Tiba di Teluk Persia, Kapal Induk AS Dibayangi Kapal Iran

Kapal induk kelas Nimitz USS John C. Stennis (CVN 74) transit Teluk Persia sebelum melakukan operasi penerbangan, Mei 2007. (United States Navy via commons.wikimedia)

Sebuah kapal induk Amerika Serikat (AS) telah berlayar ke Teluk Persia, kejadian pertama di kawasan itu sejak keputusan Presiden Donald Trump untuk menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran pada awal tahun ini.

Kedatangan USS John C. Stennis pada tanggal 21 Desember datang di tengah ancaman berulang kali oleh pejabat Iran untuk menutup Selat Hormuz, satu-satunya jalan keluar yang dilalui semua lalu lintas kapal.

Kapal Pengawal Revolusi Iran mengikuti kapal induk dan kelompok serangnya ketika tiba. Ada juga penampakan drone, serta uji coba roket yang ditembakkan dari kapal-kapal AS.

Pelaut Iran di kapal-kapal yang menyertainya dapat terlihat memotret dan merekam video kapal-kapal AS.

Ketegangan dengan Iran telah tinggi sejak pengumuman Trump bahwa Amerika Serikat menarik diri dari kesepakatan nuklir 2015, yang mencabut sanksi yang melumpuhkan sebagai imbalan bagi Teheran yang membatasi kegiatan nuklirnya.

Iran adalah pengekspor utama minyak dan anggota kartel minyak OPEC. Presiden Iran Hassan Rouhani telah berulang kali memperingatkan segala upaya untuk menghentikan ekspor Iran dapat menyebabkannya menutup selat.

Sumber: Radio Farda

Tinggalkan komentar