The Great HUT ke 69 TNI : 7/10/2014

252
119
image
Graphic provided by Jalo

image

image

image

image

image

image

Pada tanggal 7 Oktober 2014 di Surabaya, Jawa Timur akan dicetak sejarah parade militer terbesar Indonesia. Bayangkan saja, TNI AU akan menerbangkan 139 pesawat fix wing maupun rotary. Mungkin ini menjadi sejarah fly pass terbesar yang pernah dilakukan Indonesia. 139 pesawat TNI AU akan melintas bersamaan dengan formasi di atas langit Surabaya.

Alutsista itu belum termasuk pesawat udara TNI AD sebanyak 43 unit, serta milik TNI AL 23 unit. Tentu ini menjadi pemandangan yang mencengangkan, karena mereka akan fly pass bersamaan. Fly Pass ini membutuhkan kordinasi yang cermat, termasuk urusan take off dan landing.

HUT TNI ke 69 pada 7 Oktober nanti akan melibatkan 526 alutsista. Selain fly pass, akan didemonstrasikan peperangan tiga matra, sehingga lokasinya dipilih di Armatim Surabaya.

TNI AL juga akan melakukan sailing pass yang melibatkan 35 kapal perang, plus menampilkan rudal maut Yakhont. Untuk armada bawah laut, tidak usah berpikir macam-macam, karena kapal selam yang ditampilkan adalah KRI Nanggala 209. KRI ini memang sedang giat dengan misi “sosialisasi” dengan masyarakat. Kapal selam Indonesia, dibagi menjadi dua kategori, sama halnya dengan pesawat tempur: yakni, kapal selam latih dan kapal selam tempur.

Angkatan Darat juga akan mengeluarkan alutsista mautnya, yakni 22 MBT Leopard 2, 22 IFV Marder, 13 Panser Tarantula, 6 pucuk meriam keras berat, Caesar 155mm, 9 pucuk Roket Multi Laras Astros 2, 18 pucuk meriam KH 179, 155mm dan banyak lagi. Tentu tidak semua alutsista dipamerkan di sini.

Terima kasih Pak SBY, Purnomo Yusgiantoro dan Sjafrie Sjamsoeddin. Anda memang hebat. We love you πŸ˜€

252 COMMENTS

    • kutipan …….” Kapal selam Indonesia, dibagi menjadi dua kategori, sama halnya dengan pesawat tempur: yakni, kapal selam latih dan kapal selam tempur”.

      timbul pertanyaan:
      Kapal selam latih, namanya apa saja?
      Kapal selam tempur, namanya apa saja?

    • @bung mirza
      f16 nya 10 yg parade..yg jaga ruang udara nkri brape yak?
      Sukhoi parade 12..yg jaga perbatasan utara timur brp yak..
      plus..pada saat itu..di juanda kan banyak vip dn vvip..pasti ada layangan yg jaga2 kan?
      Nuhun kang…

    • @ bung mirza
      ada kmungkinan gk tu pswat fly pass brsmaan dgn tjuan myamarkn pnampakn si ghoib itu?? mgkn yg mmpu mnydari ny hnya yg matany bnr2 awas dlm mnganalisa 1 per satu pswat yg trbang mlintas (mliht bntuk dr posisi bwh tntunya) πŸ˜€
      boleh dbilg sprti mncari sseorg ditengh2 krumunan org byk.
      kn klo fly pass sndiri2 kyk yg sudh2 pzt trlihat jls..krna smbil pswat mlintas..smbil dsebutkn jnis & identitasny(klo ank kuliah tu diabsen 1 per 1)

      • Betul bung garudadidadaku,bagi saya yg awam kemungkinan itu terjadi sangat besar,dengan kecepatan dan ketinggian segitu bagi saya akan kesulitan untuk membedakan jenis pesawat yg akan melintas…kalo pesawat baling2 kemungkinan masih bisa,kalo jet tempur ampun deh….

