Apr 252014
 

Vladimir Putin (photo:G20.org)

Vladimir Putin (photo:G20.org)


Presiden Rusia Vladimir Putin menjawab pertanyaan dari para pakar dan warga Rusia dalam siaran langsung di televisi. Ia berbicara tentang Ukraina, Krimea, Tiongkok, dan hubungan dengan Amerika Serikat. Mantan pegawai CIA, Edward Snowden ikut melontarkan pertanyaan mengenai kemungkinan pemerintah Rusia memata-matai warganya. Acara itu berlangsung selama hampir empat jam, dengan lebih dari 70 pertanyaan dijawab oleh Putin.

Tentang Ukraina dan Krimea
Putin yakin bahwa ada kudeta yang inkonstitusional dan perebutan kekuasaan bersenjata di Ukraina. Pemimpin Rusia tersebut secara tegas membantah semua tuduhan bahwa pasukan Rusia ikut campur dalam peristiwa yang tengah terjadi di Ukraina bagian timur. Putin menganggap sangat penting untuk segera memulai dialog antara otoritas Ukraina saat ini dengan kawasan-kawasan negara tersebut. Ia menekankan bahwa Rusia selalu dekat dengan Ukraina dan bahwa bantuan keuangan yang diberikan kepada negara itu sudah mencapai ratusan miliar dolar.

Sementara mengenai Krimea dan Sevastopol, menurut sang presiden, semuanya jelas diputuskan oleh hasil referendum di semenanjung. Rusia tidak pernah berencana mengambil tindakan militer apapun di Krimea. Rusia sebenarnya siap menjalin hubungan dalam realitas geopolitis saat ini, tetapi mereka terpaksa untuk bertindak karena adanya ancaman nyata terhadap penduduk berbahasa Rusia.

“Ancaman terhadap orang Rusia dan penutur bahasa Rusia konkret dan kasat mata. Ini memaksa mereka untuk memikirkan masa depan Krimea dan meminta bantuan kepada Rusia,” kata Putin.

Putin menyatakan, Armada Laut Hitam yang sekarang ditempatkan di Novorossiysk akan ditransfer ke Sevastopol. Ia berjanji sejumlah besar pembangunan kapal dan perbaikan kapal akan difokuskan pada galangan di Krimea.

Putin menegaskan kembali bahwa Rusia menganggap pemerintahan yang sekarang berkuasa di Ukraina tidak sah. Meski begitu, pihak Rusia tidak menolak untuk melakukan dialog. Putin siap untuk bekerja sama dengan semua pihak demi kelancaran pemilihan umum di Ukraina.

Tentang Kemungkinan Penggunaan Senjata di Ukraina
Putin berharap bahwa ia tidak perlu menggunakan haknya untuk mengirimkan pasukan ke Ukraina, meski Parlemen Rusia telah memberi izin kepadanya. “Saya sungguh berharap tidak perlu menggunakan hak ini. Semoga cara-cara politis dan diplomatik cukup untuk memecahkan semua masalah pelik di Ukraina saat ini,” kata Putin.

Putin berpendapat bahwa sistem blok sudah kuno. NATO dibuat sebagai lawan Uni Soviet. Uni Soviet telah bubar, tetapi aliansi tersebut tetap ada. Pemimpin Rusia tersebut bertanya-tanya aktivitas aliansi itu sekarang ditujukan untuk melawan siapa dan mengapa NATO memperluas kekuasaannya hingga semakin dekat ke perbatasan Rusia.

“Rusia tidak ingin mewujudkan isu penciptaan aliansi militer-politis dengan Tiongkok. Namun, hubungan kerja sama dengan Tiongkok saat ini berada pada level yang belum pernah tercapai sebelumnya. Hubungan Rusia-Tiongkok di ranah militer menunjukkan tingkat kepercayaan yang lebih besar dari sebelumnya. Saat ini, anggota militer Rusia dan Tiongkok sedang melakukan latihan bersama. Hubungan Rusia-Tiongkok akan menjadi faktor penting dalam politik dunia dan akan sangat memengaruhi hubungan internasional saat ini,” kata sang presiden.

Tentang Alaska
Setelah mendiskusikan bergabungnya Krimea ke Rusia, warga Rusia bertanya kepada presiden tentang kawasan lain yang memiliki sejarah terkait Rusia yakni Alaska. Putin menanggapinya dengan tawa, “Mengapa Anda menginginkan Alaska?”.

Putin berkata bahwa Alaska telah dijual pada abad ke-19. “Rusia adalah negara di kawasan bumi utara, dengan 70 persen wilayahnya berada di bagian Utara dan Utara Jauh,” kata Putin. Ia juga mencatat pengelolaan kawasan-kawasan akan menyulitkan dan membebani anggaran negara.

Tentang Gas dan Minyak
Putin mengharapkan resolusi yang sukses untuk masalah transit gas melalui Ukraina. Pemimpin Rusia itu yakin bahwa Eropa tidak dapat menolak untuk membeli gas Rusia karena 30-35 persen kebutuhan gas Eropa dipasok dari Rusia. Sebanyak 90 persen kebutuhan gas Finlandia dipasok oleh Rusia. Sementara di negara lain angkanya berjumlah sekitar 60-70 persen.
Rusia bersedia memberi waktu sebulan lagi bagi Ukraina untuk membayar utang pembelian gas. Putin juga menyatakan telah meminta Barat untuk ikut mencari solusi untuk masalah ini.

Pertanyaan dari Edward Snowden
Sebuah pertanyaan video dikirimkan kepada Putin oleh mantan agen intelejen Amerika Serikat, Edward Snowden, yang mengungkap penyadapan pemerintah Amerika Serikat terhadap semua warganya. Snowden ingin tahu apakah Rusia juga melakukan penyadapan seperti itu.

Putin berkata bahwa pengawasan massal terhadap penduduk, sebagaimana yang dilakukan di Amerika Serikat, tidak mungkin terjadi di Rusia. Ia mengingatkan bahwa penggunaan peralatan khusus oleh dinas khusus Rusia, termasuk penyadapan telepon dan pengawasan terhadap internet diatur dengan tegas oleh hukum. Untuk melakukan hal tersebut, pemerintah harus mendapatkan perintah pengadilan yang semestinya. “Dalam skala yang massal seperti itu, skala yang tidak terkontrol, kami jelas melarangnya. Dan saya harap kami akan selalu melarangnya,” terang Putin

Tentang teknologi militer Rusia 2014
Layner, Rudal Balistik Baru Kapal Selam Rusia,Mengutip sebuah sumber industri pertahanan Rusia, Interfax melaporkan bahwa rudal balistik ‘Layner’ (Liner) yang baru telah digunakan oleh armada kapal selam Rusia. Rudal ini mulai dipasang pada awal 2014. Kabarnya, hulu ledak rudal ‘Layner’ lebih hebat dari yang dimiliki Bulava.

Kapal selam terbaru
Kapal selam strategis kelas ‘Delfin’ di Armada Utara akan dipersenjatai dengan rudal ‘Layner’. Hal itu memungkinkan barisan APL (Atomnykh Podvodnykh Lodok, kapal selam nuklir) menjaga kesiapan tempur Rusia setidaknya hingga tahun 2025 sampai 2030

Program uji rudal balistik ‘Layner’ selesai pada Oktober 2011. Peluncuran uji rudal dilakukan dua kali dan keduanya dianggap sukses. Rudal balistik ‘Layner’ yang baru ini diharapkan akan digunakan bersama rudal balistik ‘Sinyeva’ yang telah dimodernisasi sebagai bagian dari sistem persenjataan kapal selam kelas ‘Delfin’.

Menurut sumber terbuka, R-29RMU2.1 ‘Layner’ memiliki panjang sekitar 15 meter, diameter 1,9 meter dan berat luncur lebih dari 40 ton metrik. Sistem rudal ‘Layner’ memungkinkan tembakan serentak atau tembakan tunggal ketika bergerak pada kedalaman hingga 55 meter dan kecepatan hingga tujuh knot

Menurut seorang perwakilan armada, penggunaan ‘Layner’ memang dibutuhkan, sambil menunggu kapal selam proyek 955 generasi baru kelas ‘Borey’ dengan rudal ‘Bulava’ selesai dan bisa digunakan. “Angkatan laut strategis Rusia terus mengikuti perkembangan zaman. Dua kapal selam kelas ‘Borey’ telah mulai digunakan dan yang ketiga masih diuji negara, sementara yang keempat baru dibangun,” kata sang perwakilan armada tersebut.

Superkomputer untuk Kebutuhan Militer
Sebuah komputer dengan kemampuan pemrosesan 1,2 petaflop tengah dikembangkan di Fryazino, sebuah kota kecil di luar Moskow. Komputer tersebut akan dapat melakukan operasi 1,2×1015 per detik. Saat ini, hanya ada beberapa komputer dengan kekuatan seperti itu di dunia. Menurut Andrey Zverev, Direktur Umum Perusahaan Induk Roselektronika yang mengembangkan teknologi tersebut, fitur utama yang membedakan komputer tersebut dari komputer lain adalah basis komponen kritisnya, termasuk prosesor, akan terdiri dari produk yang dikembangkan di Rusia. Pada tahap pertama, produksi komponen dan mikroelektronik untuk superkomputer ini mungkin akan dilakukan di Asia Tenggara. Namun, semua hak patennya akan menjadi milik Rusia.

