knot

  28.  

    Bung nara,ngacung tp bkn soal icbm tp soal KS nuklir.kita ini negara yg sdh meratifikasi nuklir untuk tujuan damai walau kemampuan kita sdh lebih dr cukup untuk membuat war head nuklir.jd kalau sampai kita punya KS nuklir imposible is imposible

    •  

      IMHO yang ‘tidak mungkin’ adalah senjata nuklir, sedangkan ‘KS nuklir’ seringnya mengacu pada tenaga penggeraknya yang mengacu pada kemampuan jangkauan jarak tempuhnya, bukan senjatanya. ICBM juga mengarah pada jangkauan, bukan pada warheadnya. Cmiiw

      •  

        Tapi masa iya isinya bkn senjata nuklir bung NYD? Sayang amat platform nya dah mentok isinya cm tekno PD2? kalo buat orang orangan sawah nakutin jiran sih masih oke.tp kalau tujuan kita macan asia berarti harus nyingkirin cina dan india yg sdh punya warhead nuklir.mana takut mereka sama kaleng biskuit doang….so,kalau emang kita mau jd juru damai aja lebib baik jadi kancil asia yg cerdik toh drpd jadi macan ompong asia….

        •  

          IMHO- jika mengenai warhead tergantung tugas/strategi-nya, kadang memang yang dibutuhkan bukan serangan thermonuklir, atau malah justru semua menghindari penggunaan senjata pemusnah masal karena akan mengundang serangan serupa. China juga penganut no first use dalam kemampuan nuklirnya, jadi jika ga diserang nuklir duluan mereka juga tidak akan menggunakan senjata nuklirnya.

          senjata nuklir mahal pembuatan, berat tekanan politik, mahal perawatan dan kemungkinan besar tidak akan digunakan. Yang kita butuhkan adalah teknologi ICBM dan kemampuan pengayaan uranium di dalam negeri

        •  

          Kita tdk bs percaya omongan beruang merah dan beruang grizzly yg blg KS nya gak ngangkut senjata nuklir karena mereka telah sepakat untuk mengurangi warhead nuklir.bs saja mereka blg yg di oskar sm LA rudal konven.seperti misteri KS indo siapa yg tahu persis brapa jumlah senjata nuklir dua beruang pake baju domba itu.

          Maaf kalau tak terlalu merepotkan sudikah anda memberitahu adakah negara yg memiliki platform berpenggerak nuklir atau ICBM yg bkn negara yg memiliki senjata nuklir? Ataukah indonsia yg akan menjadi negara pertama?

          Hal ini sy ungkapkan bkn karena sy tdk setuju kita punya platform atau senjata nuklir.bahkan saya mengutuk kenapa indonesia meratifikasi perjanjian nonproliferasi itu krn kok tdk adil yg lain boleh tp kita tdk untuk membuat negara lain segan sblm berurusan dgn kita drpd kita diam2 punya kemudian terpaksa menggunakannya karena ketidak tahuan musuh kita dgn konsekwensi berantai.

    •  

      Ks nuklir ini selain kemampuan daya jelajahnya juga lbh dingin reaksi pembakarannya shg lebih senyap. KS nuklir beda dgn senjata nuklir jadi kita bisa mempunyainya tanpa sembunyi2

  29.  

    FYI,
    Indonesia, China dan Rusia tidak termasuk dalam anggota MTCR
    The Following countries are members of the MTCR:
    Argentina, Australia, Austria, Belgium, Canada, Denmark, Finland, France, Germany, Greece, Hungary, Iceland, Ireland, Italy, Japan, Luxembourg, the Netherlands, New Zealand, Norway, Portugal, Spain, Sweden, Switzerland, the United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland, the United States of America.
    http://www.mtcr.info/english/press/stockholm.html

    Missile Technology Control Regime (MTCR) adalah suatu badan yang mengontrol dan melarang perpindahan / transfer teknologi yang berkaitan dengan platform tanpa awak yang mampu membawa muatan 500kg dalam jarak 300km.

    kita memang tidak termasuk anggota MTCR tp para anggota MTCR bisa menggangbang Indonesia kalau kita macam-macam….

