JakartaGreater.com - Forum Militer
Mar 122018
 

Terjun HALO Korpaskhas (TNI AU)

Malang – Dari ketinggian 10.000 feed dengan pesawat Casa A 2104 yang dipiloti Kapten Penerbang David, 13 peterjun dari kesatuan Denmatra 2 Paskhas Malang berlatih Halo ( High Altitude-Low Opening), pada Selasa, 6 Maret 2018, di atas Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur, yang dirilis situs TNI AU.

Ke-13 peterjun tempur Korps Pasukan Khas TNI AU itu pemegang brevet terjun tempur dengan kualifikasi minimal jump master, ujar Sertu Chomsin. “Ada juga yang berkualifikasi rigger dan supervisor penerjunan,” ungkap Serka Jatman sebagai tertua dalam penerjunan.

Serka Jatman menjelaskan prosedur latihan penyergapan udara ini. Setiap peterjun saat keluar dari pesawat tidak langsung cabut dan mengembangkan parasut payung Mach-300 yang digunakan. Mereka baru mengembangkan parasut pada ketinggian tertentu.

“Jadi ada masa pelayangan, cabut, dan mendarat sempurna. Dari ketinggan 10 ribu tiba-tiba menuju ketinggian 5000 feet. Semua peterjun harus bisa melaksanakannya tugasnya,” ujarnya sebelum proses latihan berlangsung.

Komandan Detasemen Matra 2 Paskhas Letkol Pas Helmi Ardianto Nangge, S.E. M.M yang langsung menyaksikan latihan menjelaskan, latihan ini untuk melatih prajurit Paskhas dalam melaksanakan inflitrasi dari udara.

Untuk menghindari misi terbongkar, sering kali penyusupan ke garis belakang pertahanan musuh dilakukan melalui penerjunan di ketinggian ekstrim tinggi dan payung terjun baru dibuka pada ketinggian rendah (HALO – high altitude low opening) Sehingga kecepatan, ketepatan dan senyap menjadi bagian yang perlu dilaksanakan dalam latihan.

Tim ini adalah tim pertama yang diterjunkan di satu pangkalan udara yang akan direbut dan menjadi penjuru operasionalisasi misi matra udara selanjutnya, misalnya menginformasikan kondisi meteorologi dan sandi-sandi yang digunakan serta posisi-posisi target berikut yang dituju pasukan atau sortie penerbangan militer berikut.

Prajurit kita sangat mumpuni dibidang ini sehingga lewat latihan ini akan diperoleh prajurit yang profesional dan handal tegasnya.

Bagikan:

  12 Responses to “Terjun HALO, Korpaskhas Berlatih Infiltrasi dari Udara”

  1.  

    Sangat pemberani

  2.  

    terjun HALO saya tahu maksudnya ? jika terjun malam atau siang kalau ketemu musuh ada sapaannya HALO guys.. gue dah nyampai di belakang lo !

  3.  

    tetua penerjunan menyebut pasukan harus bisa melaksanakan penerjunan dari ketinggian 10000 kaki lalu tiba tiba menuju 5000 dengan pelayangan
    latihan yang sangat beresiko
    tidak ada satu pun makhluk hidup yang mampu melayang di udara dan bertahan pada ketinggian tersebut
    ingat di ketinggian tersebut penuh dengan sulur sulur kubah bumi yang mencegah makhluk hidup melayang semakin jauh dan terhempas keluar dari atmosfir bumi

 Leave a Reply