Yars, Rudal yang Tak Dapat Terdeteksi Musuh
Peluru kendali balistik darat bergerak, Topol-M, dan peluru kendali balistik terbaru, Yars, dilengkapi dengan mesin taktikal canggih dan penyamaran (myoma) sehingga dapat terlindung dari pengintaian musuh.Juru bicara Divisi Roket Strategis Rusia (DRSR) di Ivanovskaya Oblast menyatakan telah melakukan uji coba trik dan metode baru untuk menyembunyikan dan membuat replika rudal-rudal balistik. “Peluncur rudal balistik berpindah-pindah setiap hari dan divisi teknik militer menggunakan teknik pengalihan milik myoma pada lokasi yang ditinggalkan untuk mengelabui musuh,” terang Insinyur Utama Divisi Teknik DRSR, Letkol Henry Gaidukevich.

Pesawat Pengebom Sukhoi Su-34
Pembelian 32 pesawat bom Sukhoi Su-34 merupakan salah satu kemajuan yang dicapai oleh angkatan udara Rusia dalam bidang persenjataan baru-baru ini. Pesawat tersebut menandai pembaharuan senjata angkatan udara Rusia pada 2013.

Dengan berat take-off hampir 50 ton, Sukhoi Su-34 dapat melakukan gerakan aerobatik, beraksi sebagai pesawat tempur-pencegat dan mengebom target kecil secara akurat dengan mudah.
Militer Rusia berencana untuk membeli setidaknya 120 buah pesawat ini. Dua pesawat pengebom pertama dibeli angkatan udara dengan harga 1,8 miliar rubel (sekitar 51,7 juta dolar AS). Sebagai perbandingan, Angkatan Misil Strategis mengeluarkan biaya 5 miliar rubel (143,6 juta dolar AS) untuk enam rudal balistik antarbenua modern Topol-M.

Pesawat Sukhoi Su-34 dapat membawa delapan ton bom dan peluru kendali dengan tingkat akurasi tinggi di segala jenis cuaca dan waktu. Perlindungan kokpit dan komponen vital pesawat telah diperkuat sehingga Su-34 dapat menahan kerusakan yang lebih parah daripada pesawat lain di kelasnya. Pesawat ini juga dirancang dengan mempertimbangkan kemudahan pembaruan suku cadang, sehingga dapat bertahan hingga 30-35 tahun.

Misil Iskander-M
Angkatan darat Rusia pertama kali mendapatkan sistem taktis Iskander-M sebanyak dua brigade misil komplet pada 2013. Sebelumnya, sistem yang digunakan dalam pertempuran hanyalah beberapa divisi yang terpisah dari sistem taktis tersebut.

Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan bahwa pihak mereka telah mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk membalas ancaman dari sistem misil pertahanan Amerika Serikat yang diletakkan di Eropa Timur. Rusia juga sudah menempatkan misil Iskander-M di kawasan Kaliningrad. Misil-misil itu dimuat di dalam sebuah truk dan memiliki jangkauan lebih dari 500 km serta kecepatan meluncur dua kilometer per detik. Setiap misil dapat dipasangi hulu ledak nuklir, baik secara konvensional maupun klaster.

Iskander dapat menghancurkan misil, artileri jarak jauh, sistem pertahanan udara, pesawat di lapangan terbang, area bawah tanah, pos komando dan komunikasi, serta sasaran-sasaran penting lain dengan efektif. Untuk meningkatkan rasio mematikan sasaran bersenjata berat, sistem ini memiliki solusi teknis kompleks yang memungkinkan misil-misilnya dapat mengatasi sistem pertahanan udara atau pertahanan misil musuh yang hampir sama dengan yang ada pada Topol-M.

Sistem balik misil Rusia ini juga sangat sensitif sehingga dapat mengenai sasaran dengan akurasi kurang lebih dua meter, baik untuk sasaran yang berada di bawah tanah, berukuran kecil, tipe area, objek yang bergerak, bahkan saat kondisi malam yang sangat gelap ketika tidak ada penerangan alami.

Kapal Selam Severodvinsk
Angkatan laut Rusia membeli tiga kapal selam nuklir generasi masa depan, dua di antaranya adalah kapal selam misil balistik kelas Borei Project 955 yang dilengkapi dengan misil strategis Bulava (Yury Dolgorukiy dan Alexander Nevsky) dan Severodvinsk, sebuah kapal selam kelas Yasen Project 885 yang akan menggantikan beberapa kelas kapal selam bersenjata yang ada saat ini.Para ahli menganggap kapal selam kelas Yasen sebagai inovasi besar di bidang pembangunan kapal selam. Profil deraunya unggul dibanding kapal selam proyek Akula dan lebih tenang dibandingkan dengan kapal selam nuklir Amerika terbaru kelas Seawolf.

Severodvinsk mampu membawa beberapa jenis misil jelajah dan torpedo, salah satunya misil jelajah supersonik Yakhont. Yakhont merupakan pakem bagi misil hipersonik Zircon yang saat ini sedang dikembangkan. Dengan berbagai senjata pembombardir, kapal selam ini dapat memburu kapal pengangkut pesawat musuh dan melakukan serangan misil besar-besaran kepada sasaran di pantai dengan mudah.(by Dacor)

dari berbagai sumber:itar tass, russian today,moscowtime.com

  195 Responses to “Tentang Putin, Ukraina dan Militer Rusia”

  1. Capres ideal sebenarnya seandainya beliau WNI

  2. keduax sip lanjut…

  3. rumayan

  4. wah jika mr.putin ikut capres 2014 ,saya coblos deh 🙂

  5. Hmmm .. si hiu hitam ternyata tidak terlalu senyap dibandingkan dg serigala laut.

  6. 5 besarkah?

  7. Waw.. indonesia mari metapat ke papa bear

  8. Waw.. indonesia mari metapat ke papa bear
    10 besar…

  9. kekuatan militer plus pemimpin yang ga kenal takut sama NATO n USA,,,muantaf tenang putin

  10. Jawaban yg sgt briliant dan sgt aman, negarawan yg sgt cerdik dan berpengalaman. Keunggulan teknologi rusia ada pada icbm, kapal selam, dan pesawat tempur. Sgt prospek dan sgt menunjang sekali akan tujuan kemandirian kita atas alutsista. Semoga rusia tahu akan kemauan kita shg tdk pelit utk berbagi tot teknolgi alutsista canggih rusia. Kita pun akan sgt berterima kasih sekali dan tak akan lupa atas jasa rusia ini spt saat mereka membantu negara kita dulu pd waktu konfrontasi dgn belanda. Kalau kita melihat betapa terpuruknya kita ditahun 98-99, smp skg pun kita msh dipandang sebelah mata dgn negara tetangga. Faktor inilah yg membuat kita terpicu pd satu tujuan kemandirian alutsista. Indonesia adlh negara yg strategis dan bukan ancaman yg nyata bagi rusia, indonesia adlh akses bagi rusia utk maju ditengah kondisi rusia skg, akses strategis di asia pasifik baik dari segi ekonomi, politik, dan pertahanan.

    • “indonesia adalah akses bagi russia untuk maju ditengah kondisi russia sekarang…” jadi menurut anda Indonesia lebih baik jadi budak russia adalah hal yg bagus.? Hahaha…

      • Siapa bilang indonesia akan mjd budak rusia, terlalu berlebihan. Kita hrs menjadi partner atau mitra sejajar dgn rusia. Kita mempunyai strategis bagi rusia, jadi tdk perlu merendah spt itu. Bung sgt merendahkan bangsa sendiri dgn bicara spt itu.

      • @ihsan and juragan, silahkan baca baik2 koment ihsan numb 12 ya. Saya hanya mengkomentari apa yg dia tulis…

        • Saya tdk ada koment hrs mjd budak, kesansaya adlh utk mendapatkan tot dan investasi dari rusia kita hrs lbh agresif lg kalau tdk akan keduluan negara tetangga. Kita memang pernah dibantu oleh rusia dgn persenjataan nomerwahid pd waktu itu merebut irian kalau tdk saya percaya smp skg irian msh dijajahbelanda krn kita kalah jauh persenjataannya pd waktua belanda mrpkan salah satu anggota nato, dgn persenjataan rusia itu kita mjd macan asia belanda maupun amerika tdk beranimenyerang kita.

        • Indonesia aksesbagi rusia berartiposisinya terbalik rusialah yg membutuhkan kita. Anda saja yg membelokkan ke arah itu.

        • Inget SPOK tata bahasa.? Indonesia yg anda tulis itu sbg objek, sdngkan russia subjek, akses predikat dan maju keterangan. Jadi, dikalimat anda yg maju itu russia nya dgn memanfaatkan indonesia, bkn sebaliknya.

        • Kalimat di atas equivalen dg “Selat malaka adl akses bagi kapal2 dagang dr asia menuju eropa”. Monggo dianalisa siapa yg lebih membutuhkan siapa, hehehe…

    • sepertinya berlebihan kalau mengharapkan rusia mau memberikan tot teknologi strategisnya 100 %, selagi indonesia juga belum juga membuat keputusan strategis untuk rusia, bahkan kemaren juga indonesia menolak intervensi rusia diukraina. pengalaman masa orde baru, dimana indonesia memberikan alutsista rusia untuk diteliti AS, pasti membuat rusia sangat berhati2.

