The Great HUT ke 69 TNI : 7/10/2014

252
134
image
Graphic provided by Jalo

image

image

image

image

image

image

Pada tanggal 7 Oktober 2014 di Surabaya, Jawa Timur akan dicetak sejarah parade militer terbesar Indonesia. Bayangkan saja, TNI AU akan menerbangkan 139 pesawat fix wing maupun rotary. Mungkin ini menjadi sejarah fly pass terbesar yang pernah dilakukan Indonesia. 139 pesawat TNI AU akan melintas bersamaan dengan formasi di atas langit Surabaya.

Alutsista itu belum termasuk pesawat udara TNI AD sebanyak 43 unit, serta milik TNI AL 23 unit. Tentu ini menjadi pemandangan yang mencengangkan, karena mereka akan fly pass bersamaan. Fly Pass ini membutuhkan kordinasi yang cermat, termasuk urusan take off dan landing.

HUT TNI ke 69 pada 7 Oktober nanti akan melibatkan 526 alutsista. Selain fly pass, akan didemonstrasikan peperangan tiga matra, sehingga lokasinya dipilih di Armatim Surabaya.

TNI AL juga akan melakukan sailing pass yang melibatkan 35 kapal perang, plus menampilkan rudal maut Yakhont. Untuk armada bawah laut, tidak usah berpikir macam-macam, karena kapal selam yang ditampilkan adalah KRI Nanggala 209. KRI ini memang sedang giat dengan misi “sosialisasi” dengan masyarakat. Kapal selam Indonesia, dibagi menjadi dua kategori, sama halnya dengan pesawat tempur: yakni, kapal selam latih dan kapal selam tempur.

Angkatan Darat juga akan mengeluarkan alutsista mautnya, yakni 22 MBT Leopard 2, 22 IFV Marder, 13 Panser Tarantula, 6 pucuk meriam keras berat, Caesar 155mm, 9 pucuk Roket Multi Laras Astros 2, 18 pucuk meriam KH 179, 155mm dan banyak lagi. Tentu tidak semua alutsista dipamerkan di sini.

Terima kasih Pak SBY, Purnomo Yusgiantoro dan Sjafrie Sjamsoeddin. Anda memang hebat. We love you πŸ˜€

252 KOMENTAR

  1. Saya bangga bila acara berlangsung sukses. Cuma mau nanya aja saya mau terbang ke makasar pada saat acara, dari berbagai isu juanda akan ditutup, dan tiket yang udah dibeli ga akan dikembalikan….ini yang membuat saya bingung. Mungkin ada yang tahu kabar sebenarnya di hari H bagaimana Bandara Juanda?

  2. Dengan terpaksa dan berat hati (dalam hati gembira) , tnggl 7 oktber 2014 berangkat kerja didelay..berangkat siang saja dech….kaan lagi bisa liat seperti ini. oh yaa..20 milyard mah kecill..di daerah saja untuk pileg dan pilkada jauh lebih besar biayanya. semoga nanti perayaannya sukses. dan semoga ada “surprise” nanti.

    • Iya bung ihsan masih di sembunyiin aja tuh rx 550 dan rx 750 yang jangkauanya 1000 km . Ini yg bkn indonesia sama di angab nenakutkan sprti korut . Ampe2 di plototin dunia internasional . Wong deso nurut negoro wae yg penting dah punya senjata andalan negara kita ini

  3. Clue nya adalah Kalimat terakhir pada paragraph ini :
    Untuk armada bawah laut, tidak usah berpikir macam-macam, karena kapal selam yang ditampilkan adalah KRI Nanggala 209. KRI ini memang sedang giat dengan misi β€œsosialisasi” dengan masyarakat. Kapal selam Indonesia, dibagi menjadi dua kategori, sama halnya dengan pesawat tempur: yakni, kapal selam latih dan kapal selam tempur.

    Katanya kita cuma punya 2 KS? Yang mana KS latih yang mana KS tempur tuh? πŸ˜€

  4. Pada hajatan HUT TNI yang direncanakan sangat akbar ini saya berharap semoga pemangku pemerintahan kedepan ( JKW – JK ) diundang biar tambah semakin tinggi semnagat patriotismenya sehingga usaha untuk memajukan kekuatan TNI, yang sudah terprogram dalam MEF tetap berjalan sebagaimana mestinya sesuai dengan perencanaan.. syukur syukur lebih ditingkatkan lagi melebihi rencana MEF dan satu lagi semoga INHAN Nasional kita semakin diperhatikan oleh pemerintah yang akan datang.. selamat berjuang Pak JKW – JK.. jangan keluh kesah lagi dalam penetapan APBN.. giat giatlah cari sumber pendapatan devisa yang baru

  5. Rafale, Typhoon, SU34, TU 24…..bwahahaha……yang muncul malah The Real F5 E Tiger…walau pake embel2 buatan Prancis. Sejak kapan F5 E Tiger buatan Prancis yaaaaa???
    hoek…hoek…hoek…
    Maaf agan2 semua, khayalan dan harapan kita kayaknya TERLALU ketinggian

