Aug 262014
 
Prajurit U.S. Army menyantap makanan Thanksgiving  di Pos Penjagaan Cherkatah, Khowst, Afghanistan, Nov. 26, 2009.

Prajurit U.S. Army menyantap makanan Thanksgiving di Pos Penjagaan Cherkatah, Khowst, Afghanistan, 26 Nov 2009.

Banyuwangi – Kabupaten Banyuwangi akan menjadi tempat perayaan Thanksgiving Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Indonesia. Acara yang akan dihelat pada Kamis 20 November 2014 tersebut rencananya dihadiri langsung oleh Duta Besar AS untuk Indonesia Robert O Blake.

Konsul Jenderal AS di Surabaya Joaquin F Monserrate saat mengunjungi kantor Pemkab Banyuwangi menyatakan, berbagai inovasi di Banyuwangi membuat pihaknya tertarik menggelar Thanksgiving di kabupaten berjuluk ‘The Sunrise of Java’ tersebut.

β€œSetiap ke Banyuwangi pasti ada perkembangan dan hal-hal baru. Itu mencerminkan kalau daerah ini penuh inovasi. Maka kami pun berencana menggelar Thanksgiving di sini,” kata Joaquin saat jamuan makan malam di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Senin (25/08/2014).

Banyuwangi dianggap sudah bukan kota asing lagi bagi Joaquin. Selama ini kerja sama di sejumlah bidang telah dijalin seperti di bidang pendidikan. Amerika Serikat telah menempatkan lima orang pengajar yang disebar di sejumlah sekolah di Banyuwangi, seperti di Kecamatan Glenmore, Cluring, dan Srono.

β€œSaya merasa pas dengan Banyuwangi. Perayaan Independence Day (Hari Kemerdekaan AS) di Surabaya beberapa waktu, Bupati Banyuwangi saat kami undang juga datang,” kata Joaquin.

Bupati Anas menambahkan, kedatangan Konsul Jenderal AS tersebut untuk membahas masalah teknis perayaan Thanksgiving yang akan digelar di Banyuwangi. β€œAkan digelar 20 November mendatang. Ini kesempatan bagi Banyuwangi untuk mempromosikan diri. Karena yang datang diperkirakan banyak orang hebat, ada duta besar hingga alumnus-alumnus pendidikan AS. Itu bakal jadi saluran bagi Banyuwangi untuk promo wisata. Ujung-ujungnya jelas, yaitu menggerakkan ekonomi lokal demi peningkatan kesejahteraan sosial-ekonomi masyarakat,” tegas Anas.

Pada perayaan Thanksgiving di Banyuwangi, para diplomat AS akan memasak kalkun bersama pada pagi hari tanggal 20 November. Setelah itu, malamnya akan makan bersama. Masyarakat ikut merayakan dengan turut membantu memasak. Sejumlah panganan lokal khas Banyuwangi juga akan dihidangkan, termasuk buah lokal unggulan dan kopi.

Thanksgiving sendiri adalah tradisi masyarakat AS untuk mengucap rasa syukur. Di AS, Thanksgiving ditetapkan sebagai libur nasional. Thanksgiving jatuh setiap Kamis pekan keempat November. Tradisi ini bisa disebut sebagai lebarannya orang AS di mana semua pihak bergembira. Tradisi ini telah dimulai sejak abad 17. (detik.com).

  78 Responses to “Thanksgiving AS di Banyuwangi”

  1. cek dulu ah

  2. Nyimak

  3. ternyata bener mrk ada dibanyuwangi..

