May 312014
 
Tank Leopard TNI AD (photo:  ANTARA/Ujang Zaelani)

Tank Leopard TNI AD (photo: ANTARA/Ujang Zaelani)

Pontianak. Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal Andi Ibrahim Saleh, meminta sepuluh tank Leopard untuk menjaga perbatasan Indonesia-Malaysia di wilayah Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat. “Kalau bisa, ditempatkan sepuluh tank dan helikopter,” ujar Mayjen Andi di depan anggota Komisi Pertahanan DPR saat berkunjung ke Kalimantan Barat, Jumat, 30 Mei 2014.

Wilayah itu beberapa waktu yang lalu memanas karena Malaysia membangun rambu suar di patok STRP 01 perairan Tanjung Datu. Namun pembangunan itu dicegah oleh TNI, yang kemudian menjaga perairan Indonesia tersebut.

Menurut Panglima Kodam XII/Tanjungpura, topografi Desa Temajuk yang berbukit menyebabkan pengawasan memerlukan helikopter. Perbatasan wilayah Malaysia-Indonesia di Desa Tamajuk berada di kedua sisi Gunung Tanjung Datu. Keberadaan semenanjung di kawasan tersebut menyebabkan pengawasan makin sulit. Ia menambahkan, dengan kondisi seperti itu, Desa Temajuk sebaiknya dijadikan pangkalan militer.

Gubernur Kalimantan Barat Cornelis mengatakan pemerintah provinsi sudah mempersiapkan lahan seluas seribu hektare untuk membangun pangkalan militer di Desa Temajuk. β€œItu jangka panjang,” ujarnya.

Anggota Komisi Pertahanan DPR, Tri Tamtomo, mengatakan pemerintah harus menyegerakan diplomasi. β€œPemerintah harus berkomitmen mempertahankan kedaulatan wilayah,” ucapnya. Ia berpendapat pembangunan rambu suar oleh Malaysia belum lama ini bisa bermakna memperolok pemerintah Indonesia. (Tempo.co/ Aseanty Pahlevi).

  154 Responses to “Tempatkan Tank Leopard di Kalimantan”

  1. Siji

  2. Kedua lagi ah

  3. Selamat pagi INDONESIA…!

  4. SR….numero uno

  5. Siipp bravo TNI

  6. udah bagus blm infrastruktur nya???

    jgn sampai cuma disimpan di kandang doank..
    baik nya perbaiki infrastruktur dlu biar mudah patroli nya..

    klo heli bagus juga perbanyak di perbatasan,, ditambah UAV/ drone

    • Infrastruktrur apa yg belum bagus ???

      • jalan sepanjang perbatasan dan jembatannya dgn standar internasional ( sehingga mampu menahan laju dan berat tank leopard)

        • Itu tanknya anak mami ya? Dikit2 harus jalan dan jembatan standar internasional baru jalan. Cape deh. Liat aja tuh di youtube MBT Malaysia nggak butuh jalan kelas I tapi bisa menerobos sela2 pohon sawit dalam perkebunan dalam manuver latihan menerobos perbatasan Kalimantan. Nggak pernah dengar tuh tentara dan para elit Malaysia teriak2 syarat deploy MBT harus jalan dan jembatan bagus.

          • Itu T-90 om, pas acceptance test. Rusia mintanya hard cash makanya milih si jaguh dunia akhirat PT-91M

    • terlalu teoritis …emangnya tanknya mau buat angkot..harus pake jalan bagus..kl mau jln bagus pake jaguar aja…salah satu fungsi tank ya untuk mlewati medan berat

  7. Mantap…

  8. setuju..buat ngadepin mbt malaysia,tapi harus didukung oleh anoa yang banyak untuk mobilitasnya…heli nya diperbanyak toww

    • buat ngadeptin MBT malon tidak harus menggunakan leopard, cukup pake MI 35/apache /BO 105
      klo didarat cukup menggunakan javalen / RPG. dgn taktik grilya hutan,

    • Setuju bung… mengingat kabar hoaxnya tahun 2005 malaysia sudah menginvasi kalimantan bagian utara dg mengerahkan pesawat Mig 29 dan F-18 ditambah Mbt kebanggaan mereka si twardi. Untung TNI kita sudah mengetahui pergerakannya yang kemudian mengirim pasukan K******, K******, D******, D*******, K******* dll dengan keterbatasan persenjataan. Mengingat waktu itu masih diembargo militer oleh ASU dan konco2nya.
      Alhamdullilah dalam sehari saja mereka sudah kalah dan menyerah meskipun mereka unggul dalam alutsistanya. Yang akhirnya sebagai tanda penyesalannya panglima TDM waktu itu langsung terbang ke istana negara dan cium tangani pak SBY. Ada korban dari TNI namun lebih banyak di pihak Malaysia. Apalagi kalau sekarang mau coba2 lagi…. maaf nyampah habis mimpi sih…. hehehe… πŸ˜€

      • Nah loh saya kira beneran, ternyata mimpi toh πŸ˜€

        • Ckckckck, segitu aja kemampuan TDM ya ? Angkatan darat mereka itu tentara semak belukar.hahah

        • Meski TNI kita akan melawan sejenis satpol pp saya tetap katakan bahwa kita harus waspada dan tidak anggap remeh lawan.

