Mar 272017
 

Angkatan Darat Thailand dikabarkan menandatangani kesepakatan pembelian 34 unit kendaraan lapis baja ZBL-09 8×8 dan 12.506 butir amunisi caliber 30mm dengan perusahaan Norinco Cina di acara LIMA 2017, Malaysia.

Panser ZBL-09 dapat dibandingkan dengan BTR-3E1 yang sudah dibeli sebelumnya dan ditempatkan di unit infanteri.

Thailand akan membeli satu batalyon ZBL-09 yang satu unitnya berharga US$ 1,695 juta, namun ada peningkatan biaya US$ 155 untuk opsi penambahan meriam kaliber 30 mm. Pesanan diharapkan sudah dapat dikirimkan hingga tahun 2020.

Pesanan ini juga bagian dari Project senilai 400 juta Baht untuk meng-upgrade pabrik perawatan dan perbaikan semua kendaraan buatan Cina yang dimilikinya, termasuk tank ringan VT-4, MBT Type-85 dan panser ZBL-09. Thailand juga ingin menjadikan pabrik pemeliharaan tersebut menjadi pusat perawatan kendaraan lapis baja Cina di kawasan.

TAF
Editor : Muhidin

Berbagi

  43 Responses to “Thailand Pesan 34 Lapis Baja ZBL-09”

  1.  

    1

  2.  

    Hihihi ternyata si Thai dalet Kasel gratis gara2 borong Produk Chino

  3.  

    Hihihi ternyata si Thai dapet Kasel gratis gara2 borong Produk Chino

  4.  

    Wkk masih sekitaran produk cina lg nih si thailand.

    Gajah putih borong dr panda segala mcm senjata..

  5.  

    Dihantam canon 30mm juga bakalan jadi bubur ayam nih IFV, Perlindungan antara depan dan samping juga rasanya beda, jika dihajar dari samping, cukup pake canon 20mm juga bakalan tembus

  6.  

    Beresiko kalo menghadapi China dengan barang bikinan China

  7.  

    loh bukannya thailand punya program ranpur 8×8

    udah dipamerin malah

  8.  

    @Jfs
    Yoo mana ad to mas, IFV / APC yg kebal kaliber 30mm.. spertinya thai sadar akan kebangkitan sang naga. Skali lg “politik main aman’ d perlihatkan thailand dgn mengakusisi alutsista cina, pembelian ini jg sgt terpengaruh oleh keputusan politik thailand. Skedar opini pribadi sy.

  9.  

    Thai main aman dan makin mesra dgn China pertanda ASEAN bs bubar dimasa depan karena beberapa anggotanya berkiblat ke China.

    •  

      saat ini kamboja laos sudah resmi di bawah pengaruh cina
      thailand dan malaysia selanjutnya

      sudah saatnya kita membentuk aliansi blok militer baru kalau bisa ekonomi dgn vietnam, filipina dan myanmar

      •  

        Betul, Seperti eropa, kita juga bikin blok Ekonomi dan militer, tapi malon jgn di ajak 😆

        Tapi. Untuk blok militer, apakah RI mau? Kita kan bukan tipe negara yg suka blok2an,

        •  

          tergantung tingkat ancaman
          kayaknya pejabat kita udah dikasih saran ama maa rika dan begundalnya utk tetap punya kerjasama perdagangan ama china biar bisa jadi tambahan kartu As ketika konflik pecah.

          saya cuma memberi pendapat pribadi kalau negeri ini mau aman dan kuat dari eksploitasi asing haruslah bekerjasama ekonomi yg kuat kalau bisa militer dgn negara lain yg senasib pernah dieksploitasi dan dibawah ancaman eksploitasi.
          jadi inget 60 tahun lalu

  10.  

    Aliansi militer pasti bkal d tolak oleh negara2 asean. Ide ini bukan ide baru, bahkan tahun 70an kt sudah mendengar SEATO, pakta pertahanan negara2 asean. Yg kemudian d tolak karena tdk sesuai dgn semangat berdirinya ASEAN. Yg d perlukan sekarang adalah kesamaan cara pandang politik ASEAN mengantisipasi agresifitas cina. Mkn bukan dengan perang,. Banyak hal selain perang terbuka dgn cina.

    •  

      situasi geopolitik sudah berbeda bung
      sama dngn bubarnya Seato
      tidak bisa dibanding dulu dgn skrang
      mao sudah menekankan sejak thun 50an negara2 asean harus masuk hegemoni china, anda kira kenapa jendral2 kita menentang komunisme dan berakhir di lubang bu4y4?
      mohon dipelajari jga sejarah RRC yg berseteru dgn hampir setiap negara2 tetangganya.

      sya cuma berpendapat pribadi pakta pertahanan yg anda maksud tdk hnya utk petahanan militer nmun jga pertahanan ekonomi dn budaya menhadapi ancaman eksploitasi sda,sdm dan globalisasi budaya dari negara2 lain bkan hanya china.

    •  

      seato bubar lantaran situasi geopolitik berubah bung

      pakta pertahanan bukan hanya militer namun juga ekonomi dan budaya dari eksploitasi sdm,sda dan globalisme asing bukan hanya china

  11.  

    banyak tuyul
    komen saya hilang melulu
    apa perlu saya panggilkan mbah dukun Sutejas
    biar pada modar semua

  12.  

    Tidur ahhh

 Leave a Reply