  4. enak euy

    • mmm…da mkn kalkun yg gede…mainan2 ny jg dtinggal bwt knang2n….stuju dah kalo bgtu…smga gda niat jhat atw ap…tp y ttp wspada…sptw da “cabe rawit dbalik kalkun”

  5. Berarhti ntu apache dkk nangkring di banyuwangi donk..

  6. Isun lare banyuwangi melu bungah

  7. Kenduri ala amerika d bumi osing..paling incar emas di pesanggrahan

  8. ada sesuatu di banyuwangi…
    hati” jangan mau ngintipin klewang kita nih. trimaram yg sedang di bangun pt lundin

  9. masyaAllah maning artikele 😈

  10. Bung Jalo..! Thanks to your foto in my fb account..! So nice..! Salam hangat bung..!

  11. Halus bener cara asu…mudhan2 tni kita tau yang yg harus di perbuat…utk kelicikan asu…

  12. ada maksud apakah dibalik thankgiving.??..!!. Apakah hanya perasaan ato prediksi yg berlebihan dari orang awam ?!. Atau memang betul2x ada rempeyek dibalik udang. Mohon pencerahan kepada para sesepuh dan para EMPU .

  13. Mungkin ini salah 1 cara USA untuk mengintip acara HUT TNI, meraka masih tidak percaya bahwa alutsista yang telah dirilis secara resmi oleh mabes TNI tidak sesuai dengan kenyataan dilapangan, TNI AL hanya punya 2 kasel yaitu Cakra dan Nanggala, hayo ngintip nanti matanya bintitan loh πŸ˜€

  14. Tanya knp thanksgiving diadain di banyuwangi..???

    ….NKRI HARGA MATI…

  15. Kalau curiga terus, kapan mau majunya..? Waspada, itu harus..! Tapi lapang dada juga sangat perlu. Event thanksgiving ini akan menjadi moment kehormatan dan menjadi kesempatan yang baik bagi TNI untuk share pengalaman. Ingat, pengalaman adalah guru terbaik, tapi untuk mendapatkan pengalaman itu memerlukan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Lets show our creativity..! Sebelum ke Indonesia, US udah pemanasan dulu dengan Malaysia. Sekarang mereka sedang berlatih. Artinya, mereka sangat respect terhadap kemampuan kita. Jangan sia-siakan, manfaatkan dan curi ilmu dan pengalamannya..! Maju jaya TNI..! Salam hangat bung..!

    • Thank’s bung Yayan……..tak sia sia kumenunggu. berarti GRATIS dong indonesia dalam latihan ini. Atau bung Yayan ada … memiliki info yg lain . Mohon PENCERAHAN …Trim’s sebelumnya. salam Persatuan Indonesia. Smoga slalu sehat.

    • Maaf ni bung yayan, maksut saya dan teman-teman warjag yang lain adalah curiga dan waspada agar TNI semakin siap dalam menjaga kemanan dan keutuhan NKRI tercinta ini

    • Anda benar sekali bung Yayan…

    • Sampaikanlah Kebenaran dan Kejujuran….Walaupun Rasanya Pahit Seperti Minum Jamu….he..he..he..Maaf Mas Yayan…

    • thank tuk penjelasannya bung yayan.
      mungkin krn asu slalu ikut campur dlm ursan negara dmn- mn tuk yg ad kpentingan dia ea jdinya antipati yg berhub dgn asu

    • Setuju bung yayan , “million friends and zero enemy” dibungkus dgn politik bebas dan aktif. Kita bisa bersahabat dekat dgn AS, Rusia, China, dll.

      Tapi kita memang perlu juga melihat, bahwa akhir2 ini seharusnya Indonesia perlu memilah mana kawan mana bukan kawan/teman bukan semua dianggap kawan (maksudnya kita tdk langsung memandang si X adl lawan atau musuh tapi dia buka bukan kawan baik kita he he he ), Jadi prinsip ketegasan itu perlu. Prinsip ini perlu diterapkan secara tegas dgn melihat sebagian tetangga kita sering berulah memandang rendah kedaulatan kita seperti australia.

      Untuk kerjasama dgn AS memang masih sangat diperlukan krn mereka memang mempunyai segudang pengalaman perang/tehnologi/keahlian dll , jadi yg perlu kita ambil sisi positifnya aja dan yg membawa kebaikan bagi kita (kita positif thinking ).