  11. Bung Jalo menjawab pertanyaan masyarakat warjag
    http://jakartagreater.com/prof-oetarjo-diran-pendiri-teknik-penerbangan-itb/

    Gak kalah lho :mrgreen:

  12. Akhirnya sang beruang telah bangun dari tidur musim dinginnya …musim semi telah datang bagi sang beruang utk unjuk taring dan cakarnya dihadapan mangsanya

  13. Saya sangat tertarik sekali dg “super komputer’ nya yg dimaksud dg kerjasama pembuatan komponen nya kemungkinan berada di asia tenggara, INDONESIA-kah yg dimaksud..?? Mohon pencerahannya.!!!

    • Kemungkinannya sich begitu. Kl tidak di batam ya di LIPI atau LEN

      • Ini mungkin salah satu clue yang pernah disebutkan bung Nar, kalau banyak saingannya tapi Indonesia yang menjadi pemenangnya. semoga ini..

    • Kalau yang lagi nyari lahan untuk bangun pabrik sih Foxconn (punya Taiwan), apakah foxconn yang akan membuat super komputer tersebut, karena perusahaan ini adalah perusahaan multinasional, kita tahu Foxconn Rusia juga ada.

    • Wakil menteri pertahanan rusia pernah berkata begini ” Kami tidak akan biarkan indonesia mengalami perang yg tidak adil , Jika terjadi perang dengan Aliansi 4 negara , kami tak akan tinggal diam dan kami akan kesahkan segala kemampuan kami , untuk membantu Indonesia ( Senjata ). Bagi kami Indonesia adalah sahabat , dan nilai sahabat lebih mulia dari sekutu. KAMI JUGA SEDANG BEKERJA SAMA MEMBANGUN KEKUATAN MILITER , ADA BANYAK KERJA SAMA YG SEDANG KAMI LAKUKAN.DAN KAMI TIDAK KEBERATAN BERBAGI PENGETAHUAN KAMI KEPADA INDONESIA. Mudah-mudahan kalimat ini cukup membantu.

  14. semoga pemimpin RI selanjutnya seperti Vladimir Putin..

  15. Di balik kemegahan yg ditampilkan mr Putin sbenernya kebobrokan di Russia jg luar biasa. Bukannya mempermasalahkan kebobrokan tp kt justru terinspirasi dg kebesaran Rusia. Itulah cara yg benar dlm mempelajari sesuatu.a
    Bung @Satrio, bung menulis ttg “embargo” sesuatu yg sangat inspiratif dan berjangkauan jauh ke depan. Tapi cb perhatikan perdebatan panjang lebar warjager. Kesimpulannya mudah, bangsa ini seperti menemui jalan buntu. Ada byk sekali capaian bangsa ini tp kt lebih asyik berargumentasi ttg kebobrokan. Bukannya argumentasinya salah, hanya saja kurang berguna mirip acara ILC yg digemari jutaan pemirsa. Hasilnya: memacahkan masalah tanpa solusi. Imho.

    • Assalamualaikum wr.wb
      keren juga ini pak Vladimir Putin 🙂
      semoga saja kerja sama RI-Rusia meningkat 🙂

    • hadeh salah ngepost -_-a
      maaf bung openmind

    • Gw heran, entah kenapa kebnyakan member warjag ini gegap gempita menyambut referendum Krimea, itu adalah hal yg sangat buruk. Padahal peristiwa itu mirip dgn Timor-Portugal dulu bagi Indonesia…

      • Referendum krimea beda dgn Timor Leste bro…pada dasarnya hal itu dipicu oleh kudeta politik thd Presiden Yanukovich oleh kelompok oposisi yg didukung barat/Amrik…yg celakanya kaum oposisi ini mempergunakan genk2 Neo Nazi/ultranasionalis ukrania anti Rusia…kaum ultranasionalis inilah yg berniat pelarangan bahasa Rusia dan simbol2 berbau Rusia di Ukrania..(padahal etnik Rusia di Ukrania jumlahnya cukup signifikan)..Lagipula NATO dan Amrik berniat ‘buruk’ mereka melakukan program pengepungan secara perlahan thd Rusia, padahal perjanjian pasca perang dingin mengatur Negara eks Pakta Warsawa adalah zona/buffer non aliansi…antara pihak NATO dan Rusia…Yg jadi masalah mengapa Ukrania tdk mengambil posisi spt Finlandia saja, negara netral yg makmur tapi malah mengambil posisi spt Polandia, negara Baltik, Rumania yg berbalik arah menjadi lawan Rusia dgn menjadi anggota /sekutu NATO…Jadi yg cari masalah sptnya segelintir orang Ukrania yg menjadi ‘agen’ barat……..mereka meneriaki Yanukovich boneka Rusia ..padahal mereka jg pion2 Amrik….yg kasihan tetap rakyat ukrania baik etnis Rusia , Tatar, Maupun Ukrania sendiri sbg korban…

    • Iya Bung Openmind…sekarang bagaimana caranya untuk memecahkan kebuntuan,yg di akibatkan perdebatan panjang di warjag ini mengenai embargo diri sendiri!Ayo mari Bung-bung semua…!berikan ide2 cemerlangnya demi kemajuan Bangsa!di awali di Warjag ini!!!kembali lagi diskusikan langkahnyatanya!bukan malahjkomen ngalor ngidul…!sy sdh senang artikel mengenai Embargo diri sendiri di angkt kembali di warjag ini!dengn harapan ada langkah nyata dari warga warjag.tp ya sebagian besar hanya jd ajang komen sj tnpa memberikn solusi!
      ayo bung yang pintar2 kasih uneg uneg pencerahannya…ma’af oot

    • Iya, benar tuh, pemimpin negara yg mementingkan kemajuan bangsa dan negara dan ibu pertiwi tercinta,jgn seperti para pejabat dan anggota dewan kita yg terhornat, yg hanya mementingkan kebutuhan perut buncitnya dan kroni kroninya, sori esmosi , entah kenapa mentalnya masih korup.

    • bung openmind,

      “perdebatan panjang lebar warjager” dengan kata lain dapat disebut upaya merunut akar permasalahan, jika akar permasalahan dihilangkan apa yang diinginkan mungkin akan terwujud dengan sendirinya.

      contoh banjir jakarta; tidak bisa dipecahkan hanya dengan mengutak atik alam di jakarta saja, mengeruk sungai, membuat waduk, membuat sodetan, memperbesar gorong2, tapi lebih penting dipecahkan juga di hulunya, di daerah resapan, apakah hutan pepohonan sudah beralih menjadi rimba beton, apakah permukaan tanah telah beralih menjadi permukaan semen dan aspal ?

      jika kita mampu membuat barang teknologi canggih seperti satelit dan N250/270, tapi tidak mampu
      swasembada garam, pasti ada sesuatu yang SANGAT salah !

      dan yang salah itu jelas bukan IQ rata2 bangsa indonesia, tapi MENTAL manusianya.
      kalau mental pat gulipat, korupsi manipulasi ini bisa ditekan semaksimal mungkin, kemandirian akan diraih dengan sendirinya.

      peran pemerintah paling top adalah sebagai ‘enabler’ / fasilitator, yang kerja adalah perusahaan2 milik rakyat. contoh kegagalan pemerintah sebagai enabler yang sering saya gunakan adalah mangkraknya proyek jembatan selat sunda yang digagas swasta dan 2 pemda (banten-lampung), karena pemerintah pusat alih2 berperan sebagai enabler malah ngerecokin…

      contoh kasus negara dengan pemerintah yang relatif bersih dan transparan, AS.
      AU AS ingin pesawat keunggulan udara baru pengganti F-15 dan F-16, gak pake repot, bikin RFP/
      request for proposal aja, undang swasta ( grup Lockheed/Boeing/General Dynamics dan Northrop/McDonnell Douglas) biar mereka bersaing memikirkan rancangan paling optimal, pemenang akan diberi kontrak pembuatan sekian pesawat.
      hasilnya? f-22 raptor.

      saya pikir “perdebatan panjang lebar warjager” tidak buntu dan telah mengendus pangkal masalah: mental birokrat !

      tapi satu hal tetap sangat MISTERIUS, persentase dana riset nasional.
      saya yakin ini masalah sederhana yang mudah dipahami mereka yang bergelar doktor dan prof dr di pemerintahan (termasuk menristek),
      tapi toh tetap dibiarkan pada jumlah “asal ada”…

      apakah ada peran invisible hand asing ?

    • Langsung aja langkah nyata bung openmind
      kita gaungkan semangat embargo diri sendiri untuk mencintai produk dalam negeri
      Semoga bung Diego mau membuatkan di Medsos tinggal warajger melike dan menshare,BC dlsb
      Biar semua orang Indonesia tertulari semangat cinta produk dalam negeri

    • Bung2 semua yg terhormat, seluruh argumentasi yg disampaikan sbenarnya sdh ada di kepala kita. Kata teman sy yg ahli bedah argumentasi diatas mirip dg diagnosa. Diagnosa menjadi tdk berarti bila tdk ada clinical judgment. Maaf bila terlalu menyederhanakan mslh tp nyatanya kita hanya butuh pemimpin berjiwa besar. Hanya purlu orang besar utk menyelesaikan mslh besar di bangsa yg besar. Imho.

