Terima Versi Khusus F-35, Israel Mulai Menyampingkan F-16

JakartaGreater – Angkatan Udara Israel (IAF) menerima versi uji khusus dari F-35I “Adir”, pesawat uji F-35 pertama di luar Amerika Serikat.

IAF mengumumkan pada hari Rabu 11-11-2020 tentang kedatangan versi uji F-35I di Flight Test Center (FTC) di Pangkalan Angkatan Udara Tel-Nof.

Pesawat tempur itu akan digunakan untuk menguji senjata baru, sensor dan konfigurasi lain untuk versi khusus dari F-35A Joint Strike Fighter Israel, dirilis Sputniknews.com pada Kamis 12-11-2020.

Brigjen Jenderal Oded Cohen mengatakan dalam siaran pers Israeli Air Force ( IAF), bahwa ini adalah “fondasi bersejarah” dalam peresmian dan pengembangan divisi F-35 oleh IAF.”


Angkatan Udara Israel (IAF) menerima versi uji khusus dari F-35I “Adir”, pesawat uji F-35 pertama di luar Amerika Serikat. (@Israeli Air Force)

“Kepada personel Skadron FTC – penyerapan ‘Adir’ merupakan tantangan baru. Saya yakin bahwa berdasarkan keterampilan dan semangat profesional Anda, Anda akan tahu, seperti yang telah Anda buktikan di masa lalu, bagaimana menantang batas Kemampuan ‘Adir’, dan memimpin IAF menuju cakrawala baru,” ujar Komandan satuan Tel-Nof tersebut.

Komandan skuadron FTC Letnan Kolonel Y dalam rilisnya mencatat bahwa tidak seperti pesawat lain, IAF tidak pernah diizinkan untuk sepenuhnya memodifikasi F-35 sesuka hati, yang berarti kemampuan untuk menguji apa yang terbaik pada pesawat akan menjadi yang terpenting.

“F-35I eksperimental akan bertindak sebagai blok bangunan utama untuk memperoleh kemampuan penerbangan baru, dan memungkinkan pemasangan amunisi independen,” katanya.

Pada bulan Agustus 2020, IAF mengumumkan skadron kedua F-35I siap tempur.

Pasukan IAF akhirnya akan menerima 50 pesawat dari Lockheed Martin.

Pada bulan Mei 2020, IAF mengatakan mulai menyampingkan (dropping) skadron F-16I Sufa yang lebih tua, untuk fokus pada modernisasi pasukan dengan lebih banyak pengoperasian jet tempur F-35I.

TERPOPULER

Tinggalkan komentar