      Khusus untuk arsenal TNI AD memang perlu diperhatikan krn banyak alutsista dari barat (memang mau tak mau klo ada embargo maka arsenal angkatan darat kita bisa lumpuh)
      Leopard, Marder, Fennec, Nbell, Apache, Blackhawk (klo jadi), javelin, NLAW, meriam caesar, dan rudal shorad kita.
      khusus dari brasil ada MLRS atross dan meriam dari negeri gingseng yg notabene sekutu barat. Jadi khusus TNI AD konsep perpaduan timur dan barat harus dipertimbangkan masak2. Arhanud jarak sedang/menengah dari rusia harusnya masuk pada mef 2 ini sebagai payung udara batalyon leopard, marder, anoa, atross, caesar.

      Sedangkan untuk TNI AU arsenalnya pake madzad gado2, ada sukoi SU-27/30 yg sudah lengkap rudalnya, juga ada F-16 dan T-50i. Maka yg perlu kedepannya TNI AU tetap menggunakan 2 alutsista baik barat maupun timur. Maka akusisi SU-35 yg dari rusia dan dari barat perlu secepatnya dipilih rafale/typhoon/F-16 block 60
      Khusus untuk AL juga bagus memakai alutsista campuran selain pake produk barat seperti PKR sigma/korvet sigma (belanda), MLRF bung tomo class, juga KS dari negeri gingseng. Kita memproduksi KCR2 dgn sewaco, cms dan rudal buatan China apalagi diiringi kerjasama TOT yg jelas memberikan efek gentar tersendiri. Dan khusus untuk marinir yg sebagian besar arsenalnya dari rusia

      Kemandirian bangsa khususnya InHan harus jelas2 kita dukung dan suport, dan pemerintah dan DPR harus benar2 menjalankan amanat dari UU.

    • ilmu masak kalkunny jgn ktinggalan…minta jg

  16. Pasukan asu lg beradaptasi degan medan perang di indonesia, pada saat nanti mereka akan faham kekuatan TNI. Cara licik asu. Hati2 ibu pertiwi jutaan orang meninggal di irak, libya, palestina, afganistan karena ulah asu kirik demi sebuah obsesi.

  17. Lebih bagus bersahabat dengan jepang atau korea dua negara ini sudah jelas banyak membantu perkembangan bangsa Indonesia baik dalam teknologi maupun ekonomi kalo terjadi konflik di lcs saya yakin china pasti juga mengincar Indonesia, oleh karena itu bukan hanya Amerika yang harus diwaspadai tetapi juga china yang pasti penasaran dengan kekalahannya pada masa kejayaan Majapahit.

  18. Bung Ismed, salam bung..! Berteman kan gak harus membenarkan segala kesalahannya..! China dan US mendengarkan suara kita dalam konflik LCS, justru karena kita dianggap sebagai teman yang diperhitungkan oleh mereka. Untuk menjadi seorang fighter yang kuat, kita juga memerlukan sparing partner yang hebat..! Ayo dong kita bangun agar lebih kuat..! Hehehe..! Salam bung..!

    • hahaha..nah ini yg saya suka bung yayan..sparing partner yg bener2 kuat..ini yg kita butuhkan..lagian sebelum ini kan kita dah asah senjata di latgab kemarin..so mari tunjukan kalo kita bukan calon lawan yg lemah..hehehe..!

    • Bung Yayan sorry oot, rencana LM buat industry radar di Indonesia gimana kelanjutannya ya?