        • Ingin sekali menciptakan ilmu atau ajian yang bikin musuh buang senjata lalu goyang dangdut di tempat ( musuhnya ogah perang lagi )

        • Kisah beneran toh …

        • @bung jalo,wktu dulu lat bersama dengan tentara singapura th 2002 di cibenda sukabumi bnyk yg pingsan tuh,kmrn upacra di medan yg lat bersama dg TNI-AU ada yg pingsan buat TNI medan yg di sukabumi tuh blm seberapa kontur perbukitannya tentara upi bnyk yg pingsan jd percayalah sonora upil maupun sonotan gak bkln berani face to face lwn qt apalagi di kita terkenal dg perang hutan alias SAMODOK BIN ULAR IJO paling paling ngundang iduk semangnya seperti jaman konfrontasi dulu.
          MATUR NUWUN

        • Iya bener nung kawulo, saya sudah banyak mendengar maupun melihat langsung latihan gabungan. Lihat Amerika dengan segala persenjataan modernnya bisa kalah dengan militer yg tidak dilihat oleh dunia internasional saat itu yaitu vietnam. Meski kita sudah kuat dan berpengalaman di segals mefan bukan berarti kita harus sombong memandang lemah musuh kita. Teman2 di TNI itu meski sudah mumpuni di segala medan tidak pernah menggap lemah malaysia loh, coba tanya aja. Jadi kita gak boleh menganggap sebelah mata musuh.

        • green berets&ranger ASU ga berani doper di situ lembang,apalagi si upil.sonora&sonotan.long march batujajar-situ lembang aja,mereka sdh kewalahan,apalagi sukabumi-batu jajar-cilacap sampai pantai permisan??

      • woalah….. πŸ˜€

      • mimpinya ga sampai basah kan bung?? πŸ™‚ salam

        • jadi ingat musim sebentar lagi panen, banyak burung pipit.. burung pipit kan banyak kecuali di….
          gak jauh dari prajurit tentara lagit bisanya maling maling aja, kpregok sungkem minta salaman..

      • mantab Bung Sanjaya@…..rupanya hanya segitu.. sampai lari terbirit birit sampai panglimanya cium tangan segala…

    • bung andri, sanjaya, jalo,kuprit,isakuikie,dewa kembar ne wajager yang dah mumpuni…he3, mohon pencerahanya…eh bung da info gak tentang produk PT DI yang selevel Tucano gito, Habis paling suka pesawat baling-baling bambu nechh…Kayake keren gto..he3

      • sebenarnya mudah bung bikin tukano pt DI kita.
        namun masalah nya adalah faktor keekonomisan…
        kita hanya membutuhkan maks 2 skadron..
        sedang untuk bikin sendiri perlu riset yg besar…

        jadi pemasukan dan pengeluaran tdk imbang kl bikin pesawat sekellas tucano sendiri.
        selain itu para engineer kita sebenarnya fokus pada pesawat jet tempur gen 4++ dan gen 5. yg sesuai dgn konsep perang masa depan.
        lalu peran COIN akan bisa di handel oleh unmanned combat air vehicle (ucav)..
        untuk prototipe ucav made in indonesia sudah jadi, dan helo tempur macam apache dan mi 35, dan juga kita punya angan angan gandiwa.

        • betul juga bung bonex…tapi kayaknya dulu pt di pernah buat pesawat gto,tapi buat latih kayake. mbok dimodif dikit biar setara tucano ya…tetep suka baling2 bambu ne bung..he3

  9. Jangan tank…Kalimantan butuhnya tank terbang…Kirim setengah skadron heli kualifikasi AT dan AP everything gone be alright πŸ˜€

    Kalo kata sun Tzu jangan mengikuti arah ayunan ujung pedang musuh…jgn mau di dikte musuh untuk berperang dgn cara yg diinginkannya…jika musuh punya A maka kita harus punya B…

    Ada saatnya nanti kita lihat pendekar jg bunker baja hangus siap untuk di loakkan :mrgreen:

    • hehe… betul bang @wehrmacht… sekalian deh klo lagi dikokpit belok bentar mampir ke perbatasan utara kalimantan boleh juga tuh

    • nggak pa pa lah, dikalimantan juga nggak semua hutan kok, ingat kalimantan lebih luas dari jawa apalagi kalo infrastruktur jalan dan kotanya sudah jadi. tank akan dibutuhkan disana. selain juga utnuk menambah kebanggaan dan kepercayaan diri TNI disana.

