Sep 062018
 

Pesawat pembom tempur Su-34 Angkatan Udara Rusia © Dmitriy Pichugin via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Sukhoi Su-34 (NATO menyebutnya Fullback) merupakan pembom tempur supersonik jarak menengah. Pesawat ini pertama kali terbang pada tahun 1990 dan memasuki layanan pada tahun 2014 dengan Angkatan Udara Rusia.

Dibangun berdasarkan superioritas tempur udara Sukhoi Su-27 Flanker, pembom tempur Su-34 memiliki kokpit lapis baja yang luas untuk tempat duduk bersebelahan kedua awaknya. Jet supersonik Su-34 dirancang terutama untuk pengerahan taktis terhadap sasaran yang berada di darat dan laut serta berperan sebagai pembom, penyerang dan interdiksi disegala kondisi cuaca termasuk dalam lingkungan yang diperkuat sistem peperangan elektronika.

Meskipun pembom tempur Su-34 Rusia ini dibangun berdasarkan model Su-27 yang lebih tua, tetapi mencakup beberapa fitur yang sangat menarik, seperti adanya “toilet” dan “dapur”. Dan dengan kokpit yang luas awaknya dapat berdiri ataupun berjalan disana, seperti diberitakan oleh Business Insider.

Lihatlah beberapa kenyamanan yang ditawarkan oleh makhluk tak terduga, Su-34 di bawah ini.

Simulator kokpit pembom tempur Su-34 terlihat sangat luas © Alex Beltyukov via Wikimedia Commons

Su-34 Fullback tampaknya telah dirancang sedemikian rupa untuk memberi kenyamanan pilot. Alih-alih menggunakan kursi tandem, pilot Fullback malah duduk berdampingan seperti di mobil. Ini tentunya menghemat ruang di kokpit karena pilot dapat berbagi instrumen dan tidak perlu duplikat seperti bila menggunakan kompartemen terpisah.

Untuk naik ke kokpitnya, alih-alih naik menggunakan tangga gulung seperti yang dipakai pilot AS, pilot Rusia ternyata hanya perlu memanjat tangga yang menempel pada roda pendaratan pesawat Su-34 Fullback.

Luasnya kabin Su-34, bisa untuk tidur © Granilux via Youtube

Kini hadir bagian yang sangat menakjubkan. Kabin Su-34 Fullback ini sebenarnya cukup besar untuk bergerak di dalamnya, yang semuanya tak terpikirkan dalam jajaran jet ramping yang diterbangkan oleh militer AS.

Pada pembom tempur Su-34 Rusia, pilot sebenarnya bisa berbaring di kabin jika mereka lelah.

Tempat menampung urine © Granilux via Youtube

Su-34 Fullback menyediakan perangkat ini sebagai tempat menampung air kecil (urinal), semua adalah demi kenyamanan pilotnya.

Dan pilotnya dapat mengemas bekal makan siangnya dalam termos yang praktis ini.

Berbagi

  5 Responses to “Ternyata, Su-34 Pembom Tempur Yang Unik”

  1.  

    ooo..gitu ya..kok baru tau? xixixixi

  2.  

    setahu sy sdri dulu jg unik loh.
    smp di ksh nama si cocor bebek.
    mantap.

  3.  

    xixixixi?kok baru tau…gitu ya….ooooo

  4.  

    Su-34 Fullback the Long Striker Bomber Fighter

    https://www.youtube.com/watch?v=29QwpTVcswE&t=36s

  5.  

    USA sebenarnya memiliki sistem ini lebih dulu dalam F-111 mereka… entah mengapa justru Russia yang selalu malah melestarikanya… Russia meninggalkan sistem sayap ayun yang rumit… tetapi masih tetap mempertahankan posisi pilot berdampingan dan jelas masih mempertahankan fungsi jet tempur bomber dengan kemampuan tambahan mampu melakukan perang dengan pespur lawan…

 Leave a Reply