Terobosan Baru, Rusia Kembangkan Helikopter Mi-28NM

Alutsista –  Helikopter serang Mil Mi-28NM terbaru menampilkan teknologi terobosan, ujar Kepala Perancang Program Helikopter Tempur dari Mil and Kamov National Helicopter Center (bagian Rostec) Vitaly Shcherbina kepada TASS pada Selasa, 18-5-2021, dirilis TASS

“Kami dapat mengatakan bahwa Mi-28NM adalah helikopter yang sangat berbeda baik dari segi ideologi pekerjaannya dan teknologi yang diintegrasikan ke dalam desainnya, dan dapat disebut sebagai helikopter generasi berikutnya atau terobosan dibandingkan dengan helikopter versi dasar.

Helikopter Mi-28NE. (@Rosoboronexport)

Persenjataan onboard Mi-28NM memungkinkan helikopter untuk mendeteksi dan menghancurkan target musuh sepanjang waktu dan dalam kondisi cuaca apa pun saat beroperasi di luar jangkauan efektif pertahanan udara musuh, “ujar kepala desainer.

Rangkaian alat bantu pertahanan canggih dari helikopter ini memungkinkannya untuk bisa mengusir serangan dari sistem pertahanan darat dan udara musuh.

Sistem komunikasi onboard dari helikopter memiliki kemampuan yang berpusat pada jaringan, kata Shcherbina.

“Sistem komunikasi dan telekomunikasi onboard menawarkan kemungkinan bagi helikopter untuk berinteraksi dalam kelompok yang beroperasi di jaringan komunikasi udara dan darat, menerapkan metode kontrol senjata yang berpusat pada jaringan di medan perang, yaitu untuk mendapatkan informasi tentang musuh dan teman dalam mode yang aman dari jammin, tepat waktu dan tanpa penundaan, “tambah kepala desainer.

Desain pesawat tempur Mi-28NM ‘Night Hunter’ sangat berbeda dari versi dasar helikopter, kata Shcherbina. Helikopter yang ditingkatkan memiliki desain badan pesawat baru, mesin modern dan pembangkit tenaga tambahan, peralatan perang elektronik onboard baru, dan senjata canggih.

Helikopter Mi-28NE. (@Rosoboronexport)

Tata letak bagian hidung pesawat helikopter telah diubah untuk memasang sistem penglihatan target baru dan sekarang mengintegrasikannya dengan modul antarmuka drone.

Dalam pekerjaan untuk meningkatkan helikopter tempur ‘Night Hunter’, spesialis dari Mil dan Kamov National Helicopter Center juga menggunakan pengalaman mereka saat mengembangkan helikopter latih tempur Mi-28UB. Secara khusus, kabin depan helikopter baru memiliki sistem kontrol kedua. Kabin awak helikopter juga telah dimodernisasi.

Komandan dan pilot operasi helikopter sekarang akan mendapatkan semua data tentang situasi dan semua sistem onboard dalam jumlah yang lebih besar dan dalam bentuk yang lebih mudah yang akan meningkatkan kesadaran situasional awak, memfasilitasi interoperabilitas dan meningkatkan kecepatan pengambilan keputusan dalam lingkungan pertempuran yang kompleks.

Selain itu, helikopter varian Mi-28 dapat ditingkatkan menjadi Mi-28NM gunships canggih. Rencana untuk memodernisasi helikopter lama Mi-28N / Mi-28NE dan Mi-28UB ke level helikopter tempur Mi-28NM terbaru telah disetujui oleh Kementerian Pertahanan Rusia, kata kepala desainer.

“Sejak 2015, kami telah mengembangkan rencana untuk memodernisasi helikopter Mi-28N / Mi-28NE dan Mi-28UB dasar ke tingkat kemampuan fungsional helikopter Mi-28NM. Rencana ini telah disepakati dengan otoritas militer dan disetujui oleh Wakil menteri pertahanan Rusia. Itu menetapkan peningkatan helikopter dalam proses perbaikan besar,” katanya.

Helikopter Mi-28NE. (@Rosoboronexport)

Pembaruan akan menambah perlengkapan helikopter Mi-28N / Mi-28NE dengan kontrol ganda, kit perlindungan individu dan sistem penglihatan target optoelektronik modern yang mirip dengan yang ada pada Mi-28NM, kata kepala desainer.

Upaya ini juga menetapkan pemasangan stasiun radar onboard generasi berikutnya dan memperluas persenjataan dengan rudal serba guna ringan, senjata pengebom dan roket generasi baru, dan menambahkan opsi untuk beroperasi bersama dengan kendaraan udara tak berawak, kata Shcherbina.

“Diperkirakan upgrade helikopter Mi-28N dan Mi-28UB akan menguntungkan secara ekonomi dan bijaksana untuk mempertahankan potensi tempur dari kelompok kapal perang serang aviasi angkatan darat,” tegasnya.

*Foto: Helikopter Mi-28NE. (@Rosoboronexport).

Tinggalkan komentar