      • bung openmind,

        tepat pada saat harus membuat clinical judgment, terjadilah gejala klinis yang dalam istilah medisnya disebut mbuletitis.

        bagaimana jika pejabat pembuat kebijakan memiliki hidden agenda (komersialisasi ijin impor), dan pejabat ini kader partai pendukung koalisi, bahkan
        mungkin dana bancakan ijin impor masuk ke partai pendukung koalisi tsb untuk memenangkan kursi pada pileg dan pilpres ?

        semua analisis yang serba sederhana dan straight-forward mendadak jadi super kompleks…

        bahkan seorang idealis dan berjiwa besarpun perlu ‘mengambil hati’ dan ‘memenangkan suara’ rakyat.

        ancaman,hambatan,gangguan & tantangan tidak hanya berasal dari luar yang akan kehilangan pasar besar bagi produk mereka, tapi juga dari penumpang liar dari lingkaran kekuasaan…

        • Hehehe… Hanya orang kerdil yang bs terkena sindrom mbuletitis orang besar sdh imunisasi mbuletitis. Itulah kesimpulan sy tentang berbagai wacana bangsa.

  16. mirip capres bintang 3 kita

    • Setuju

      Garang, tegas, berwibawa

      gk seperti capres yg satunya lagi, ngeles melulu- tukang boong, gk menepati janjinya, bentar bentar tanya ke ibu ketua

      weleh weleh mau jadi apa negara ini

      maaf esmosiii

      • ya udah kita pilih aja nanti capres yang bintang 3 itu, tapi ngomong-ngomong siapa capres bintang 3 tsb???

      • Halah….track record capres jg perlu diliat…jangan sampai kita pilih capres yg kabur keluar negri saat negara sedang kalut…jangan liat bombastisnya sekarang aja…blm ada buktinya.

        Klo ada anggota warjag yg punya ‘jago’ sebaiknya jgn diutarakan disini….jgn menjurus kpd seseorang atau menghujat yg lainnya…Bagaimana jika jago yg kita sukai ternyata ga bisa jd RI1…apa kita mau benci jago lainnya yg jd RI1??

        Sori OOT…

    • Orang satu ini cukup menarik perhatian sy. Strategi ekonominya 180° berbeda dg SBY tp tidak satu katapun mengkritik SBY. Dipojokan dan dibenturkan sedemikan rupa dg Habibie tp tdk terlontar satu kalimatpun utk menyerang Habibie. Diperlukan emotional quetion yg luar biasa mumpuni agar bs bersikap spt itu. Dilahirkan dan dibesarkan dlm lingkungan yg dipenuhi previlage tp pengalaman di timor timur kelihatannya mengubahnya menjadi pribadi yg membumi sembari tetap memelihara cita2 besarnya. Imho.

    • Kalau sang bintang 3 gagal jadi presiden, saya akan menyatakan dg gagag: “Bung! bangsa yg bung cintai ini, yang memilih artis bahkan Aceng sbg wakil rakyatnya belum pantas dipimpin orang besar seperti anda”. (entah apa sy sanggup menahan air mata ketika mengucapkannya)

    • Kalau sang bintang 3 gagal jadi presiden, saya akan menyatakan dg gagag: “Bung! bangsa yg bung cintai ini, yang memilih artis bahkan Aceng sbg wakil rakyatnya belum pantas dipimpin orang besar seperti anda”. (entah apa sy sanggup menahan air mata ketika mengucapkannya). Imho

  17. Jangan 2 prosesornya dibuat di batam. atau di vietnam ya?

  18. layangan TU-95 sudah main ke belanda, ada latar belakang apa ya?ga mungkin hanya sekedar iseng atau unjuk kekuatan saja…

    • pekan ini kan Obama mau meeting sama konco2 Nato juga bung :)…masih nyari2 cara si Ruskie mau diapain..

      • Met siang bung Nar, kalau untuk aksi militer kemungkinan kecil. saya baca berita Obama hanya mengincar uang elit-elit rusia di luar negeri, dengan cara membekukan aset-aset mereka. konon Mr. putin punya uang Us$ 40 Miliar di swiss nah ini yang jadi incaran US..

      • Bung Nar, dari Alut-alut yang disebutkan di artikel diatas, apakah ada yang dilirik TNI? bil khusus kasel dan rudal-rudalnya.. dan seberapa besar kemungkinan bisa segera pindah KTP..

      • Om@Nara..udh hmpir 2 mingguan nee.. Udh bs blm dibabar kisi2 nya itu tuh.. 🙂 🙂

  19. Russia memang punya sejarah yang mengagumkan sebagai sebuah bangsa yang besar. Mereka pernah mengalahkan dua negara super power Eropa yang mencoba menginvasi Russia dalam 2 masa yang berbeda. Grande Arme nya Napoleon dapat dihancurkan (meskipun dibantu iklim dingin), pasukan besar Hitler dapat dipukul balik dan dikejar sampai ke jantung ibukotanya.

    Seandainya Hitler tidak menyerang Russia mungkin Inggris sudah bernasib seperti perancis, meski dalam Battle of Britain Luftwafe tidak mampu mengalahkan RAF, namun blokade laut oleh U-Boat dan bombing terus menerus oleh Luftwafe akan melemahkan Inggris. Tapi Hitler lebih memilih meremehkan Inggris dan memuaskan ambisinya yang lebih besar dengan menggelar operasi Barbarossa menyerang Russia.

    Amerika mungkin yang paling sering muncul di Film -film barat sebagai pemenang perang dunia II. Tidak ada yang menyangkal bahwa Amerika memiliki militer yang kuat dan mereka mampu memenangkan perang dunia II di dua medan yang berbeda. Tapi Tentara Merah lah yang pertamakali mencapai Berlin.

    Cara Russia survive dari perang dunia II perlu di jadikan pelajaran oleh kita, karena sebentar lagi mungkin 2 kekuatan super power dan sekutunya akan saling bersinggungan di dekat halaman depan kita.

  20. Nasionalisme dan kepercayaan diri orang2 russia luar biasa. Ditambah sumber daya dan penduduk yg besar, menjadikan mereka adidaya. Patut kita teladani.

  21. Rusia mencermati perkembangan nato dan pergerakan politik dan militer di asia tenggara,tergantung kita, siapa memanfaatkan siapa!persaingan diasia tenggara dimulai,tantangan makin sulit,majulah indonesia!jika industri komponen di asteng bisa dimanfaatkan untuk alternatif jikaterjadi embargo manuver poliitik indonesia lebih leluasa memainkan perannya!

    • Bener bung ….kstabilan politik dlm negri kita …..SDA yg tersedia, operational cost yg relatif murah hrs nya menjadi alat “daya tawar” kita utk mengembangkan potensi2 (termasuk transfer teknologi) yg ada….tujuannya memperkuat ekonomi, kesejahteraan termasuk militer dlm bingkai kemandirian bangsa dan negara.
      Dekade saat ini bener2 dekade yg “krusial” seiring menghangatnya politik regional (LCS) dan internasional (Crimea), Indonesia hrs bs memanfaatkan setiap peluang….smoga …amin.

  22. Sejarah :Rusia tidak pernah mengecewakan Indonesia dan menganggap sederajat. Sedangkan ASU selalu menikam dari belakang. itulah mental pengecut bangsa ASU hanya berani pada yg lemah.

    • Anda tau nasib afganistan ditangan soviet/ rusia bagaimana? Indonesia harus kuat dengan dirinya sendiri itu baru hebat. Tirulah cina..cina tidak menggandaikan negaranya ke rusia.

      • 1.http://www.geoenergi.co/m/policy-regulation/1881/freeport-as-panen-dividen-rp-24-triliun-ri-nol-rupiah/

        Mau diginiin sama mamarika???

        2. Semua negara selain 2 superpower dunia masih butuh sekutu atau rekanan 2 negara adidaya mamarika dan papabear tinggal pilih mana yang menguntungkan kepentingan nasional masing2 apalagi negara berkembang kaya kita meskipun negara nonblok kaya kita dik sempak!!….termasuk china itu blok soviet komunis partainya komunis!! Kemane aja loe..?? Ketinggalan banget !!!
        Karena kalo tidak bermitra dengan negara kuat/ adidaya akan dimakan negara atau blok kuat salah satu krn sejak dulu hukum rimba, makanya semua negara rata2 lkut blok meskipun negara nonblok tetap hrs “berpihak” atau dan untuk menyeimbangkan pengaruh salah satu blok apabila merugikan kepentingan nasional seperti kasus freeport link diatas !!!
        Mohon komen dipikir dulu yah…maaf kasar, minimal ada link kalo adik sempak ga paham suatu masalah disini. !@## sambil nyuci sempak £€¥@$

      • Kita ini berusaha menyeimbangkan hegemoni blok mamarika disini krn telah lama condong kesana setelah kudeta Soekarno tp apa yg kita dapat??? pengebirian berupa embargo militer saat kita dianggap membangkang kepentingan mereka padahal freeport kita kasih gratis!!!! Tetap dianggap berbahaya krn kita nonblok sehingga dikepung pasukan mamarika dan negara2 sekutunya….mana aja??? Coba cari2 sendiri yah dimari sudah banyak dibahas dik sempak!!!