      • Bung rules…TNI tinggal pilih, pride atau efektivitas operasi… πŸ˜€

        Deploy pasukan secara cepat (rapid deployment) dan penyekatan (interdiction) adalah kunci kemenangan di bumi Kalimantan karena kondisi alam yg relatif ganas dan terisolir….

        Dewa Ares cuma tersenyum sekali pd salah satu pihak dalam satu palagan jadi jgn sia siakan senyumannya…. :mrgreen:

  10. ijin yimak dulu ah

  11. Usulan utk perbatasan:
    1. Tempatkan kapal patroli scr permanen (bukan temporer) di area perbatasan sonora;
    2. Tempatkan tank sesuai usulan pangdam setempat

  12. ketiga

  13. Emang skali2 perlu dikasi jeweran tuh Upin Ipin.

  14. kasihan Pangdam sampai “meminta”…..

  15. tembak saja dulu…diplomasi baru dilakukan setelahnya ….
    negeri CULAS MALINGSIAL harus dihajar kerana memang kurang ajar.

  16. Hemm 10 kah, kurang banyak jendral

  17. Yg jelas si MALAY sudah memperolok-olok bangsa ini..!! Main kucing”an serobot sana, serobot sini..nunggu lengah dan ga dijaga sikat..sampai kapan bangsa ini trs dipermainkan oleh bangsa lain seperti ini.?? Menurut ane yg jelas melanggar kedaulatan sikat abis az lah no kompromi…!! Mau tuh malay,aushit,singaporno,png,asu klo melanggar sikat abis…NKRI HARGA MATI..!!!

  18. Ada baiknya negeri upin ipin diberi pelajaran yang keras agar punya etika dalam bertetangga…kok kayaknya upin ipin sangat melecehkan indonesia…bener2 menggemaskan

  19. Leopard apa T-90S bung jalo, kabar kaburnya dah dimari… maaf… ngarep.com. πŸ˜€

  20. Slm knal semua warga dn sesepuh JKGR, izin nyimak dn sdikit blajar diskusi. Sbenarny leonya dah dtg brp y kog smpe hari ini blm denger kabar resminya??

  21. met pagi warjag, izin menyimak

  22. Untuk tanjung datuk bkn perlu tank dan tni saja. Tp perhatian dr pemerintah untuk lebih serius membangun daerah” perbatasan. Supaya masarakat setempatpun turut bangga pd negri yg kita cintai ini. Kl dah cinta tanpa di komando mereka pasti ikut menjaga apa yg di miliki negaranya…

    • Nah kalau ini saya Like, bubarin aja Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal. Lebih baik alokasi anggarannya untuk TNI membangun jalan2 di daerah perbatasan. Selama Kementrian ini dibentuk saya belum melihat keberhasilan sama sekali.

      • Kalau kementrian itu dihapuskan, nanti “bagi-bagi” jatah menterinya gagal lho bung Jalo..anda mau tanggung jawab? Hahahahaha..saya malah khawatir nanti kementerian penerangan lahir lagi guna memunuhi kuota “bagi-bagi” jatah menteri..capek deh

        • Ya bung saya prihatin dengan Capeknya anda, ….semoga yang terbaik diaugerahkan utk NKRI

        • Coba dilihat kementrian lain bung, fungsinya sama seperti Kemen PU, Kemend ESDM, Kemenparekraf, Kemenperekonomian melalu program MP3EI, dll. Lalu ada pemerintah daerah dari tingkat Gubernur sampai tingkat kabupaten, lalu untuk apalagi nih Kementrian. kalau masalah tanggung jawab itu bukan urusan saya, itu urusan Presiden karena tidak bisa menyederhanakan kabinetnya dan saya memandang kabinet ini atas dasar politik bukan memacu pada kebutuhan bangsa Indonesia.

      • Bung jalo, saya pernah liat gambar marder versi upgrade jadi tank medium plus kanon 105mm di euro satory 2012…keren tuh bung…marder kita ada rancana upgrade spt itu gak ya? Atau boleh juga tuh tank medium cv90-120….

    • Intinya pembangunan blm merata kan bung,wilayah perbatasan masih blm tersentuh..
      Setuju bung @jalo,kemeterian tsb blm terlihat hasil kerjanya..

    • yang menjadi pertanyaan adalah mengenai akses jalan apabila Leopard ditempatkan di perbatasan..

