Sep 192014
 
PENJAGA WILAYAH: KRI Nanggala saat berada di Selat Sunda, Cilegon, Banten, pada 3 September lalu. (Darjat/Banten Raya/JPNN)

PENJAGA WILAYAH: KRI Nanggala saat berada di Selat Sunda, Cilegon, Banten, pada 3 September lalu. (Darjat/Banten Raya/JPNN)

PALU – KRI Cakra-401 dan KRI Nanggala-402 semakin meningkatkan peran. Dua kapal bawah permukaan air produksi Jerman itu masih menjadi tumpuan untuk mengover wilayah Indonesia. Setidaknya tiga kapal selam baru dari Korea Selatan selesai diproduksi pada 2017. Pangkalan khusus kapal selam di Palu, Sulawesi Tengah, sudah disiapkan untuk menyambut armada yang bernaung ke satuan kapal selam yang berulang tahun ke-55 pada Jumat (12/9) tersebut.

Berbagai aktivitas operasi militer perang dan operasi militer selain perang juga sudah dilaksanakan KRI Cakra dan KRI Nanggala. Salah satunya, menenggelamkan beberapa bekas kapal perang untuk menguji peralatan utama sistem persenjataan torpedo.

Berbagai latihan gabungan TNI dan latihan bersama militer luar negeri melibatkan dua kapal selam. Dukungan pangkalan pun turut mendongkrak nilai tawar kekuatan armada TNI-AL. ’’Pangkalan kapal selam di Palu (Sulawesi Tengah) disiapkan karena lokasinya strategis,’’ ungkap Komandan Satuan Kapal Selam Armada RI Kawasan Timur Kolonel Laut (P) Purwanto.

Lokasinya dianggap strategis karena Teluk Palu memiliki kedalaman 400 meter. Dengan panjang 30 kilometer plus lebar 10 kilometer, kapal tersebut cocok untuk berbagai dermaga. Lokasinya yang dekat perbatasan Malaysia timur membuat pergerakan kapal lebih efektif dan efisien.

Menurut Purwanto, markas komando di Palu pas untuk pangkalan aju. Yakni, pangkalan pendukung dengan fasilitas kelengkapan dan prasarana yang mendekati pangkalan utama. Posisi ibu kota Sulteng itu termasuk di tengah-tengah kepulauan nusantara. ’’Dari Palu pergerakan kapal bisa lebih cepat ke perbatasan ketimbang bertolak dari pangkalan di Surabaya,’’ tutur mantan Komandan KRI Nanggala tersebut.

Yang terbaru, awak KRI Nanggala melaksanakan pembrevetan perwira tinggi TNI-Polri dan menteri di Selat Sunda. Yakni, KSAD Jendral TNI Gatot Nurmantyo dan Kapolri Jendral Sutarman. Tiga menteri dianugerahi brevet Hiu Kencana. Yakni, Menko Perekonomian Chairul Tanjung, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Armida Alisjahbana, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu. (www.jawapos.com)

  106 Responses to “Teluk Palu Lebih Strategis buat Kapal Selam”

  1.  

    Biarlah Rahasia tetap menjadi Rahasiaaa, soale si lontong suka mentebar gosip siluman … namanya juga punya simpanan takut dibabar babarin entar ketahuan satpam bulukan … sama siupil … senyap senyap blaaaaaas torpedo sama sam dilepas ke negara angkara … tapi bos brunei taubanget sama lontong kita …

  2.  

    rekan semua, bolehkah saya minta tolong? saya sedang melakukan pencarian gambar “KRI NANGGALA” menggunakan google, dan baru menemukan 3 foto…

  3.  

    yang beda

  4.  

    Mantap. Klo cuma punya 2 KS lama + 3 baru (dr korea), trus 2 misalnya ada di Sby, apakah dengan 3 KS dibangunkan pangkalan baru (palu) cukup optimal? Mohon pencerahan dan moga sehat2 semua, salam NKRI. Eeh satu lagi cak lontong nya ada di JKT ya…..he he

  5.  

    Cakra + Nanggala + 2 Akula + 2 KS Gaib d Brunai. Jumlah KS kita saat ini 6. Akan bertambah 3 cangbogo dan 2 KS 209. So…..???

