Sep 142017
 

Su-25SM Rusia di Deir ez Zor Suriah (southfront.org)

Rusia tidak main-main dalam membantu Suriah menghadapi ISIS yang mencoba mencaplok negara tersebut. Setelah mengirimkan pesawat tempur Su-30, Su-34 dan Su-35, pada tanggal 13/9/2017, Kementerian Pertahanan Rusia telah mengkonfirmasi, mereka juga mengirimkan jet tempur MiG-29SMT yang terkenal memiliki persenjataan udara ke udara dengan tingkat yang presisi. Rusia ingin memastikan wilayah udara Suriah, tidak diganggu oleh pihak yang tidak memiliki otoritas di sana.

Selain jet jet tempur tersebut, sejumlah pesawat tempur yang tampak sibuk dalam perang pembebasan kota Deir ez Zor, adalah pesawat serang Su-25 SM. Selain menyerang target target ISIS di Deir ez Zor, Su-25 SM ini, seperti tampak di foto, sedang mengkover, pergerakan militer di padang pasir di provinsi Deir ez Zor, Suriah.

Su-25SM bisa dikatakan memiliki peran seperti A-10 Warthog Amerika Serikat.

Angkatan udara Rusia telah meningkatkan kemampuan puluhan Su-25 ke standar SM terbaru, yang mencakup kokpit kaca, sistem navigasi satelit GLONASS dan avionik modern yang memungkinkan penerapan amunisi dengan panduan presisi.

Su-25SM Rusia di Deir ez Zor Suriah (southfront.org)

Angkatan udara Rusia kemungkinan akan meningkatkan seluruh armada Su-25 Frogfoot untuk memainkan peran penting dalam tatanan layanan pertempuran – seperti yang ditunjukkan oleh penyebaran di Suriah. Dukungan udara yang tertutup selalu menjadi bagian penting dari doktrin Rusia dan Soviet dalam Perang Dunia Kedua.

Petarung multirole Su-30SM Rusia tidak mungkin memainkan peran penting – mengingat jumlah mereka yang terbatas dan tidak memiliki misi yang sejati, untuk pertempuran di darat. “Su-30 benar-benar platform udara-ke-udara sehingga saya melihat mereka sebagai peran pendamping,” ujar veteran perang Angkatan Udara AS, yang dirilis Nationalinterest.org. “Tapi, mengapa Anda perlu mengawal jet tempur Anda sendiri di lingkungan yang permisif? ISIS tidak memiliki peswat tempur ? … Tapi koalisi AS punya … ”

Su-25SM Rusia di Deir ez Zor Suriah (southfront.org)

Dalam pertempuran di Suriah, berarti sebagian besar operasi tempur asli akan dibebankan ke selusin pengebom Fencer Sukhoi Su-24 dan Su-25. Su-24 adalah pesawat tempur medan tempur jarak jauh yang bagus, tidak sangat cocok untuk bekerja sama dengan pasukan darat dalam jarak “bahaya jarak dekat”.

Pesawat tempur Su-25 yang seperti A-10 Warthog Amerika akhirnya mengambil peran, karena dibangun dengan tujuan sclose air support aircraft seperti halnya pesawat Il-2 Sturmovik era Soviet yang sangat dihormati dalam Perang Dunia Kedua. (southfront.org/ nationalinterest.org).

  24 Responses to “The Mighty Su-25SM Dalam Perang Suriah”

  1. Ini yg bisa ngalahkan gripen. Ini sfh radar AESA. Bisa gotong rudal Kebiri.

  2. Ini pesawat paling cocok buat lawan f 35 sma f 22 raptor memerika.. Tinggal tabrak aja ancur deh…. Meminimalisir krugian harga 10 rb dapet ngehancurin pswat harga 100 rb… Kwkwkwkkk..

  3. Pesawat odong-odong bentuk kuno, teknologi ketinggalan jaman, nggak stylist babar blas.

    Xixixixixi

    • Mengko nek stylish sampeyan naksir mas

    • Namanya juga pesawat tempur bang, bukan pesawat pajangan buat show. Teknologi kuno itu soal di atas kertas, pada kondisi di lapangan efektivitas lebih utama daripada hanya sekedar jargon “canggih & stylish”

      • setahu saya Russia tidak pernah terkenal dengan Stylish dan keindahanya… bahkan dalam jargon jawa untuk mesin Russia dikenal “Olo tur Bakoh”… yang menyatakan kehandalan meskipun buruk rupa… jelas ini bukanlah sesuatu yang dibuat2 karena sudah dikenal oleh orang2 dari jaman kemerdekaan…

    • BIAR KUNO TP BUAT NGEBOM RUMAH ENTE PASTI LULUH LANTAK, TERMASUK ENTE DI DALAMNYA HANGUS.

