Jun 052014
 

Ternyata, Anggaran Latgab TNI Capai Rp 500 Miliar

Direktur Latihan Gabungan (Dirlatgab) TNI Letjen TNI Lodewijk F. Paulus didampingi Wadirlatgab TNI Mayjen TNI Serunting Sakti dan pejabat tinggi lainnya menyaksikan pelaksanaan gelar Operasi Mobilisasi Udara (Mobud) di Kawasan Pusat Latihan Pertempuran (PLP) Marinir-5 Baluran Asembagus, Situbondo Jawa Timur, Sabtu (31/5/2014) Dalam Operasi Mobud tersebut, TNI menggunakan 6 Heli serang dibantu 20 Heli Serbu yang mengangkut 160 Prajurit dari Yonif 411/Raider. (Puspen TNI/Tribunnews.com) *** Local Caption *** Gelar Operasi Mobud Latgab TNI di Asembagus

TRIBUNNEWS.COM,SITUBONDO – Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko menyebut anggaran penyelenggaraan Latgab TNI 2014 mencapai ratusan miliar rupiah. Pernyataan ini berarti meralat pernyataan awal yang disebutkan anggaran Latgab 2014 Rp 40 miliar.

Disela puncak Latgab TNI di Karang Tekok,  Moeldoko yang mendampingi Menhan RI Purnomo Yusgiantoro menyatakan kebutuhan biaya latihan lebih dari Rp 40 miliar.

“Untuk satu rudal Exocet saja harganya. Rp 44 miliar, ya nanti kami hitung-hitung pastinya, yang pasti ratusan miiliar,” ujarnya, Rabu (4/6/2014).

Pernyataan ini jelas berbeda dari pernyataan Menhan Purnomo yang menyebut anggaran Latgab 2014.

Sebesar Rp 40 miliar. Pernyataan itu disampaikan Purnomo dan dibenarkan Moeldoko, Selasa (3/6/2014) di atas KRI Makassar.

Saat itu Purnomo dan Moeldoko dalam posisi berdampingan memberi keterangan pers.

Sebagai gambaran, dalam latihaan perang laut Selasa (3/6/2014), dua KRI menembakkan masing-masing satu rudal Exocet MM 40.

Rudal inilah yang disebut senilai Rp 0 miliar per bijinya.

Penembakan rudal itu sendiri digunakan dengan skenario menghancurkan kapal musuh,  dalam hal ini digunakan KRI Karang Banteng.

KRI Karang Banteng yang dihancurkan diperkirakan bernilai lebih dari Rp 100 miliar.

Diperkirakan anggaran Latgab 2014 mencapai Rp500 miliaran.  (tribunnews.com)

  177 Responses to “Ternyata, Anggaran Latgab TNI Capai Rp 500 Miliar”

  1.  

    wajar dong karena kita zaman sekarang gak pake “bambu runcing” lagi buat menghadapi musuh he he

  2.  

    500M apakah sudah termasuk dengan yang di Bali maksudnya yah??

  3.  

    kalo menurut analisa awam saya om,
    mau pakai barang impor ataupun buatan dalam negeri, kalo spek alutsista nya & jumlah pasukan yg ikut sama tetep aja besar anggaran yg dikeluarkan akan sama..

    ambil contoh gini.
    sampean beli honda accord dari jepang, trus sampean pergi piknik ke puncak 6 orang,,
    dibandingkan sampean beli honda accord lokal dgn spek sama jg pergi piknik ke puncak 6 orang..
    tetep aja konsumsi bbm mobil itu & konsumsi utk makan sama toh besarnya..

    ini kalo menurut saya om.
    kalo salah ya mohon dimaafin ya..

    •  

      bedanya kan ini pensil sekali pake,, trus mledug jadi harus beli lageee ngrogoh kocek lageee. Kalo tunggangan sih entah itu getek ato layangan ya seperti yang Bung bilang tggal ngisi bebe’em ,, n ga ancur alias sekali pake.