        • bwt pnonton yg hnya masyarakat awam..akn jd hiburn & kbnggan yg luar biasa…dpt mnyaksikn btpa bsarny kkuatn para hulubalang negri…& buat intel asing n konco2 ne…bkal jd warning..inilh kkuatn kami yg ssugguhny,,jd jgn cb2 berulah”

          klo bung mirza nntn lgsg jgn lp share fotony yak πŸ˜€

  1. Kapal selam Indonesia, dibagi menjadi dua kategori, sama halnya dengan pesawat tempur: yakni, kapal selam latih dan kapal selam tempur.

    kan ks nya “cuma” 2
    ks latih (ks nanggala)
    ks tempur (ks cakra)
    yg jd pertanyaan ks yang polos “masuk” kategori apa? πŸ˜€

  2. untuk teman2 warjag yang akan melihat langsung disarankan duduk manis sambil bawa kamera,jangan coba2 mancing clue2 hoax disana apalagi mancing di air keruh,karena den karung nanti akan siap dg karungnya
    πŸ˜›

    maaf cuma saran

  3. Angkatan Darat juga akan mengeluarkan alutsista mautnya, yakni 22 MBT Leopard 2, 22 IFV Marder, 13 Panser Tarantula, 6 pucuk meriam keras berat, Caesar 155mm, 9 pucuk Roket Multi Laras Astros 2, 18 pucuk meriam KH 179, 155mm dan banyak lagi. Tentu tidak semua alutsista dipamerkan di sini.

    begitu pun TNI AU & TNI AL tidak semua alutsista dipamerkan disini (opini pribadi)

    salam hangat semua

  4. Tidak ada manusia sempurna, dari Presiden Soekarno sampai Presiden Susilo beliau semua sedikit banyak juga memberi warna bagi bangsa Indonesia.
    Terima kasih Bapak Presiden Soekarno
    Terima kasih Bapak Presiden Soeharto
    Terima kasih Bapak Presiden Habibie
    Terima kasih Bapak Presiden Abdurahman Wahid
    Terima kasih Ibu Presiden Megawati
    Terima kasih Bapak Presiden Susilo Bambang Yudoyono

    # Edisi belajar berterima kasih #

    • AssalamualIkum wr.wb.
      Salam kenal untuk semua warjager,terutama para pinisepuh dan pinimuda jkgr.
      Selama kurang lebih 2 tahun hanya SR yang setia ,ternyata hasrat ingin muncul kepermukaan sudah tak bisa ditahan lagi(mudahΒ²an hal yg sama juga terjadi pada ks kita).Dari ujung barat jawa yg minggu kemarin nanggala nyandar dimari.

  5. yg sakti2 patroli bung surti…. πŸ˜€
    mgkn pak SBY mu ngtes..dksih liat alutsista yg stndar je pd mriang pa gk..
    klo liat yg stndar je da pd mriang..plgi klo liat yg ghoib2…
    toh mrk2 sbnrny pzt sdh mnganalisa sndiri…yg parade je kkuatnny sbsar ini…plgi kkuatn yg sbnarny..smw ttp jd misteri..
    maap klo sotoy.. :mrgreen:

  6. Hmmm…20 milyar….

    Banyak sih…bisa buat operasional BBM KRI selama setahun penuh…kalo dari sudut pandang awam seperti saya memang mubazir…

    Tp dari sudut pandang ekonomi ini bkn biaya tp investasi…seperti membeli buku,ibu ibu tentu menentangnya karena ngurangin jatah bulanan buat beli sayur (pengalaman pribadi πŸ˜› ) tp sebenarnya ini investasi…dr baca buku kita bs memiliki wawasan luas sehingga dipercaya publik dan tawaran job pun mengalir…anak kita bisa membaca buku ini dikemudian hari dan menjadi cerdas…kita bs berbagi penhetahuan dgn orang lain sehingga menambah teman dan kembali tawaran job pun mengalir dsb dsb…investasi masa depan yg tdk skrg kita nikmati seketika seperti beli sayur,dimasak,dimakan dan setelah selesai buru buru kita ke WC πŸ˜€

    Sama seperti buku,parade adl.investasi.dgn parade kepercayaan anak bangsa tebal pada punggawanya…teman kita percaya pada kemampuan kita sehingga persahabatan lebih erat…musuh pun mulai berhitung dan menjadi segan sehingga mengurungkan niatnya…buku jendela ilmu sedangkan parade adalah jendela pertahanan bangsa…nilai 20 m tdk ada apa apanya dgn nilai intrinsik masa depan yg dikandung didalamnya…priceless…

