Tiga Manuver Mustahil Penentu Kemenangan Dogfight

Dengan desain yang super-aerodinamis dan mesin yang kuat dengan nozel yang bisa berputar kini pesawat tempur modern semakin ‘supermaneuverability’. Namun untuk melakukan 3 trik manuver yang mustahil dilakukan, hanya segelintir pesawat tempur yang mampu melakukannya.

Dibawah ini adalah manuver-manuver yang mustahil dilakukan pesawat tempur yang sangat membantu dalam dogfight jarak dekat.

Manuver Cobra Pugachev

Pertama kali dilakukan oleh pilot uji Soviet Viktor Pugachoyov pada tahun 1989, manuver yang disebut “Kobra Pugachev” adalah salah satu manuver yang rumit.
Pesawat tempur awalnya meluncur dengan cepat sebelum kemudian berhenti mendadak dengan posisi vertical dan nyaris terbalik ke belakang sebelum kemudian pesawat kembali menukik dengan posisis siap melepaskan tembakan.

Meski trik tersebut mengesankan tapi masih dipertanyakan keuntungannya dalam dogfight nyata. Sebenarnya secara teoritis ada keuntungan yang besar tapi juga ada kerugian yang bisa berakibat fatal.

Hilangnya kecepatan pesawat secara mendadak dapat digunakan untuk membuat pesawat musuh yang mengejar menjadi ‘overshoot’ sehingga bisa berbalik mengunci musuh dari belakang , tetapi tanpa perhitungan yang tepat manuver bisa menjadi bumerang karena musuh bisa mengunci dan meng-eksekusi dengan mudah.

Manuver Herbst

Pertama kali dilakukan oleh pilot uji Jerman Karl-Heinz Lang pada tahun 1993, Manuver Herbst pada dasarnya mirip dengan Cobra Pugachev tapi dengan tambahan gerakan memutar dan berbalik arah.
Bukan hanya mematuk seperti ular kobra, manuver Herbst juga memutar pesawat sedikit dengan hidung tetap mendongak ke langit, sehingga ketika hidung pesawat sudah turun, pesawat sudah memacu kecepatannya pada arah yang berbeda.

Berbeda dengan manuver patukan kobra yang menghilangan kecepatan pesawat dan masih dipertanyakan keefektifannya dalam pertarungan nyata, manuver Herbst yang tidak kehilangan tenaga dan kecepatan, diprediksi akan sangat berguna dalam dogfight nyata.

Manuver Kulbit

Manuver Kulbit (bahasa Rusia : jungkir) adalah manuver loop yang sangat ketat, pada dasarnya mirip dengan patukan kobra yang berubah menjadi ‘jungkir balik’. Berbeda dengan gerakan loop standar yang memanfaatkan momen menjatuhkan pesawat saat melakukan manuver loop, manuver Kulbit menurunkan kecepatan pesawat secara drastis yg diikuti putaran jungkir balik yang sangat ketat.

Manuver tersebut dalam varian yang sedikit berbeda lazim digunakan pesawat tempur untuk mengecoh musuh, dari yang semula diburu menjadi berbalik memburu pesawat tempur musuh.


JakartaGreater

Tinggalkan komentar