Feb 262018
 

Anggota Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad yang di usulkan kenaikan pangkat pada 1 Oktober 2018 mendatang, sejumlah 78 orang meliputi Perwira, Bintara dan Tamtama.

Sukoharjo, Jakartagreater.com – Para Prajurit Divisi Infanteri 2 Kostrad wilayah Barat yang diusulkan kenaikan pangkat (UKP) periode 1 Oktober 2018 melaksanakan Test Kesegaran Jasmani pada Selasa 19 Februari 2018 bertempat di Mayonif Mekanis Raider 413 Kostrad Desa Palur, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo.

Test kesegaran jasmani (Garjas) bagi setiap prajurit merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan karena merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi dalam usul kenaikan pangkat (UKP) dengan pencapaian nilai standar Kostrad minimal 75 sesuai dengan kategori umur prajurit.

Test Garjas yang diikuti oleh 6 satuan diantaranya Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad, Yonif Mekanis Raider 412/Bharata Eka Sakti Kostrad, Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa, Brigif Mekanis 6/TBJ, Yonif Para Raider 501, Yon Armed 11 Kostrad dan Yon Armed 12 Kostrad tersebut dilaksanakan selama 4 hari di Mayonif Mekanis Raider 413 Kostrad.

Hasil test kesegaran jasmani ini akan dibawa ke sidang Pangkat tingkat Divif 2 Kostrad sehingga akan menjadi penentu apakah prajurit tersebut layak untuk di UKP kan atau tidak.

Beberapa materi test kesegaran jasmani yang harus dilaksanakan dalam kegiatan Garjas tersebut antara lain tes kesegaran A yaitu lari jarak 3.200 meter, setelah itu dilanjutkan dengan tes kesegaran B meliputi: Pull Up, Sit Up, Push Up, Shutle Run dan postur serta tes kesegaran C kemampuan renang Militer dasar dengan jarak 50 meter.

Anggota Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad yang di usulkan UKP 1 Oktober 2018 mendatang sejumlah 78 orang meliputi Perwira, Bintara dan Tamtama. Pelaksanaan test kemampuan renang militer jarak 50 meter anggota Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 21 Pebruari 2018 serta hari kamis tanggal 22 Februari 2018 test kesegaran A dan B.

Sebelum pelaksanaan Garjas di mulai terlebih dahulu para anggota melaksanakan tensi yang dilaksanakan oleh tim medis dari Ton Kes Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad. Setelah selesai tensi dan dinyatakan memenuhi syarat dari tim medis makan anggota dapat mengikuti tes Garjas. (Penkostrad)

Bagikan Artikel :

 Leave a Reply