Jan 072015
 

Kapal-2

Harian terkemuka Thailand, Bangkok Post, menurunkan tajuk rencana yang mengkritik kebijakan penenggelaman kapal yang diberlakukan oleh Presiden Joko Widodo. Dalam artikel pada Minggu 5 Januari 2015 lalu tim editor Bangkok Post menulis judul “Indonesia Keliru”.

Tim editor Bangkok Post menyebut kebijakan mantan Gubernur DKI Jakarta yang mulai direalisasikan pada awal Desember 2014, dianggap kurang bersahabat, tidak ramah, dan tak diplomatik. Menurut mereka, penyebab Indonesia merugi dan tidak bisa memaksimalkan keuntungan dari sektor maritim karena langkah Pemerintah RI sendiri.

“Indonesia kehilangan banyak ikan, karena hanya orang asinglah yang bisa menangkap ikan yang tidak bisa ditangkap oleh nelayan Indonesia sendiri. Kebijakan itu justru malah mengalihkan isu utama yang tengah dihadapi,” tulis tim editor BP.

Jumlah kerugian yang diklaim oleh pihak Indonesia per tahun sebesar US$20 miliar dianggap hanya dibesar-besarkan. Indonesia pun dianggap tidak memiliki kemampuan untuk menjaga teritori perairannya yang luas, sehingga kerap kecolongan.

“Hal ini terlihat jelas. Presiden Indonesia mengklaim sekitar 4.500 kapal ikan ilegal beroperasi di wilayah perairannya setiap hari. Hal itu sederhana saja, karena Indonesia tidak mampu menegakkan hukum di negaranya dan melindungi teritorinya,” kata mereka.

Namun bukan berarti ketidakmampuan Indonesia untuk melindungi asetnya kemudian dijawab dengan hukuman berat bagi mereka yang melanggar teritori perairannya.

Dalam data mereka, Pemerintah Indonesia melalui TNI Angkatan Laut telah menenggelamkan dua kapal Negeri Gajah Putih dan tiga kapal asal Vietnam. Namun, BP memperingatkan bahwa aksi tersebut bisa menyerang balik Indonesia.

Kebijakan Indonesia, kata BP, berpotensi menimbulkan reaksi dari pihak Vietnam, walaupun hingga saat ini pemerintah mereka belum mengeluarkan pernyataan soal penenggelaman kapal.

“Sebagai contoh, otoritas Vietnam akan mulai melucuti aset warga Indonesia yang dianggap melanggar hukum setempat,” ujar BP.

BP, kemudian menyarankan Indonesia sebagai salah satu negara anggota ASEAN untuk melindungi kesatuan ASEAN menjelang proses integrasi kawasan menuju Masyarakat Ekonomi ASEAN. Rencana baru Presiden Jokowi yang menegakkan hukum dengan tindak kekerasan semacam itu, dianggap BP bisa membahayakan kesatuan di ASEAN.

Bahkan, BP turut menyamakan Indonesia dengan Tiongkok yang ngotot dalam sengketa wilayah di Laut China Selatan, sehingga berpotensi menganggu keamanan di kawasan.

“Indonesia perlu diam sejenak dan membahas masalah ini melalui jalur diplomatik atau berisiko menanggung serangan balik,” kata BP.

Lucunya, BP juga menyebut bahwa Pemerintah Thailand turut memiliki kebijakan penenggelaman kapal bagi nelayan yang melanggar teritori perairan Negeri Gajah Putih.

“Dalam beberapa tahun terakhir, otoritas setempat telah menyita ratusan kapal karena telah melanggar teritori Thailand. Pelaku yang paling sering tertangkap berasal dari Vietnam, Kamboja dan Myanmar,” kata mereka. (viva.co.id).

Bagikan :

  97 Responses to “Thailand Kritik Kebijakan Penenggelaman Kapal Jokowi”

  1.  

    wah rame

    •  

      kita tetap pd pendirian kita klo memang merasa itu benarr…mungkin negara thai’ itu merasa pendapatanx berkurang karena nelayan suruhan mrk tdk bs menyetor ikan kenegarax,emang apa mw nya negara thai’ ? ini wilayah indonesia knp mrk protes hak indonesia menerapkan hukum diwilayahnya lgian orangx diselamatkan dlu dri pd carax papu nugini langsung main bakar tanpa nelayannya diselamatkan. jdi intinya tahailand mw ngajak rame???……..

      •  

        maling pada gerah…krn penghasilannya berkurang jadi nyogok kiri-kanan…utk melakukan serangan media..he7x…kita pake fakta aja…masak sih Thailand dgn luas laut seumprit..ekspor perikanannya bisa lebih besar dari Indonesia…yah pasti ada wilayah yg dimalingi ikannya…..