      • Maksudnya akses jalan yg gmn bung? Apakah semua daratan di kalbar itu harus diaspal? Kalau gitu lebih baik beli lancer evo 10 saja tinggal dipasang rudal, ngapain beli si kucing

        • Kalau ini saya setuju dengan bung sempak, teman2 di Litbang dan dinas topografi sudah punya hasil kajian untuk masalah ini. Yg cocok untuk medan di kalimantan adalah penggunaan MBT, kalau Scorpy kurang cocok, pernah diuji cobakan dan nih tank gampang kebalik. Dan sebenarnya maunya pemerintah nantinya penempatan Kalimantan adalah Mediium Tank yg sudah dikembangkan dengan kondisi geografis kita. Sedangkan tank scorpy, AMX, dkk itu cocoknya digunakan untuk perang di wilayah perkotaan.

          • bang jalo, muaaach :mrgreen:

          • Saya bukan homo bung Lare, anak saya satu. πŸ˜›

          • Scorpy yang meriam berapa mm bung yang kebalik?

            He he….

            Dibahas maneh…takuut ada bung sarkem πŸ˜€

          • Eehh baru baca, scorpy 90 mm bung java. Butuh seharin buat evakuasi nih scorpy. Lalu ada masalah lagi, Scorpy dan AMX pernah diuji coba dan dua tank ini terjebak lumpur sampai tidak bisa gerak. Yg kasihan prajuritnya macul tanah dari jam 10 pagi sampai jam 5 sore baru nih barangnya bisa keluar. Masih banyak sih nasib scorpy dan AMX waktu uji topografi, kebanyakan maculnya tuh prajurit, πŸ˜€

            Saya kalu denger cerita teman2 Yonkav yg ikut kasihan bener nasib mereka, di BKO cuman mengguji jalur aja, hasilnya harus belajar macul lumpur terus, πŸ˜€

          • Baru scorpy dan amx untuk uji jalur dah macul lah kalo yang lebih berat sampai 5-12x….he he

            Dari rasio tinggi dan lebar scorpy sama 1:1 (sekitar 2m) jadi bisa disimpulkan scorpy mudah terbalik ke samping apalagi utk scorpy turret 90 mm berat tertumpu diatas krn body scorpy dari alluminium dg berat sekitar 8 ton…jd malah gampang terbalik. IMHO

          • http://en.m.wikipedia.org/wiki/FV101_Scorpion

            Link sumber data scorpy

          • ga bisa dipakai dihutan tuh scorpy…kecuali kalo bisa milih jalur yang rata2 he he

            Tetap buat saya untuk perang jalur hutan tunggu medium tank made in pindad yang cocok…
            MBT tetap harus ada sebanyak mungkin tp harus ada jalur khusus dan penempatan khusus utk pertahanan perbatasan kalimantan….mungkin !!! drpd amblas dihutan kalo dipaksa keluar masuk hutan kalimantan……he he

          • Nah kalau hitung2annya itu sudah ada, tank apa yg sesuai ukuran silhouette-nya, berat, ground preasure itu sudah ada di Dittopografi. Saya cuman mendengar aja cerita2 teman2 Yonkav saat menguji coba nih tank dan bantu dittopografi waktu di Kalimantan.

          • Kalau masalah deploy yg aman bung Lare jago tuh… πŸ˜€

          • Boleh saya diajari oleh ndan sarkem…..tp ga boleh marah loh ntar ada yang nguntit kemane2 untung gw ga digampar pas jum’atan di al-falah sby….dah tatap muka tuh depan ane deket banget. Salam hirmat ndan sarkem….ane sipil mau belajar

          • Typo:
            Salam hormat ndan sarkem..

          • bang java ne ah ane juga sipil lah, ane belon pernah kemana2 cuman pernah maen sekale ke madura sby ma malang..
            salam hormat n muaaach bang java πŸ˜€

    • setuju, tp juga tetap harus ada lanal dan backup 3 matra

  23. seharusnya sijiran beri pelajaran sekalΓ­ii…saja biar nyaho…!

    • Setuju bung, tp masalahnya tanjung datuk itu daerah abu2. Kita juga belum “berhak” atas daerah itu. Beda dengan ambalat yang jelas2 daerah kekuasaan kita