    Mengenai ucapan terimakasih pada Pak SBY dan kolega nya perlu kita sadari bahwa dr list di atas 20% disumbang dari zaman mega, 30% zaman orba dan 50 % zaman Pak SBY…kita tunggu prestasi jokowi-JK πŸ˜€

      • Wah pak handal gak gitu jg…bung jalo punya alasan yg kuat…bahasa ekonominya net present value…nilai sekarang yg bs di beli dengan uang…beliau benar,alangkah baiknya 20 m itu buat operasional TNI yg selalu berhutang pada pertamina…sy yakin bung jalo gak melibatkan sentimen pribadinya soal pertahanan negara…beliau benar kalo dipandang dr sudut pandang ekonomi…terlebih beliau jg patriotik sepanjang yg sy kenal selama ikut ngopi dimari..

        Sudut pandangnya sj yg berbeda dan itu wajar…piss bung jalo πŸ˜€

          • He he…om GHI…seumur umur sy urusan sm akuntansi sy paling sebel kalo di tanya proyeksi biaya suatu project…seakan akan semua proyek itu sia sia…cm buang buang duit aja…

            Termasuk biaya karyawan…kalau terjadi krisis duluan biaya karyawan di pangkas alias PHK untuk menekan beban perusahaan…padahal perusahaan menheluarkan duit tdk sedikit u tuk mendidik karyawan itu sampai ahli dibidangnya terutama manufaktur…makanya skripsi sy soal akuntansi SDM supaya perusahaan gak nganggap karyawan itu biaya tapi investasi…

            Bener bung nampaknya perlu cabang ilmu baru..akuntansi investasi…

        • Maaf baru baca, tadi lagi temanin teman di kantor…

          Terima kasih sudah dibantu bung Wehr, jadi terserah teman2 mau menilai saya sebagai apa?? Apakah itu tentang kejelekan atau kebaikan saya rasa teman2 yg bisa menilai. Soalnya saya tidak bisa menilai diri saya sendiri, πŸ™‚

          Seperti Pak Handal, meski beliau sering menjust saya, itu saya anggap bagian dari kritikan. Itu hak beliau, jadi saya no comment aja.

          Untuk masalah BBM, yah seperti yg dibilang bung Wehr, saya punya alasan sendiri. Tapi itu cuman opini pribadi dan kembali ke teman2… πŸ™‚

        • Assalamualaikum wr.wb
          sepertinya bung Jalo berpandangan realis ya memang kenyataannya begitu. tapi biasanya orang realis bisa ceroboh bila hanya melihat kondisi yang ada saat ini, karena kondisi bisa juga di buat-buat. selalu pesimis kalau kondisinya buruk wuehehehe :mrgreen:
          kalau bung wehrmacht sepertinya oportunis. selalu hitung-hitungan persentase kalau berhasil ambil kalau gagal di tolak entah itu darimana atau dari siapa wuehehehe :mrgreen:
          sama seperti mr yayan wuehehehe :mrgreen:
          la yang idealis bung Satrio wuehehehe selalu optimis dengan ide-idenya :mrgreen:

          apa kebalik ya? hmmm,,,,

          kalau salah ya maaf πŸ˜€
          maaf oot πŸ˜€

          • He he bung wong ndeso…oportunis itu dekat dgn realis loh…sodaranya diplomatis πŸ˜€ justru bung jalo itu idealis sama kyk bung satrio…kukuh pd prinsip dasar dan gak bs diubah…kalo sy sm bung yayan pikirannya kyk pasukan komando…gak bergantung pada pusat dan menyesuaikan dgn kondisi,data dan fakta yg ada dilapangan….yg penting objective tercapai…edisi ngeles :mrgreen:

    • masalahnya parade itu diujung pelabuhan yg aksesnya dibatasi, coba kalo parade itu open buat masyarakat, apalgi kalo nanti bisa ikut ngelus2. yg punya saham rakyat, kok cuman buat kalangan terbatas. coba lihat parade militer negara lain, rakyat bisa melihat langsung. saya rasa tak ada yg keberatan kalo seperti itu kejadiannya.