        •  

          Saya setuju dikerasi, tapi kita juga harus berhati-hati juga, kita juga harus mengingatkan nelayan kita agar tidak melanggar tertori wilayah negara lain, sebab bisa dibalas ditenggelamkan juga oleh mereka.

      •  

        satu2nya yang ane suka dari thailand itu cuma film-filmnya doang + Si Nattasha Nauljam

    •  

      Nantangin nih thailand, kita buat rame

    •  

      problem utama negara kita adalah lemah dalam penegakan hukum.. thailand bisa ngomong spt itu krn penegakan hukumnya lebih baik drpd indonesia, tingkat korupsi mereka lebih bagus dari indonesia.. memang musuh terberat dalam penegakan hukum adalah korupsi-suap dkk..

    •  

      lah mediane aneh, dia mengkritik kebijakan JKW menenggelamkan kapal kriminil, tapi juga membabar negaranya juga sering menenggelamkan kapal nelayan asing??? piye toh 😕

  2.  

    trus masalahnya dimana??..
    kalo kebijakan ini salah dan merugikan RI tetangga mau bilang apa?…
    yang jelas tetangga tukang maling ikan merasa dirugikan…
    maling teriak maling..

  3.  

    Bukti bahwa indonesia menegakkan hukum di wilayah teritorialnya.

  4.  

    Bahaya……

  5.  

    gk usah di dengerin tu thailand,, tenggelemin terus

    •  

      iyo gak usahlah di denger pernyataan BP tersebut toh itu bukan pernyataan resmi dari PM mereka, klu mau berunding ya silahkan tapi keputusan indonesia tetap TENGGELAMKAN KAPAL PENCURI IKAN DI LAUT INDONESIA.

    •  

      Justru masukan Thailand harus kita terima.Kita sampai saat ini belum bisa memaksimalkan kekayaan laut kita untuk kemajuan bangsa ini. Terutama nelayan lokal kita yang belum bisa memanfaatkan hasil laut yang melimpah. Dapat tangkapan banyak susah karena sebelum sampai ke pelelangan sudah rusak. Dapat sedikit juga tidak cukup mendapat ke untungan.

      Sudah saatnya pemerintah mendengar keluhan nelayan,kemudian atasi kesulitan mereka
      Sediakan kredit lunak untuk nelayan agar bisa beli kapal besar dilengkapi cool storage,.Bikin BUMN khusus untuk nelayan tugasnya sebagai pengumpul ikan tangkapan nelayan. Dirikan pabrik pengalengan ikan dsb. .

  6.  

    INI THAILAND GAK NGERTI JUGA, YANG DIBAKAR DAN DITENGGELAMIN KAPAL NELAYAN YANG TIDAK LAYAK KAN CUMA 2 , SISANYA KLO MASIH BAGUS DILELANG….
    MAKANYA KLO NYURI IKAN KIRIM KAPAL YANG BAGUS BAGUS BIAR GAK DITENGGELAMIN TAPI DILELANGG.
    KAYAK KAPAL CHINA GK BERANI TENGGELAMIN

  7.  

    Artikel lucu..karena slama ini hukum tdk tegas mereka2 maling ikan..jfi pas jokowi ya hukum di pertegas..kn logikanya begitu..knp hukum di ind jdi tegas malah di blang keliru?..setelah itu yg namanya mencuri dmana2 tindak pidana..mau alasan apa aja klo mencuri ys salah..knp alasannya krena nelayan indo ga sanggup mengoptimalkan lautnya sendiri mka mreka nelayan asing boleh mencuri ikan ?.. aneh ..itu org thailand sekolah kga si..di sekolah kga pernah di ajarin klo mencuri itu salah..wong edan

  8.  

    MALING TERIAK MALING…!!!

  9.  

    jangan peduli kata negara lain , indonesia menengelamkan kapal asing
    adalah hukumnya wajib ini membuktikan indonesia negara yang tegas….
    komentar dari negara thailand membuktikan bahwa thailand membela nelayannya yang selalu mencuri di negara orang padahal thailand tak mau kecolongan hasil kekayaan alam yang mereka punya . negara yang egonya sangat besar

  10.  

    “Indonesia kehilangan banyak ikan, karena hanya orang asinglah yang bisa menangkap ikan yang tidak bisa ditangkap oleh nelayan Indonesia sendiri” tulis tim editor BP.

    Indonesia pun dianggap tidak memiliki kemampuan untuk menjaga teritori perairannya yang luas, sehingga kerap kecolongan.