        Mau nyuci sempak dulu biar jernih neh otak…..!@##$/

      • Om Satrio saya dukung usaha anda mencerdaskan bangsa biar generasi muda tau sejarah dan konstelasi dunia…….bahaya anak muda yang lemot ga tau sejarah and data !!!kemane aja loe……

  23. wallaikum salam wr wb
    apakabar bung nara suwe ora ketemu :mrgreen: saya menagih janji artikel yang bung nara janjikan beberapa hari yang lalu nih 😀 sudah hampir 1minggu koq belum diangkat juga
    xixixixixixixixixixi lirik kanan lirik kiri mundur teratur ach

  24. TOLONG DONG KAMERAD PUTIN,
    MBOK YA JANGAN UKRAINA, KRIMEA MELULU YANG DI URUSIN, SEKALI2 URUSIN DONG SOAL PESENAN KS NEGARA SOHIB LAMA INI YANG BATAL TERUS DENGAN ALASAN2 YANG GEJE, BANYAK YANG SETREESS DISINI :mrgreen: (SUSAH BENER PENGEN PUNYA KS BISA NEMBAK KEDARAT!)

  25. Hehehehehe, saya cuman membantu menceritakan storynya aja bung Sat..
    hehehehehe, 😀

  26. Ya ya ya…jadi ex pakta warsaw pun harus tunduk dgn russia ya.? Brarti perjanjian itu ilegal.! Klo gt apa yg dilakukan pak karno dulu dgn membubarkan RIS dan menolak UNI-Belanda salah dunk.? Soal nya menurut mu Indonesia harus tunduk kpda Belanda.

    • Tdk nyambung bung, pakta warsawa cuma aliansi pertahanan negara2 eropa timur, RIS adalah bentuk negara kita dahulu yg berbentuk federal, kalau sewaktu waktu pemimpin indonesia atas nama rakyat indonesia menginginkan merubah bentuk negara ini kembali ke bentuk kesatuan, tdk ada satupun negara yg berhak mencampurinya.

  27. Jangan gitu dong bung pemula@….

    Itu melanggar HAM….bisa2 ga boleh nyapres banyak yang pada mengajukan “gugatan”….dari rekan sesama jenderal dan masyarakat sipil

  28. Jelas sekali bro Jalo kalau Putin adalah pengekang kebebasan berkespresi. Dari laman wikipedia tentang pers di Rusia dijabarkan dengan jelan. TAPI DISCLOSURE SAYA: MEMANG BEBERAPA FAKTA DAN OPINI DI LAMAN TSB LEBIH CENDERUNG PROPAGANDA BARAT. Tapi tak bisa dipungkiri fakta jika russia mengekang pers sangat gamblang dan Saya quote: “In 2013 Russia ranked 148th out of 179 countries in the Press Freedom Index from Reporters Without Borders.”

    Reporters without borders atau Reporters Sans Frontières adalah lembaga NGO yang sangat beriwabawa dan sangat netral.

    Jangan salah sangka, saya pun mengkritisi media barat dan kecenderungan media Indonesia yang terlalu bebas dan tidak mengindahkan fakta-fakta dang cenderung menggiring opini. Itu saya tidak setuju. Tapi saya lebih tidak setuju lagi jika kebebasan berekspresi, berfakta, atau beropini dikekang.

  29. Maka dari itu bro, posisi saya jelas. RUSIA dan PUTIN pada khususnya TIDAK LEBIH BAIK daripada AS dan sekutu-sekutunya. Bagaimana PUTIN bisa menjadi suri tauladan kepemimpinan Indonesia jika tidak lebih Baik daripada Barat? Saya heran.

    • Ok itu buah pikiran bung Brokoli dan itu terserah bung brokoli. Tapi kalau masalah barat lebih baik dari Rusia, kalau menurut saya lebih mendingan Rusia. Kenapa? karena dalam perang asimetris, yg paling saya rasakan adalah perang yg digencarkan barat terhadap negara saya dibanding blok timur. Dan kalau disuruh milih, saya tetap sepakat dengan bapak pendiri bangsa kita, Bung Karno, yaitu negara dunia ketiga (Non-blok).

    • Menurut saya masih banyak alternatif kepemimpinan pada dekade ini yang bisa dicontoh Indonesia:

      1. Angela Merkel, Kanselor Jerman ini gak akan pernah melacurkan diri pada AS atau Jerman. Beliau punya integritas dan welas asih. Obama saja sampai minta maaf (scr publik) kepada Merkel (saat skandal spionase bocoran Snowden mengemuka) karena Obama mengerti pentingnya Integritas Jerman di Eropa. Jika anda mengulik artikel2 ttg hubungan antara Putin dengan Merkel, bahkan disebutkan bahwa Putin sangat menghormati Merkel (bahkan lebih drpd Obama sekalipun). Untuk welas asih Merkel bahkan menentang rakyatnya sendiri untuk membail out Siprus saat krisis hanya untuk mempertahankan Eurozone dan EU

      2. Lula da Silva. mantan presiden Brazil ini mempunyai misi hanya satu mengentaskan kemiskinan dan mengurangi Gap kaya dan miskin. Tapi beda dengan cara revolusi ala Chavez, beliau sangat memperhatikan hak-hak ekonomi baik anda itu orang kaya atau miskin. Beliau memberikan social safety net dan kesempatan berekonomi lewat kerja sama Public-Private.

      Kesamaan kedua orang itu apa, padahal pandangan politik mereka berbeda (Lula seorang sosialis, Merkel seorang konservatif)?? Mereka sama-sama bukan dikatktor tuh, mereka bukan sekutu siapan tuh, mereka juga merasa tidak perlu mengekang kebebasan berekspresi, Tidak pula mereka beredel pergerakan oposisi dalam pemerintahan.

      Maaf tapi menurut saya Putin maupun Obama/Bush, belum selevel dengan mereka berdua.

    • Kalau menurut saya, tetap memilih pemimpin yg meneruskan mimpi pendiri kita bung Karno. Sudah banyak sejarah baik di nasional hingga Internasional, tidak perlu menjiplak dari luar, lebih meneruskan cita2 beliau. Dan banyak pemimpin2 terkenal dunia belajar dari gagasan2 yg beliau buat.

    • Putin belum pernah mengancam indonesia dengan embargo,putin belum pernah mengecam indonedia dengan HAM,saat ini putin belum pernah bermuka dua soak NKRI sebagaimana sikap dan prilaku blok sono.belum pernah rusia melanggar wilayah teritorial kedaulatan NKRI.BELUM PERNAH DALAM SEJARAH RUSIA BERNIAT MENGHAJAR JAKARTA DENGAN RUDAL JELAJAH SEPERTI YANG DINIATKAN TETANGGA PADA SAAT REFERENDUM TIMTIM.Itu saja sudah cukup bagi indonesia untuk menghargai putin dan rusia. sekarang warga warung ini juga sudah tau siapa anda jaka tingkir jadi jadian

      • Saya rasa, saya baru bisa akan menghormati Putin jika beliau lebih bisa menghormati kedaulatan SEMUA NEGARA dan tidak hanya Indonesia. Masyarakat Ukraina akan selalu menganggap Russia seperti Indonesia menganggap AS dan Australia, sebagai musuh. Mau beda gimana juga posisi Indonesia dan Ukraina tak jauh berbeda.Russia mengambil Crimea dari Ukraina = AS dan Australia mengambil Timor Leste dari Indonesia..Thus, apa bedanya AS dan Rusia?

        Tidak hanya negara, Putin juga harus lebih bisa menghormati prinsip-prinsip transparansi dan kebebasan berekspresi warga negaranya sendiri sesuai dengan demokrasi. Tetapi saya tekankan di sini, ini bukan hanya masalah PUTIN dan Russia, tetapi juga Obama dan AS.

        Anda nggak bisa memikirkan kedaulatan dan hak asasi secara parsial atau dalam konteks satu negara saja

        PS: saya bukan orang yang sama dengan bung jejaka tingkir lho

      • @wesley, Jajaka Tingkir gak pernah pake nick lain…

    • Saya rasa, saya baru bisa akan menghormati Putin jika beliau lebih bisa menghormati kedaulatan SEMUA NEGARA dan tidak hanya Indonesia. Masyarakat Ukraina akan selalu menganggap Russia seperti Indonesia menganggap AS dan Australia, sebagai musuh. Mau beda gimana juga posisi Indonesia dan Ukraina tak jauh berbeda.Russia mengambil Crimea dari Ukraina = AS dan Australia mengambil Timor Leste dari Indonesia..Thus, apa bedanya AS dan Rusia?

      Tidak hanya negara, Putin juga harus lebih bisa menghormati prinsip-prinsip transparansi dan kebebasan berekspresi warga negaranya sendiri dan warga negara bangsa lain sesuai dengan demokrasi. Tetapi saya tekankan di sini, ini bukan hanya masalah PUTIN dan Russia, tetapi juga Obama dan AS.

      Anda nggak bisa memikirkan kedaulatan dan hak asasi secara parsial atau dalam konteks satu negara saja

      PS: saya bukan orang yang sama dengan bung jejaka tingkir lho

      • Sebenarnya masalah awal bung Brokoli membandingkan US dengan Rusia… Nah saya bandingkan dengan hal perang asimetris yg saya rasakan dan juga sejarah2 peperangan kedua negara itu.

        Bung Java pernah memberikan gambaran kejahatan2 yg dilakukan US. Dan Rusia juga banyak melakukan kejahatan, tapi tidak seperti US yg bersembunyi dibalik PBB dan negara2 sekutunya. Sudah gitu, mengaku sebagai negara bebas HAM padahal banyak pelanggaran seperti yg pernah disampaikan bung Java di artikel2 sebelumnya, salah satunya memperbolehkan Israel melakukan pelanggaran HAM terhadap Palestina.

