Thailand Tertarik Senapan Serbu Buatan Korea Selatan

Senapan serbu K-2 buatan Daewoo terintegrasi dengan peluncur granat M203. © Daewoo

Thailand telah menunjukkan minatnya untuk membeli senapan serbu buatan Korea Selatan, menurut pejabat pertahanan Thailand pada hari Rabu (05/07/2017), seperti dilansir dari laman Defence Blog.

Selama kunjungan 4 hari yang dimulai hari Senin, pejabat Departemen Sains dan Teknologi Pertahanan (DSTD) Thailand yang dipimpin oleh Wakil Direktur Utama Jenderal Sombat Prasankasem serta para ilmuwan dari Institut Teknologi Pertahanan (DTI) berkeliling ke perusahaan pertahanan Korea, termasuk Poongsan dan S & T Motiv.

Poongsan adalah perusahaan yang memproduksi berbagai amunisi, sementara S & T Motiv memproduksi senapan serbu dan senapan mesin seperti K-2 dan K-12.

DSTD, merupakan bagian dari Kementerian Pertahanan Thailand, bertanggung jawab atas teknologi pertahanan dan kontrol kualitas. Sementara itu, DTI adalah pusat yang berafiliasi dengan departemen yang memimpin penelitian dan pengembangan serta pengujian dan juga evaluasi.

Para pejabat dan ilmuwan Thailand juga mengunjungi Badan Pertahanan untuk Teknologi dan Mutu (DTaQ) pada hari Selasa untuk mempelajari tentang prosedur baku dan jaminan kualitas perlengkapan dan bahan militer di Korea Selatan.

“Kunjungan tersebut dilakukan atas permintaan Thailand yang berusaha meningkatkan kerjasama teknologi dengan Korea Selatan”, kata juru bicara DTaQ.

DTaQ pun menjelaskan kepada pejabat Thailand yang menggunakan contoh standarisasi dan jaminan kualitas pasokan militer. DTaQ juga menunjukkan fasilitas pengujiannya kepada para pejabat dan ilmuwan asal Thailand tersebut.