Pesawat Tempur F-5 E/F Tiger II Dimuseumkan

(twitter.com/_tniau)
Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, meresmikan F-5 E/F Tiger II menjadi koleksi Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala Lanud Adi Sucipto, Yogyakarta, Selasa (25/4). Pesawat yang dikenal dengan Macan ini akhirnya dimuseumkan setelah 35 tahun mengabdi, menjaga, dan mengawal NKRI.

Marsekal Hadi mengharapkan peresmian monumen ini dapat mengisahkan sejarah dan kiprah perjuangan pesawat-pesawat F-5 Tiger II dan Eagle Family di Indonesia, yang merupakan salah satu kekuatan inti Lanud Iswahjudi.

Monumen ini juga menjadi bukti sejarah pengabdian F-5 Tiger II dan Eagle Family kepada bangsa dan negara yang tak pernah lekang oleh waktu. “Saat ini, pengabdian awak pesawat F-5 E/F Tiger II sudah menjadi bagian dari kesejarahan TNI Angkatan Udara, untuk dipelajari dan dijadikan cerminan serta suri tauladan bagi generasi penerus saat ini maupun mendatang,” ujar Kasau.

(twitter.com/_tniau)
Mantan Menkopolhukan Marsekal TNI (Purn) Joko Suyanto mengatakan bahwa cerita tentang pesawat F-5 E/F Tiger II yang telah mengabdi selama 35 tahun melanglang buana mulai dari wilayah udara Sabang sampai dengan Merauke, dari paling ujung utara hingga ke Timor Leste, adalah suatu perjalanan pengabdian yang luar biasa.

Sejak kedatangannya pada tanggal 21 April 1980, gelombang pertama armada tempur TNI Angkatan Udara F-5 E/F Tiger II tiba di Lanud Iswahjudi sebanyak delapan unit yang diangkut menggunakan C-5 Galaxy milik Airlift Command USAF. Dua bulan berikutnya, pada 5 Juli 1980, C-5 Galaxy mendarat kembali dan mengangkut F-5 E/F Tiger II untuk melengkapi kekurangannya.

Sumber: tni-au.mil.id

Sharing

Tinggalkan Balasan