  24. Salam kenal buat warjagers,

    Beberapa hari mengikuti perkembangan tanjung datu akhirnya tergelitik jg utk urun rembug dimari. Setahun lalu sy sempat mampir ke desa temajuk. Perjalanan dari sambas memakan waktu seharian melewati 2 sungai besar dan jalanan offroad. Jalan akses perbatasan sedang dikebut namun utk masuk ke desa tsb hanyalah jln desa yg dibangun cipta karya. Inilah yg perlu diperhatikan jika leo mau ditempatkan disana mengingat perdebatan tonase. Lagipula, temajuk berbatasan lgs dg kampung malay bernama teluk malino yg sama terkucilnya dg temajuk. Malino hanya bs diakses pake kapal dr sabah. Border disana pun sifatnya terbuka, jd bagi siapapun yg mau nyebrang border pun tak perlu pake pass.
    IMO, penempatan leo di temajuk kurang tepat. Perkuatan penjaga perbatasan yg ditunjang dg suplai logistik yg lancar mgkn akan lebih tepat. Sementara menunggu jalan perbatasan rampung dibangun dan konsep kawasan strategis perbatasan, penempatan heli ataupun kapal cepat mungkin lebih banyak faedahnya. selain itu, jaringan komunikasi jg perlu diperbaiki. Satu2 nya provider yg menjangkau desa tsb hanya t****msel, itu pun lbh dr setahun terputus krn tsambar petir. Kasian penduduk dan prajurit tni di sana sampai hrs jalan kaki berkilo2 menyusur pantai demi mencari sinyal untuk melepas kangen dg sanak diseberang.
    Utk masalah nasionalisme, buat warjager jgn kuatir krn setiap penduduk temajuk sy yakin “bertato garuda di dadanya”, silahkan bertemu pak kades mauludin ato pak kadus camar bulan, hatta buat sekedar membuktikan rasa cinta mrk thd merah putih.
    Maaf buat all warjager, cm SR ikut nyampah..

    Nb, sekali2 cobalah warjager berwisata ke temajuk, pantai disana tak kalah lo dg pantai di belitung hehe

    • Begini bung…akses kesana itu yg susah dan muahal bung. Ini yg membuat sebagian masyarakat kita lebih senang berwisata ke singapore dan malaysia. Akses mudah dan murah. Saya pernah cek biaya berwisata ke raja ampat..tiket garuda indonesia tujuan jakarta – jayapura PP serta dll hingga sampai ke raja ampat, setelah saya hitung2 lebih murah berwisata ke hongkong dengan jumlah hari yg sama. Ya mending ke hongkong lah

      • @bung sempak,jika di tarik garis lurus jarak antara Hongkong dan jayapura itu sama bung dari Jakarta,yang membuat Raja Ampat mahal itu karena sewa Kapalnya…
        back to daerah perbatasan,
        coba jika pemerintah lebih peduli pembangunan daerah perbatasan,
        Infrastruktur di daerah diperbaiki dan logistiknya lancar dan dipermudah,psti ekonomi rakyat di daerah perbatasan akan meningkat

  25. Konsekwensinya negara netral dgn politik bebas aktif hrs punya kekuatan militer yg tangguh dgn didukung industri militer dan riset teknologi militer yg maju

    Jmn bung karno dulu udah bikin pindad, nurtanio, pal, lapan, batan. Kalo dulu dwikora sukses, singporn sm malingsia udah jadi provinsi kita. Dan kita udah jd negara elit pemilik nuklir.

    Maka skrg industri dan riset pertahanan hrs dipacu pertumbuhannya.

    Salam

  26. cukup kok 10 doang
    tp sisanya ATGM sama Manpad ya
    mubazir kalo SAM
    hehe

  27. Bung jalo,apakah amx yg di retrofit dgn kemampuan yg mumpuni udh mampu menghajar mbt pendekar TDM?
    kabarnya amx retrofit ini dicetak banyak krna kelihaian manuver tembak manuver,tembak manuver.

    • Kalau dibilang mumpuni bisa kalau keroyokan (hehhehee, bercanda), kalau menggunakan peluru khusus sebenarnya bisa tapi ngapain AMX harus melawan MBT. πŸ˜€

      Lebih efisien jika menggunakan drones, infanteri, atau pesawat seperti Tucano atau Helo.

  28. bung jalo, ada berita bagus di sindo bung, coba di cek kalo ada waktu, hehe,,

  29. LOL…

  30. Udah lama banget prajurit TNI ga angkat senjata, semenjak tidak ada konflik2 bersenjata lagi di tanah air. Kegiatannya cuma latihan2 kering saja paling banter ikut misi DK-PBB.
    walhasil ketrampilan bertempurnya jd kurang terasah dan terukur.
    Ini kesempatan untuk mengasah kembali ketrampilan tempur TNI yg sesungguhnya, apalgi sudah dilengkapi alut sista yg baru2.
    Hayu…perang…lah.

    • doyan banget ma perang, klo ente doyan perang ane, ketemuin ma mbah bowo gimana? secara mbah bowo juga doyan perang. nah kalo udah ktemu mbah bowo puas-puasin deh perangnya…….. piiis

  31. Maaf nyampah….
    Membuka wawasan kita tentang Iran berhubung ada kerjasama iptek dengan Iran kalau ga salah postingan bung jalo@
    Secara haluan kebijakan militer kita yang sering di “leak” oleh para narasumber warjag bahwa pada masa rejim ini banyak kearah blok timur maka penting juga mengintip perkembangan teknologi dan kemajuan militer negara2 sekutu blok timur selain rusky dan panda…..

