Aug 082016
 

Iran menyatakan siap bekerja sama dan mendampingi operasi bantuan kemanusiaan Rusia di Aleppo, Suriah. Wakil Menteri Luar Negeri Iran Ibrahim Rahimpur secara terbuka menyampaikan keputusan tersebut.

“Tentu saja, kita perlu menciptakan kondisi hidup normal di Aleppo. Seluruh warga Aleppo dan Suriah lelah dengan situasi ini. Kami siap membantu pihak Rusia dalam menciptakan kondisi kehidupan normal di Aleppo dan Suriah. Kami siap utnuk bekerja sama dengan pihak Rusia,” ujar Rahimpur kepada kantor berita RIA Novosti.

Selama ini, Rusia telah mengirimkan puluhan ton bantuan kemanusiaan ke Aleppo dan membantu membuka peluang bagi warga sipil untuk dapat melarikan diri dari kota penuh konflik tersebut serta dari pertempuran.

Wakil menteri menambahkan bahwa masalah tersebut akan dibahas lebih lanjut pada pertemuan mendatang antara Presiden Iran Hassan Rouhani dan Vladimir Putin di Baku, Azerbaijan.

Sejak tahun 2011 silam, Suriah tengah terperosok dalam perang saudara setelah meletusnya protes antipemerintah. Rakyat propemerintah pendukung Presiden Suriah Bashar al-Assad berperang dengan sejumlah faksi oposisi dan kelompok ekstremis. Perang saudara berubah dengan cepat dan meningkat menjadi perang multidimensi yang telah menewaskan lebih dari 270 ribu orang dan memaksa jutaan warga Suriah meninggalkan rumah mereka.

Gencatan senjata di Suriah yang ditengahi oleh Rusia dan Amerika Serikat, sejak 27 Februari lalu, berhasil membawa setitik perubahan baik, yakni memudahkan akses bantuan kemanusiaan ke semua wilayah yang terkepung perang .

  4 Responses to “Terkait Bantuan ke Suriah, Iran Siap Jalin Kerja Sama Dengan Rusia”

  1. semoga suriah cepet damai

  2. akar permasalahan perang saudara di Suriah karena apa? jgn memutarbalikan fakta lah..

  3. Intinya mmarika bermuka dua…

  4. amerika harus tanggung jawab…beri bantuan kemanusian..juga..lah

 Leave a Reply