Thailand Mantap Akusisi Penuh T-50TH

Thailand telah menyetujui untuk membeli lagi tambahan delapan pesawat latih serang T-50 Golden Eagle dari Korea Selatan, menambah empat pesawat yang sudah diakuisisi pada tahun 2015.

T-50 atau TA-50TH pesanan Thailand akan menggantikan armada pesawat latih serang L-39ZA / ART Albatros.

Menurut spesifikasi yang dirilis sebelumnya oleh KAI, TA-50TH akan sepenuhnya mampu bertempur, dilengkapi dengan fire control radar Elbit EL/M-2032, Databus MIL-STD-1760 dan data Link 16.

Sepertinya sebelum memutuskan pembelian FA-50TH, Thailand sudah mempertimbangkan dan membandingkannya dengan pesawat latih serang lain, seperti Yak-130, M-346 dan pesawat latih terbaru Scorpion.

Terlihat dari diagram infografik, T-50 memiliki spesifikasi kemampuan yang lebih baik dari pesaingnya, baik pada kecepatan, kemampuan menanjak dan daya muat persenjataannya.

Beberapa waktu sebelumnya, Filipina melengkapi FA-50PH miliknya dengan rudal sidewinder dan Maverick, dan mengirimkan satu pesawat angkut C-130 untuk memborong persenjataan FA-50PH ke Amerika Serikat, yang memperlihatkan T-50 bukan hanya pesawat latih, namun bisa menjadi pesawat serang garis depan Filipina.

Tinggalkan komentar