    “Hal itu sederhana saja, karena Indonesia tidak mampu menegakkan hukum di negaranya dan melindungi teritorinya,” kata mereka.

    nah kurang ajar kan cara mereka memandang / menyepelekan kita, yang bersumber dari kelemahan sikap kita sendiri di masa lalu (to hell with ‘thousand friends’)

    baru kemarin saya tulis,

    danu says:
    January 6, 2015 at 9:18 pm
    yang penting penjarahan lautan RI oleh orang asing harus dihentikan karena itu menyangkut masalah kedaulatan dan kehormatan bangsa.
    pembagian lahan antara perusahaan besar dan nelayan tradisional bisa diurus kemudian…

    jadi gak usah sotoy lagi pake mempermasalahkan klo ada gak ada asing perusahaan2 besar dalam negeri yang berkuasa dsb, apalagi menilai bu susi pencitraan, gak ada kerjaan lain dst.

    ini masalah prinsip, masalah kedaulatan…

    ngapain pada nongkrong di formil jika masalah mendasar begini gak paham…

    •  

      Betul bung danu..perkara kedaulatan ga ada istilah thousand friend..uda bau busuk banget masalah” kaya gini..masyarakat jgn phobia akan perubahan yang lebih baik..starting point memang sulit..tapi hasilnya yg kita inginkan..perubahan yg lebih baik..

      •  

        Setuju bung danu..kedaulatan harus dikedepankan,klo ga tegas kapan mau dipandang bangsa ini, sama thailand aje dah diremehin gitu, semangat asean tai kucinglah..!!! Mana yg katanye sahabat..!! Ko malah nikam dari belakang, maling diperairan indonesia..klo mo fair terima konsekwensinye ya harus dihukum(tenggelemin). Yg lucunye thailand menerapkan hukum serupa.dasar pe’a..!!!

        •  

          ‘Thousand friends’???….prinsip begituan menurut saya brarti presidennya yg takut dengan kata PERANG hehehehe..klo ga salah itu prinsip era SBY ya??apa Jokowi jg pake prinsip itu???..oohhh Bung Karno kami rindu sosok presiden seperti Engkauuuu…!!!!!

  11.  

    Tidak usah di hirauwkan, gertakan doank ,…..lanjutkan bu susi penenggelaman kapal biar tahu tuh thailand industri perikanan nya sekarang kesusahan, dan sekarang sangat dirasakan oleh masyarakat di dalam negri harga ikan laut cenderung turun harganya,…lanjutkan

  12.  

    Yg nulis wartawan Vietnam di media Thailand kayak nya niii…..

  13.  

    Toh intinya kalau kita ndak berani kasar mereka ndak akan jera. Yang namanya maling dimana mana kalau ketangkep ya dieksekusi, undang2nya kyak gmana, kalau emang harus dibakar biar kapok ya dibakar habis aja. Saya merasa pemerintahan yg dulu kurang tegas dan beginilah akhirnya. Ini laut kita! !, lihatlah pandangan tetangga2 kita, mereka melihat kita sangat lemah! !
    Mereka memandang ketegasan kita seperti tiongkok berambisi di lcs, ke.ter.la.luan! !
    Jangan jadi bangsa bermental tempe.
    Saya sudah muak dengan tetangga2 kita yg selalu memandang rendah rakyat indonesia.
    SALAM NKRI.

  14.  

    SY YAKIN SELURUH RAKYAT INDONESIA MENDUKUNG KEBIJAKAN PENENGGELAMAN KAPAL IKAN ILLEGAL. SAYA BERHARAP PEMERINTAH TERUS BERTINDAK TEGAS TERHADAP MALING2 IKAN ASING ITU. TAILAND TIDAK BERHAK MENGATUR URUSAN DALAM NEGERI INDONESIA. MALING DI HUKUM KOK PROTES MA YG PUNYA RUMAH DASAR NEGARA ANEH. NGERTI HUKUM GAK SIH BANGSA THAILAND???? GO TO HELL THAILAND.

  15.  

    Negara se umprit aja belagu luh thai maling…maju terus ibu susi! Thai bingung…mau maling dimana lagi dia??

  16.  

    “Hal ini terlihat jelas. Presiden Indonesia
    mengklaim sekitar 4.500 kapal ikan ilegal
    beroperasi di wilayah perairannya setiap hari. Hal
    itu sederhana saja, karena Indonesia tidak
    mampu menegakkan hukum di negaranya dan
    melindungi teritorinya,” kata mereka..
    terima kasih atas kritiknya,,artinya pr buat pemerintah untuk menambah alutsita yg d perlukan untuk bisa mengcover seluruh wilayah NKRI dari para maling..tapi jangan d samakan spt tiongkok yg mengclaim LCS,,ini sdh bicara kedaulatan,gak berhak Negara anda mengatur..klo perlu bakar & tenggelamkan lalu d liput oleh seluruh media lalu kirimkan ke kedubes mereka..