  30.  

    bung narayan @sampai sekarang indonesia ko belum punya KS bertenaga nuklir yah,,
    kira2 apa faktor penyebab nya?

    apa karena mahal / letak geografis / pengaruh politik atau karena indonesia belum punya uranium nya utk dijadikan bahan bakar?

    maaf merepotkan,,

    •  

      Hmmm…. yg ditulis di atas penjelasan “Andaikan kita belum punya KS nuklir”…. Penjelasan untuk “Andaikan kita SUDAH punya KS nuklir” nya belum ada bung @Nara… hehehehe

  31.  

    Alutsista yg mempunyai detterent yg sgt tinggi menurut saya adlh rudal balistic dan kapal selam. Kita hrs memfokuskan kerjasama kapal selam dan ICBM ini dgn rusia. Dlm sejarahnya rusia tdk pernah setengah hati utk membantu indonesia terbukti mereka mendukung perjuangan kita merebut irian dari tangan kolonial belanda dgn memberikan alutsista canggih dan terbaru di masanya spt kri iri, kapal selam whisky class dan pembom tupolev yg bisa nyampe australia tanpa terdeteksi.

    Disini saya sgt senang mendengar kita melakukan kerjasama dgn rusia utk melakukan penelitian icbm dan kapal selam dgn rusia. Saya setuju riset ini sgt topsecret. Layaknya perusahaan dlm bersaing dgn lainnya kalau ingin menang hrs menjaga kerahasiaanya terutama resep nya dari pihak lain

  32.  

    TNI AL harus akuisisi K-329 3 unit saja. hanya Rusia & RI yang punya Kapal Selam tercanggih Rusia.

  33.  

    progress untuk lepas dari kungkungan 300 km kira2 target kapan ya bung nara??
    Sorry banyak nanya he he he…

  34.  

    Bung Nowy dan Bung Diego, Check E-mail ya… 🙂

  35.  

    Salam Hormat untuk semua sesepuh warjager dan pembaca yang budiman.

    Sehebat apa pun alutsista yang kita miliki, tak ada artinya jika

    1. Mata uang RI masih menggunakan kertas “Rupiah” yang mana berpatokan pada US Dollar.
    2. Cadangan masih berupa US Dollar, akan lebih baik seperti CHINA “Batangan Emas”.
    3. Pendidikan/Sekolah masih mengajarkan peserta didik sebagai pekerja, bukan sebagai pengusaha
    atau enterpreneur.
    4. Hukum di RI seperti pisau, tajam di bawah, tapi tumpul diatas.
    5. Media Hiburan di bebaskan sebebas-bebas nya, tanpa adanya filter.
    6. Industri dasar strategis “Krakatau Stell, Pertamina, Antam, dan BATAN” tidak di proteksi dan
    tidak menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

    Pemahaman dasar kita, bahwa musuh besar kita adalah : Malay, Sing dan AUS. sebenarnya tidak selamanya benar, karena mereka adalah alat. tapi musuh terbesar kita adalah : Israel, USA, NATO, Nippon dan CHINA.

    Ada sebuah kutipan….. Jika berperang secara fisik dengan bangsa Indonesia, mereka tidak akan pernah menang, maka lemahkanlah mental dan ideologi bangsa indonesia, jauhkan bangsa indonesia dari nilai2 PANCASILA dan Gotong Royong nya. Setelah bangsa indonesia tidak memiliki itu semua, maka akan dengan mudah “KITA”, menghancurkan Bangsa Indonesia.