        Di tulisan ini ada masalah politik Internasional yg membuat kenapa bung Karno memilih fokus kerjasama dengan Rusia..
        http://blogs.itb.ac.id/putushinoda/2012/04/08/bung-karno-jangan-dengarkan-asing/

        Lalu ingat kenapa diakhir kepemimpinan Pak Harto melakukan kontak dengan Rusia. Kenapa anak emas Amerika yg tlah membantu memajukan perekonomian seperti salah satunya membantu perusahaan Freeport tidak bangkrut ini harus beralih melakukan hubungan dengan Russia.

      • m(_ _!)m….
        menyimak

      • Tentu Saja saya menbanding-bandingkan bung Jalo. Saya punya keyakinan merasa perlu menyindir (dengan eksplisit) beberapa teman-teman yang merasa seorang, atau sosok yang mirip dengan, Putin dapat menjadi pemimpin Indonesia yang baik. Rakyat Indonesia tidak perlu dipimpin seseorang yang otoriter.

      • Maaf ikutnimbrung. Disini kita membicarakan. Negara tercinta Indonesia bukan ukrania. Apa yg telah dan akan didpt dari Indonesia baik dari amerika dan rusia, itulah yg dipikirkan. Apa yg mjd agenda mereka kedepan thd indonesia itu lah yg dipikirkan. Apakah mereka menginginkan kita maju atau terpecah belah.

  30. Maaf kalau foto saya sudah membuat trauma lama, saya gak ada niat atau maksud itu cuman foto Denjaka saat latihan. Kalau masalah beban terhadap salah satu kandidat, maaf saya gak bisa mengomentari masalah politik. 🙂

    Maaf ya

  31. Makanya bung,
    Ihsan entar milih presiden yg Indonesia raya yah, biar jayalah indonesiaku, dan militer yg kuat……..

  32. Di link bung jalo sendiri jelas ditulis menurut sudut pandang russia… Bukan brti harus percya juga dgn russia, tp jelas tindakan russia di ukraina adalah agresi.!!! Tp maklum degh warjag ini kbnykan russian fans boy, kyk gmana juga teteup wae ngadukung jeung russia… Russia strong.! Wkwkwk…

    • Coba baca lagi…

      Nikolai Gorshkov adalah seorang penulis lepas yang berbasis di London. Ia bekerja sebagai koresponden dan perwakilan BBC di Rusia dan bekas Uni Soviet pada 2001-2012, termasuk menjadi kepala kantor BBC di Ukraina untuk satu periode kepemimpinan.

      Artikel ini tidak merefleksikan opini resmi RBTH.

    • Sebetulnya salah kalau bung mengatakan semuanya rusia fans boy. Saya lebih suka spt politik bebas aktif kita. Indonesia sgt konsisten menerapkannya. Pada waktu veto mengenai siapa yg berhak mewakili cina sbg anggota tetap di dewan keamanan, walaupun indonesia pd waktu itu tdk punya hub diplmatik dgn RRC dan cenderung pro barat, tapi kita tetap memilih cina bukan taiwan,, begitu pula thd kosovo, pendudukan israel atas palestina dan masalah ukrania dgn rusia, kita tetap menentang walau kita sgt dekat dgn rusia. Saya juga bukan anti barat, malah saya sgt berterima kasih kpd perusahaan multinasional dari amerika yg sdh byk berinvestasi di indonesia walaupun tujuannya memang murni bisnis alias profit oriented. Yang tdk disuka dari amerika adlh track recordnya yg suka mencampuri urusan dalam negeri orang dgn propaganda HAMnya padahal diamerika sendiri HAM nya lebih parah dari negara lain

      Hal yg tdk pernah dilupakan perlakuan amerika thd bangsa ini adalah masalah timtim dan irian

  33. asia tenggara sblah mna yang di mksud om putin..?? indonesia kah…??

  34. Jaman nya dah lewat,. biar yang ahli dibangnya yang nuntasin itu masalah,. yang penting kan udah dijelasin ama bung Jalo,. “ITU DENJAKA LATIHAN” TITIK. kalo ente mau tahu kenapa Denjaka pake baju kaya gitu, apalagi dikaitkan ninja. . tanya ama kesatuannya sono,. lagian kenapa nda sekalian anggota khusus lain juga,. kan pada kaya ninja itu,. Seal, Spetnaz dll,. bedanya cuma pake helm,. lainnya sama item2 pake masker,. nah loh,. jangan sempit dalam berfikir bung Warga,.

  35. mohon pencerahan…
    “Pada tahap pertama, produksi komponen dan mikroelektronik untuk superkomputer ini mungkin akan dilakukan di Asia Tenggara. Namun, semua hak patennya akan menjadi milik Rusia”.
    di asia teggara adakah negara selain indonesia yang dekat dengan rusia ?

  36. walah, andi arief lagee…

    ini dia contoh sempurna untuk birokrat gak jelas dan tukang ngerecokin…

    daripada ngurusin gubernur mending urus bawahan presiden aja, tuh mendagri yang proyek e-ktp nya mulai diendus kpk.

    btw, proyek gunung padang udah jelas juntrungannya?

    • ngomong2 soal ktp!!!!! panjang urusanya kalau mau ditangkep siapa yg korupsi bisa ratusan ribu PNS yg masuk penjara..apa cukup luas penjara di indonesia???dan imej PNS indonesia menjadi apa nantinya..jalan satu-satunya kes close
      saya berani bersumpah dunia akhirat…mulai dari dirjenminduk,gubernur,bupati,sekda,kepala dinas kependudukan,kepala bidang kependudukan beserta seluruh staff,kapolres,camat beserta bawahanya,programer kontrak, korupsi dana dari pusat diatur oleh dinas kependudukan,(kepala desa,sekdes,operator ktp,kepala upt pungli langsung ke masyarakat) saya siap menjadi saksi pengadilan di KHIRAT ,BUKAN DI DUNIA YG PENUH KEPURAPURAAN

  37. Indonesia mendeklarasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945, yang ditandai dengan pembacaan Teks Proklamasi oleh Presiden RI pertama, Ir. Soekarno.Dan kemudian menyusul dibuatnya Ideologi Pancasila dan UUD 1945 yang mana menjadi jati diri bangsa Indonesia.Kemerdekaan yang diraih Indonesia adalah murni atas perjuangan rakyat Indonesia.Sebagai negara yang baru merdeka Indonesia perlu adanya pengakuan dari negara lain atas kedaulatan yang di miliki Indonesia, pengakuan bahwa Indonesia sudah berdiri dan siap untuk bergabung dalam komunitas internasional.

    Dengan bergabung dengan komunitas internasional,secara otomatis Indonesia harus mempunyai Politik Luar Negeri, dimana politik luar negeri adalah strategi atau rangkaian kegiatan, tindakan dari suatu negara ke negara lain atau entitas internasional, ditujukan untuk meraih tujuan yang spesifik yang terdefinisi intern bagi kepentingan nasional. Sebagai negara yang baru merdeka dari penjajahan, Indonesia menjadi lebih hati-hati dalam penentuan politik luar negerinya. Selain itu kemerdekaan Indonesia yang dibarengi dengan berakhirnya PD II yang sekaligus membentuk konstalasi dunia politik menjadi dua kubu yaitu Blok Barat (AS) dan Blok Timur (Uni Soviet).Sementara negara-negara sibuk dengan berlomba memilih aliansi, Indonesia disibukkan dengan mempertahankan kemerdekaan atas penjajahan. Pasca kemerdekaan,Indonesia masih menjadi incaran Belanda yang ingin kembali menjajah, oleh karena itu Indonesia mengambil langkah tegas untuk menjadikan Politik Luar Negeri Indonesia menjadi Bebas Aktif, dikarenakan Indonesia (Hatta dan Syahrir) tidak ingin Indonesia dikuasai komunis lagi dan kolonialisasi benar-benar dihilangkan dari Indonesia.

    Kedaulatan menjadikan Indonesia bebas memilih jalan dalam perpolitikan dunia saat itu. Indonesia mencoba untuk berdiri di tengah-tengah (di antara dua karang) dengan tidak memihak AS maupun Soviet. Karena jika memihak salah satunya akan melunturkan semangat dan makna dari ‘bebas’ itu sendiri. Ini tampak bahwa Indonesia memprakarsai pembentukan Gerakan Non-Blok (GNB).

    Nah dari dasar ini kemudian Bung Hatta untuk merumuskan PLN-RI ‘bebas-aktif’ yang tertuang dalam bukunya yg berjudul “mendayung diantara dua karang”.Dimana bebas artinya tidak memilih atau berpihak pada salah satu kubu tersebut dan bersama Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk berkontribusi menjaga perdamaian dunia dan menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada dua kubu besar tersebut.

    Dasar hukum pelaksanaan politik luar negeri Republik Indonesia tergambarkan secara jelas di dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alinea I dan alinea IV. Alinea I menyatakan bahwa kemerdekaan ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan. Selanjutnya pada alinea IV dinyatakan bahwa Indonesia ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial .

