Thailand Sepakat Membeli Kapal Selam Yuan Class Dari China

Majelis Legislatif Nasional Thailand menyetujui rancangan anggaran tahun 2017. Ini termasuk anggaran untuk pengadaan kapal selam S-26T dari Cina. Dengan persetujuan ini tidak lama lagi Angkatan Laut Thailand akan menandatangani kontrak untuk pembelian kapal selam pertama dengan China. Sementara pembayaran untuk dua kapal selam lainnya masih menunggu beberapa tahun ke depan.

Kapal selam S26T Yuan class adalah versi ekspor dari kapal selam Type 039A Yuan class yang digunakan oleh Angkatan Laut Cina dan dilengkapi dengan sistem propulsi udara independen.

Beberapa analis militer mengungkapkan kapal selam Type 039A milik Angkatan laut China berukuran sedikit lebih besar daripada kapal selam Kilo Rusia. Bukan hanya sebagai kapal selam perairan dangkal, Yuan class yang dilengkapi rudal jelajah anti kapal juga sanggup beroparasi di lautan dalam.

Pembelian ini bisa menjadi lompatan besar bagi kekuatan Angkatan Laut Kerajaan Thailand yang sudah hampir 50 tahun tidak diperkuat kapal selam. Kepala Staff Angkatan Laut Thailand pernah menyatakan pembelian ini untuk masa depan Thailand dan akan digunakan sebagai efek detterent.