Test Bakat Terbang Calon Siswa Penerbang TNI AL

Lettu Laut (P) Aditya mengatakan, bahwa kesiapan mental dan fisik yang baik sangat berperan penting dalam pelaksanaan test.

Surabaya, Jakartagreater.com – Aptitude test atau yang disebut dengan test bakat terbang adalah test yang dilaksanakan untuk menguji kemampuan calon siswa penerbang dalam menerbangkan pesawat. Perwira Pembimbing Siswa Lettu Laut (P) Aditya Mulyarajasa Widjaksono yang juga selaku Captain Pilot TB-10 memberikan pengarahan kepada calon siswa Penerbang TNI-AL yang akan melaksanakan Aptitude test pada saat pre flight check pada Jumat 13 Juli 2018 di apron Skuadron 800.

Seleksi yang diikuti oleh calon siswa penerbang TNI-AL yang telah dinyatakan lulus dalam tahap-tahap test sebelumnya, seperti test kemampuan akademik, psikotes, kesamaptaan, kesehataan tubuh luar dan dalam (Medex), dan wawancara.

Oleh sebab itu, dianggap penting untuk dikenalkan tentang ilmu penerbangan seperti cara mengendalikan Ailerons, Rudder, Elevator dan juga mempelajari bagaimana cara Climb, Descent dan lainnya. Dengan mempelajari secara baik dan benar bagaimana sistem kontrol menerbangkan pesawat, maka akan sangat mudah nantinya dalam mengikuti tes, jelas Lettu Laut (P) Aditya selaku instructor penerbang Senerbang TNI AL.

Imbuh Lettu Laut (P) Aditya, bahwa kesiapan mental dan fisik yang baik sangat berperan penting dalam pelaksanaan test. Betapa tidak, dalam menerbangkan pesawat calon siswa tidak boleh takut akan ketinggian yang walaupun baru pertama kalinya baik pesawat.

Begitu pula dengan fisik harus sehat, tidak mudah pusing, fobia ketinggian dan kecepatan pesawat yang diterbangkan. Itu sebabnya mental dan fisik yang kuat mesti betul-betul dipersiapkan dengan baik agar test bakat terbang bisa diikuti dengan lancar. (tnial.mil.id).

Tinggalkan komentar