  19. wah bung sakera. jangan ngikutin arab dong seperti kebiasaan orang madura. orang arab udah hubuddunya kalo ngga percaya silahkankan cek ke kampung arab. jangan karena asu invest disini terus kita seperti orang korsel yang kalo tentara amrik ngerokok dan ngga ada asbak tangan mereka mau jadi asbaknya. cepat ato lambat negara ini pasti jaya. tinggal kita mau mengelola dengan arif ingat loh arif bukan baik. contoh pertamina masih belum bisa bikin kilang sendiri ya biarin. masak anak cucu kita ngga bisa. saya harap anda mengerti

    • Power and money tends to corrupt people…
      You can’t prove it right unless you’re sitting up there

      • dan apabila sudah telanjur masuk kelingkaran tsb,hanya ada dua pilihan…lanjut atau dijatuhkan hehehe

      • Artinya opo Kang….hehehe ak ga ngerti bahasa koyo ngono kang,hahaha..

      • @bung kri
        ente sudah mau promosi jabatan sekarang kok jarang nongol somse ne

        @Bung garuda didadaku
        Pribahasa itu kuno sekali dari orang tua jaman dulu,,pernah disampaikan oleh rekan warjager disini,

        Artinya dalam sekali.. sedekat dekatnya kita berteman asal gak gandeng Je###t ..Insya Alllah tidak tertular kejelekaan mereka
        hehehehehehe

      • Hahaha…baru nongol ud d lock am Kang Ss..hehehe
        Kata siapa Kang ak naik?hehehe
        Naik dr jaga kios rokok jd jaga toko ya kang,hahaha

      • @Bung KRI hehehe gak lah emang disebelah suka ngelock ama si tanguy,,,
        kangen juga chit chat ama ente kang
        hehehehe

      • @Pak KRI : muncul juga nih Pak akhirnya,,,apa kareba Pak?? πŸ˜€ :mrgeen:

      • Hehehe….iya kang,kebiasaan Kang Tanguy,sedikt chat bnyk lock,hahaha….
        Btw bnyk banget ya kang yg ngeyel,hahaha…

        @Kang NKRI,hehehe….alhamdulillah sehat kang,bnyk kan kang berita2 baru,hehehe…n msh bnyk lagi berita baru yg akan dtng,di tunggu aja yg sabarya kang,hehehe…..
        Maap kaga bs ngasih tau,takut ga blh jagain kios lagi bs amsyonk ogut kang,hehehe…

      • @ bung KRI
        hehehe iya tu kelakuan si aki aki tanguy
        biarin ngeyel juga namanya anak muda,, kadang mereka tidak tau sebagi corong berita yg resmi doang

        Btw ngapain ente tadi di ciputat,, mau ane samperin nagih kaos yang dijanjikan tetapi ente sibuk banget kayaknya :mrgreen:
        bukan ngelock lho πŸ˜€

      • @Pak KRI : siap Pak…hehehehe selamat bertugas Pak :mrgreen:
        @Pak SS : wah si Bapak Tau aja nih Pak KRI lagi di ciputat hehehe reunian nih ceritanya pak…kangen masa masa di sebelah nih hehehe

      • Hehehe…salah liat kali akang,hehehe….tenang kang ole2 nya msh aman smp skr,hehehe…
        Kang ini email dummy ak,klo mau taun minta di unjukin n di bukain sm bung diego aja kang,gpp ko,hehehe…
        @Bung NKRI,hehehe…iya kang,soalnya ud lm ga chat bareng2 lg,hehehe

      • @Pak KRI : kira kira kapan ditugasin ke utara lagi pak??? πŸ˜€ sapa tau nanti pas saya jadi lanjut s2 di sana bisa ketemu hehe mau nagih oleh oleh juga ah,titipin ke Pak SS aja ya Pak nanti ta’ ambil hehehe πŸ˜€ :mrgreen:

      • Hehehe….hebat msih semangat nuntut ilmu,gt donk,hehehe…..
        ak blom tau kang antara utara timur ap selatan,hehehe…yg pasti ga di barat dl ,hehehe….
        Klo skr sih msh bolak balik aj kang,klo mauetemuan nanti d pertengahan bln 9 kang,pas k jkt lagi,hehehe

      • iya pak,demi anak cucu heheh πŸ˜€ .. wah kalau di utara nanti kan siapa tau sy bisa masuk ke muara Pak :mrgeen: hehehe
        siap Pak,tapi jangan ke ciputat yaa…macet soalnya πŸ˜€ insyaAllah pertengahan bln 9 kalau saya ga jadi berangkat ke daerahya bung Ngurah Rai,liburan hehe
        salam hangat untuk keluarga Pak!!!