      MENUNGSO SIJI IKI ISONE MENCEMOOH. MERASA JADI ORANG HEBAT.

      • Lho Su25 iki kanggo ngebom Iran yo iso kok.

        Xixixixixi

        • SU-25 PUNYA SIAPA YG MAU NGEBOM REPUBLIK ISLAM IRAN RAYA?

          PESAWAT IDOLAMU F-16, F-15, F-18, F-35, F-22, SAAB GRIPEN? SILAHKAN JIKA INGIN MENCOBA JAMMER DAN SISTEM PERTAHANAN UDARA CANGGIH IRAN.

          • Hahaha… Memang Sih Jamer Iran Itu Terkenal Di Dunia Tapi Klau Untuk SAM Saya Masih Ragu Bung…

          • S-300V4 GLADIATOR MILIK IRAN YANG JD ANDALAN, KALO BAVAR-373 PRODUK BARU JD BELUM BATTLE PROVEN TAPI KALO PESAWAT BLOK BARAT MAU MENGUJI YA MONGGO…

          • Justru itu Jim,

            Jammer bisa dikalahkan dengan cara manual mematikan sinyal apa pun, dan pembom tinggal meluncurkan bomnya.

            SAM iran nggak ada apa2nya.

            Suatu saat nanti mereka yang bersekutu akan berantem sendiri.

            Ikatan perjanjian antar bangsa itu lemah. Sekarang kawan suatu saat jadi lawan. Ingat perjanjian antara Stalin dan Hitler bubar dan masing2 saling menyerang.

            Dan itu bisa saja terjadi dengan ikatan antara Rusia dan Iran.

            Maka saya bilang Su25 bisa juga digunakan untuk membom Iran.

          • TIDAK SEMUDAH YANG ENTE PIKIR PHD.

            ENTE LIHAT KASUS DRONE AMERIKA YG DI TANGKAP GARDA REVOLUSI ISLAM DENGAN JAMMER CANGGIH. SAMPE OBAMA MERENGEK MINTA DI KEMBALIKAN.

    • Wajar Ajalah Klau Su-25 Kuno,Gk Stylish… Lha Wong Itu Pesawat Dari Jaman USSR Kok Dan Coba Bandingkan Su-25 Dgn Pesawat Sejenis Milik AS Misalnya F-4…

      • Kalau ngomongin Stylish itu Armata Stylish banget ko dibanding Abram yg saingannya… Blom lagi kalau liat T-15, kurganets, Bomeerang mantaplah ane bilang Stylishnya xixixi….

  4. Dulu di era perang Irak, A-10 beberapa kali salah melakukan friend fire… sampai tentara Inggris mencak2 karena menjadi target serangan padahal sudah memasang tanda pengenal di Tank mereka… dari sejarah yang berkembang pesawat ini hampir tidak pernah kedengaran keberadaan dan fungsinya… ternyata sangat handal dan efektif di perang kota seperti di Suriah…

  5. setahu saya Russia tidak pernah terkenal dengan Stylish dan keindahanya… bahkan dalam jargon jawa untuk mesin Russia dikenal “Olo tur Bakoh”… yang menyatakan kehandalan meskipun buruk rupa… jelas ini bukanlah sesuatu yang dibuat2 karena sudah dikenal oleh orang2 dari jaman kemerdekaan…

  6. Cocok mmng difungsikan menggempur daratan.
    Hahhahaaaa

  7. fungsinya untuk serang darat, bukan untuk dogfight udara..makannya senjata yg dibawa sangat banyak, di masing2 sayap ada 5 cantelan utk bawa senjata/bom

  8. betul mas bro.
    orng di sini cm pinter lihat speck dan pling pinter ngomong.
    merasa sdh pernh nyobain sj.
    giliran mau naik nanti kelamaan baca speck
    lalu bingung mau ngapain.
    wkkkkkkkkk amsiong amsionggggg.

  9. tar tahu tahu eject di hanggar kyk temenya.

  10. Klu boleh tau negara2 manakah yg memiliki pespur ini selain negara Federasi Rusia?

 Leave a Reply