  17.  

    gak perduli negara lain menggonggong janji ada yg maling di laut indonesia harus di tindak tegas……….pak jokowi lanjutkan………….rakyat ada di belakang bapak.

  18.  

    sodara… ada kabar kalo thailand dan vietnam sedang terjadi kekurangan ikan,perusahaan pengolahan ikan mreka mendekati bangkrut alias goyah krna nelayan negara mreka sudah tidak lagi dpt menyuplai ikan sebanyak dulu sbelum ad pelarangan ilegal fishing.
    Mereka tdk lagi bisa ekspor ikan tuna k negara lain.
    Media ini marah krna pengaruh hukum tegas yg d terapkan indo mulai mengganggu ekonomi perikanan mreka.

  19.  

    Aneh juga cara pikir media sana mengkritik kelemahan RI tetapi ketika RI ingin membenahi mereka teriak tidak terima. Otaknya dimana orang thai ini.

    Satu sisi pemerintah juga harusnya malu dan sadar bahwasannya nelayan kita tidak becus menangkap ikan karena tidak di support oleh pemerintah.

    Pencurian ikan berkurang tapi harga ikan tetap melambung tinggi. Ini Gila!!!

    •  

      Ini efek non permanen bung Boldun. Dengan moratorium dan tindakan tni, maka suplai ikan hanya dari kapal domestik terdaftar di perairan tertentu. Sebelumnya, selain di ekspor ke negara masing-masing secara ilegal, ada juga ikan tangkapan kapal asing yang dijual di pasar dalam negeri.
      Sekarang supply melorot drastis, padahal demand bertambah (gara-gara iklan makan ikan yang nongol ibu susi 🙂 ) mudah ditebak harga pasar akan membubung tinggi….
      Tapi jika setelah ini, distribusi dan pencarian ikan mulai digalakkan oleh nelayan domestik, dengan bantuan pemerintah tentunya, pasti supply akan lancar dan harga kembali normal.

      Saya malah sangat setuju harga ikan melambung tinggi, supaya makin banyak rakyat kita yang terpancing/terpanggil untuk ikut melaut, mendulang kekayaan sda yang dapat diperbaharui ini, kemudian dengan manajemen yang baik dari pemerintah, tinggal selangkah lagi nelayan kita akan jadi tuan rumah di negeri sendiri…so please, jangan alergi dengan kenaikan harga produk domestik. Ikan, Beras, Sayuran, Buah lokal adalah kekayaan kita. Harga yang pantas adalah penghargaan kita atas jerih payah bangsa kita yang mayoritas adalah petani dan nelayan.

      Dan jangan lupakan, ketahanan pangan adalah salah satu unsur dasar kekuatan militer suatu negara! colek mi if aem werong….

  20.  

    Sangat keliatan sekali Komunitas asean yg katanye sahabat tapi wataknye pade maling..!! Batalin aje perdagangan bebas asean..keliatan mereka sangat 2 tau kelemahan indonesia yg kurang bisa menjaga teritori lautnye yg luas, tapi alangkah bagusnye ga perlu ambil keuntungan nelayanye disuruh maling dimari dah gitu dibelain karena kebijakan penenggelaman kapal yg maling..apa itu SEMANGAT ASEAN..?? Omong kosong lah..klo emang ada tuh semangatnye untuk menciptakan komunitas yg kondusif,& saling menghargai suruh nelayanye jgn nyolong dimari..kasih arahan itu baru tetangga yg baik. Bukanye memanfaatkan kelemahan tetangganye..

    ….NKRI HARGA MATI….

  21.  

    kebijakan sudah bagus,langkah diplomatiknya kurang efektif kenapa ? klo perlu sehabis
    di tenggelamkan di kenakan denda sesuai hasil tangkapan berton ton ikan curian tsb.
    hal ini perlu di bicarakan di tingkat menlu agar dapat menjadi BATASAN buat fihak2
    yg mencoba melanggar territory NKRI. nah mau ngak mau negara lain akan mengeluarkan
    peringatan terhadap nelayan mereka agar ngak melaut di tuk mencuri ikan di negara lain.
    serangan balik ? ohh kalau begitu kita serang secara mendadak si thai itu, coba aja klo macam2!!

  22.  