    • Hahaha…..akhirnya ketemu jg sm Dankoplak,lanjut kang,ak SR aja,ahahaa

    • kalau cuman teriak “akeh tunggal’e” anak kecilpun bisa bung,langkah kongkritnya gmana?

  20. Tak dapat dipungkiri ataupun ditutupi, sebagai rakyat INDONESIA ,,saya bangga sangat bangga malahan. USA sebagai negara yang besar dan maju mau latihan bersama. Dapat belajar , mengetahui , menimbang bahkan mengcopy apapun yg blm ada di kita. Tinggal kita …..mampukah ????????? tetapi paling tidak , kita punya catatan2x kecil yg trus di ingat dan cermati ,,, apa langkah selanjutnya yg harus dilakukan. Meskipun ada kerugian yg harus ditanggung dari latihan ini. apa kerugiannya.?….masing2x tlah mengetahui. opini orang awam . Do’aku slalu bersamamu INDONESIAKU….JAYALAH NKRI . salam hangat.

  21. Mlm para Warjager

    -Asal kalian tahu..di banyuwangi terdapat tambang emas yg menyimpan cadangan cukup besar..
    Namanya Tumpang Pitu..ada 7 lapisan emas dsana..
    Apa ini salah satu agenda untuk mndapatkan tambang ini di Banyuwangi..salam NKRI

    NKRI harga mati..

  22. @Pak Satrio,

    Peribahasanya keren, mantep πŸ™‚

  23. Latihan perang ini sangat penting bagi TNI Ad, terutama sehubungan akan diakuisisinya Apache dan Blackhawk, kedatangannya Leo and Marder, akan dibentuknya Divisi Mekanis, Divisi Mobilitas Udara, akan dibentuknya Kogabwilhan dst ..

    TNI AD sedang akan mengasah pedang model baru, sementara AS sudah proven memakai pedang tsb sejak Perang Teluk dan terakhir Invasi di Irak. Sebuah pengalaman yg sangat berharga.

    Lebih dari itu AD AS sudah berkali2 mengubah divisinya, mengikuti munculnya teknologi alutsiata barunya dan dinamika tantangan yg selalu berubah ubah. Tidak hanya Divisi Lintas Udara yg kita juga punya, mereka pernah punya juga Divisi Mobilitas Udara yg kemudian ber evolusi menjadi Divisi Air Assault. Kita ingin mempelajari bagaimana sih wujudnya di lapangan.

    Betul kita sudah punya heli yg dipasangi roket FFAR, bisa bawa pasukan juga dst. Masalahnya dgn hadirnya benda2 baru spt di atas, optimalisasi di lapangan butuh guru yg sudah mature, mateng. Misalnya, bagaimana Apache+Blackhawk+Leopard+Marder+Anoa+F-16 bisa menjadi kekuatan pukul yg mematikan perlu latihan yg tidak bertele tele karena sangat mahal. Apache tanpa F-16 pernah babak belur. Nah kini kita baru belajar di Bab I nya, ini pun tidak mudah dan mahal kalau otodidak.

    • Betul bung MH,kita berpatner dgn penjahat bkn berarti kita jadi penjahat/di bwh telunjuk penjahat.kadang kita meminjam pengaruhnya untuk menakuti penjahat yang lain.satuan satuan kita terbentuk justru meniru model Uncle sam semisal Lintas udara,Rider bahkan parpol RI pun smp ada nama partai Demokrat,republikan.Leopard,Marder tanpa F16/Su30,Su27 akan jadi katak.Apache,black hawk tanpa Anoa,Astros akan jadi belalang.Jadi kombinasi F16/Su30,Su27/Leopard,Marder,Anoa/Astros/Apache,Black hawk juga Drone akan jadi kombinasi mematikan.sebaik baik pencuri adalah pencuri ilmu
      SALAM NKRI