    • Bung Java saya kasih sedikit kebanggaan deh, sejak tahun 1997 pengguna terbanyak Terowongan angin kecepatan rendah Indonesia (Indonesian Low-Speed Tunnel atau ILST) adalah Iran. Iran memakai ILST untuk menguji salah satunya program pesawat Antonov hasil modifikasi. Hingga sekarang pengujiannya masih berjalan. Jenis pengujian Antonov ini mirip dengan N-250, yaitu selain pengujian power-off dan power-on, diperlukan juga dengan compressed air system yang bertekanan 60 bar. Dalam hal ini, pihak Iran benar-benar menyadari arti penting ILST sehingga mereka memanfaatkan untuk modifikasi produk-produk pesawat. Mreka juga menggunakan ahli-ahli kita untuk membantu mereka dalam program2 ILST, sampai2 ahli kita diboyong ke Iran. Namun, keadaan ini berbalik dengan kondisi dalam negeri. πŸ˜€

  32. jika saya jadi presiden, saya akan …

  33. Harganya mahal, πŸ˜€
    Kenapa gak Fennec dengan dilengkapi rudal anti tank…

    • setuju bung jalo..
      http://www.youtube.com/watch?v=eXNjfiYAhOY

      performa fennec sangat bagus…
      mesin kuat bobot ringan jadi ringan meliuk liuk…
      beda sama MI 35…
      mesin mmg kuat tapi, body berat, bukan full attact choper… soal nya bisa di pakai angkut pasukan 1 regu,,,

      fennec plus ataka atau hellfire akan sangat efektif.. seperti konsep kiowa si asu.

  34. kalo MBT di Kalimantan sepertinya banyak penawarnya ….
    Kalo Astros II nya sonora di deploy di Kalimantan juga kan bung Jalo? Tapi seperti nggak bisa mobile, lebih cocok buat mempertahankan line defence … nah penawarnya astros II apa ya?

  35. Ayo Waktunya LEO keluar kandang lawan tanding PT-91 Maliksia ..

  36. tidak ada salahnya kalau ibukota negara dipindah ke kalimantan atau sulawesi biar merata pembangunan dan kalau perlu tiap dasa warsa kita pindah ibukota ke tiap2 pulau lainya di indonesia…..maaf opinie wong koplak

  37. Jika bantuan dari amerika itu datang makin blagu enggak nih jiran?tunggu berita bagus dari perbatasan. Nampaknya pertempuran diperbatasan dibuat senyap agar tdk mengganggu ketenangan kawasan.agar tdk ada yg memancing diair keruh.

    • Bener bung Orca, sejak tahun 2012 sudah ada penelitian bahwa Amerika akan membantu mereka. Kehadiran Amerika sebenarnya untuk kita melalui mereka, yaitu membuat konflik dan menjauhkan kita dari kemandirian. Dengan adanya ancaman terus maka badan pertahanan kita akan tidak fokus pada kemandirian dengan alasan ancaman di depan mata dan membuat negara kita konflik dan akhirnya banyak peneliti hebat kita kabur ke luar negeri. Kedua adalah mejauhkan negara kita membantu Malaysia, sampai skrg kita selalu berharap Malaysia bisa serumpun dengan kita, berbagai program sudah kita tawarkan termasuk membantu mereka mandiri. Dengan adanya bantuan tersebut, Malaysia akan semakin terbebani dengan barat dan mengikuti perintah barat. Kasusnya sama seperti kita di era orde baru.

      • Apakah mereka tidak juga belajar dari pengalaman kita di masa orba, bahwa jika sudah tidak sejalan dengan Amerika, sewaktu-waktu bisa saja mereka ( Malaysia ) diembargo atau ditelantarkan oleh Amerika. Mungkin mereka belum memikirkan konsekuensi jangka panjangya.

        • Jangankan mereka, kita aja belum banyak belajar. Cara hancurin negara adalah menerapkan doktrin korupsi di badan-badan pemerintahan. Kita aja yg berpenglaman sudah puluhan tahun hingga kini belum bisa keluar, apalagi mereka. Kalau kita beres dari masalah ini, saya rasa kita bisa membantu mereka keluar dari masalah tersebut. Itu semua ada dalam kajian miliki teman2 mahasiswa, sayangnya kajian ini hanya masuk telinga kanan lalu keluar lagi di telinga kiri.

          • maksud menciptkan doktrin korupsi giman bung Jalo?
            ada yang bisa kita lakukan?

          • korupsi mudah bung jalo pemberantasan nya…
            berlakukan azas pembuktian terbalik selesai masalah korupsi.
            apalagi kalau nanti dibantu Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), kasus korupsi terang benderang pembuktian nya…
            jadi mudah untuk mengungkap suatu kasus korupsi…

  38. Iran ikut program pesawat r 80 enggak bung jalo?bgmana dgn pesawat pengganti hercules, apa ada program dari dlm negeri?