    Mengantisipasi berbagai hal akibat kebijakan menetapkan indonesia sbg poros maritim, dan juga dalam mengatasi pencurian ikan, indonesia perlu dibekali kapal patroli dan kapal perang yg dipersenjatai dng senjata yg mematikan, dng pandangan kalau mau patroli dan menjaga wilayah laut kita jng tanggung2, bkn hanya krn fungsi, kalau yg dihadapi tdk bisa diajak diplomasi maka kita yg harus mempersiapkan diri dengan alutsista dan amunisi yang berlebih juga logistik yg berlebih juga cadangan logistik pangan, bbm, amunisi dsbnya termasuk suku cadangan yg berlebih juga. Adakan kapal patroli dan kapal perang utk lima tahun ke depan tdk bisa hanya 6 unit melainkan puluhan atau bahkan kalau perlu ratusan setelah memperhatikan potensi konflik dan karakter dr negara2 yg nelayannya menangkap ikan secara ilegal di wilayah laut kita, perlu dibuka galangan2 kapal perang dan kapal patroli baru di berbagai daerah, utk bisnis industri perkapalan bisa mengadakan kapal angkut, kpl penumpang, kpl tangker, dsbnya selain kpl utk kepentingan militer, termasuk dlm penyediaan suju cadang, sudah saatnya ada lembaga atau institusi atau lembaga yg sdh ada utk melakukan penelitian dan pengembangan serta produksi mesin kapal perang, kapal patroli, kapal tangker, kapal angkut, dsbnya. Harus rubah pola pandang dana dari mana, kalau tdk dicoba bgm kita bisa tahu kalau rencana itu bisa berhasil, indonesia dlm hal ini pejabat dan pegawai serta masyarakatnya terjebak pada rasa puas diri dng yg sdh ada, sadarlah perjalanan bangsa kita indonesia masih jauh dr harapan pendiri bangsa. Keluar dr tempurung keterbatasan otak kita bhw diluar sana jika kita berkembang kita akan mati, tdk semuanya itu benar, asal kita sdh punya pedoman bagaimana cara kita hidup sbg bangsa indonesia yang baik, benar dan besar.

  23.  

    serupa malay, thai juga di beking us, makanya mereka berani mengkritik kebijakan INDONESIA

  24.  

    Sudah saatnya pemerintah memberikan suntikan kepada PT D.I, Lapan,Pindad, PT. Dahana, atau kalau perlu dng meminta bantuan atau kerjasama perusahaan anaknya Prof. Habibie dng BUMN2 di atas atau dng BUMN lain utk membuat mewujudkan heli gandiwa multirole dng 2 mesin yg dilengkapi persenjataan, dilengkapi kemampuan sonar, infra merah, penglihatan malam, kompter 3 dimensi, fire searching, rudal anti rudal, torpedo,senapan mesin 6-8 laras dimasing2 wing dan di belakang juga di depan, dilengkapi flare uyk mengecoh rudal yg ditembakkan musuh, kalau berhasil dibuat coba dibuat 2000 unit lebih, kapal perang dibuat paling tdk dng luas jumlah pulau krg lebih 13000 -15000 pulau, indonesia perlu memiliki minimal 1500 unit kapal perang dr berbagai jenis dan ukuran (paling tdk perlu utk dikembangkan kapal perang dng ukuran 165 m dan 180 m dng bobot 4500- 6000 ton, trimaran, kapal pemburu ranjau, kapal cepat rudal perlu diperbanyak) dan 800 unit kapal patroli, utk keperluan SAR, indonesia perlu 600 unit, kapal survei indonesia perlu sebanyak 100 unit. Saya agak lucu dng pimpinan TNI dan mrk yg menetapkan jumlah kapal selam indonesia minimal 12 unit, itu dulu waktu tetangga kita jarang ada yg punya kapal selam, urk mengimbangi kawasan dan negara tetangga, adalah logis dan rasional apabila indonesia memiliki kapal selam sampai mencapai 100-170 unit, paling tdk 50 unit. Lalu ada transparan atas penggunaan biaya penelitian juga utk proses pengadaann barang dan jasa termasuk alutsista di TNI sendiri.

  25.  

    Hajar teros si malinng ikan kami rakyat indonesia mendukungmu…..

  26.  

    Sikat jg nih si Ong Bak…
    Dendam sepak bola mari sekalian kita lampiaskan….haha

    Urus dulu noh negara loe, demo gede gak jelas ampe rusuh…

    •  

      emg indonesia gak pernah demo rusuh tah inget mei 98 tuh

    •  

      Kalo ong bak udah kegiles the raid bung. bintang-bintang the raid setelah “Fast Furious 6”, “Man of Taichi”, sekarang juga di “Beyond Skyline” dan sebentar lagi “Starwars 7: The Force Awakens”, sementara Tony Jaa belum denger kepake di film holly manapun termasuk Fast Furious 7… colek mi if aem werong… 😎

  27.  

