Aug 052017
 

Thunder Iron 17-2446, Kopaska – Navy Seals

Surabaya – Kepala Staf Komando Armada RI Kawasan Timur (Kasarmatim) Laksma TNI I.N.G. Ariawan, mewakili Asops Kasal, Laksda TNI I.N.G.N. Ary Atmadja, membuka Latihan Bersama Thunder Iron 17-2446, antara Kopaska TNI AL dengan US Navy Seals, di Auditorium Pusat Latihan Kapal Perang Kolatarmatim, Ujung, Surabaya. Jum’at (04/08/2017).

Materi latihan kali ini meliputi Marksmanship, Sniper Procedures, Tactical Combat Casuality Care (TCCC Medical) Closed Quarter Combat (CQC), Special Boat Unit (SBU) Tactics, Visit, Board, Search, and Seizure (VBSS), Maritime Interdiction Operation (MIO) serta Full Mission Profiles (FMP).

Amanat Asops Kasal yang dibacakan Kasarmatim menyampaikan selamat datang di Mako Koarmatim kepada seluruh Prajurit US Navy Seals yang akan bergabung melaksanakan latihan bersama.

Thunder Iron 17-2446, Kopaska – Navy Seals

Perkembangan lingkungan strategis telah menempatkan hubungan antar negara semakin kompleks, di samping senantiasa mempertimbangkan kepentingan nasional masing-masing.

“Hubungan antar negara juga ditandai dengan kerja sama yang semakin erat dengan landasan kepentingan bersama, salah satu bentuk dari kerja sama yang dibangun tersebut adalah pelaksanaan latihan militer bersama antara Kopaska TNI AL dengan US Navy Seals”, ungkapnya.

Dalam rangka mewujudkan postur TNI salah satu kebijakan pemimpin TNI AL adalah meningkatkan profesionalisme prajurit, yang ditempuh dengan meningkatkan pengetahuan (Knowledge), keahlian (Skill) dan sikap hidup (Attitude) yang dilandasi oleh semangat juang, moralitas dan jati diri sebagai seorang prajurit.

Tolak ukur prajurit profesional adalah prajurit yang secara individu dan kelompok, memiliki kemampuan dan keterampilan sesuai standar yang dipersyaratkan sehingga dapat menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya sesuai Job Description secara baik, benar dan tepat.

Sejalan dengan perkembangan dan perubahan dunia global serta tantangan tugas ke depan yang semakin berat dan kompleks, Kopaska yang memiliki tugas khusus melaksanakan special warfare atau peperangan laut khusus dituntut untuk terus meningkatkan kemampuan dan profesionalismenya dengan berlatih secara terus menerus.

Dari latihan ini diharapkan adanya peningkatan dalam berbagai hal, baik materi latihan, kebersamaan, kekeluargaan serta kerja sama antara Kopaska TNI AL dengan Us Navy Seals.

Thunder Iron 17-2446, Kopaska – Navy Seals

Bagi prajurit Kopaska tentunya latihan ini diharapkan meningkatkan kemampuan dari segi tehnik, taktik perseorangan maupun tim, khususnya dalam penanggulangan teror di laut. Mengingat latihan yang sangat tinggi maka seluruh materi latihan utama agar dilaksanakan sesuai dengan prosedur, sesuai rencana yang telah ditetapkan sehingga kerugian personel maupun material dapat ditekan sekecil mungkin untuk mewujudkan zero accident.

Dansatgas Latihan bersama dipimpin Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko, Dantim pelaku Kapten Laut (E) M.Yusuf Saragih. Sedangkan jumlah pelaku sebanyak 2 tim dari Kopaska Armatim yang terdiri 7 personil dan 1 tim dari Kopaska Armabar yang berjumlah 7 personil, sedangkan dari US Navy Seals berjumlah 21 personil yang dipimpin oleh LT.James Scott. Dirilis Dispen Armatim, 4/8/2017.

  3 Responses to “Thunder Iron 17-2446, Kopaska – Navy Seals”

  1. Kita memang harus banyak berlatih bersama dng US NAVY, mereka kenyang pengalaman utamanya daerah timur tengah yg bercuaca ekstrim.

  2. Sesekali dgn marinir Rusia napa biar berimbang jg kt tau kelebihan dan kekurangannya!

    • dari rusiany yg gak prnh ngajakin kta tuk latihan bareng,..jarang sekali….mungkin faktor kterbatasan anggaran dr rusia.

      beda ama amrik,..mrk rajin ngajak latihan bareng.

 Leave a Reply