    • Pengganti hercules mungkin dengan rencana pembangunan Airbus Indonesia antara PT DI dan AIrbus Group, kita bisa membangun A400M.

      Untuk Iran mereka punya project sendiri hasil modifikasi pesawat Antonov namanya programnya saya lupa itu dibantu tim kita yg pernah terlibat dalam N-250. πŸ˜€

  39. Dulu ada isu saham pertamina akan digoyang kalau kita impor minyak dari iran,sekarang bgmana kabarnya ya?bung jalo?

    • Mosok sih, sekarang kita kerjasama dengan Iran, rencanan membangun 6 kilang minyak. Mereka cuman mendanai 30 persen proyek tapi akan menyediakan bahan baku untuk enam kilang minyak di Indonesia itu perlu di apresiasi. Dan rencananya proyek itu akan jalan pada tahun depan, dan diproyeksikan selesai 3 tahun/kilang.

  40. jgn leopard pak,pake tucano aja buat patroli perbatasan..cm moncong nya jgn di gambarin gigi2 hiu bgtu..ganti sm bibir ala barbie,mata belo’ lengkap bulu mata yg panjang,bodi pesawat di cat pink kamuflase

  41. kedok anak anak malon yg negaranya tidak bisa dibanggakan.. suatu waktu negara malon akan mengemis kesini

  42. Bung@awan…clue admin dah jelas siapa kepala item..jin..dan yg nongkrong di warkop…’mbak satu lg kopinye’..

  43. saya salut dgn kata2 mbah bowo..mbah bowo skrg lg berbicara realitas,lanjutkan mbah!

  44. ada bbrp kawan yg sebenarnya sangat tidak menyukai komentar2 saya,tp beliau tidak menyerang saya secara pribadi tp dgn canda..ada jg yg menegur dgn sangat halus tanpa hrs mengcounter komentar2 saya,hormat saya untuk kawan pampijit@ dan kawan satrio@
    Kawan2 yg lain juga byk memberi masukan kpd saya walau lbh byk ga enaknya tp bs saya terima sbg pembelajaran,salut buat kawan2 semua..

  45. meleset adalah berkah..

  46. salam hangat bung lare sarkem ( komandan pasukan Leopard )

  47. terpaksa dah saya nanya..kawan2 jkgr yg saya hormati, leopard beratnya kan 62ton,ada ga mbt yg beratnya sktr 30-40 ton..klo ada,nah itu yg lbh cocok buat kontur tanah kalimantan yg rata2 lunak..klo leopard bs tp lbh pas di daerah landak-kembayan-beduai-balai karangan-entikong(lingkup kab sanggau) yg memiliki tekstur tanah yg keras seperti pulau jawa..utk singkawang,kab sambas,kab pontianak,kab bengkayang, terlalu lunak tanahnya jdnya saya krg yakin leopard bs,krn rata2 ketebalan gambut disana antara 1-6mtr

    • @ bung Frans…mbt buatan ex blok timur rata-rata beratnya sekitar 40-45 ton dengan meriam kaliber 125 mm
      Inggris saat inj sedang mengembangkan tank dengan berat 40 an ton namun dengan meriam kaliber 120 mm.

    • Tambahan Bung Frans..
      Tank lawas sovyet T-62 kalo nggak salah bobotnya sekitar 45-47 ton
      sementara dari Prancis dulu ada AMX-30 yang bobotnya sekitar 35-40 ton..
      tapi itu semua ya tank generasi 70-80an…

  48. mbah pake celana dulu baru komentar

  49. Bung lare…mau nanya…mohon di jawab secara jujur sbg insan kavaleri…schwere Panzer (tank berat) apakah Cocok untuk perang hutan? Kalau cm melintas seperti pertempuran hutan ardeness dan bulge gak masalah…tp kalau hrs bertempur maka kejadiannya sama dgn yg terjadi di hutan hurtgen..tank berat jerman jd sitting duck pesawat sekutu…

    • @bang wehrmacht..
      ane cuma suka tenk doang bang, jujur pake kira2 yah n siap salah..
      soal penempatan, sebenere hutan ma tanah di dunia ne sama aja, bang..ada rawa, ada tanah yg gembur, ada bukit, ada yg pohonnya rapet ada yg jarang n tentunya ada yg bisa dilewatin mbt ada yg kagak..bahkan ada tempat yg sebuah panzer ringan pun kagak bisa lewat..semua terhampar n terlihat mata dgn jelas..jika tni minta leo ditempatin dikalimantan berarti sudah yakin leo bisa maen disono n sebelon ngadain pergerakkan tni pasti dah ngadain pengamatan n penilaian seperti bertopografi ria dolo yg temen2 dah pernah bilang, n tni dah lama disono dah pasti tau n hapal medan yg bakal dilalui tinggal deploinya yg belon..