    Huuaahahaaa… aneh bin stresss…otak media thai ini isinya apa yaaa… ta’ kasi tau ya kaka… maling itu gak boleh… dosa tau…

    trus gimana nih tanggapan pemerintah thailand sendiri?

  28.  

    Utuk mengantisipasi terjadinya konflik antara indonesia dng negara2 tetangga yg berbatas laut, darat dan udara, maka mulai saat ini indonesia harus memberikan pada pos perbatasan, dng cara menambah pos perbatasan tiap 20 km, tiap pos ditempatkan 70 personil dng pembagian 40 org personil menjaga perbatasan, 30 org personil patroli, yg dr 30 org dibagi menjadi 3 tim,tiap pos perbatasan mulai dibangun infrastruktur jalan, jaringan telekomunikasi, gardu listrik matahari, atau tandon gas, parabola, satelite darat spy personil yg bertugas diperbatasan tdk ketinggalan informasi dr berbagai dunia yg tdk disiarkan oleh televisi yg siarannya berhasil diperoleh oleh parabola, juga utk komunikasi tatap muka antara personil dng keluarganya dng menggunakan skype, yahoo massanger,facebook dsbnya, sdh saatnya tiap pos perbatasan dilengkapi plng tdk heli serang ringan,heli angkut,panser,tank medium,tank amphibi, kapal patroli sungai dan rawa yg dipersenjatai RPG,pelontar granat, 1 meriam 6 laras cal 30 mm, 2 unit meriam msng cal 12,7 mm dimasing2 buritan,peluncur rudal, Pelontar UAV dan UAV yg dipersenjatai,sepeda motor trail,truk angkut amunisi, angkut personil, bungker bbm,obat2an,makanan dan minuman,amunisi juga persenjataan serta alat bengkel, ditiap pos perbatasan ditempat penduduk trans paling tdk 100 kepala keluarga, yh diberikan lahan

  29.  

    Hidup bu susi!

  30.  

    Sante2 sruput kopi dulu itu yg ngomongkan cuman media bukan pemerintah Thailand. Kalau pemerintah Thailand tau dibacotin kayak gini di JKGR pasti mereka pada bingung knapa mereka dibacotin, orang mereka gak pernah komen kayak yg disebutin media.

  31.  

    Media sudah gak indenpenden lagi..ini request dari pengusaha2 ikan+pemerintah thai’

  32.  

    Apa hubunganx sama tiongkok ini negara kami INDONESIA…lagiankan udah dikasih tau jauh2 hari INDONESIA Akan nindak tegas pelanggaran dilaut … Lanjutkan bu susi ….

  33.  

    Mau menekan kami dengan bawa2 Asean? Kalau ASEAN Mau langgeng, Hormati Kedaulatan Kami.

  34.  

    Logika Bangkok Post ini ibarat begini: Saya punya pohon rambutan di halaman rumah, tapi saya ngga bisa ngambil buahnya karena ngga bisa manjat pohon dan ngga punya galah. Maka kemudian sah-sah aja kalo tetangga saya diem-diem lompat pager dan nyolongin rambutan dari pohon saya.
    Waktu tetangga ini ketahuan, langsung saya tempeleng. Tapi tetangga saya ini masih ngotot ngga ngerasa salah dan malah teriak2: “Apa ngga bisa dibicarakan baik2?”

    Lha padahal sebelumnya si tetangga ini udah saya kasi warning: “Kalo loe masih nekat nyolong rambutan gwe, loe bakal gwe tempelengin”. Eh giliran ditempeleng, ngga terima dan pake ngancam “awas loe gwe bales, gwe laporin babe gwe juga”

    Maka sudah seharusnya dijawab balik: “Masih mending cuma gwe tempeleng. Laen kali gwe ajak abang gwe ikut hajar loe sampe babak belur, abis itu loe gwe arak telanjang keliling kampung!! “

  35.  

    Sy usul.Gimana kalau Thailand jadi propinsi selanjutnya.Kan nelayannya jadi nggak dianggap maling lagi.

  36.  

    Kalo gak mau kapal nya dibakar jangan nyolong gtu aja kok repot, aneh nih udah salah kok sok suci mana ada maling yg ketangkep cuman dilepas tanpa kena hukum apa maksdnya sih kalo kapal udah disita kan udah jadi hak negara yg bersangkutan krn kapal itu termasuk barang bukti kejahatan mo dibakar ya terserah otoritas negara tsb donk toh ABKnya juga gak di apa2in langsung dideportasi apa ini yg nama thousand friend jadi bisa berbuat seenakanya sendiri di rumah teman termasuk nyolong

  37.  