  38. Wah..akhirnya skadron penerbal mo make perpur ye..antidot yg paling bener neh buat AL..trus soal 543 yg udah ganti ktp koq ga ada kabarnye ya om @Nar..apa lg ganti kulit ye..hehehe

  39. Trus kabarnya slava class gimana tuh bung…. kan itu barang ada di ukraina? apa gak ngaruh dengan situasi yang berkembang disana sekarang bung ?

  40. Ok teman2 saya kasih info yg bagus, mungkin bung PS, bung Nara, dan bung2 lain tahu tentang info ini, dan mau share.. 🙂

    Puna Wulung saat ini lagi digarap di PT DI, dengan design yg sudah banyak diperbaiki dan lebih keren… Sekarang masuknya di kelas MALE… Yg kereen lg nih UAV bisa bawa senjata dan bahannya anti radar…

    Info lain, beberapa engineer kita sekarang lg belajar di satu negara di eropa, mudah2an kalau balik bisa buat pesawat F-5 jadi UAV. Dan juga sedang pelajarin teknologi autopilot terbaru untuk pesawat gede, 🙂

    • nice info bung jalo… smoga secepatnya terealisasi… amin…..!!!

    • Ini dia yang namanya kabar baik..he..he.. trimakasih Bung Jalo dan Bung Nara untuk infonya.

    • Saya pribadi percaya dengan otak otak encer engineer kita, secara pemakaian rata rata otak kita orang indonesia belum nyampe 50%, kalo itu digenjot naik 25% aja jadi 75%… pasti produk produk yang dihasilkan akan top markotop dah…. hehehehehe… la wong hacker kita aja banyak yang gak nyampe kuliahan….

      • Hacker kita emang dahsyat bung

        • Mantap bung nara,pantes aja battle proven
          klo gini mah yakin banget sama cyber army kita
          apalagi klo hacker yg kelas internasionalnya jg termasuk dalam cyber army kita

        • Hehehehehe… soal itu saya gak heran bung… dulu aja jaman internet masih susah dan asli mahal… waktu itu aku juga masih suka tongkrongin warnet. Kebanyakan yang aku bisa kenal dikit yang menamakan dirinya hacker itu gak ada kerjaan yang jelas. Tapi ane heran mereka bisa meretas situs situs belanja online dan obrak abrik databasenya. itu masih jaman jaman akhir 98 lo…. kalo sekarang pasti lebih ganas lagi. hehehehehe…. pernah juga ketemu ama seorang hacker DPO, dia jadi kaya gara gara hacker, nah kalo yang kayak gini di kumpulin.,.,,,, jangan ditanya lagi dah… apalagi kalo dibimbing sama yang sudah ahli.. hehehehehe

        • cuman rata rata yang model ginian susah diaturnya…. semau maunya ndiri… hehehehe, tapi saya rasa kalo dah masuk di cyber army… kelakuan mereka bisa diperbaiki sedikit demi sedikit biar jadi disiplin. Yang penting mereka dijamin pasti nurut dah… apalagi kalo dibilang bela negara.

        • Bung MP119 : Jangan-jangan ente juga diem2 Hacker juga bung,. Anonymous 😀 kekeke,. ane juga paling demen liat hacker beraksi, selain alutsista beraksi 😀

        • Bukan bung JuraganGerbongMaut.. 🙂 saya dulunya cuman pecinta bot untuk chat di jaman mirc….. hehehehehe paling banter nebeng doang di situs org tuk keperluan bot hehehehe…. ssstttt…. itu masa lalu lah… hehehehe

        • Bung MP119 : ngemeng2 soal bot chat,. ane juga demen ngrecokin chat pake flood,. :D,. di jaman ngetren pake bombusMOD cs,. Made in Rusia

        • Hehehehehe…. itu masa lalu bung JGM… sekarang dah tuwir nih….. jamannya yang muda muda lagi… lagian mIR* gak sepopuler dulu lagi bung hehehehe…. 🙂

        • Bung MP119 : bener bung sekarang lebih privasi chatnye,. semacam BBM, Line, Whatsapp and konco2nya,. ane tebak jadi botnye game POker di FB ne,. biasanye Bapak2 demen maen poker disitu,. 😀 kekeke

    • Apalagi klo yg pulang bukan 7 orang,tapi 1000 orang
      pasti lbh mantap tuh bung

    • Mantap bung jalo dan bung nara
      apalagi klo yg pulang bukan 7 orang tapi 1000 orang,lbh mantap lg tuh

    • kira kira negara mana ya yang di tuju di eropa buat belajar ngerangkai F-5 jadi UAV… apa mbak merkel punya ya… garuk garuk kepala nih nebaknya… hehehehe

      • Feeling ane israel ato mamarika…secara f5 punya mamarika

      • Bung @Nar..bikin artikel lg dong tentang alutsista..ga usah yg kaga lulus sensor..hehe..yg sederhana aja..misal yg buatan dimari ajah..bijimane?..hehe :mrgreen:

      • Kalau meliat dari doktrin AU Rusia… mereka kayaknya bakalan mengerucut ke penggunaan 3 jenis pespur. Su-35 pendamping PAKFA sedangkan untuk bomber PAKDA.

        Kalau doktrin kita bisa agak mirip mirip dengan Rusia… ini akan sangat menguntungkan dari segi maintenance. 🙂 just IMHO

    • Untuk kompositnya itu non metal yg dibuat bersama…
      Dan komposit ini bisa dipasang di pesawat terbang kalau kita sudah punya pesawat tempur, ada nilai komposit tersendiri yg telah berhasil dikembangkan tim peneliti kita. Sekarang lagi penyempurnaan lagi termasuk metamaterial yg bikin negara lain jatuh cinta. Untuk coating komposit dibantu batan, dan masih banyak lagi pengembangan baru. Kebetulan ane baru dapat bahannya, tapi nanti kalau sudah diijinin akan gw bikin artikelnya di warjag. 😀

      Ammonya tinggal pasangin RX-70 aja yg sekarang sudah dikembangin lebih bagus lagi. Dan juga bisa dipasangin roket FFAR 😀

    • F-5 indonesia kan tinggal sedikit (7?). Apa artinya kita akan beli f-5 bekas utk diubah jd uav?

    • Untuk membuat UAV sebenarnya 1 aja cukup, kan untuk riset. Pesawat MIG-21 yg sudah matot (mati total) bisa dihidupin lagi oleh ITB dibantu PT DI. Tapi untuk pengembangan awal akan diterapkan dulu di pesawat Stemme yg dibuat Lapan…

      nah sekarang lagi pemasangan flight control, nanti kalau stemme sudah berhasil tinggal TNI AU mau gak dipasangin di F-5 atau Hawk-nya… 😀

      • Bung @Jalo..yg digantung dipylon sayap itu apa ya?..masak cuman external fuel tank..hehe :mrgreen:

      • @ bung jalo, setau saya klo nyang ini stemme s-15 produksi stemme ag german, memang rencananya lapan akan menggandeng stemme ag & tu berlin ( technical university of berlin ) utk mengembang pesawat LSA dgn basic konsep si stemme s-15 ini. btw utk flight control plus surveillance & sensor systemnya udah digarap oleh sagem (gak tau jg apakah lapan akan menggandeng sagem utk mengembangkan perabotan sensornya atawa tidak )…..@ bung akung, itu nyang underwing pod isinya peralatan surveillance & sensor walaupun gak menutup kemungkinan utk penggunaan external fuel tank ( bwat menambah jarak tempuh ) tapi akan menghilangkan kemampuannya sbg pesawat surveillance…… maaf klo salah………he,he,he

      • Bung Erich, kalau yg ane tahu itu pesawat dibuat Lapan sendiri ada beberapa ahlinya yg saya kenal baik sudah pernah terlibat dalam program pesawat latih LT-200 dan XT-400…Dan juga memang pengembangannya berdasarkan hasil riset tim kita dengan Stemme (karena beberapa pembuat pernah belajar di TU Berlin). Tahun 2012 kita sudah membuat LSA berbasis Icon Amphibious 5 dengan PT DI. Tahun 2013 kita kerjasama dengan TU Berlin termasuk sertifikasi. Ada beberapa yg jadi contoh untuk LSA seperti Diamond DA42 MPP, Diamond DA40 NG, Diamond HK 36 MPP dan Cessna 172R, tapi kita memilih Stemme karena masalah kelebihan dan kekurangannya. Nah mereka menggunakan sertifikasi Jerman karena ada beberapa faktor, dan kita ngasih zakat agar mereka mau kita menggunakan namanya 😀

        Ini contohnya kita ngambil basic dari sini..

