Thailand Matangkan Proses Pembelian Kapal Selam China

Foto : Wikipedia

Wakil Perdana Menteri Thailand Prawit Wongsuwan menyatakan, pengadaan tiga kapal selam diesel elektrik buatan China untuk Angkatan Laut Thailand saat ini sedang dalam proses koordinasi Government-To-Government (G to G).

Prawit, yang juga merangkap Menteri Pertahanan, menolak mengatakan berapa lama proses koordinasi kesepakatan pembelian kapal selam akan selesai tetapi menegaskan bahwa anggaran rutin Angkatan Laut untuk pembelian kapal selam pertama dari tiga kapal selam S26T Yuan class sudah dialokasikan dan disetujui untuk tahun fiskal tahun ini.

Anggaran untuk pembelian kapal selam Yuan class sudah disetujui oleh pemerintah Thailand dan Dewan Perwakilan Nasional, ungkap Prawit Wongsuwan.

Kapal selam S26T Yuan class adalah salah satu kapal selam diesel elektrik terbesar di dunia, dengan panjang 77.6 meter dan bobot penuh hingga 3.600 ton. Dilengkapi sistem AIP (Air propultion Independent) untuk daya selam lebih lama dan silent, Yuan class juga dilengkapi persenjataan torpedo dan rudal anti kapal supersonic, YJ-18.

Author : Muhidin

Tinggalkan komentar