  24. Jangan – jangan di Banyu Wangi Ada Sumber Daya Alam ( SDA ) yg ditemukan…..Biasanya ASU KIRIK Kedok awalnya begitu …..Seperti yg terjadi di Selat Madura….ASU KIRIK Berkoar ..Katanya Madura terjadi pelanggaran HAM terhadap aliran Syah….Ternyata Seluruh wilayah Madura mengandung Sumber Daya Alam ( SDA ) Yg Luar Biasa Besarnya yaitu Berupa Minyak Bumi……Jangan Berharap ASU KIRIK tidak terdeteksi semua sandiwaranya…..Seluruh Pemimpin Indonesia sekarang sudah pada cerdas dan pada tahu , apa maunya ASU KIRIK…

  25. Small minded limited your knowledge and action. Waspada boleh tetapi jangan tendensius ah. Miris bacanya, way out of topic juga.

  26. Selalu hati-hati itu harus, tapi kita juga harus belajar dari orang lain agar tahu kelemahan dan kekurangan kita, sekarang kita ambil manfaat dan yang baik dari latihan bersama dengan usa dan buang yang jeleknya,

  27. hahaha… :mrgreen:
    sgtu dlm artiny..tp knp hrus da jmbutny?? :mrgreen:

    • yg hrus dphami artiny…bkn j…..ut ny
      bnr2…ibaratny gk hrus smw isi prut qt dceritakn sm org…gtw bila suatu saat trjdi mslh..mlh org tu blik mnyerang kita.

  28. Mestinya dibedakan antara pemerintah as & rakyat amerika. Ngga selalu berbanding lurus, bahkan kadang kebijakan pemerintah as pun diprotes warganya sendiri.
    Harus diakui bahwa eksistensi mereka sebagai bangsa diperoleh dengan perjuangan & sejarah panjang. Mulai dari menaklukan tanah amerika, jaman koboi, sampai dengan sekarang. Karakter keras mereka tercermin dengan banyaknya film2 action/perang dari as. Lha wong film cinta-cintaan aja habis itu terus tembak2an…Tapi kita juga suka nonton kan? Di lingkungan nguli, saya pernah kenal dengan beberapa orang as, belanda, dan pernah juga rusia. Secara personal mereka punya karakter bule yang baik, hangat, jujur & terbuka…walaupun individualis.

    Imho, yang mesti diwaspadai adalah politik luar negeri as yang suka ikut campur urusan negara lain & ingin menguasai sda dunia. Kalau sudah pada level pemerintahan, politik yang bicara, tidak ada teman atau musuh abadi. Dan saya rasa pemerintah kita sudah tepat dalam mengatur porsi hubungan dengan as, rusia, cina, dll..dll…pis ah, mumet mikirin politik dunia…

    maaf koment ngawur dari penggemar kucing hamil..

  29. Gak semua punya jembi…xixi

  30. Mungkin asu ingin membina indonesia untuk menghantam china,sehingga asu tdk perlu repot mengangkat senjata ,baru setelah keduanya lemah asu akan menyerang dan membina….sa….kan .nkri

  31. ah… warga jkgr masak pada g tau klo diperbatasan banyuwangi & jember ada gunung mas yg siap di ………

    • Iya tau mas, tapi kandungan emas disono kualitasnya nggak sebagus di freeport dan newmont. Dan dengan UU minerba skr investor akan sangat berat untuk memulai pertambangan yang baru. Lha Newmont aja sampe sempat mengajukan ke pengadilan tentang kewajiban pembangunan smelter. Apalgi yang baru mau menggali. Lagian kan pihak Aussie yang mendapat hak pertama untuk ekplorasi sudah mundur teratur setelah mengetahui kualitas emas disono dibawah standart.

 Leave a Reply