JakartaGreater.com - Forum Militer
Apr 092018
 

Uji penerbangan jet tempur FA-50 oleh Angkatan Udara Korea Selatan © RoKAF via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Angkatan Udara Kerajaan Thailand telah menugaskan 4 (empat) unit jet pelatih tempur canggih T-50TH yang pertama yang diproduksi Korea Aerospace Industries, seprti dilansir dari Flight Global.

Upacara komisioning tersebut berlangsung pada tanggal 4 April dipangkalan angkatan udara Tarkly, Thailand, menurut keterangan KAI.

Keempat pesawat latih T-50TH tersebut awalnya dipesan pada tahun 2015 silam, tapi pesanan berikutnya untuk 8 (delapan) unit tambahan telah ditempatkan pada tahun 2017 dan akan dikirimkan pada akhir tahun 2019 atau awal tahun 2020.

Angkatan Udara Kerajaan Thailand (RTAF) bermaksud untuk menggantikan armada jet pelatih Aero L-39ZA Albatrol yang telah menua dengan peran sebagai jet latih tempur, SAR tempur, pengawalan termasuk pesawat serang ringan.

Berdasarkan data Flight Fleets Analyzer menunjukkan bahwa terdapat sekitar 182 unit T-50 beserta variannya berada dalam layanan secara global, dengan 28 unit lain berada dalam pesanan.

Angkatan Udara Republik Korea atau RoKAF adalah sebagai pengguna terbesar untuk pesawat tersebut dengan total sekitar 145 unit. Sementara operator lainnya termasuk Indonesia (15 unit), Irak (6 unit) dan Filipina (12 unit).

Bagikan:

  6 Responses to “Thailand Tugaskan 4 Jet Pelatih T-50TH Pertama”

  1.  

    BORONG

  2.  

    Swadikab Swadikab Swadikab

  3.  

    kalo horang kaya baru borong

  4.  

    Kata Blog Sebelah Kita Dpt Blueprint FA-50

  5.  

    Pelanggan tetap Korsel adalah RI, klu RI beli menjadi referensi negara lain untuk ikutan beli.he3

  6.  

    KAI FA-50 Golden Eagle – Light Combat Jet Fighter

    https://www.youtube.com/watch?v=ZfDhaDVUXOE

 Leave a Reply