Jun 292018
 

JakartaGreater.com – Pesawat tempur F-35B STOVL milik Korps Marinir AS pada akhirnya dibuang dari inventaris setelah dihitung bahwa biaya untuk memperbaiki pesawat tempur tersebut adalah sebesar $ 122,8 juta dan tidak akan sepadan untuk investasi.

F-35B Korps Marinir yang di grounded di Marine Corps Air Station Beaufort pada tanggal 27 Oktober 2016, setelah terjadi kebakaran di udara yang disebabkan oleh kerusakan di “braket” teluk senjata yang membuatnya tidak aman dioperasikan.

Menurut Marine Corps Times, F-35B yang musnah adalah kehilangan pertama pesawat tempur generasi kelima untuk Korps, tetapi belum terdaftar secara resmi karena mungkin masih digunakan sebagai pesawat latih, untuk pemeliharaan atau pun diberikan kepada museum.

“Khusus F-35B yang terlibat dalam diskusi ini, analisis pada biaya dan manfaatnya bagi Korps Marinir AS dalam menentukan biaya perbaikan tidak akan menghasilkan ROI yang cukup untuk membenarkan perbaikan”, kata juru bicara Korps Marinir Kapten Christopher Harrison.

Investigasi atas insiden tahun 2016 menetapkan bahwa braket yang rusak menyerempet kabel listrik di dekat saluran hidrolik pesawat, dimana hubungan singkat arus listrik yang memicu kebocoran hidraulik kecil dan menyebabkan kobaran api di udara. Pilot pesawat memperhatikan kebakaran dengan cepat dan dapat mendarat dengan selamat.

Produksi skala penuh pesawat tempur siluman generasi kelima F-35 Lightning II tersebut diharapkan akan dimulai pada tahun 2019 dengan keputusan akhir tentang masalah yang diharapkan akan dilaksanakan pada bulan Oktober.

Total biaya seumur hidup dari program F-35 ini diperkirakan akan mencapai $ 1,5 trilyun, membuatnya tidak terbantahkan sebagai program perangkat militer termahal dan satu-satunya yang pernah diciptakan. Selain itu, ada banyak kesalahan teknis pada pesawat dan biaya perbaikanya telah membuat beberapa sekutu AS khawatir tentang investasi tersebut.

Diperkirakan hingga Juni 2018 telah ada sebanyak 300 unit jet tempur F-35 dari semua varian yang telah dibangun dan dikirimkan kepada pelanggan.

  2 Responses to “Terungkap, Masalah Teknis Sebabkan F-35B Marinir AS Terbakar”

  1.  

    Saya yakin, itu semua hanya fitnah…

  2.  

    Tp ktnya pespur siluman tercanggih didunia?he3

 Leave a Reply