Jan 252017
 

Dokumentasi satu unit kapal selam Angkatan Laut Tiongkok di Qingdao, Provinsi Shandong. (AFP / POOL / Guang Niu)

Pemerintahan militer Thailand telah menyetujui anggaran sebesar 13,5 miliar baht (sekitar lima triliun rupiah) untuk membeli kapal selam dari Tiongkok.

Sebelumnya, pembelian kapal selam itu ditangguhkan pada tahun lalu karena adanya kritik publik dan keraguan terkait kebutuhan Thailand akan kapal selam.

Para perwiara angkatan laut Thailand menjelaskan bahwa negosiasi dengan Beijing hampir selesai dan pembayaran kapal selam itu akan diangsur selama enam tahun.

“Kami sedang dalam proses negosiasi namun tahun ini dipastikan ada kesepakatan karena kami memiliki anggarannya,” kata juru bicara angkatan laut Laksamana Jumpol Loompikanon kepada wartawan Reuters.

Sementara itu, Jenderal Chatudom Thittasiri dari Kementerian Pertahanan, mengatakan bahwa militer Thailand juga menganggarkan dua miliar baht dalam tiga tahun untuk membeli sepuluh unit tank dan kendaraan pembantu dari Tiongkok.

Hubungan kedua negara itu semakin kuat, terutama sejak ikatan Thailand dengan Amerika Serikat mendingin setelah kudeta tahun 2014 lalu.

Tiongkok menjadi kekuatan dunia besar pertama yang mengakui kekuasaan junta Thailand. Amerika Serikat menanggapi kudeta itu dengan cara membekukan dana bantuan keamanan senilai 4,7 juta dolar dan membatalkan sejumlah kesepakatan keamanan.

Sumber: Antara

 Posted by on Januari 25, 2017