Jul 122017
 

Jet tempur latih T-50 Golden Eagle buatan KAI Korea Selatan. © KAI

Departemen Pertahanan Thailand kabarnya telah menyetujui pembelian 8 (delapan) unit jet latih tempur supersonik T-50 Golden Eagle seharga Rp. 3,46 triliun dari Korea Selatan, seperti dilansir dari laman Bangkok Post.

Wakil Perdana Menteri Thailand Prawit Wongsuwon, pada hari Senin menyebutkan, bahwa pembelian tersebut akan dibiayai melalui anggaran khusus Royal Thai Air Force selama tiga tahun ke depan, seperti dikutip Bangkok Post.

“Kementrian Pertahanan telah menyetujui pembelian pesawat latih tersebut”, kata Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha pada hari Selasa (11/07/2017).

Kementerian Pertahanan Thailand telah menekankan bahwa mereka tidak membeli secara eksklusif jet tempur dari China dan masih melakukan pembelian dari negara lain, termasuk Amerika Serikat, sekutu tertua.

Kementrian Pertahanan Thailand menyetujui pembelian tahap kedua untuk 8 unit jet lagi dari kesepakatan tahun 2015 dimana Thailand telah membeli 4 unit jet dari Korea Selatan, kata Prayuth seperti dikutip oleh Reuters pada hari Selasa, 11 Juli 2017.

“Kami memperoleh pesawat latih dari Korea Selatan juga”, kata Prayuth menambahkan.

Bagikan:

  5 Responses to “Thailand Beli 8 Unit Jet Latih T-50 Seharga Rp 3,46 Triliun”

  1.  

    wah, mestinya Korea Selatan beri bonus ke Filipina nih, karena udah menjadikan T-50 botol pulpen disana 😛 hehehe

    •  

      Seharusnya indonesia bung, .
      Pelanggan luar negri pertama indonesia,..suksesnya T50 membuat filipina kepincut namun filipine mengakuisisi versi yg tempurnya FA50,.
      Kini thailand dipastikan membeli juga,..

      •  

        utk apa beli pertama tapi tak dibuktikan dalam pertempuran sesungguhnya? 😛 xixixixi sama seperti beli smartphone tapi cuma buat telp dan sms doang, penjualnya ya cuma geleng-geleng doang dong lihat kelakuan pembeli seperti itu…

  2.  

    seharusnya pemerintah beli ini jet yang versi tempurnya, harga murah spek lumayan mumpuni… buat patroli namun tetap bisa menyerang..

    •  

      Nanti diterobos sama pesawat Gen 5 gmna? Ngamuk & Ngeluh ke TNI pastinya.
      Itu sisi Selatan sm Utara mainannya dh F-35,
      Bukannya mengusir eh malah jd “mainan” mereka nanti pespur kita seperti kejadian2 dikunci diudara tanpa tau siapa pelakunya..
      Begitulah kura2..
      Imho

 Leave a Reply