Apr 252017
 

Kapal selam serang Yuan Class (type 039A) China (Ronald O’Rourke)

Bangkok – Kabinet Thailand menyetujui tahap awal dari rencana pembelian tiga kapal selam buatan China senilai 393 juta dolar AS, ujat juru bicara pemerintah pada 24/4/2017.

Rencana pembelian tiga kapal selam buatan China seharga 36 miliar baht (1,05 miliar dolar AS) ditetapkan pada Juli lalu, hal ini dapat merenggangkan kembali hubungan negara Thailnd dengan AS sejak ketegangan hubungan antara mereka menurun setelah kudeta militer Mei 2014.

Pembelian kapal selam tahap awal disetujui pekan lalu.

“Kabinet menyetujui pembelian satu unit kapal selam pada 18 April,” kata juru bicara Sansern Kaewkamnerd.

Ia juga menambahkan bahwa anggaran sebesar 13,5 miliar baht (393 juta dolar AS) telah ditetapkan untuk pembelian kapal selam Kelas Yuan S26T selama masa waktu enam tahun.

“Media tidak diberitahu segera tentang pembelian ini, setelah rapat kabinet pekan lalu karena persoalan tersebut menyangkut keamanan nasional,” tambahnya.

Rencana ini menuai kritik dan pertanyaan dari masyarakat, apakah Thailand benar-benar membutuhkan kapal selam baru.

“Dalam situasi saat ini, dimana pemerintah tidak berhasil memecahkan masalah ekonomi, melakukan pembelian kapal selam yang mahal benar-benar tidak perlu,” kata Watchara Petchthong, politisi Partai Demokrat.

Juru bicara Angkatan Laut Laksamana Jumpol Loompikanon mengatakan angkatan laut Thailand saat ini memiliki empat kapal selam Jepang yang usianya hampir 60 tahun, kapal selam baru sangat diperlukan untuk melindungi keamanan perairan di negara tersebut.

“Warga Thailand akan memahami bahwa pembelian kapal selam angkatan laut itu akan layak dan bermanfaat bagi Thailand, ” kata Jumpol.

Kepala angkatan laut Thailand, Laksamana Na Arreenich, akan berkunjung ke China segera untuk menyelesaikan pembelian tersebut, menurut sebuah sumber di kementerian pertahanan, yang menolak disebut namanya karena kepekaan masalah.

Keamanan wilayah perairan merupakan isu yang hangat di Asia Tenggara, mengingat banyak klaim atas Laut Cina Selatan dari negara-negara sekitar, namun Thailand bukan penggugat dalam perselisihan itu.

Anggaran pertahanan Thailand tahun ini lebih dari 210 miliar Baht (6,11 miliar dolar AS), sekitar 9 persen lebih banyak dari tahun saat militer mengambil alih kekuasaan.

Antara/Reuters

  47 Responses to “Thailand Tambah 3 Kapal Selam Serang”

  1. Bagus mana sama changbogo?

  2. ayo dong percepat indonesia buat kapal selamnya biar thailand beli dari indonesia aja. asyik

  3. Kagak salah pilih tu si Thailand?

  4. bung johny saat ini PT PAL sedang membangun galangan kapal selamnya yang nantinya akan digunakan untuk produksi kapal selam untuk TNI AL kita .
    saya tahu sendiri karena rumah saya dekat dengan PT PAL INDONESIA di surabaya

    • Bagaimana keadaan disana bung, bisakah anda upload gambar2nya dari dekat lalu anda kirim ke JKTGR untuk di publikasi dan kami yang jauh dari seberang dengan PTPAL bisa melihat2nya. trims

    • pengamanan di PT PAL sangatlah ketat bung dikarenakan lokasinya dekat dengan KOARMATIM soalnya orang tidak berkepentingan tidak boleh masuk , saya itu tahu pun dari sejumlah truk” yg membawa bahan baku pembuatan galangan kasel tersebut , diluar PT PAL saja terdapat REKLAME bertuliskan “OBYEK VITAL NASIONAL AREA INI AKAN DIBANGUN PRODUKSI KAPAL SELAM”

    • Pernah saya baca di salah satu artikel, klo beberapa bagian kasel sudah datang dari Korsel, kemungkinan sekarang sudah mulai di garap Kasel di galangan PT. PAL

  5. Thailand bakal menyalip para tetangga nya

    • untungnya kita bukan tetangganya ya bung jadi kita belum tersalip kok. produk chinos membuat kita harus fikir2 beli alustita Sisipit barang KW5 gak moncer bingit

  6. Hayo bikin kapal selam lagi, tinggalkan kapal induk, krmn kan jadi pelajaran saat kapal induk pinson dtg berkunjung yg bisa melawan dia cuma kasel, bukan kapal induk tandingan. . .

  7. Nagapasa Class diperbanyak dong Kemhan.. Langsung pesan tambahan 6, 3 dibuat di Korsel dan 3 di PT. Pal.. Supaya ngejar waktu makanya Korea suruh buat 3 lagi..

  8. Thailand tambah 3 kapal selam serang. Terdiri dari :
    – 1 kapal selam serang kanan
    – 1 kapal selam serang kiri
    – 1 kapal selam serang tengah

    Edisi mancing betok ngoceh lg…xixixi

  9. song class..jadi inget di kampung waktu blm punya kompor. masih menggunakan tungku dan kayu bakar.. kalo apinya mati .suka di tiup pake…song song bambu..

  10. hm

  11. yuan chok class,ini kapal selam gede bage ya gan.apakah versi cina dari kilon class?

  12. Thai pasti belinya krn udh murah …. pakai aip… bisa ngluncurin YJ series/Klub china…juga torpedo pinter kelas berat Yu-6…borongan dapet diskon lagi

  13. Thailand beli cangbego dari pal aja,,gak usah bayar pakai duit,bayar pake beras,,orng indonesia msih bnyak yg lapar nih,,orang lapar sukanya beringas,,suka turun kejalan meluapkan kebringasannya..thanks thai.

  14. HUAHAHAHA…Ente pikir jual keripik: beli 2 gratis 1, tp itu nunjukin barang rongsokan Tiongkok emang memble…Apes banget Thailand ketipu ama Tiongkok, seharusnya Thailand nawarin tomyam atau b*bi buat bayar tu barang…
    KAGAK MONCER NI BARANG !!!

 Leave a Reply