    Dasar hipokrit bin sempit wawasan nih media…

  38.  

    Gimana nasib 22 kapal cina yg ditangkap ? Apakah sudah dibakar ? Atau akhirnya duselesaikan dengan cara kekeluargaan dan bicara hati ke hati seperti printah susi ?

  39.  

    Maling selalu membenarkan alasan tindakannya…

  40.  

    Ini artinya,tambahin kapal destroyer dan patroli lepas pantai, tambahin kapal selam dan radar pantai, tambah kapal patroli kkp dan bakamla, kasih nelayan kapal besar dan latih penggunaannya, kembangkan industri pengolahan ikan dalam negri, tingkatkan ekspor perikanan ke thai, tambah cn 235 patmar di tiap alki dan perkuat kebijakan penghancuran kapal ilegal

  41.  

    Kalau ga mau di tenggelemin, ya jangan maling…gitu aja kok repot….

  42.  

    Jokowi : apa saya perlu tenggelamkan bangkok juga !!!

  43.  

    Bener juga…klo ga mau di tenggelamin..thailand di jadiin provinsi NKRI aja..sama malaysia dn singapura..jadi cita2 gajah mada dlu jman majapahit terulang kembali..jdi mreka bsa nangkap ikan di mari..itulah solusinya..krim jwban ke bangkok post kaya gni..pasti mantap.dn masuk akal tentunya..drpda artikel mreka yg kga logic..

  44.  

    Mmm lucu, ini koran sahamnya milik sapa ya? Jgn2 punya yg suka ngambil ikan. Biarin aja tuh……

  45.  

    maju terus bu susi/pak jokowi……. enak saja thailand maling ikan tapi tidak mau terima resikonya…dasar negara maling…. sudah salah masih menyalahkan orang lain…

  46.  

    terus kalo pager rumah gua ada bolongnya ente bisa seenaknya masuk dan ngelompatin pager gue??!!! helooo yg ada gw tempeleng lo

  47.  

    “Bahkan, BP turut menyamakan Indonesia dengan Tiongkok yang ngotot dalam sengketa wilayah di Laut China Selatan, sehingga berpotensi menganggu keamanan di kawasan.”

    Ya, kami malah senang disamakan dengan Tiongkok, berarti mental kami sudah mental negara besar, bukan mental inlander seperti kalian.

  48.  

    Poros Maritim sendiri ..sebuah ide briliant dan keharusan.

    agenda “Penenggelaman Kapal Ikan” tidak ada salahnya di kaji ulang.
    apa manfaat ekonominya ?, apa dampak politiknya?
    tentu dalam bungkus penegakan hukum serta kedaulatan.

    sebuah kebijakan agresiv yg dijalankan secara KASAR memang mengundang reaksi balik,
    pemerintahan terdahu menggunakan diplomasi soft dan Hard dlm MEF,
    tidak ada salahnya mengikuti pola lama “thousand friends zerro enemies”
    buat kondisi negara tetangga merasa bersahabat dan selalu menjadi teman, tanpa menukar nasionalisme kita dgn kepentingan asing.

    “Tujuan Kebijakan poros maritim ini pastinya menitik beratkan pondasi ekonomi Negara pada Industri Maritim itu sendiri”

    Alih2 ditenggelamkan sehingga menimbulkan ketegangan antar negara tetangga jelas memang tidak produktif., lebih baik justru diajak kerja sama, lautan Nusantara sangat Luas, tapi pastikan tangkapan IKAN dari wilayah NKRI diserahkan kepada Badan Usaha Negara ini pula, dgn tetap menggunakan mekanisme trading, semua senang, semua kebagian rejeki.
    tentu z harus dibuat aturan2a tersendiri, misalnya :
    Kapal,crew nelayan asing harus didaftarkan kepada regulator (bakamla), ada bea jaminan, membuat perjanjian penyerahan hasil tangkapan kepada pihak Indonesia.
    bagaimana dgn pelanggaran2 atas perjanjiannya…?
    katakan Jika ada Nelayan Asing membawa hasil tangkapannya kabur keluar teritori, langsung ditembak ditempat pun …gue setuju.!!! hehe.

    alternatif ini meringankan Negara dlm pengadaan Armada Kapal yg diperlukan.

  49.  

    Perintah penenggelaman kapal asing ilegal justru dibuat untuk melindungi nelayan dan aset dalam negeri, tegas bukan berarti kejam ini yang harus diperhatikan oleh Thailand.
    Justru Thailand sendiri yang patut dipertanyakan kenapa mereka memperbolehkan US untuk membuka penjara”Guantanamo” di tanah mereka?