    • angka2 yang menarik bung wehrmacht,

      mega 20% / 3 tahun menjabat,

      SBY 50% / 10 tahun menjabat,

      klo mega menjabat 10 tahun alutsista yang dihasilkan 66.6% πŸ™‚

      kemarin jokowi memotong anggaran rapat kementerian yang 18T (katanya 1/2 x 18T udah lebih dari cukup), juga akan memotong biaya perjalanan yang 15T, anggap yang dihemat per tahun 16.5T dengan kurs 1$ = Rp 12,000, = $ 1.375M.
      jika 1 Su-35 = $ 85 mn, biaya yang dihemat langsung dapat 16 unit / 1 skuadron (4 tahun berikutnya biaya yang dihemat dialokasikan ke sektor2 lain).

      jadi dengan sekali gebrak duo j – j harusnya dapat memberi kejutan yang menyenangkan bagi TNI dan rakyat, DI LUAR anggaran pertahanan di APBN…

      • Haha…bung danu tanggap sekali dgn kegemaran sy ngutak atik angka…benar bubg…penghematan negara harusnya memberikan kejutan pd kepentingan negara yg krusial…pertahanan…

        pertahanan ibarat mqkan…gak bs ditawar tawar lg…dr pertahanan didaptlah damai dan dgn damai rakyat dpt berusaha dgn tenang yg ujung ujungnya pendapatan buat negara berupa pajak dan bea bea lainnya dr aktivitas ekonomi masyarakat dan balik lg ke penguatan pertahanan yg sdh ada…jd pertahanan bkn harusnya dikurangi atau di substitusi ke grade yg lebih rendah…harusnya semakin di kuatkan dan dibangun…

        Jd idiom si vis pacem parabelum,jika ingin damai bersiaplah untuk perang bkn omong kosong…

    • Kenapa M gagal menjabat 2 periode?
      karena banyak yang merasa kesal atas insiden penjualan-penjualan aset negara.
      jika pemerintahannya di perpanjang maka bisa berdampak pemiskinan secara bertahap wuehehehe πŸ˜†
      misal tahun ini aset-aset ini yang di jual, tahun berikutnya aset-aset itu yang di jual pada akhirnya kita punya apa?
      aset yang dimaksud adalah aset yang strategis dan mempunyai penghasilan. (misal di bidang pangan komunikasi energi air listrik maritim/sumber daya alam transportasi perbankan wilayah dls)

  7. Wah 100 pesawat lebih flypass bareng….yg HUT kemerdekaan RI kmaren aja 32 pesawat suaranya saja udah bikin geter ini 100 pesawat.wuiihh gak kebayang…btw menurut berita bahwa pas HUT TNI bsk selain diikuti oleh Presiden dan Wapres ..Presiden terpilih Jokowi juga diundang..wah ini mngkin akan ada pesan dri Bpk SBY ke Bpk Jokowi tolong lanjutkan hasilnya kalo bisa lebih…amin

    • mnrut bung ryan…adkh kmungkinan flypass brsamaan tu mrupakn kamuflase…kmungkinan dlm rombongan formasi pswat tu trselip bbrp brg2 ghoib..hnya yg matany bnr2 awas yg mnyadari,,kn lumyn sush mngenali bentuk msg2 psawat dr arah bwh.. πŸ˜€
      (maaf..hnya analisa pribadi)

      • Salam bung garudadidadaku…Wah klo soal yg ghoib saya aminin saja semoga saja ada…tpi hanya saja benar seperti kata bung diego TNI masih kurang terbuka soal video2 macam latgab, ato alutsistanya jadi klo gak liat langsung ato liat TV pasti jarang ada videonya jadi kita tidak bisa menerka-nerka apa saja yg alutsista yg terbang wktu parade…saya ingat dulu pernah ada acara tv swasta yg khusus meliput macam2 alutsista TNI dan pasukan TNI baik yg organik maupun yg Khusus padahal dulu alutsista nya masih terbatas..giliran udah lengkap malah acaranya udah gak ada lgi

  8. @wehrmacht 20M…belum munisi dll ya bung?

