“Friend or Foe”, Korea Selatan Upgrade Sistem IFF

Jet tempur F-15K (Atas) dalam formasi dengan pesawat B-52 (Kanan Bawah) dan sepasang F-16 AS (Kiri). © Yonhap

Dalam paket pengadaan pertahanan yang diumumkan pada hari Rabu, Defense Acquisition Program Administration (DAPA) Korea Selatan mengungkapkan bahwa telah meluncurkan sebuah program Identifikasi Teman atau Lawan (IFF), seperti dilansir dari Sputnik News.

Korea Selatan bermaksud menerapkan aset penelitian serta  desain dalam negeri, dengan kemampuan sebanding dengan perangkat lunak dan teknologi yang dibeli dari luar negeri. Program IFF yang baru tersebut dijadwalkan akan diluncurkan tahun depan.

Menteri Pertahanan Korea Selatan Han Min-koo, mengungkapkan langkah tersebut dalam sebuah pertemuan bulanan mengenai pembelian dan penerapan terkait persenjataan.

Militer Korea Selatan kabarnya akan meningkatkan protokol akuisisi dan pengawasan Mode 4 dan Mode 5 di Seoul, yang mencakup peningkatan kemampuan penyadapan kabel serta pengacak sinyal. Sehingga memungkinkan untuk menggabungkan operasi secara efisien dan memperbaiki sistem identifikasi.

Menurut perkiraan terakhir, Korea Utara saat ini memiliki lebih dari 1,2 juta tentara, dengan hampir 7 juta lainnya sebagai cadangan. Seoul sendiri memiliki pasukan sebanyak 490.000, dengan kontingen cadangan diperkirakan mencapai 4,5 juta personil.