        Iya bener Bung Erich, pesawat LSA ini akan menggunakan konsep dari Stemme ini. Nah agar bisa menguasai teknologi flight control kita kirim beberapa engineer ke sana. Nah untuk Sagem kayaknya gak bung kita tetap dengan TU Berlin. Untuk sensor seperti IR dan survaillance kita sudah bisa membuat sendiri, nanti foto hasil pengembangan menyusul, 🙂

        Ooh iya yg di cantel itu MRV ini foto dalamnya…

        Maaf kalau ngawur ya bung, maaf kebetulan ane kebetulan juga baru belajar nih. 😀

      • Nah ini maksud ane bung..pastinya underwing pylon ini pasti sensor2 dimaksud..hehehe

      • Ini foto pengembangan IR yg dilakukan 2012, tahun ini sudah semakin bagus… Insyallah sudah mengarah ke sempurna

        Lalu ada Retimax 2000 yg dibuat PT. Len

        Untuk autonomos adanya foto perangkatnya aja, jadi warjager kalau foto itu saya tidak bisa upload. 😀

      • MRV itu artinya Monitoring, Reporting dan Validation

        Dimensi
        Total panjang : 8,52 m
        Total tinggi. : 2,45 m
        Total Lebar dengan sayap. : 18 m

        Performa
        Take off ground roll : 300 m
        Cruise speed : 220 km per jam
        Max range : 1300 km
        Max endurance : 8 jam
        Serving cieling : 7260 m

        Beban
        MTOW : 1100 kg
        Berat muatan maksimal : 80 kg
        Max baggage weight : 20 kg

        Propulsi
        Engine power (MTOP) : 115 hp
        Propeller number : 3 bladed
        Kapasitas bahan bakar : 130 liter
        Jenis bahan bakar : Avgas 100LL/Mogas

      • Bung Erich Sagem itu perancis ya?? Bung Erich mau nanya dong, kalau LSA ini dikembangin ke UCAV kira2 bisa gak ya bung?? Atau lebih baik kembangkan dari LSU menjadi HALE ya?? Saya masih bingung fungsi LSU dan LSA? 😀

        Maaf banyak nanya nih bung Erich.. 😀

      • Ok siap terima kasih bung Erich, saya mulai nangkap…
        Satu lagi bung Erich (kalau boleh 😀 ) Untuk Pay load ada batas minimal gak???

      • tergantung berapa pensil nyang mo dibawa? klo komposi 4-6 ( utk 4 = 2 hellfire & 2 short aam antara aim-92 stinger atawa piranha- utk 6 = 4 hellfire & 2 idem ) paling gak kemampuan payload 500-700kg…….kira2 spt itu bung, jgn lupa cmiiwnya ya……..he,he,he

      • Saya baru baca spesifikasi punya Tentara Perancis, kereen juga ya.

        Ini sudah dimodifikasi oleh Safran (anak perusahaan Sagem) dan bisa bertahan selama 10 jam. Kalau kita baru 8 jam, tapi fungsinya masih untuk Patroli. Mudah2an dikembangkan lebih baik lagi, amieen

        Saya baru tahu juga, si upil sudah punya drone ya, Elbit Hermes 450.

      • Thanks infonyanya bung Erich, terakhir saya lihat di pengembangan UAV kita untuk pay load baru bisa menampung 200 kg. Lalu untuk kemampuan manuver sekarang sedang diperbaiki desainnya dan airframenya. Kalau enggine 😀

        Itu masuknya di MALE, ternyata masih harus dikembangin lagi ya. Dan pengembangan butuh waktu lama ya, saya support doa dan dukungan deh buat tim peneliti kita, Bismillah….

      • Waow… nice info bung jalo….. jangan bosen ya bung update info ginian hehehehe…. keep posting.

      • klo menurut ane rasanya gak terlalu lama, berbekal dgn kemampuan engine utk UAV dgn payload 200kg. tinggal meningkatkan power dari engine hingga lbh besar 20% ( nyang paling cepet & mudah coz gak akn merubah dimensi engine ) plus dibuat kembali design airframe utk double engine ( dgn mengadopsi improved engine nyang tadi ) mungkin kemampuan payloadnya akan meningkat signifikan ( perkiraan ane 500-700kg aja seh nyampe )…….mungkin model kasarnya spt ini….
        http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/f/ff/Cessna_Skymaster_O-2_5.jpg………..mengadopsi penempatan engine spt pesawat tsb ( depan & belakang )….yakin gak bakal makan waktu lama bwat bikin layangan tsb terbang……..he,he,he

    • Maksudnya akhir tahun 2015 Bung Nara?? masih lama ya…

  41. Heran, msh ada aja mahluk yg ngarep bgt slava… Russia aja kekurangan armada, makanya di ketok magic trus dipake armada utara lagi… Koq ya bisa nya brfkr mau dijual ke Indonesia, pake alesan lg diuji di suriah jeung ukraina oge…

  42. Indonesia masih krisis kepemimpinan,. memang semua karakter dan pribadi itu punya kekurangan maka dari itu setiap yang namanya pimpinan tidak bisa berdiri sendiri, memberi solusi dan memecahkan masalah sendiri diperlukan penyokong yang kuat saling melengkapi, satu sinergi dan satu tujuan. hal ini diberikan oleh para bawahan dan masyarakat.

    Yang mana dibutuhkan untuk meruntuhkan gangguan asing dan memerdekakan geliat dalam negeri,. kepemimpinan tidak hanya dibutuhkan presiden atau pemimpin lain,. masyarakatpun dituntut dan wajib mempunyai faktor tsb,. jika hanya memikirkan masalah sendiri, mengurusi kesalahan orang lain dan tidak memberikan solusi apalagi kontribusi nyata lebih baik diam dan menunggu kebijakan terbaik. jika hal yang tidak dimengerti dijadikan polemik, yang ada seperti peribahasa sudah jatuh tertimpa tangga pula. dan hanya menimbulkan kubu2 perpecahan yang sebenarnya bisa dihindari.

    Ma af pendapat awam
    CMIIW

  43. Bung JT, maap nih, kalo menurut ane sih wajar2 aja kalo ngarep2in slava, harapan ane mungkin warjager yg laen sih pgen liat TNI kita kuat, biar disegani negara2 lain. Biar negara kita Ga gampang fi obok2 ma kekuatan2 asing..

  44. Negara mananapun tetap butuh sekutu atau blok walaupun negara maju demi menjamin keamanan nasional masing2 walaupun itu negara nonblok sekalipun seperti kita dan India…..Jerman yang begitu maju saja bisa kcolongan penyadapan oleh induk semang sekutunya sendiri krn masih dicurigai sebab kurang “totalnya” jerman ke sekutu krn mempunyai agenda2 yang tersembunyi dari sukutu yang dianggap “penting” oleh mamarika.
    Apalagi kita negara berkembang walaupun nonblok masih tertinggal jauh terutama masalah teknologi yang sangat bergantung dengan negara maju pemilik teknologi dlm menjaga kelangsungan pembangunan dan hidup rakyat, dan pemilik teknologi itu yah dua blok adikuasa antara mamarika dan papabear tinggal pilih mana yang dirasa lebih menguntungkan dan demi keamanan nasional….krn semua negara pasti minta ijin atau dikontrol oleh induk semang blok masing2 dalam kerjasama alih teknologi bahkan hanya untuk menjual teknologi tersebut. Kita sudah lama dibawah hegemoni mamarika salah satu yang penting ‘freeportgate’ yang saya analisa waktu lalu bahwa sangat urgen untuk kepentingan dan keamanan nasional mereka….. Kalo kita tidak berusaha menyeimbangkan pengaruh mamarika disini mau jadi apa kita??? mau jadi kaya filipin sekarang??!! Dan kondisi kekinian kita harus mencari penyeimbang mamarika manalagi kalo bukan papabear dibantu china???!!!! Biar kita nonblok tp aman tidak di”predator” oleh negara2 salah satu blok…..krn kita harus akui masih lemah disegala bidang jd mudah utk dikondisikan, dicaplok bahkan dibubarkan NKRI ini menjadi berkeping2 seperti balkan yugoslavia dan unisoviet……mau???!!!

  45. Nice info, terima kasih infonya bung Nara

  46. Setiap baca koment bung Nara, bukannya puas malah semakin haus + penasaran + gregetan.
    banyak uneg-uneg yang ingin saya tanyakan tapi dimulai dari ditambah pasti jawabannya klue + kisi-kisi,…
    sehingga untuk menyenangkan hati sekedarnya meraba kekuatan TNI saat ini (Maklum masih sangat buta), saya ingin bertanya kepada Bung Nar, seandainya kita harus perang terbuka dengan Sonotan+Upil dalam hitungan bulan kedepan, kira-kira secara itungan kasarnya, Bung Nar pegang Siapa? terlepas kita sbg warga negara Indonesia. mohon pencerahannya. Ngarep banget.com

  47. hari ini OBAMA di malaysia,dan najib terlihat sekali sungkem/nunduk didepan kharisma obama..obama meresmikan MAGIC (pusat kreativiti & inovasi global malaysia…..dan obama dianugerahiu dengan satu lapangan dengan dinamai lapangan obama

  48. betul bunq ihsan,sya spendapat denqan anda&bunq jalo.dlm hal ni,amerika memanq lebih munafik,&slu inqin mnanq sndiri.saya jq snqat eneq mlihat tinqkah polah mereka yq inqin menyamai kuasa Tuhan.aplqi denqan sqla camper tanqannya terhadap neqara kita.klo boleh memilih kawan,sya lbih mmilih rusia.walaupun dlm hal khidupan berbanqsa akan lebih baik lq bila kita bsa mandiri&tidak menqandalkan dari salah satu blok.intinya kita harus bisa mandiri dlm slqla hal.slm kenal sebelumnya.

  49. “produksi komponen dan mikroelektronik untuk superkomputer ini mungkin akan dilakukan di Asia Tenggara”..Mungkinkah d Indonesia?

    • mungkin saja…karena kita sebenarnya sudah mampu membuat processor canggih kan…?
      kemarin kalau gak salah ada mahasiswa mana gitu yang menang canggih dalam lomba disain processor di tahun2 kemarin.

  50. Processor canggih.. Sepertinya Belum saatnya.. Yg diperlukan saat ini lab. Utk riset..

 Leave a Reply