  6.  

    @freaxout: lagi tugas ngintip orang mandi bung, bung apa kabar?

  7.  

    @pemburu rajawali: yakin saya buka disini bung apa yg saya tau?

  8.  

    Salam kenal bung @BINx2BlackCODE
    Boleh tahu maksud dan tujuan anda, memberikan tanggapan yang bung tulis?
    terima kasih

    Mohon pencerahannya

    •  

      NKRI sedang berusaha menutup rapat pagar Laut kita bung @J.L.B n bersiap untuk kemungkinan “terburuk”

      kalimat yg saya beri tanda kutip, itu cm prediksi saya pribadi

    •  

      tks atas tanggapannya bung BINx2BlackCODE
      jadi tambah wawasan saya, dengan adanya “prediksi” anda, saya sbg orang awam bisa mengetahui progress kerja pemerintahan kita, ada langkah yang di ambil untuk antisipasi hal-hal yang “mungkin” akan merugikan bangsa ini.
      Jurus apa, yg dapat memberikan pelajaran buat negara lain yg ingin mengusik bangsa ini?
      mohon pencerahannya

      •  

        Masih jurus lama bung, dgn komat kamit baca mantra yg anak gaul skarang nyebutnya “DIPLOMASI” ya memang membosankan dgn kalimat tsb, tp demi kepentingan kita2 jg kok, n kita juga harus tau diri, siapa kita, siapa singapura dgn FPDA nya. Kuncinya kita bisa setara australia, otomatis FPDA jg bukan lg tandingan kita, itu yg sedang dikejar pak beye n itu jga yg dhalangi Ausie n komplotannya.

  9.  

    Kabarnya baik bung bin2x ngga saya aktifkan reply alertnya. Pang ping mulu. Ngintip melon mandi apa yang lain.

  10.  

    @freaxout: cuma dalam 3 bidang kok bung, Ekonomi, Pendidikan, kemandirian tekhnologi. Udah itu aja bung. Ekonomi = kita harus bisa menjadi pasar konsumen dr produk dlm negri, Pendidikan = jenjang pendidikan yg merata dr jelata sampai konglomerat, kurikulum pendidikan yg harus merata dr pedalaman sampai ibu kota. Sperti yg kita liat skarang anak kelas 5 SD dikampung masih ada yg belum lancar membaca. 1 org mungkin faktor murid, 5 orang mungkin faktor Guru, lebih dr 15 org dlm 1 kampung itu udah Faktor dr kegagalan pemerintah pusat. EKONOMI JALAN, PENDIDIKAN PASTI MERATA, PENDIDIKAN MERATA PASTI BAKALAN ADA TUNAS2 BANGSA YG CERDAS UNTUK MENDONGKRAK KEMANDIRIAN TEKHNOLOGI. Klo ada yg salah dr opini saya silahkan dikritik

  11.  

    @freaxout: cuma dalam 3 bidang kok bung, Ekonomi, Pendidikan, kemandirian tekhnologi. Udah itu aja bung. Ekonomi = kita harus bisa menjadi pasar konsumen dr produk dlm negri, Pendidikan = jenjang pendidikan yg merata dr jelata sampai konglomerat, kurikulum pendidikan yg harus merata dr pedalaman sampai ibu kota. Sperti yg kita liat skarang anak kelas 5 SD dikampung masih ada yg belum lancar membaca. 1 org mungkin faktor murid, 5 orang mungkin faktor Guru, lebih dr 15 org dlm 1 kampung itu udah Faktor dr kegagalan pemerintah pusat. EKONOMI JALAN, PENDIDIKAN PASTI MERATA, PENDIDIKAN MERATA PASTI BAKALAN ADA TUNAS2 BANGSA YG CERDAS UNTUK MENDONGKRAK KEMANDIRIAN TEKHNOLOGI. Klo ada yg salah dr opini saya silahkan dikritik…

  12.  

    kalo untuk pertanyaan satunya apa bung bin2x

  13.  

    @freaxout: hehe, kaga ada bung, ya cm tugas2 biasa aja. masa saya ngintip org mandi? Dosa bung,

 Leave a Reply