Thailand Beli 8 Unit Jet Latih T-50 Seharga Rp 3,46 Triliun

Jet tempur latih T-50 Golden Eagle buatan KAI Korea Selatan. © KAI

Departemen Pertahanan Thailand kabarnya telah menyetujui pembelian 8 (delapan) unit jet latih tempur supersonik T-50 Golden Eagle seharga Rp. 3,46 triliun dari Korea Selatan, seperti dilansir dari laman Bangkok Post.

Wakil Perdana Menteri Thailand Prawit Wongsuwon, pada hari Senin menyebutkan, bahwa pembelian tersebut akan dibiayai melalui anggaran khusus Royal Thai Air Force selama tiga tahun ke depan, seperti dikutip Bangkok Post.

“Kementrian Pertahanan telah menyetujui pembelian pesawat latih tersebut”, kata Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha pada hari Selasa (11/07/2017).

Kementerian Pertahanan Thailand telah menekankan bahwa mereka tidak membeli secara eksklusif jet tempur dari China dan masih melakukan pembelian dari negara lain, termasuk Amerika Serikat, sekutu tertua.

Kementrian Pertahanan Thailand menyetujui pembelian tahap kedua untuk 8 unit jet lagi dari kesepakatan tahun 2015 dimana Thailand telah membeli 4 unit jet dari Korea Selatan, kata Prayuth seperti dikutip oleh Reuters pada hari Selasa, 11 Juli 2017.

“Kami memperoleh pesawat latih dari Korea Selatan juga”, kata Prayuth menambahkan.

Tinggalkan komentar