Apr 282017
 

Photo : ChinaFokus

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan dia ingin Korea Selatan membayar biaya sebesar US$ 1 miliar untuk penyebaran sistem pertahanan anti missile THAAD yang kini ditempatkan di Korea Selatan..

Trump menyatakannya saat wawancara dengan Reuters di kantornya pada hari Kamis waktu setempat, sehari setelah komponen utama dari baterai Terminal High Altitude Area Defense (Thaad) dipasang pada sebuah lapangan golf di Seongju, Gyeongsang Utara.

” Sistem Thaad, ini sekitar satu miliar dolar. Saya katakan, mengapa kita membayar? Mengapa kita yang membayar satu miliar dolar? Kami melindungi (Korea Selatan). Mengapa kita yang harus membayar satu miliar dolar? ‘”Kata Trump yang menambahkan seharusnya akan lebih tepat jika Korea Selatan yang membayarnya.

Di sisi lain, Pemerintah Korea Selatan tidak diberitahu mengenai niat tersebut dari pemerintah A.S dan tidak ada perubahan dalam persyaratan kesepakatan Perjanjian bilateral Status of Forces Agreement (SOFA).

“Pemerintah Korea berdiri berdasarkan kesepakatan di SOFA, karena pemerintah Korea menyediakan lahan dan infrastruktur pangkalan, sementara pemerintah AS membayar biaya untuk pemeliharaan militernya di sini,” kata Kementerian Pertahanan Nasional Korea Jumat hari ini.

Perjanjian SOFA, yang ditandatangani antara pemerintah A.S. dan Korea pada tahun 1966, mengatur status hukum prajurit A.S. yang ditempatkan di Korea Selatan.

Sementara itu pihak Parlemen Korea Selatan menentang keras pembayaran penempatan sistem THAAD oleh Korea Selatan, bahkan beberapa anggota parlemen berusaha membatalkan kesepakatan mengenai Thaad.

“Kami lebih suka pemerintah AS mengambil kembali baterai Thaad jika membuat pemerintah Korea Selatan membayarnya,” kata Rep. Sim Sang-jeung dari Partai Keadilan, yang juga merupakan kandidat untuk pemilihan presiden, dalam sebuah pidato kampanye pada hari Jumat di Universitas Hongik di barat Seoul. ” Korea Selatan bukan yang memohon (diberikan) Thaad.”

KoreaTimes

  37 Responses to “Tidak Gratis, Trump Minta Korea Selatan Bayar 1 Milyar untuk Sistem THAAD”

  1. Ah…

    • Uhh….

    • Amerika mau cari untung dr sebuah konflik bentukannya. Konflik korea bukti contoh kecil bahwa amerika menciptkan konflik di setiap penjuru dunia demi keuntungannya, baik penjualan alat militer, balas jasa negara yg dibantu plus sumber daya alamnya. Papua dan kalimantan harus hati2 atas sikap licik amerika. Bahkan lembaga lingkungab hidup internasionalpun dijadikan alat mencari informasi baik medan, adat, pendidikan, sumberdaya alampun jd tujuan keuntungannya utk memelihara konflik di suatu wilayah. Papua harus hati2….

    • Cerdik untuk menghasilkan uang. Panas panasin dapat deh 1 miliar us$. UUD (ujung-ujungnya 1 miliar dollar) wkwkwk

  2. Beda kalo presiden tukang bisnis.. kagak.mau rugi.. mending ditarik tuh THAAD.. semenanjung korea juga jd adem lg..

  3. Memang AS perlu bantuan Korut utk jual senjatanya. Semua hanya dagelan semata. Yg penting korsel merasa was2 dan senjata AS laku keras.

  4. Ujung2nya jualan alat militer….xixixi

  5. aje gile si trump…

  6. Lapak jualan senjata AS cukup banyak jg cabang agennya. Di irak ada, Afganistan ada, suriah ada kali ini mau buka cabang lg di korea utara utk produk barunya. Makin banyak cabang penjualan makin betel prupen produknya dan makin tinggi tingkat penjualannya. Selamat kpd AS atas prestasinya menjadi pabrikan yg handal dan dipercaya.

  7. Negara gemblung kok di kei ucapan SELAMAT

  8. Untuk pertama kalinya negara yg d jdkan pangkalan meliter mami rika membayar penempatan pengamanan…. knp korsel tdk balas aja dg menarik tarif penempatan pasukan & pemakaian lahan meliter mami rika…

  9. Kaya model mlm ya make downline ahahaha

  10. jadi ini gak jadi perang yah.?
    waduh waduh, kemarin aq dah bayangkan kalipornea, nyuyok siti dan teksas dah jadi debu gitu.

  11. Yo ngonowi systeme leh dodolan. Gawe ilmu mekso

  12. Ujung2nya tak sedap!

  13. asu lama2 g jauh beda sama preman ..lo mau aman bayar gue itu kata asu ..saya kira sekutu itu bebas iyuran..kalo gitu mh korsel persis keledai dungu..sungguh meyedihkan

  14. partai keadilan dah nyampe korea..? kapan exportnya..

  15. ASU….kayak gak tau aja permainannya.

  16. jebakan batMAN

  17. Kasian tuh korsel , di peras sama amerika

  18. LAIN pimpinan LAIN kebijakan.

    Perang itu mahal. Mahal bgt malah.

  19. jualan asu bukan cuma di korea, coba flashback konflik di timur tengah, apakah alutsita yang dipakai asu disana itu gratis, menciptakan konflik supaya industri senjata mereka tetap hidup,.
    korbannya rakyat sipil

  20. oooo… ngapusi tok iki amriki,,,,

  21. Tp us tdk prnh memaksa korsel untuk membeli, ini tentang kebutuhan korsel untuk melindungi negaranya. Toh korsel jg ngotot ingin THAAD, kenapa bkn s300/400, sekali lg ini mslh kebutuhan dan semua ada harganya…

    • Efek promosinya bung. Dengan menempatkan alutsista buatan USA di banyak negara dan dipraktekkannya untuk mempertontonkan kualitasnya, maka akan menarik minat negara lain untuk membelinya.

  22. Tp us tdk prnh memaksa korsel untuk membeli, ini tentang kebutuhan korsel untuk melindungi negaranya. Toh korsel jg ngotot ingin THAAD, kenapa bkn s300/400, sekali lg ini mslh kebutuhan dan semua ada harganya… Gitu aja ko repot.

  23. NKRI juga perlu THAAD untuk melindungi diri dari serangan komunis China sewaktu waktu..Pasang di Natuna..

  24. betul…

  25. Wkwkwkwk dasar asu koplak

 Leave a Reply