Jul 302017
 

AS masih belum menyerah memasarkan pesawat tempur legendaris F-16 kepada Indonesia. Kali ini yang menjadi andalannya adalah F-16 Block 72, atau varian sama dengan yang akan dibangun di India andai terpilih sebagai platform pesawat tempur bermesin tunggal untuk Angkatan Udara India.

Sebagaimana di lansir oleh Kumparan, Kedutaan Besar AS di Jakarta mendatangkan simulator F-16 Block 72 untuk memperkenalkan kepada masyarakat Indonesia kecanggihan F-16 Block 72 yang akan menjadi varian tercanggih dari F-16 family.

F-16 Block 72 (photo : Defence Studies)

Dari tampilan mock up yang dipamerkan saat gelaran Indo Defence 2016, F-16 Block 72 dirancang dengan tambahan conformal fule tank untuk menambah jangkauan operasionalnya, yang menurut pihak Lochkeed Martin sangat sesuai dengan kondisi geografis Indonesia.

F-16 Block 72 menggunakan sebagian teknologi pesawat tempur gemerasi 5 dan beberapa suntikan teknologi tinggi yang belum pernah dimiliki oleh Angkatan Udara Indonesia, seperti pada radar AESA AN/APG-83 SABR (Scalable Agile Beam Radar), helm pembidik JHMCS (Joint Helmet Mounted Cueing System), sistem otomatis penghindar tabrakan (Ground Collision Avoidance System – G-CAS) dan perangkat IFF Bird Slicer.

Dan yang paling menarik, pihak Lockheed menawarkan harga yang murah pada F-16 Block 72, meski tidak menyatakan secara pasti, F-16 Block 72 bisa dibanderol pada kisaran dibawah 100 juta dollar AS. Harga diperkirakan bisa lebih murah lagi jika India membeli dalam jumlah besar dan dibangun di dalam negeri India.

Andai menjadi pilihan Angkatan Udara Indonesia, maka F-16 Block 72 akan menjadi salah satu pesawat tempur terkuat di kawasan Asia, dan mampu bersaing dengan pesawat tempur termodern milik negara-negara tetangga.

Bagikan:
 Posted by on Juli 30, 2017