    Siapa yang pertama memperkenalkan konsep perang gerilya kepada bangsa asia-afrika, kalau bukan “Bangsa Indonesia”.
    Siapa yang pertama memperkenalkan konsep berani berkorban sebagai “martir jihad”, jika bukan “Muhammad Toha”.
    Bangsa Indonesia lah pula yang menjadi Inspirasi kemerdekaan bagi seluruh bangsa-bangsa di asia dan afrika dari penjajahan, dengan ideologi “BHINEKA TUNGGAL IKA”
    “Sapu Lidi yang bersatu akan lebih kuat di banding kan dengan sebatang besi yang sendiri”

    Jika jaman bung karno, beliau melarang pakaian seronok kepada wanita-wanita bangsa indonesia, melarang musik-musik genjrang-genjreng. beranikah kita melakukan nya untuk keluarga kita.

    Salam damai untuk kita semua dan tetap BERSATU

    •  

      IMHO…..krn secara naluri bangsa kita para sesepuh kemerdekaan angkatan Soekarno keatas menganggap yg punya naluri menjajah dr dulu sesuai sejarah moderen (setelah reconaisance) adalah bangsa blok “barat” bukan blok “timur” baik berupa pendudukan secara fisik militer maupun “cuma” pengusaan sumber2 ekonomi dan energy dengan cara halus melalui budaya dan polah pikir di brain storming supaya mudah utk “ditakhlukkan”. Bisa dilihat sejarah negara2 asia dan afrika bekas jajahan negara2 mana bahkan masuk ‘koloni’ negara blok “barat”. Maka dr itu utk menutupi kesenjangan kekuatan perlawanan yg kalah segalanya dr blok “barat” baik teknologi, ilmu pengetahuan dan kemakmuran maka berusaha utk menyeimbangkan kesenjangan tersebut 1. Dg merangkul blok “timur” krn dilihat dlm sejarah tidak mempunyai hasrat menjajah sebesar blok “barat”. 2. Perang ideologi dikumandangkan krn politik devide et impera sudah merasuk lama di nusantara dg cara rayuan “kemakmuran” utk kalangan tertentu dg kehidupan wah dan budaya eropa yg “mewah” dansa dansi dll sehingga rentan perpecahan di nusantara dg iming2 kehidupan mewah dan maju ala “barat” maka perlu dicanangkan gerakan anti budaya “ke-barat baratan” oleh Soekarno dan sesepuh kemerdekaan supaya tidak gampang terayu dimulai dg lunturnya identitas diri atau budaya bangsa sendiri.
      Kalau tidak seperti itu maka tidak akan berdiri NKRI seperti sekarang dari sabang sampai merauke krn dipecah2 oleh “barat” demi memperoleh sumber ekonomi dan energi dari nusantara ini….dijadikan negara koloni mereka. CMIIW

  36.  

    skrg kan sudah dimulai Komodo exercise… apa udah ada lap.destro2 ruski jadi datang.
    yg katanya nanti ditinggalin…?

  37.  

    jadi nih… sentra gandamayit nya.?

  38.  

    Super OOT nih

    Boleh minta link “back to top” nda ya?soalnya lumayan susah kalo pake tablet akses ini jika sudah nyampe bawah.

    Suwun.

  39.  

    njaluk siji..terus kongkon nyelam cedhak aushi..biar krekes-krekes

  40.  

    HUEEEEKKK…..HUEEKKKKK…..Indonesia tambah nangis ngeliat Rusia punya teknologi kapal selem baru…la teknologi lama aja kagak kebeli, tapi lumayanlah ni berita buat nambahin mimpi siang bolongnya Indonesia….WKAKAKKAKAK….

  41.  

    http://en.wikipedia.org/wiki/Yasen-class_submarine

    An August 2009 report from the U.S. Office of Naval Intelligence estimated the Yasen-class submarines to be the quietest, or least detectable, of contemporaneous Russian and Chinese nuclear submarines but is still NOT AS QUIET AS contemporary U.S. Navy submarines (i.e. Seawolf and Virginia classes).[20][21][22]

 Leave a Reply