  6. Yang namanya untuk naiki efek gentar ya ditunjuki….
    Logikanya gini, beli pesawat bekas saja blow up beritanya mantab punya, masak untuk peralatan yang punya efek gentar hebat maen sembunyi-sembunyi….haha…haha..
    Yup…saya setuju dengan staement…punya aza kagak, kekmana mau ditunjuki πŸ˜€

        • ya gak gitu gitu amat lah bung mbel.. beda pendapat mana yang diancam digebuki..? kalau bung baca artikel yang lain banyak kok yang saling adu argumen sampai seluruh jenis umpatan keluar, tapi beda kalau menjelekan dan menghujat NKRI dan presiden yang masih berkuasa apalagi hanya karena opini pribadi.. jika kita terpancing yang dikhawatirkan para punggawa NKRI kan ini bisa menimbulkan instabilitas negara. jadi berdebatlah sesuai dengan ilmu yang kita miliki bukan dengan apa yang kita maui..piss πŸ˜‰

      • @Trondol….pas saat2 seperti inilah (hut TNI) ya momen yang PAS untuk ditunjuki ke musuh negara..yaaa show of forcelah…MIKIIIRRRR coy.
        Yang iayanya memang GAK PUNYA…MIKIIIIIIRRRRRR…MIKIIIIRRRR…jangan mimpi.
        Tuh liat layangan bekas…blow upnya kemana-mana kan…MIKIIIIRRRR…bwehehehe…
        MIMPI kebanyakan.

        • Loh yg terpaksa di ancam itu kn yg menjelekan seseorang. Tdk ada urusan dg orde baru. Emangnya di Republik mu tdk di kekang dlm sgla hal? Media,politik dll. Forum ini kn dibuat utk wadah informasi dg kedewasaan berfikir,mencerna kata demi kata
          masalah bnr/hoak tergantungddiri masing2 kok. Kn ada etika bersosmed & berdiskusi. Kalo Anda yg di serang bagaimana? Bete,kesel,marahkan..ppdpdhl kenal jg nggak. So bijaklah berkomentar.

  7. tidak mungkin alutsista tni yg akan berparade nanti adalh 85% dari keseluruhan inventaris tni. bila trnyata memang iya, maka sngatlah mudah bagi asing untuk membaca kekuatan riil tni. katakan 25 ato 50% yg berparade, bagaimn dg sisalebihnya? hehe, the secret is the weapon itself, isn’t it?were I the jendral, akan sy kasi liat diparade 20% sj.
    porosepuh, mohon correct me if im wrong. colek bung jalo n diego salam kenal.

    • Di bawah 10% kok,coba di baca ulang list di atas trs di komparasi dg total alutsista versi sosmed,google. Hehehe.. jaman suharto ga pake ngancam bung.. detect lsg angkut buang di tol/kali. Tp jaman suharto ga ada maling yg super kejam smpe korupsi jg di taker kadarnya. Tp liat jaman reformasi,korupsi Trilyunan msh bsa ketawa2. Wkt sy msh di litsuspam udh pd ngemis2 minta jgn di habisi bung.

    • Hehehe.. tp jarang yg nyimak. Mrk punya moto “seeing is believing”. Masalah alutsista itu msk dlm satu kesatuan sistem yg utuh & sistematis dan mematikan. Sistem tsb hrs pnya efek penggentar,manfaat sbg mata-telinga-pentungan. Blm ada satu pun negara di dunia yg tau 100% Dapur militer suatu negara,secanggih apa pun alatnya. Mrk para analis militer hnya bsa membuat asumsi,interpretasi atas data Signit,Humnit & Comnit. Sama sperti meng”inteli” orang : hrs tau nama,alamat,no hp,pekerjaan,kebiasaan,hub pribadi dll. Jd bijak lah berkomentar dan selamat mencerna dg info yg di sajikan.

      #ngopi lg di pojokan

  8. Yo salahmu dewe.. wong masih katanya kok koar koar dijalanan. Klau pingin tahu ya sana jalan kaki mulai aceh sampai papua, masukin setiap lanud, pelabuhan dan markas TNI. kalau nggak ketemu pespurnya ya naik pohon, nggak ketemu kaprang dan KSnya ya nyebur aja kelaut. Wong dapatnya informasi juga gratisan kok minta 100% bener…piye to maasss…?

