Sep 122017
 

ilustrasi : Pilot bersiap terbang malam (commons.wikipedia.org)

Pontianak – Anggota Skadron Udara 1 Lanud Supadio mengikuti latihan terbang malam untuk meningkatkan kemampuan terbang para prajurit.

“Para penerbang tempur Skadron Udara 1 Lanud Supadio ini mengikuti latihan terbang malam hari yang berlangsung tanggal 11 sampai 15 September 2017 ,” ujar  Danlanud Supadio, Marsma TNI Minggit Tribowo, Selasa 12-9-2017 di Sungai Raya, Kab Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Marsma TNI Minggit Tribowo mengatakan, selain bertujuan meningkatkan profesionalitas para penerbang, latihan terbang malam hari itu juga salah satu silabus latihan yang harus ditempuh oleh seluruh “fighter” yang lebih dikenal dengan julukan Elang Khatulistiwa.

“Pelaksanaan terbang malam hari ini mempunyai tingkat kesulitan yang cukup tinggi apabila dibandingkan dengan terbang pada siang hari. Para penerbang lebih banyak menggunakan instrument pesawat dibandingkan dengan penggunaan visual seperti pelaksanaan terbang pada siang hari,” ujar Marsma TNI Minggit Tribowo.

Untuk itu, dibutuhkan tingkat konsentrasi dan akurasi pengendalian pesawat yang tinggi sehingga sewaktu melaksanakan berbagai manuver terbang dapat terlaksana dengan baik dan aman.

Danlanud Supadio menekankan pentingnya mengutamakan faktor keselamatan selama pelaksanaan terbang. Hal ini disampaikan Marsma TNI Minggit Tribowo kepada seluruh personel, baik penerbang, teknisi maupun personel pendukung lainnya termasuk memperhatikan keadaan cuaca yang beberapa hari terakhir cendrung berubah dengan cepat.

“Ppastikan seluruh persiapan yang dilaksanakan sudah sesuai dengan S.O.P yang telah ditetapkan, termasuk memperhatikan situasi cuaca yang terjadi,” tuturnya.

Sebagai penerbang tempur, kemampuan melaksanakan terbang pada malam hari adalah suatu keharusan, hal ini sangat dibutuhkan apabila dihadapkan dengan tantangan tugas para penerbang.

“Dengan adanya latihan ini, kita harapkan para penerbang selalu siap dalam menjalankan berbagai tugas dalam situasi apa pun,” ujar Danlanud Supadio, Marsma TNI Minggit Tribowo.  (Antara).

  3 Responses to “Terbang Malam Para Pilot Lanud Supadio”

  1. Nah…ini yg bikin lifetime pespur turun..xiixix

  2. Latihan terbang malam kayak Batman alias kalong!he3

 Leave a Reply