      soal siting duck..
      bang wehrmanch lupa ya bahwa selaen pesawat tempur n kalo dimusuhin ma pespur ntu semua kendaraan tempur dipantatnya ada cap siting duck besar n jelas..ada yg lebih siting duck dari tenk kura2 bang, yaitu kapal tempur..bayangin bang sebuah kapur harus ngehadapin hajaran dari udara, pukulan dari sesama n tusbolan kasel dari bawah tanpa ada pohon, bukit ato gedung buat sembunyi diaut..pergerakkan sebuah kapur ntu 100 kali lebih riskan, lebih berbahaya, lebih siting duck n lebih banyak kehilangan awak dibanding sebuah kumpulan tenk..
      dari sejarah perang n perang tenk terjadi kesimpulan bahwa selaen daya gebuk juga diperluken sebuah unit perlindungan penangkal serangan udara berarti pergerakannya kagak boleh sendiri..selaen bawa2 psu ndiri, pergerakan tenk tentu akan minta bantuan dari matra udara buat ngedukungnya..
      n abang juga lupa, leo kagak ada niat invansi, leo hanya sembunyi tunggu n terkam..selama sembunyi, leo dilindungi radar ndiri n dari matra laen yg bisa gerakin pespur au jika terlihat ada pergerakan pespur lawan..
      sebuah deploimen suatu persenjataan akan bikin lawan pikir ulang buat ngenyerang n dalam perang kagak ada strategi yg 100% mujarab, cara serang n tangkal berkembang terus menurut kebutuhan..
      seperti diawal, cuma kira2..moga ngejawab bang, kalo kagak ane nyerah sambil liatin bulu ketek ane..

      @bang pampijit salam kenal juga yah..
      jangan ngegosip, senjata ane cuman sapu n kukupan sampah maklum ob..(ane kog jadi jujur gene yah)

      • Bung lare…bener juga seh,ngapain kita ngebet mau punya pantsir kalo bkn buat payung udara kavaleri… πŸ˜€

        cm ada yg ngeganjel sy bung lare…kata bung lare leo bkn buat invasi,trs apa kabar leo dlm doktrin pre emtive kita yg baru? Sy udah menghayal kita punya divisi panzer yg berdiri sendiri dan menjadi ujung tombak serangan pre emtive (yg berarti pukul duluan jauh ke wilayah musuh) seperti Israel saat perang 6 hari… :mrgreen:

        • bang wehrmacht..
          pre emtiv kan kagak harus tenk yg maju bang..rudalnya doang yg kesono..maen aman lah..
          urusan pre emtive kan tugasnya au ma al lah bang, ad cuman bantu2 mecah konsentrasi pake hujan artileri..

          ne cuman mungkin loh ya..
          kalo sonora mo invansi ke kita, pertama yg dihadang ntu pespurnya, trus hajar radarnya, trus hajar psu ma artilerinya trus bombardir lanudnya..selama kagak ada niat infantri dimasukin kesono ya pasukan tenk maen aman cuman ngehadang doang di perbatasan nungguin penyakit yg mo masuk..
          cemana caranya cuman tni yg tau..

          udahan ya bang soal tenknya..pala ane mendidih ne, maklum cuman jawab sekenanya doang..

          bang ane suka liat yutub perang suriah yg ada tenknya, coba liat deh bang..ane jadi merasa kalo tenk apa pun jenisnya n dimana pun berada kagak bakal cocok buat perang kalo tanpa pengawalan..nato di irak yg punya cara pergerakkan yg afdol aja tetep kena di embat pake ied..
          intinya, dalam perang orang pasti cari segala cara buat ngehancurin musuh..strategi ntu cuman garis besar diatas kertas, penentuannya dilapangan..selebihnya cuman pasrah hahag πŸ˜€

  50. knp gx dcampur az antara tank mbt blok barat ma blok timur untuk saling melengkapi

  51. Daerah perbatasan diwilayah Indonesia manapun, khususnya di sekitar Kaltim-Kalbar (Laut) dan Kalimantan sebelah Utara (darat) yg kesemuanya berbatasan dg Malaysia, maka yg diperlukan sekali disini adalah sebuah rantai komando yg cepat tanggap mampu berkoordinasi, bertahan ataupun menyerang dalam waktu yg cepat sekian detik atau menit mampu mengantisipasi Sikon/lapangan yg tak terduga sebelumnya! .. terlepas dari TNI kita yg mempunyai dan telah menempatkan sejumlah alutsista yg mumpuni di wilayah2 perbatasan sana.

 Leave a Reply