    klo sy sih bilang masih murah sekalian simulasi managemen tempur/penyebaran pasukan dg asumsi,
    # mempersenjatai personel dg informasi yg akurat dan relevan
    # meningkatkan persiapan tempur peralatan dan personel
    # meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya dengan interoperabilitas yang lebih besar kedepan
    # mengoptimalkan visibilitas dan pemanfaatan aset pada skala besar
    # mendorong pengambilan keputusan yang lebih cerdas dengan real-time dan tepat, sesuai wawasan kontekstualnya.CMIW
    … sekalian salam perpisahan kepada Panglima tertinggi serta jajaran pendukung dalam kiprahnya selama 1 dasawarsa.

  9. Jadi ingat Malingsial yg mencoba mengganggu nelayan kita di selat malaka pada saat HUT TNI di halim, para pimpinan mereka bilang kalau TNI lagi merayakan HUT, yg jaga tidak ada, kita lihat saja saat HUT nanti, apakah mereka berani mengusik perbatasan. Siap2 tutup lapak jualan ayam satu hari, nongkrong di penyeberangan ujung-kamal.Xixixixi.

    • Benar kata mahatir, rakyat dan petinggi malon ingin jadi mercusuar di asean. apadaya SDMnya gak mampu. agar terlihat hebat dan di pandang negara lain cara termudah adalah menjelek 2 kan negara asean ( terutama Indonesia ). Muehehehehe :lol::

    • Takut ya bung Joe, hehehe…..
      Tidak bisa tidurkah lihat Indonesia makin besar dan kuat, hehehe….
      Tenang saja bung Joe, masanya tenaga kerja murah dari Indonesia bekerja di malaysia suatu saat akan berakhir. Pabrik pabrik/ industri di Indonesia makin banyak, tenaga kerja profesional juga makin banyak yg bekerja di dalam negeri. banyak tenaga kerja yg di kampung kampung tidak ingin lagi bekerja di negeri jiran karena banyak industri yang sudah masuk kampung , bung joe…hehehe….

      Kalau tenaga kerja Indonesia bekerja di malaysia, itu juga karena malaysia yang minta karena di malaysia tidak ada orang yang pintar . hehehe….

      peace bung Joe…. kita lihat saja kalimantan. Industrinya banyak sekali. kalimantan sedang berlari kencang. dalam 10 tahun ke depan , saya yakin, sarawak dan sabahpun akan ikut kami…
      ya, karena kami serumpunnnn…

      hehehehe…salam bung joe…

      • Ya benar bung,maka udah terlalu maju jalan raya di kalimantan masih berantakan hingga sekarang.infrastruktur Yang parah di kalimantan akan membuat seluruh kalimantan bertambah maju.tanpa air bersih Dan listrik Yang menyeluruh juga kalimantan bertambah maju.entikong sekarang udah maju seperti tebedu dengan infrastruktur Yang cukup hebat.suku dayak di perbatasan udah jauh maju dengan infrastruktur sekolah,jalan raya,rumah sakit Yang hebat Dan bbggula,be,bbeberbberas Dan makanan asas murah di beli sekarang kerna udah terdiri mall 2 Yang hebat di sana.memang saya akui kalimantan cukup luar biasa sekarang termasuk di perbatasan.tapi kenapa ya masih juga penduduk di perbatasan masih menghantar anak2 mereka bersekolah di Malaysia? Masih mendapatkan perubatan di Malaysia? Masih juga menyeberang ke Malaysia setiap hari mencari rezeki di Malaysia? Mungkin kalimantan udah terlalu he at sekarng bung.itu baru di kalbar,belum lagi di sebatik di mana mata Wang ringgit lebih di ?perlukan dari rupiah.kenapa bung?

  10. Saya bangga bila acara berlangsung sukses. Cuma mau nanya aja saya mau terbang ke makasar pada saat acara, dari berbagai isu juanda akan ditutup, dan tiket yang udah dibeli ga akan dikembalikan….ini yang membuat saya bingung. Mungkin ada yang tahu kabar sebenarnya di hari H bagaimana Bandara Juanda?

