Nov 172018
 

Purwarupa jet pelatih tempur L-39NG buatan Ceko © Mossback via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Perdana Menteri Ceko Andrej Babis pada tanggal 10 November mengumumkan bahwa Kementerian Pertahanan (MoD) Thailand telah menyatakan minatnya untuk mengakuisisi sejumlah jet pelatih tempur L-39NG Aero Vodochody, seperti dilansir dari laman IHS Jane.

“Mereka [Thailand] tertarik dengan pesawat kami, pesawat generasi terbaru, sesuatu yang dianggap teknologi militer hi-tech”, kata Babis pada wartawan tanggal 10 November setelah pertemuan di Brussels awal bulan ini dengan Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha.

Babis dijadwalkan untuk mengunjungi Thailand pada Januari 2019 untuk mengadakan pembicaraan lebih lanjut dengan mitra Thailandnya mengenai potensi untuk penjualan L-39NG, yang secara resmi diumumkan pada pertengahan Oktober 2018.

Jet latih tempur generasi baru, L-39NG buatan Ceko © Aero Vodochody

Menurut IHS Jane, Angkatan Udara Kerajaan Thailand (RTAF) saat ini mengoperasikan 24 unit jet pelatih L-39ZA Albatros, dan beberapa di antaranya telah digantikan oleh 12 unit T-50TH buatan Korea Aerospace Industries (KAI) yang dipesan tahun 2015.

Pertama kali diluncurkan pada Farnborough International Airshow 2014, L-39NG versi L-39 Albatross menampilkan mesin Williams International FJ44-4M yang lebih kuat, wet wing, kokpit modern, dan airframe pesawat yang lebih ringan dari pendahulunya.

Bagikan:

  3 Responses to “Thailand Tertarik Jet Pelatih L-39NG Buatan Ceko”

  1.  

    Kaya f5 dan hawk yang di bebas tugaskan tni ,,,,,hmmmm

 Leave a Reply