  9. InsyaAlloh ane dtg ke Armatim bumi Karang pilang Soerabaya… siap ambil cuti.. n persekot scukupnya… dr depok jawabarat.. jgn lewatkan kesempatan emas ini ganzzz… mgkin list2 yg dipapar sesepuh msh krg.. sp tau yg serem2..kluar penampakannya… amiiinnn

  10. nah, ada pengakuan dari Kapten Kapal Malaysia, bahwa mereka kabur karena sudah di lock kekuatan bawah laut.
    Ini artinya ada Alutsista kasat mata seperti yang pernah dibeberkan Bung Yayan, Bung PS dimari.
    Yang percaya silakan, yang tidak percaya juga silakan.
    Menurut saya, dalam berpendapat hal yang wajar jika ada perbedaan, karena tingkat pengetahuan dan sudut pandang setiap individu itu berbeda. Dalam hal diskusi disini alangkah sangat enak jika bahasa yang ditulis tidak terkesan kasar.

    Mohon maaf jika ada kesalahan, harap dimaklumi bahwa ini hanya pendapat seorang petani dari pelosok desa.

  11. Memang bisa dikatakan rakyat Malaysia kebanyakan tidak bersetuju dan kurang senang dengan kebanjiran warga negara asing khususnya TKI di Malaysia, ini disebabkan rasa iri yang tumbuh dihati serta kriminalitas yang dilakukan oleh warga asing.

    Sebenarnya ini bukanlah hal yang baru, tapi sudah bertahun-tahun dirasakan rakyat Malaysia.
    Segelitir rakyat Malaysia mempertanyakan, apakah tidak ada lagi tenaga kerja ahli di Malaysia hingga Kerajaan mengizinkan pihak swasta sampai mengambil tenaga kerja asing. Patut diakui, kehadiran tenaga kerja asing membuat segelintir rakyat Malaysia merasa tersisih di Negara sendiri.
    Di Malaysia, hingga akhir tahun lalu terdapat hampir 3 Juta warga negara asing (sebagian besarnya dari Indonesia) yang bekerja dalam berbagai bidang di sektor swasta.
    Tenaga kerja asing ini dipekerjakan sebagai pelaksana dan penyokong (pendukung/pembantu).
    Diantara pekerjaan yang dilakukan ialah buruh bangunan, buruh pabrik, cleaning servis, tukang sampah, prt, karyawan toko/swalayan, karyawan SPBU, pekerja bengkel, dan tukang kebun/buruh perkebunan.
    Sebenarnya, pekerjaan dalam bidang tersebut sangat penting dalam mendukung kemajuan sektor swasta/perusahaan swasta dan secara tidak langsung juga memajukan ekonomi negara.

    Sebenarnya bisa dikatakan rakyat Malaysia tidak menyedari akan hal ini, mau tidak mau rakyat Malaysia harus mengakui bahwa untuk membangun negara Malaysia membutuhkan tenaga kerja asing.
    Wajar saja, Malaysia lebih butuh tenaga kerja asing di banding Mat-mat Rempit, Mat-mat Gian, serta para Bohsia/Bohjan yang sudah tentu merusak moral, tatanan sosial, ketertiban, dan kepentingan umum.

    Selain itu dalam hal tenaga kerja, persoalan yang di hadapi Malaysia adakah kebanyakan golongan muda terlalu memilih pekerjaan. Rata-rata mereka menolak berkerja di sektor pekejaan yang dilakukan tenaga kerja asing. Dengan alasan gaji kecil, tidak berkelas dan memalukan. Sehingga banyak tamatan SLTA (dengan nilai UAN yang rendah) lebih memilih menganggur dari pada bekerja di bidang tersebut.

    Inilah penyebabnya kenapa Kerajaan Malaysia dan pihak swasta memilih mendatangkan tenaga kerja asing. Selain itu tenaga kerja asing lebih rajin, mempunyai loyalitas tinggi dan mau dibayar dengan gaji yang lebih kecil.
    Dalam persoalan ini, rakyat Malaysia tidak patut merasa iri, menyalahkan atau menghina warga negara asing yang bekerja di Malaysia, karena sangat jelas sekali bahwa tenaga kerja asing sangat dibutuhkan.
    Bahkan harus diakui bahwa tenaga kerja asing sangat berperan dalam kemajuan Negara Malaysia sehingga rakyat Malaysia hidup dengan makmur. Bisa dibayangkan apa yang akan terjadi jika tiada tenaga kerja asing di Malaysia, sudah tentu banyak sektor swasta yang akan bangkrut, imbasnya sudah tentu membuat ekonomi Negara menjadi jatuh, dan rakyat pun akan sengsara.

    Mohon maaf jika ada kesalahan dalam analisis saya. Saya sudah berupaya untuk jujur, menahan emosi, memilih kata-kata yang tidak kasar dan membuang sentimen pribadi pada rakyat Malaysia yang anti Indonesia.

  12. Dengan besar nya antusias para warga warjager yang hendak menghadiri acara besar ini. Saya ingin sumbang saran. Bagaimana kalau event ini sekalian dijadikan event kopdar buat para warjager. Bagaimana kalau kita berkumpul di dermaga penumpang pelabuhan tj perak saja. Untuk para tamu yg dari luar kota. Mohon konfirmasinya siapa saja yg hendak datang.