  11. Dengan terpaksa dan berat hati (dalam hati gembira) , tnggl 7 oktber 2014 berangkat kerja didelay..berangkat siang saja dech….kaan lagi bisa liat seperti ini. oh yaa..20 milyard mah kecill..di daerah saja untuk pileg dan pilkada jauh lebih besar biayanya. semoga nanti perayaannya sukses. dan semoga ada “surprise” nanti.

    • Iya bung ihsan masih di sembunyiin aja tuh rx 550 dan rx 750 yang jangkauanya 1000 km . Ini yg bkn indonesia sama di angab nenakutkan sprti korut . Ampe2 di plototin dunia internasional . Wong deso nurut negoro wae yg penting dah punya senjata andalan negara kita ini

  12. Clue nya adalah Kalimat terakhir pada paragraph ini :
    Untuk armada bawah laut, tidak usah berpikir macam-macam, karena kapal selam yang ditampilkan adalah KRI Nanggala 209. KRI ini memang sedang giat dengan misi β€œsosialisasi” dengan masyarakat. Kapal selam Indonesia, dibagi menjadi dua kategori, sama halnya dengan pesawat tempur: yakni, kapal selam latih dan kapal selam tempur.

    Katanya kita cuma punya 2 KS? Yang mana KS latih yang mana KS tempur tuh? πŸ˜€

  13. Pada hajatan HUT TNI yang direncanakan sangat akbar ini saya berharap semoga pemangku pemerintahan kedepan ( JKW – JK ) diundang biar tambah semakin tinggi semnagat patriotismenya sehingga usaha untuk memajukan kekuatan TNI, yang sudah terprogram dalam MEF tetap berjalan sebagaimana mestinya sesuai dengan perencanaan.. syukur syukur lebih ditingkatkan lagi melebihi rencana MEF dan satu lagi semoga INHAN Nasional kita semakin diperhatikan oleh pemerintah yang akan datang.. selamat berjuang Pak JKW – JK.. jangan keluh kesah lagi dalam penetapan APBN.. giat giatlah cari sumber pendapatan devisa yang baru

  14. Rafale, Typhoon, SU34, TU 24…..bwahahaha……yang muncul malah The Real F5 E Tiger…walau pake embel2 buatan Prancis. Sejak kapan F5 E Tiger buatan Prancis yaaaaa???
    hoek…hoek…hoek…
    Maaf agan2 semua, khayalan dan harapan kita kayaknya TERLALU ketinggian

  15. Yang namanya untuk naiki efek gentar ya ditunjuki….
    Logikanya gini, beli pesawat bekas saja blow up beritanya mantab punya, masak untuk peralatan yang punya efek gentar hebat maen sembunyi-sembunyi….haha…haha..
    Yup…saya setuju dengan staement…punya aza kagak, kekmana mau ditunjuki πŸ˜€

        • ya gak gitu gitu amat lah bung mbel.. beda pendapat mana yang diancam digebuki..? kalau bung baca artikel yang lain banyak kok yang saling adu argumen sampai seluruh jenis umpatan keluar, tapi beda kalau menjelekan dan menghujat NKRI dan presiden yang masih berkuasa apalagi hanya karena opini pribadi.. jika kita terpancing yang dikhawatirkan para punggawa NKRI kan ini bisa menimbulkan instabilitas negara. jadi berdebatlah sesuai dengan ilmu yang kita miliki bukan dengan apa yang kita maui..piss πŸ˜‰

      • @Trondol….pas saat2 seperti inilah (hut TNI) ya momen yang PAS untuk ditunjuki ke musuh negara..yaaa show of forcelah…MIKIIIRRRR coy.
        Yang iayanya memang GAK PUNYA…MIKIIIIIIRRRRRR…MIKIIIIRRRR…jangan mimpi.
        Tuh liat layangan bekas…blow upnya kemana-mana kan…MIKIIIIRRRR…bwehehehe…
        MIMPI kebanyakan.

        • Loh yg terpaksa di ancam itu kn yg menjelekan seseorang. Tdk ada urusan dg orde baru. Emangnya di Republik mu tdk di kekang dlm sgla hal? Media,politik dll. Forum ini kn dibuat utk wadah informasi dg kedewasaan berfikir,mencerna kata demi kata
          masalah bnr/hoak tergantungddiri masing2 kok. Kn ada etika bersosmed & berdiskusi. Kalo Anda yg di serang bagaimana? Bete,kesel,marahkan..ppdpdhl kenal jg nggak. So bijaklah berkomentar.

