Thailand Upgrade F-5 Tiger II Setara Pesawat Tempur Generasi 4++

Pesawat F-5 TH Thailand. (@Royal Thai Air Force)

JakartaGreater.com – Angkatan Udara Kerajaan Thailand memamerkan pesawat tempur F-5 F Tiger II yang sudah menjalani modernisasi.

Proyek modernisasi 14 pesawat tempur dari Skuadron 21, Air Wing 21 Ubon Ratchathani tersebut dilakukan oleh Elbit System Israel dan industri dirgantara Thai Aviation Industries (TAI).

F-5 Tiger II yang menjalani upgrade terlihat mendapatkan perubahan total pada skema warna kamuflase. Selain mendapat penamaan baru – menjadi F-5TH Super Tigris kini dipersenjatai dengan rudal udara-ke-udara jarak pendek IRIS-T.

F-5TH Super Tigris juga akan dapat menggunakan rudal udara-ke-udara jarak jauh (Beyond Visual) I-Derby buatan Rafael Israel.

Pesawat F-5 TH Thailand. (@Royal Thai Air Force)

F-5TH Super Tigris juga mendapat cangkokan perangkat targeting termasuk Litening III buatan Rafael dan kemampuan menembakkan Bom berpandu laser LIZARD buatan Elbit Systems Israel.

Ditambah dengan perangkat Electronic Warfare buatan Rafael Sky Shield dan Link-T Datalink taktis yang dikembangkan di Thailand, menjadikan F-5TH Super Tigris kini memiliki kemampuan yang setara dengan pesawat tempur generasi 4,5 seperti pesawat tempur Gripen C / D yang juga dimiliki Angkatan Udara Thailand.

4 pemikiran pada “Thailand Upgrade F-5 Tiger II Setara Pesawat Tempur Generasi 4++”

  1. Thailand bukan satu-satunya yg mengupgrade F5 tiger karena iran sendiri juga mengupgrade F5 tiger
    milik iran yaitu pespur HESA Kowsar.Amerika juga mengupgrade F5 tiger menjadi F20 tigershark tapi dibatalkan karena kalah bersaing dgn F16.

Tinggalkan komentar