Terobsesi Dunia Militer, Petani di China Membuat Tank

Ide kreatif bisa datang dari mana saja dan siapa saja. Beberapa orang petani di China berhasil membuat tank militer. Peng Haojie, seorang petani yang berasal dari salah satu desa di Provinsi Shandong berhasil membuat tank replika model Type 99.
Ide untuk membuat tank ini berangkat dari rasa tidak puas Peng setelah mengirimkan anaknya ke akademi militer.

Dia merasa apa yang dipelajari anaknya selama di sana sangatlah minim. Peng sendiri sudah tergila-gila dengan dunia militer sejak kecil.Tank model ZTZ99 buatan Peng memiliki model yang hampir sama dengan aslinya, seperti sistem transmisi dan kekuatan mesinnya. Namun, kendaraan lapis baja ini tidak bisa menembakkan meriam. Sistem persenjataan yang ada hanyalah aksesoris. Tank ini memiliki ukuran 10 meter panjang dan 3,5 meter lebar, dan mampu bergerak dengan kecepatan 15 kilometer per jam, sementara Tank Type 99 yang asli mampu bergerak dengan kecepatan 60 kilometer per jam.

Salah satu akademi militer di China rupanya tertarik dengan tank buatan peng ini, dan langsung membelinya dengan harga yang cukup tinggi.Petani lainnya yang memiliki ide kreatif membuat tank adalah Li Guojun. Sejak kecil, dia memang terobsesi dengan kendaraan militer khususnya tank. Diapun memiliki mimpi untuk bisa membuat tank dan berhasil mewujudkannya.
Proses pembuatan tank ini sempat mengalami beberapa kali kegagalan, hingga akhirnya Li yang dibantu beberapa orang temannya yang juga mencintai dunia militer berhasil membuat sebuah replika tank.

Dengan rasa bangga, Li kerap berkeliling kampungnya di sekitar desa mereka di Kangping County, Provinsi Liaoning di Timur laut Cina, dengan menggunakan tank tersebut.

Tinggalkan komentar