  16. tidak mungkin alutsista tni yg akan berparade nanti adalh 85% dari keseluruhan inventaris tni. bila trnyata memang iya, maka sngatlah mudah bagi asing untuk membaca kekuatan riil tni. katakan 25 ato 50% yg berparade, bagaimn dg sisalebihnya? hehe, the secret is the weapon itself, isn’t it?were I the jendral, akan sy kasi liat diparade 20% sj.
    porosepuh, mohon correct me if im wrong. colek bung jalo n diego salam kenal.

    • Di bawah 10% kok,coba di baca ulang list di atas trs di komparasi dg total alutsista versi sosmed,google. Hehehe.. jaman suharto ga pake ngancam bung.. detect lsg angkut buang di tol/kali. Tp jaman suharto ga ada maling yg super kejam smpe korupsi jg di taker kadarnya. Tp liat jaman reformasi,korupsi Trilyunan msh bsa ketawa2. Wkt sy msh di litsuspam udh pd ngemis2 minta jgn di habisi bung.

      • Kalau hukumnya jelas kayak di cina saya setuju bung…kalau di cina di tangkap pagi,di adili siang sore dah di eksekusi…yg penting konstitusional…

        Saya sih setujunya kalau dibuang kayak zaman kolonial belanda…buang ke perbatasan papua suruh kerja manual mecah batu biar berak kapur sekalian…kalo di matiin terlalu enak buat mereka…nyusahin rakyat…

        Berani gak tuh pemerintah bikin undang undang kayak gitu?

    • Hehehe.. tp jarang yg nyimak. Mrk punya moto “seeing is believing”. Masalah alutsista itu msk dlm satu kesatuan sistem yg utuh & sistematis dan mematikan. Sistem tsb hrs pnya efek penggentar,manfaat sbg mata-telinga-pentungan. Blm ada satu pun negara di dunia yg tau 100% Dapur militer suatu negara,secanggih apa pun alatnya. Mrk para analis militer hnya bsa membuat asumsi,interpretasi atas data Signit,Humnit & Comnit. Sama sperti meng”inteli” orang : hrs tau nama,alamat,no hp,pekerjaan,kebiasaan,hub pribadi dll. Jd bijak lah berkomentar dan selamat mencerna dg info yg di sajikan.

      #ngopi lg di pojokan

  17. Yo salahmu dewe.. wong masih katanya kok koar koar dijalanan. Klau pingin tahu ya sana jalan kaki mulai aceh sampai papua, masukin setiap lanud, pelabuhan dan markas TNI. kalau nggak ketemu pespurnya ya naik pohon, nggak ketemu kaprang dan KSnya ya nyebur aja kelaut. Wong dapatnya informasi juga gratisan kok minta 100% bener…piye to maasss…?

  18. InsyaAlloh ane dtg ke Armatim bumi Karang pilang Soerabaya… siap ambil cuti.. n persekot scukupnya… dr depok jawabarat.. jgn lewatkan kesempatan emas ini ganzzz… mgkin list2 yg dipapar sesepuh msh krg.. sp tau yg serem2..kluar penampakannya… amiiinnn

  19. nah, ada pengakuan dari Kapten Kapal Malaysia, bahwa mereka kabur karena sudah di lock kekuatan bawah laut.
    Ini artinya ada Alutsista kasat mata seperti yang pernah dibeberkan Bung Yayan, Bung PS dimari.
    Yang percaya silakan, yang tidak percaya juga silakan.
    Menurut saya, dalam berpendapat hal yang wajar jika ada perbedaan, karena tingkat pengetahuan dan sudut pandang setiap individu itu berbeda. Dalam hal diskusi disini alangkah sangat enak jika bahasa yang ditulis tidak terkesan kasar.

    Mohon maaf jika ada kesalahan, harap dimaklumi bahwa ini hanya pendapat seorang petani dari pelosok desa.

