Tentara Turkmenistan Adopsi MANPADS Baru Buatan China

19
14
MANPADS QW-2 buatan China tampak dioperasikan oleh tentara Turkmenistan. © Azeri Defence

JakartaGreater.com – Menurut berita tanggal 12 Januari 2018, yang diterbitkan oleh majalah militer online Azeri Defence, Turkmenistan telah membeli sistem pertahanan udara portabel (MANPADS) QW-2 (Syanvey-2) buatan China, seperti dilansir dari laman Army Recognition.

Ini adalah rudal permukaan-ke-udara portabel generasi ketiga yang diluncurkan dari bahu dan dikembangkan oleh China Aerospace Science and Industry Corporation (CASIC) untuk Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) dan pelanggan ekspor.

MANPADS QW-2 dipresentasikan pada saat kunjungan Presiden Turkmenistan Gurbanguly Berdimuhamedov ke unit militer di perbatasan Turkmenistan.

Menurut basis data perdagangan senjata Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI), Turkmenistan telah membeli peralatan pertahanan udara lainnya dari China termasuk sistem rudal pertahanan udara mobile jarak dekat FM-90, sistem rudal pertahanan udara jarak menengah-jauh HQ-9 SAM dan sistem rudal pertahanan udara mobile jarak menengah KS-1A.

Sistem Pertahanan Udara Man-Portable (MANPADS) adalah rudal permukaan-ke-udara yang dapat diluncurkan oleh individu atau sekelompok kecil orang melawan pesawat terbang. Sistem senjata ini sering digambarkan sebagai rudal anti pesawat yang ditembakkan dari bahu.

QW-2 pertama kali dipamerkan ke publik pada tahun 1998 di Paris Air Show dan mulai beroperasi dengan PLA pada akhir tahun 1990-an atau awal tahun 2000-an. Menurut pakar militer, desain QW-2 tampaknya serupa dengan MANPADS buatan Rusia yaitu 9K310/SA-16 Gimlet.

QW-2 menggunakan rudal tembak dan lupakan dengan pelacak inframerah dua warna berpendingin dan roket padat satu tahap serta dapat dioperasikan oleh dua orang. Ini dapat melibatkan target udara pada jarak antara 500 hingga 6.000 meter yang terbang pada ketinggian antara 10 hingga 3.500 meter.

Rudal QW-2 juga dapat dipasang pada kendaraan tempur termasuk radar akuisisi target dan sistem kendali tembak elektro-optik yang dipasangkan pada kendaraan pengangkut.

19 KOMENTAR