Agu 142019
 

Batam  –  Jakartagreater.com. Itulah yang dirasakan oleh kami yang bertugas di laut, ucap Komandan KN Tanjung Datu 301 Kolonel Bakamla Capt. Nyoto Saptono, S.H., M.Si (Han), M.Mar. di sela-sela pelaksanaan kegiatan latihan bersama antara Bakamla RI/IDNCG dengan United States Coast Guard (USCG) yang berlangsung pada hari perayaan Idul Adha 1440H, pada Minggu 11-8-2019 di Perairan Batu Ampar, Batam.

Dikatakannya, saat tidak patroli, kami latihan seperti ini, untuk terus mengasah skill dan kesiapan seluruh kru kapal patroli. Kadangkala latihan dilakukan bersama coast guard negara lain, kadang pembinaan dilakukan secara internal. Baru baru ini kami melakukan muhibah ke India Coast Guard, tambahnya.

Terlihat kesibukan komunikasi melalui radio VHF di anjungan, antara kru yang bertugas di Tj. Datu dengan kru kapal USCG Cutter Stratton.  Masing-masing saling melaporkan status situasi terkini.

Turut memonitor situasi latihan dari anjungan KN Tanjung Datu antara lain Palaksa Tanjung Datu Mayor Bakamla Perdin Saragih, Kepala Kamar Mesin Tanjung Datu Mayor Bakamla Maswir, Kasubbid Penyelenggaraan URCL Mayor Bakamla David Hastiadi, dan Kasi Latihan Operasi Laut Mayor Bakamla Waskito Alim.

Latihan boarding party dan VBSS ini mengedepankan komunikasi sesama coast guard, jelas Capt. Nyoto. Rupanya, komunikasi itu terkait posisi tim VBSS yang sedang mendekat ke kapal Stratton, yang saat itu didapuk sebagai kapal target.

Dalam latihan ini, diturunkan tim VBSS dengan 2 RHIB, dimana setelah boarding tim VBSS melakukan peran pemeriksaan, penggeledahan subjek, penggeledahan kapal, dan pemborgolan. Diatas kapal Stratton, tim boarding Bakamla RI juga berlatih materi law enforcement dan drug smuggling. (Humas Bakamla RI).

  3 Responses to “Tiada Kata Libur untuk Prajurit Penjaga Laut Nusantara”

  1.  

    kapal patroli terbesar yang dibuat oleh galangan kapal dalam negeri milik Badan Keamanan Laut (Bakamla) telah resmi diluncurkan pada hari Senin (20/11/2017) bertempat di Dermaga PT Palindo Marine Shipyard, Batam. Kapal patroli ini diberi nama Kapal Negara (KN) Tanjung Datu 1101, memiliki panjang 110 meter, lebar 15 meter, tinggi geladak utama 6,9 meter serta berat 2.327 ton…https://www.youtube.com/watch?v=KGVhzzTPsBk

  2.  

    Adalah liburnya. Kan ganti shift. Kalo 365 hari gak libur krew yg bertugas saat iti bisa jenuh. Makanya di rotasi.

  3.  

    USCG Cutter Stratton lebih panjang 17 m dari KN Tanjung Datu dan dilengkapi meriam Bofors 57 mm dengan pengendali tembakan dan CIWS Phalanx 20 mm dan meriam air, kelengkapan senjata hampir sama dengan cina coastguard Hanjin yg provokasi parchim class TNI AL di laut Natuna Utara, kasihan crew KN Tanjung Datu manakala harus berhadapan dengan coastguard cina lagi karena senjatanya cuma semprotan blangwir kecuali semprotan airnya bisa tenggelamkan kapal.