  20. Memang bisa dikatakan rakyat Malaysia kebanyakan tidak bersetuju dan kurang senang dengan kebanjiran warga negara asing khususnya TKI di Malaysia, ini disebabkan rasa iri yang tumbuh dihati serta kriminalitas yang dilakukan oleh warga asing.

    Sebenarnya ini bukanlah hal yang baru, tapi sudah bertahun-tahun dirasakan rakyat Malaysia.
    Segelitir rakyat Malaysia mempertanyakan, apakah tidak ada lagi tenaga kerja ahli di Malaysia hingga Kerajaan mengizinkan pihak swasta sampai mengambil tenaga kerja asing. Patut diakui, kehadiran tenaga kerja asing membuat segelintir rakyat Malaysia merasa tersisih di Negara sendiri.
    Di Malaysia, hingga akhir tahun lalu terdapat hampir 3 Juta warga negara asing (sebagian besarnya dari Indonesia) yang bekerja dalam berbagai bidang di sektor swasta.
    Tenaga kerja asing ini dipekerjakan sebagai pelaksana dan penyokong (pendukung/pembantu).
    Diantara pekerjaan yang dilakukan ialah buruh bangunan, buruh pabrik, cleaning servis, tukang sampah, prt, karyawan toko/swalayan, karyawan SPBU, pekerja bengkel, dan tukang kebun/buruh perkebunan.
    Sebenarnya, pekerjaan dalam bidang tersebut sangat penting dalam mendukung kemajuan sektor swasta/perusahaan swasta dan secara tidak langsung juga memajukan ekonomi negara.

    Sebenarnya bisa dikatakan rakyat Malaysia tidak menyedari akan hal ini, mau tidak mau rakyat Malaysia harus mengakui bahwa untuk membangun negara Malaysia membutuhkan tenaga kerja asing.
    Wajar saja, Malaysia lebih butuh tenaga kerja asing di banding Mat-mat Rempit, Mat-mat Gian, serta para Bohsia/Bohjan yang sudah tentu merusak moral, tatanan sosial, ketertiban, dan kepentingan umum.

    Selain itu dalam hal tenaga kerja, persoalan yang di hadapi Malaysia adakah kebanyakan golongan muda terlalu memilih pekerjaan. Rata-rata mereka menolak berkerja di sektor pekejaan yang dilakukan tenaga kerja asing. Dengan alasan gaji kecil, tidak berkelas dan memalukan. Sehingga banyak tamatan SLTA (dengan nilai UAN yang rendah) lebih memilih menganggur dari pada bekerja di bidang tersebut.

    Inilah penyebabnya kenapa Kerajaan Malaysia dan pihak swasta memilih mendatangkan tenaga kerja asing. Selain itu tenaga kerja asing lebih rajin, mempunyai loyalitas tinggi dan mau dibayar dengan gaji yang lebih kecil.
    Dalam persoalan ini, rakyat Malaysia tidak patut merasa iri, menyalahkan atau menghina warga negara asing yang bekerja di Malaysia, karena sangat jelas sekali bahwa tenaga kerja asing sangat dibutuhkan.
    Bahkan harus diakui bahwa tenaga kerja asing sangat berperan dalam kemajuan Negara Malaysia sehingga rakyat Malaysia hidup dengan makmur. Bisa dibayangkan apa yang akan terjadi jika tiada tenaga kerja asing di Malaysia, sudah tentu banyak sektor swasta yang akan bangkrut, imbasnya sudah tentu membuat ekonomi Negara menjadi jatuh, dan rakyat pun akan sengsara.

    Mohon maaf jika ada kesalahan dalam analisis saya. Saya sudah berupaya untuk jujur, menahan emosi, memilih kata-kata yang tidak kasar dan membuang sentimen pribadi pada rakyat Malaysia yang anti Indonesia.

  21. Dengan besar nya antusias para warga warjager yang hendak menghadiri acara besar ini. Saya ingin sumbang saran. Bagaimana kalau event ini sekalian dijadikan event kopdar buat para warjager. Bagaimana kalau kita berkumpul di dermaga penumpang pelabuhan tj perak saja. Untuk para tamu yg dari luar kota. Mohon konfirmasinya siapa saja yg hendak datang.

LEAVE A REPLY