  4.  

    salam kenal semuanya, porosepuh warjag, as newbie, SR selama ini, jd pengen ikut comment begini:
    sebenarnya komentar Panglima TNI dan Pak Poernomo, juga memiliki makna lain sbb:
    1. sebagai transparansi penggunaan anggaran
    2. Pemerintah dan TNI sudah berbuat yg terbaik yang bisa dilakukan untuk menjaga bangsa ini
    3. Sebagai PsyWar simetris dan Asimetris dapat dilakukan sekaligus, baik melalui doktrin ‘Kampanye Militer’, pengenalan pemberlakuan doktrin baru TNI: ‘Pre-emptive Strike’ serta daya dukung bagi Diplomasi Luar Negeri serta
    4. Indonesia sekarang mampu mengakuisisi suatu Negara yg usil entah itu Sonotan, sonora, Upil ataun yg manapun itu, secara simultan dan dengan biaya yg cukup rendah, cukup sekitar 500 Milyar Rupiah dalam tempo singkat melalui perang kilat dan kerugian minimal
    (semoga benar)

  5.  

    Assalamualaikum semua, mohon ijin nyimak.

  6.  

    banyak pelajar dan mahasiswa indonesia yg berprestasi ditingkat dunia,jago2 matematika,fisika,kimia dll..beri kesempatan dan tantangan kpd mereka utk berkarya dibidang pertahanan/alutsista,pasti bisa!

  7.  

    ajib……
    klo beli lontong dapet brp tuh………..

  8.  

    Para sesepuh lg tiarap semua kayanya neh, lom ada yg nongol. Abis kena yakhon hehehehe, Salam NKRI

  9.  

    nggak apa2 lah..kata si mbah (lupa namanya) kan perang mau pecah 🙂 .jadi hitung2 buat uji kemampuan pengoperasian personil TNI+evaluasi buat TNI..jadi kalau terjadi apa2 sudah tidak gagap lagi.hanya pendapat orang awam.

  10.  

    gw suka gaya loe 😀
    salam kenal bung reymond

  11.  

    Setuju sekali bung Ray…banyak yg bacot nglantur akhir2 ini disini…yg ngelantur itu mmg gak pernah ngrasain rasanya bawa ransel full pack plus tentengan ditangan 4kg jln kaki dari banyuwangi – surabaya…hehehehe…

  12.  

    jadi inget waktu DPR mau bikin gedung baru cuma 800 milyard
    di hajar habis2san…akhirnya gagal total karena PROTES
    .padahal gedung itu bisa di pakai untuk 100 thn untuk melayani dan mewakili seluruh unsur rakyat indonesia..

    •  

      siapa sih yg percaya DPR kemaren? he he he. Karena sudah tidak percaya niat apapun susah dijalankan.

      •  

        @ flores.

        ia juga sih mas…,tapi kan yang meluluskan jatah semua anggaran termasuk anggaran TNI kan mereka semua…
        jadi kalau tak di percaya lagi apa perlu di buat patung lilin juga…?
        agar rakyat mengadu ke DPR yang isinya patung mereka yang terbuat dari lilin.,

  13.  

    Bung Melektect @ Salam Kenal
    Colek dan Tanya Bung Satrio…..
    Pengadaan Al-Qur’An Dikorupsi…
    Ibadah Haji Dikorupsi….
    MTQ Maluku Dikorupsi….
    Latgab Ada Peluang Dikorupsinya Tak Ya….

    Beberapa Kapal Yang Dikaramkan Dalam Latgb Sepertinya Kalau Ditawarkan Kepada Pengusaha Besi Bekas Di Priuk …Bisa Jadi Duit Tuch Yah ….

  14.  

    Ane yakin banyak Warkop yang kecewe kaga ada A 1 nya, Suuk 35, Rafael, Tipun, S Telungatus, Bla bla bla, Obatnya BUKTI bukan List, maca kaga 1 ekor pun yang ditongolin, ni zaman satelit n informasi Don ,semua Warkop ingin tau apa salahnya walo emank rahasia negara nape loe sewot??????? Gw Indro WNI Asli Nama gue Juga Indro bukan Nama Bule, Emank loe bisa nilai nasionalis orang gara2 gw cuma tanya A 1 Don n bikin puisi lebay tentang kebingungan ente ada yang tanya A 1??????

 Leave a Reply