  50.  

    ini adalah tangtangan dari media kacangan thailand yg songong, yang harus dijawab oleh TNI dengan mewujudkan TNI-AL yang kuat, solid dan bersih………………Lanjut bu !!!

  51.  

    Betul2 songong tu sitai kucing,,,klu berak tu cebok dlu,,emang tu media ngk tau dri,,HIDUP NKRI

  52.  

    Maling pasti undang2 dan hukum pasti dianggap salah…bangkok..atau bengkong…

  53.  

    yg jadi masalah.. gimana nih caranya gue punya kapal tuna secepatnya sebelum pada punya pikiran yg sama ?

  54.  

    Galakkan nelayan indonesia dan sarananya hasil ikan nelayan

  55.  

    Baru tahu sekarang, ternyata di Astengg ada maling koplak selain malingsia..

  56.  

    Teruskan jangan gentar big brather…tunjukkan kewibawaanmu. Mreka bilang begitu karna sudah mati rasa, bertaun2 ktbiarin nyolong bgt hukum ditegakan malah protes. Ledakannya kurang masif minimal 5kpl/hr,tq

  57.  

    terima kasih bangkok post…..artikel anda menyadarkan kami akan potensi ikan dan menyatukan kami sesama warga indonesia…. minimal warga jkgr. kesempatan emas bagi nelayan lokal apalagi klo bisa ekspor…. duit pajak nya lumayan bwat beli destroyer

  58.  

    tuh nglunjak kan ……
    tuh sok paling bener kan padahal jelas maling …..
    tuh yang katanyah ngaku “teman” sesama anggota asean
    begitu terusik kepentingan nasionalnya langsung koar-koar mengancam …….

    jangan pernah tunduk terhadap tekanan asing …… jadilah bangsa besar yang pemberani

  59.  

    dipikir2 tuh media thai berhasil mengadu domba

  60.  

    Kalau saya,punya ide gila.
    gimana kalau nelayan2 demit asing ini,di sabotaje aja…lubangin aja tuh kapal asing.biar tenggelam skalian awaknya.dg begitu,TNI hemat amunisi,bom,biar tetangga ga berisik.

  61.  

    poros maritim yang digadang oleh presiden jokowi memiliki 2 tujuan utama (menurut persepsi saya).
    1. dari segi hukum dan ekonomi. secara garis besar kita semua sudah banyak yang tau tujuannya.
    2. dari segi hukum dan politik. cara BP menyamakan kita dengan tiongkok ada benarnya. hanya saja perbuatan yang dilakukan chgina lebih ngawur bila dibandingkan dengan indonesia. tiongkok tidak punya alasan kuat, kemudian melakukan “percobaan” klaim sepihak ataupun yang telah dilakukannya (bukan lagi klaim sepihak: konflik china-vietnam sebelumnya, china memenangkan sengketa dengan senjata. cari sendiri. saya lupa). tujuan china adalah mendapat wilayah baru dengan cara occupation atau pendudukan. sama seperti crimea oleh rusia. atau timor timur oleh indonesia. meskipun dilakukan melalui jajak pendapat. intinya adalah memasukkan wilayah yang bukan miliknya, menjadi miliknya. SEMENTARA indonesia tidak seperti itu. indonesia melakukannya di teritorialnya sendiri. dan BP mengakui itu. JELAS BEDA. secara politik, saya menganngap presiden jokowi adalah politikus jenius. dengan menegaskan teritorinya melalui cara seperti ini (musuhin nelayan asing, sebenarnya musuhin klaim sepihak negara asing), kita tinggal menunggu waktu saja sampai negara-negara tetangga kita mengetahui dengan dengan jelas mana batas-batas wilayah kita, tanpa perlu kita beritahu secara langsung. sama seperti israel dengan tank nya melawan sipil, dibelakang tank ada perluasan permukiman. tapi kita bukan israel. indonesia juga gak seneng ngafirke kancane dewe.

  62.  

    Supaya bertetangga tetap baik dan tidak ada penenggelaman kapal asing caranya mudah yaitu orang asing tidak usah nyuri ikan di laut RI, selesaai. Masalahnya mereka sudah terbiasa kongkalingkong dengan TNI AL dan KKP, daftar 2 kapal yang datang 10 kapal. Harusnya mereka beli BBM non subsidi, mereka dikasih BBM subsidi illegal. Kalau pura2 ada penangkapan kapal, mereka ikut lelang murah dan kapalnya diambil kembali. Sekarang dikerasin ya iyalah mereka gusar.

  63.  

    Malon detected!!!

 Leave a Reply